Top 6 Aplikasi Adzan Terbaik untuk Android (Offline)

Sebagai penanda masuknya sholat wajib, terdengarnya suara adzan yang dikumandangkan muadzin memang membantu umat Islam untuk bisa sholat tepat pada waktunya. Namun adakalanya saat kita berada di tempat asing yang jauh dari masjid, sulit bagi kita untuk bisa mendengar adzan.

Tetapi kamu tidak perlu khwatir, karena untungnya di era smartphone seperti saat ini sudah banyak muncul aplikasi islami yang dilengkapi jadwal sholat dan alarm adzan. Dengan aplikasi tersebut, nantinya kamu bisa melihat info jadwal sholat dan mendengarkan adzan yang sesuai dengan lokasimu.

Namun karena tidak semua aplikasi adzan mempunyai performa yang baik, YaTekno di sini akan merangkum 6 aplikasi adzan terbaik untuk android yang bisa digunakan offline. Mari kitas simak hingga tuntas pembahasan berikut ini.

1). Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla
Di urutan pertama ada aplikasi garapan Kodelokus yang sudah digunakan oleh jutaan orang. Aplikasi buatan developer Indonesia ini menyajikan informasi jadwal sholat yang dilengkapi alarm adzan ketika waktu sholat tiba.

Info jadwal sholat nantinya akan sesuai dengan lokasi pengguna sehingga alarm adzan juga bisa berbunyi tepat waktu. Selain fitur tersebut, ada juga fitur penunjuk arah kiblat yang disebut Qibla Compass yang bisa kamu gunakan saat berada di tempat asing.

2). Muslim Pro: Prayer Times Quran

Muslim Pro: Prayer Times Quran
Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Muslim Pro menyajikan fitur yang lebih dari sekadar jadwal sholat dan alarm adzan. Aplikasi yang telah digunakan puluhan juta muslim dari berbagai belahan dunia ini menyajikan beragam fitur lengkap yang bisa membantu umat muslim melaksanakan berbagai kegiatan ibadah.

Beberapa di antaranya yakni; kompas kiblat, menampilkan info waktu berpuasa selama Ramadhan, fasilitas Al-Qur’an lengkap dengan (bahasa latin, tajdwid, terjemahan, dan audio), Tasbih digital untuk menghitung dzikir, info masjid terdekat & lokasi restoran halal, kalender hijriyah, kumpulan doa, 99 Asmaul Husna, dan lainnya. Lengkap banget, kan?

3). iMuslim Quran Azan Prayer time

iMuslim Quran Azan Prayer time
Aplikasi adzan berikutnya adalah iMuslim yang dikembangkan oleh CY Security. Aplikasi android garapan ini CY Security ini bisa dibilang mirip dengan Muslim Pro karena menyajikan berbagai fitur islami dalam sebuah aplikasi.

Aplikasi ini dibekali fitur lengkap, di antaranya; jadwal sholat & alarm adzan, penunjuk arah kiblat, info masjid dan restoran halal terdekat, Al-Qur’an, Radio Qur’an, kalender islam, 99 nama Allah, wallpaper islami, dan sebagainya.

Meskipun masih belum selengkap Muslim Pro, namun aplikasi ini cocok bagi kamu yang menginginkan aplikasi islami ringan dengan ukurannya yang kurang dari 8 MB.

4). Prayer Times Muslim All in One

Prayer Times Muslim All in One
Aplikasi adzan yang satu ini mirip seperti Muslim Pro dan iMuslim karena sama-sama menyajikan banyak fitur yang membantu umat muslim melaksanakan berbagai kegiatan ibadah. Hanya saja, aplikasi android ini dibuat oleh developer Indonesia bernama the WALi studio.

Tidak kalah lengkapnya dengan aplikasi lainnya yang sejenis, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur mulai dari; jadwal sholat yang dilengkapi alarm adzan & arah kiblat, Al-Qur’an, doa-doa harian, 40 hadis arbain, kalkulator zakat, penghitung tasbih, info masjid terdekat, kartu ucapan, kalender hijriah, dan Asmaul Husna.

Dilihat dari fiturnya, aplikasi buatan developer yang bermarkas di Cimahi ini ternyata lebih lengkap dibanding aplikasi lain dikelasnya. Hanya saja, dari segi ukuran file aplikasinya juah lebih besar yakni sekitar 35 MB.

5). Athanotify – prayer times

Athanotify
Aplikasi android ini sebenarnya mempunyai fitur yang hampir sama seperti aplikasi adzan pada umumnya, yakni seperti jadwal sholat, arah kiblat, pilihan alarm adzan yang bisa didownload, dan kalender hijriyah.

Kelebihan aplikasi ini terletak pada tampilannya yang indah karena terdapat banyak pilihan tema dan widget yang bisa digunakan. Jadi nantinya pengguna bisa memilih tema yang diinginkan dan memasang widget di homescreen agar bisa lebih mudah dalam melihat jadwal sholat.

6). Waktu Adzan & Kiblat

Waktu Adzan & Kiblat
Satu lagi pilihan aplikasi adzan besutan GITS Indonesia yang mungkin bisa menjadi pilihanmu. Sama seperti aplikasi yang berada di urutan pertama dan aplikasi Athanotify sebelumnya, aplikasi ini juga hanya menyajikan fitur khusus jadwal sholat yang lengkap dengan suara adzan dan arah kiblat.

Perbedaannya hanya terletak pada tampilan aplikasi yang didesain dengan sangat sederhana sehingga ukurannya pun lebih kecil dibanding aplikasi sejenis lainnya, yakni 2.2 MB saja. Meski begitu, urusan performa aplikasi ini tetap baik dengan rating 4.4 yang diraihnya di Google Play.

Lihat juga:

Itulah dia 6 pilihan aplikasi adzan terbaik untuk android versi YaTekno yang bisa kamu gunakan offline. Silakan pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mu ya, apakah ingin memiliki aplikasi dengan fitur khusus jadwal sholat dan alarm adzan saja atau aplikasi dengan fitur tambahan islami lainnya.

MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Grup Facebook

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur wahid