10 Kamera Mirrorless Murah untuk Pemula (Harga 4 – 28 Jutaan)

Di era smartphone yang semakin menjamur dengan segala kemudahan yang ditawarkannya, termasuk kamera dengan kualitas mumpuni, kamera tetap menjadi incaran banyak orang. Mulai dari kamera profesional seperti SLR/DSLR hingga kamera mirrorless. Bahkan untuk kamera mirrorless, kamera mirrorless murah kini bisa ditemui dengan mudah di pasaran.

Kamera mirrorless memang bukan produk baru di dunia fotografi. Jenis kamera ini sedang mencari incaran bagi Kamu yang baru belajar fotografi dan mencari perangkat yang lebih mudah untuk digunakan. Selain penggunaannya yang mudah, harganya yang cukup terjangkau menjadi pertimbangan lain bagi Kamu yang baru belajar fotografi.

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun kamera-kamera mirrorless tidak kalah dengan kamera DSLR atau kamera profesional. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar kamera mirrorless murah dengan kualitas terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk pemula.

10 Kamera Mirrorless Murah untuk Pemula

1. Fujifilm X-A10

Fujifilm X-A10
Harga Rp 4.599.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Berbicara tentang kamera mirrorless murah dengan kualitas terbaik, Fujifilm tidak boleh dilewatkan. Seri Fujifilm X-A10 ini dilengkapi dengan sensor APS-C dengan resolusi 16,3MP plus ISO dengan rentang 200-6400 yang bisa diperluas sampai 25.600.

Belum lagi dengan adanya layar LCD yang bisa dilipat hingga 180 derajat untuk memudahkan Kamu yang ingin narsis berselfie dengan kamera ini. Dengan bobot yang ringan dan pengoperasian yang mudah, kamera ini sangat direkomendasikan untuk para pemula.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik dan Harganya

2. Sony A5000

Harga Rp 5.250.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Satu lagi kamera mirrorless yang menjadi banyak incaran karena kemampuannya yang mumpuni dan harganya terjangkau adalah Sony A5000. Sensor yang digunakan kamera ini adalah Exmor APS HD CMOS dengan resolusi sebesar 20,1MP. Dengan sensor ini, hasil jepretannya pun jadi lebih jernih dan tajam.

Kemudahan penggunaan bisa dilihat dari fitur zoom switchnya yang bisa dilakukan dengan 3 cara berbeda. Tak hanya itu saja, kamera ini juga sudah dibekali dengan konektivitas WiFi dan NFC yang memungkinkan Kamu berkirim gambar dengan smartphone sekalipun.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Sony Terbaik dan Harganya

3. Panasonic Lumix DC-GF9K

Panasonic Lumix DC-GF9K
Harga Rp 5.499.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamu penggemar selfie, kamera ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok. Dengan adanya LCD TFT layar sentuh yang bisa diputar hingga 180 derajat akan memudahkan Kamu saat mengambil foto selfie. Dengan sensor Live MOS yang meskipun hanya beresolusi 16MP sudah mampu mengambil gambar dengan kualitas 4k.

Fitur lain yang tak kalah canggih adalah kemampuannya merekam video 4k yang memiliki resolusi 3840×2160 dengan kecepatan mencapai 30/24fps. Hampir sama dengan kamera mirrorless lainnya, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan konektivitas WiFi yang akan semakin memudahkan Kamu.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Panasonic Terbaik

4. Canon EOS M10 Kit

Canon EOS M10 Kit
Harga Rp 4.720.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Daftar kamera mirrorless murah terbaik selanjutnya ditempati oleh Canon EOS M10 Kit. Desainnya yang mungil sangat mudah untuk Kamu bawa kemana-mana. Namun jangan salah, dibalik desainnya yang super mungil, kamera ini suda dibekali dengan spesifikasi unggulan.

Mengikuti trend kamera mirrorless lainnya, Canon juga membekali layar touchscreen yang bisa dilipat hingga 180 derajat. Untuk kualitas gambar, tak perlu diragukan karena kamera ini sudah dibekali dengan sensor CMOS APS-C beresolusi 18MP yang biasanya digunakan pada kamera DSLR.

ISO nya pun cukup luas sehingga bisa menghasilkan gambar yang tetap jernih bahkan di ruangan minim cahaya.

Lihat juga: 10 Kamera Canon Murah untuk Pemula

5. Olympus PEN E-PL8

Olympus PEN E-PL8
Harga Rp 6.700.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera dengan desain cantik dan mungil ini bisa menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Kamu yang baru belajar fotografi. Dibekali dengan sensor beresolusi 16MP plus prosesor TruPicVII akan membuat gambar jepretan memiliki kualitas warna, ketajaman dan kontras yang memuaskan.

Kamera yang sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi ini juga dilengkapi dengan layar touchscreen yang bisa ditekuk ke bawah hingga 180 derajat. Fitur ini akan sangat membantu Kamu yang suka selfie.

Bahkan saat selfie di malam hari, hasil jepretan Kamu bisa tetap maksimal, karena kamera bisa menyesuaikan flashnya sehingga tidak terlalu terang ataupun gelap.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Olympus Terbaik

6. Nikon Z6

Nikon Z6
Harga Rp 28.399.200
BELI DI BUKALAPAK >>

Diatara daftar kamera mirrorless murah lainnya, Nikon Z6 ini adalah kamera yang sudah bisa disebut full-frame. Kamera ini dibekali dengan sensor full-frame backside-illuminated dengan resolusi 24,5MP dan ISO 100-51.200.

Dengan spesifikasi ini, hasil jepretan Kamu bisa kebih optimal bahkan di ruangan low-light sekalipun. Kamera ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti kemampuan merekam video 4K Ultra HD dan bodi yang tahan cuaca bisa membuat Kamu membawa kamera ini untuk travelling.

Ada lagi kemampuan peredam goyangan bernama in-body image stabilizer 5 axis yang akan membuat kualitas perekaman video bisa tetap optimal.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Nikon Murah

7. Sony A5100

Sony A5100
Harga Rp 5.750.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Bisa dibilang kamera ini adalah versi yang lebih unggul dari seri A5000. Fiturnya tentu saja lebih unggul. Mulai dari sensor APS-C 24MP, ISO 100-25.600 dengan burst 6fps serta built in flash yang akan membantu Kamu mengambil gambar lebih optimal bahkan di ruangan minim cahaya.

Untuk membantu menjaga fokus, Sony A5100 juga dilengkapi dengan layar LCD touchscreen yang lebih responsif dan sensitif. Selain itu, layaknya kamera mirrorless kekinian, mirrorless layar mirrorless ini juga bisa dilipat hingga 180 derajat untuk memudahkan pengambilan selfie.

Lihat juga: Top 10 Kamera Mirrorless Terbaik di Bawah 10 juta

8. Fujifilm X-A3

Fujifilm X-A3
Harga Rp 6.100.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Fujifilm masih menjadi favorit untuk kamera mirrorless murah dengan kualitas mumpuni. Hal ini terbukti dengan penggunaan teknologi-teknologi baru di dalamnya seperti sensor APS-C beresolusi 24MP. Autofokuasnya pun lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Untuk memudahkan dalam mengunci titik fokus, kamera ini juga dilengkapi dengan layar touchscreen responsif yang bisa dilipat hingga 180 derajat. Fitur lainnya yang ditanamkan pada kamera ini adalah eye detection serta potrait enhancer yang akan membuat hasil pengambilan gambar selfie lebih maksimal.

9. Panasonic Lumix DMC-GF8K

Panasonic Lumix DMC-GF8K
Harga Rp 5.450.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera stylish dengan desain retro mini ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani travelling Kamu. Desainnya yang mungil tak lanta membuat hasil jepretan dari kamera ini tidak maksimal. Degan sensor Live MOS 16,84MP serta autofokus light speed AF akan membuat akurasi gambar sangat baik bahkan di kondisi lingkungan minim cahaya.

Kamu yang gemar selfie tak perlu khawatir karena kamera ini juga dilengkapi dengan layar 3 inchi berteknologi touchscreen akan membuat Kamu lebih mudah saat menentukan fokus. Layarnya yang bisa dilipat dengan tambahan fitur Beauty Retouch akan membuat hasil selfie Kamu cantik maksimal.

10. Olympus PEN E-PL7

Olympus PEN E-PL7
Harga Rp 7.399.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Deretan terakhir ditempati oleh Olympus PEN E-PL7. Masih mengusung desain retro seperti seri sebelumnya, kamera ini bisa memberikan hasil gambar maksimal. Sensor MFT beresolusi 16 MP yang digunakan, ditambah dengan peredam getar 3 Axis dan juga sistem autofokus 81 titik akan membantu Anda mengambil gambar lebih tajam dan jelas.

Untuk perekaman video, meskipun belum 4K, namun kamera ini sudah mampu merekam video berkualitas hingga HD 1080p. Belum lagi dengan adanya mikrofon stereo yang sudah dipasang di dekat speaker akan membuat audio hasil rekaman lebih baik.

Lihat juga: Top 10 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Profesional

Penutup

Nah, itulah tadi 10 daftar kamera mirrorless murah dengan kualitas terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk pemula. Bagi Kamu yang baru belajar fotografi, daftar kamera di atas adalah pilihan yang tepat. Selain harganya yang terjangkau, hasil gambar yang memuaskan, pengoperasian yang lebih sederhana akan membantu Kamu saat belajar fotografi.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Aurora Shaqueela

Penulis freelance di YaTekno yang suka membagikan info seputar produk teknologi terbaik.