Daftar Harga Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru 2018)

Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang sudah lebih maju dari sebelumnya. Salah satunya adalah kamera. Jika kamera dulunya hanya sebatas bisa mengambil gambar hitam putih, sekarang ini sudah banyak hal yang bisa dilakukan kamera.

Mulai banyaknya orang yang hobi melakukan fotografi ataupun videografi membuat penggunaan kamera meningkat seiring waktu. Para traveler biasanya selalu menggunakan kamera terbaik untuk mengambil gambar-gambar terbaik dari sebuah tempat.

Salah satu jenis kamera terbaik adalah kamera mirrorless. Kamera mirrorless muncul pertama kali pada tahun 2008. Saat itu, banyak yang mengatakan bahwa kamera mirrorless memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan DSLR. Namun apakah itu benar? Simak ulasan kamera mirrorless terbaik berikut.

Daftar Harga Kamera Mirrorless Terbaik 2018

NoTipe KameraHarga
1Canon EOS M5 KitRp 11.650.000
2Sony A9Rp 54.999.000
3FUJIFILM X-H1Rp 24.499.000
4Nikon Z7Rp 58.499.000
5Olympus OM-D E-M1 Mark IIRp 24.999.000
6Panasonic Lumix DC-GX9Rp 11.999.000
7Canon EOS M6 KitRp 7.565.000
8Sony A7R Mark IIIRp 41.299.000
9FUJIFILM X-Pro2Rp 24.299.000
10Nikon Z6Rp 28.999.000

*Catatan: Harga bisa berbeda, tergantung kapan dan di mana kamu membelinya.

Ulasan dan Tempat Membeli

1. Canon EOS M5 Kit

Canon EOS M5 Kit
Harga Rp 11.650.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera mirrorless terbaik yang pertama adalah Canon EOS M5 Kit. Desain dari kamera ini sebenarnya mirip dengan kamera DSLR pada umumnya, mulai dari lengkungan handgrip hingga posisi viewfinder yang tepat berada di tengahnya.

Dari segi hardware, tidak ada yang perlu diragukan lagi tentunya. Dibekali sensor APS-C CMOS dan dipadukan dengan lensa beresolusi 24.3MP akan membuat hasil gambar terlihat lebih tajam.

Teknologi Dual Pixel AF yang disematkan didalamnya membuat kamera ini bisa mengambil gambar dengan kecepatan 7 fps menggunakan continuos AF.

2. Sony A9

Sony A9
Harga Rp 54.999.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Desain body kamera ini simpel dan ringkas sehingga akan praktis dibawa kemana-mana. Sony A9 ini sudah memiliki sensor full frame sehingga bisa menghasilkan gambar yang beresolusi 24.2MP.

Kamera ini mampu mengambil gambar dengan kecepatan 20 fps dan shutter speed 1/32.000 detik, sehingga objek gambar yang bergerak cepat seperti saat sedang berlari bisa diambil dengan mulus.

Gambar yang dipotret bisa mencapai kualitas 4K dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Namun, untuk fitur video hanya ada mode slow and quick motion yang mentok di HD saja.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Sony

3. FUJIFILM X-H1

 FUJIFILM X-H1
Harga Rp 24.499.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera ini memiliki banyak sekali fitur professional, sehingga pantas disebut sebagai salah satu kamera mirrorless terbaik. Kamera ini cocok bagi kamu yang suka videografi, karena bisa merekam video DCI 4K dengan resolusi 4.096 x 2.160 piksel 24 fps, full HD 1080p 120 fps, dan masih banyak lagi.

Fitur stabilisasi yang mencapai 5-axis yang disebut in-body image stabilizer mampu membuat rekaman menjadi minim goncangan sehingga sangat stabil.

Didalam kamera ini sudah terbenam sensor gambar APS-C 24,3MP dengan filter warna X-Trans III khas Fujifilm.

4. Nikon Z7

Nikon Z7
Harga Rp 58.499.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera ini merupakan salah satu keluaran Nikon yang terbaik. Bagaimana tidak, resolusi 45MP beserta 5 stop 5 axis IS di sensornya membuat kamera ini superior tentunya.

Di sektor layar, terdapat layar sentuh berupa LCD lipat 3,2 inci. Body kamera ini juga sudah weathershield dengan kualitas OLED di atasnya. Tidak lupa, Nikon Z7 juga memiliki slot kartu memori XQD dan baterai yang mampu bertahan hingga 330 jepretan.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Nikon

5. Olympus OM-D E-M1 Mark II

Olympus OM-D E-M1 Mark II
Harga Rp 24.999.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera mirrorless terbaik terbaik selanjutnya datang dari merk Olympus yaitu Olympus OM-D E-M1 Mark II. Kamera ini menonjolkan sistem autofokusnya yang bisa mengunci objek sebanyak 121 tiitk on phase detection AF dan cross-type sensor.

Ada fitur yang unik di kamera ini, yaitu fitur PRO Capture yang membuatnya bisa mengambil gambar tanpa terjadinya lag. Sensor yang tertanam juga sudah terbarukan, dimana sektor dynamic range, tingkat ketajaman sudah ditingkatkan.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus

6. Panasonic Lumix DC-GX9

Panasonic Lumix DC-GX9
Harga Rp 11.999.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera seri ini menjadi salah satu yang terbaik dari Panasonic. Dimensi kamera ini cukup kecil, sehingga beratnya jadi lebih ringan. Cukup banyak traveler yang menggunakan kamera ini untuk menunjang aktivitas mereka.

Sensor yang digunakan adalah Micro Four Third beresolusi 20.3MP sama seperti yang ada di seri sebelumnya yaitu GX8. Filter low-pass di kamera ini juga sudh dilepas dengan tujuan untuk menciptakan gambar yang lebih halus.

Sistem autofocus di kamera ini juga sudah dilengkapi sistem deteksi berbasis kontra 49 titik. Dengan autofocus yang terus aktif, tentunya membuat proses pengambilan gambar jadi lebih maksimal sebanyak enam bingkai per detik.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Panasonic

7. Canon EOS M6 Kit

Canon EOS M6 Kit
Harga Rp 7.565.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera ini merupakan penerus dari Canon EOS M5. Oleh karena itu, terdapat beberapa peningkatan dari sektor hardwarenya. Canon EOS M6 Kit dibekali sensor CMOS APS-C beresolusi 24.2MP dengan processor Digic 7.

Berkat hardware yang terbarukan, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang tajam bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Layar sentuh yang dimilikinya juga tergolong responsive dan terlihat tajam. Layar sentuhnya juga bisa diputar hingga sudut 180 derajat, sehingga cocok bagi kamu yang suka vlog.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Canon Murah

8. Sony A7R Mark III

Sony A7R Mark III
Harga Rp 41.299.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Ciri khas dari kamera ini adalah resolusi kameranya yang tergolong sangat besar, yaitu sebesar 42.2MP full frame. Resolusi yang besar itu juga dibarengi dengan dukungan sistem AF yang canggih dan mampu mengambil gambar sebesar 10 fps.

Dengan resolusi tinggi, Anda tidak perlu lagi mengorbankan antara performa dan resolusi atau sebaliknya. Ukuran kamera ini juga cukup ringkas, sehingga cocok untuk mengabadikan momen saat sedang jalan-jalan.

9. FUJIFILM X-Pro2

Fujifilm X-Pro2
Harga Rp 24.299.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

FUJIFILM X-Pro2 merupakan penerus dari FUJIFILM X-Pro1 yang merupakan kamera mirrorless pertama buatan Fujifilm di tahun 2012 lalu. Keunggulan yang paling terlihat dari versi terbaru ini adalah lensa bidiknya yang hybrid.

Maksud hybrid disini adalah bisa diganti-ganti antara lensa bidik rangefinder dengan lensa bidik elektronik mirrorless pada umumnya.

Body dari FUJIFILM X-Pro2 sudah dilengkapi dengan weathersealing yang menjanjikan. Salah satu keunggulan weatersealing-nya adalah bisa dibawa ke tempat bercuaca ekstrim seperti lingkungan dengan suhu -10 derajat.

Sensor yang digunakan pada kamera ini lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya 16MP menjadi 24MP. Sehingga gambar yang diambil lebih tajam dan minim noise.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm

10. Nikon Z6

Nikon Z6
Harga Rp 28.999.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamera mirrorless terbaik yang terakhir adalah Nikon Z6. Kamera ini dirilis bersamaan dengan Nikon Z7 yang tadi sudah dibahas. Dari segi desain, keduanya memang tidak berbeda jauh. Namun, spesifikasi dari Nikon Z6 ini tentunya sedikit di bawah Nikon Z7.

Kamera ini memiliki sensor gambar full-frame CMOS beresolusi 24.5MP. Fitur-fitur unik yang tersedia di kamera ini cukup banyak seperti fitur built-in focal-plane, fase-deteksi autofocus,piksel low-pass filter optik.

Untuk sektor perekaman, kamera ini mampu merekam hingga resolusi 4K UHD full-frame. Tidak hanya itu, disematkan juga processor khusus gambar yaitu EXPEED 6 yang terbaru. Nikon Z6 juga sudah mendukung koneksi PC langsung sehingga memungkinkan fungsi FTP berjalan.

Lihat juga: 10 Kamera Mirrorless Murah Terbaik untuk Pemula

Penutup

Itulah beberapa kamera mirrorless terbaik yang dapat kamu pertimbangkan ketika hendak membelinya. Jika kamu seorang pemula, tidak perlu rasanya jika langsung membeli kamera mirrorless professional karena harganya yang cukup mahal. Namun, semua itu kembali lagi kepada kebutuhan dan budgetmu.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nia Camelia S.S

Penulis freelance di YaTekno yang suka membagikan info seputar produk teknologi terbaik. Siapa saja orang dibalik YaTekno? Kamu bisa lihat di Halaman About.