10 Software Desain Grafis Terbaik 2018 yang Paling Terkenal

Dewasa ini, desain grafis menjadi sebuah kebutuhan yang tergolong penting dan dibutuhkan bagi banyak perusahaan. Penggunanya pun tidak hanya berasal dari kalangan anak muda saja, bahkan sampai orang dewasa sekalipun banyak yang menyukai dunia desain grafis.

Selain memudahkan kita untuk menyalurkan minat dan hobi mendesain, tak sedikit orang yang memanfaatkan software desain grafis untuk kepentingan bisnis, misalnya seperti jasa pembuatan poster, banner, logo, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang menekuni dunia desain grafis, disini YaTekno telah menyiapkan 10 pilihan software desain grafis terbaik dan terpopuler 2018 yang cocok digunakan untuk pemula hingga profesional. Apa saja?

1). Corel Draw

Corel DrawBagi para desainer, Corel Draw merupakan sebuah software desain grafis penting yang harus dimiliki. Software buatan Corel ini sendiri memiliki kegunaan untuk mengolah gambar berbasis vektor.

Dengan kegunaannya itu, Corel Draw umumnya digunakan untuk menunjang pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan yang membutuhkan visualisasi, seperti pembuatan poster, logo, banner, dan berbagai desain lainnya.

Meski memiliki segudang fitur atau tool-tool yang cukup banyak, penggunaan Corel Draw tergolong mudah untuk dipahami oleh penggunanya, bahkan bagi pengguna awam sekalipun. Dengan banyaknya pengguna di berbagai penjuru dunia, kamu tentu bisa mempelajari banyak sekali tutorial Corel Draw yang bisa kamu temukan di internet.

2). Adobe Photoshop

Adobe PhotoshopSebenarnya Adobe Photoshop lebih kepada sebuah software untuk pengeditan foto atau gambar karena memiliki fitur-fitur khusus seperti efek filter. Namun tidak sedikit pula software garapan Aobe ini diandalkan untuk kebutuhan desain grafis, misalnya seperti pembuatan banner, stiker, logo, dan masih banyak lagi.

Karena jumlah penggunanya yang tergolong banyak di antara software serupa, kamu bisa mempelajari banyak sekali tutorial penggunaan software desain grafis ini melalui internet atau dengan membeli buku-buku yang menyajikan khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula hingga profesional.

3). Adobe Illustrator

Adobe IllustratorSerupa dengan Corel Draw, software desain grafis yang masih sesaudara dengan Photoshop ini juga memiliki kemampuan yang handal dalam mengolah gambar berjenis vektor, seperti pembuatan logo perusahaan, desain kaos, kartun, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang sedang mencari aplikasi berbasis vektor terbaik selain Corel Draw, mungkin Adobe Illustrator adalah pilihan yang tepat.

4). Adobe InDesign

Adobe InDesignIngin membuat sebuah majalah, brosur, poster, ataupun buku? Nah, Adobe InDesign memiliki kemampuan untuk membantu kita dalam menciptakan hal tersebut. Seperti yang kita tahu, hampir semua software buatan Adobe memiliki fungsi yang canggih. Begitu juga dengan Adobe InDesign, kamu tentu tidak perlu meragukan lagi fitur-fiturnya.

Dengan fungsinya yang sangat berguna untuk perusahaan dalam pembuatan majalah, koran, dan buku. Maka tidak heran jika software desain grafis terbaik yang satu ini menjadi andalan bagi para perusahaan untuk menciptakan layout media cetak.

Selain itu, tools yang tersedia pada InDesign ini juga tergolong mudah dipelajari dan digunakan untuk para pemula. Terlebih, tutorial penggunaan Adobe InDesign tingkat dasar hingga atas juga bisa kita dapatkan secara cuma-cuma di internet.

5). Inkscape

InkscapeJika dilihat dari segi fungsinya, Inkscape bisa digolongkan seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan software berbasis olah digital vektor lainnya. Selain mudah digunakan, software yang satu ini juga bersifat Open-Source.

Yang artinya pengguna bisa menggunakan Inkscape secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Terlebih, software ini juga tergolong ringan karena tidak membutuhkan System requirement yang tinggi.

Dengan kata lain, kita bisa menggunakannya pada komputer lawas yang notabennya memiliki spesifikasi rendah. Nah, kalau kamu sedang mencari software desain grafis yang ringan dan gratis, mungkin Inkscape adalah pilihan yang tepat untukmu.

6). Xara Designer

Xara DesignerXara Designer merupakan sebuah software desain grafis yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam menciptakan logo, undangan, poster, brosur, hingga membuat grafis web seperti pembuatan tombol atau animasi flash.

Untuk dukungan filenya sendiri, Xara Designer yang berukuran sekitar 120 MB ini juga mampu menerima banyak format file, seperti BMP, EPS, JPEG, PNG, GIF, PSD, CDR, AI, dan lain-lain.

7). AAA Logo

AAA LogoJika ingin membuat sebuah logo yang keren namun tidak menguasai ilmu Corel Draw, mungkin software desain grafis bernama AAA Logo menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

Dengan menggunakan software ini, kita bisa menciptakan sebuah logo yang keren secara mudah, cepat, dan praktis. Pasalnya, sang pengembang telah menyediakan berbagai jenis template logo sehingga pengguna tinggal memoles sedikit desain tambahan agar terlihat lebih menarik. Terdengar mudah bukan?

8). PosteRazor

PosteRazorJika pada software sebelumnya dikhususkan untuk pembuatan logo, maka berbeda dengan PosteRazor yang dirancang khusus untuk membuat poster. Cara kerja program ini yaitu dengan memotong gambar raster menjadi potongan-potongan yang kemudian dapat dicetak menjadi sebuah poster.

Poster yang dihasilkan nantinya juga bisa disimpan dalam bentuk dokumen PDF multi-page. Selain memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, software desain grafis untuk membuat poster ini juga tergolong mudah digunakan dimana pengguna hanya perlu menyelesaikan 5 step saja.

Mengenai dukungan format gambarnya, PosteRazor hampir mendukung semua tipe file, diantaranya; PNG, JPEG, BMP, WBMP, XPM, PCX, dan masih banyak lagi.

9). Macromedia Freehand

Macromedia FreehandMacromedia Freehand merupakan sebuah software yang bisa kita andalkan untuk pembuatan desain banner, brosur, undangan, dan masih banyak lagi. Software yang masih menjadi bagian dari keluarga besar Adobe Corporation ini masih sangat terkenal dikalangan desainer karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan mudah digunakan bagi para desainer.

Meski memililiki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Corel Draw, software ini cenderung lebih mudah digunakan dimana pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan antarmuka untuk mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan.

10). Manga Studio

Manga StudioMendengar namanya, mungkin kamu sudah tau apa kegunaan dari software desain grafis yang satu ini. Yap, Manga Studio hadir untuk banyak orang yang ingin berkreasi menciptakan gambar manga dari “nol” dengan menggunakan beragam fitur-fiturnya yang canggih.

Dari segi tampilan dan fungsi, Manga Studio bisa dibilang hampir mirip seperti Photoshop. Namun bedanya software buatan negeri Sakura ini dirancang khusus untuk membuat kartun sejenis Manga dan Comic.

Yap.. Itu dia deretan software desain grafis terbaik dan terpopuler 2018 yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Oh ya, kalau kamu punya rekomendasi software sejenis terbaik lainnya yang tidak tercantum dalam daftar di atas, jangan sungkan untuk memberikannya melalui kolom komentara, ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Kepoin juga yuk Instagram @LimeCustom