Top 5 Software Pencari Driver Komputer/Laptop Secara Otomatis

Mencari dan menginstall driver yang cocok untuk komputer atau laptop sebenarnya mudah kalau kita mempunyai CD/DVD driver yang didapatkan saat membeli PC.

Tapi kalau DVD driver kamu hilang, tidak mendukung dengan OS terbaru saat ini, atau tidak ada DVD ROM bagi kamu pengguna netbook. Kita perlu melakukan cara yang berbeda agar bisa menginstall driver demi performa yang lebih baik.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software pencari driver otomatis. Dengan menggunakan software ini kita tidak perlu lagi repot mencari driver yang compatible dengan perangkat kita.

Nah, dini YaTekno akan memperkenalkan kepadamu 5 pilihan software pencari driver otomatis terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk komputer ataupun laptop kamu. Apa saja? Check them out!

1). DriverPack Solution

DriverPack Solution

Untuk keperluan download dan install driver, DriverPack cukup populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Software dari pengembang Kuzyakov Artur ini tampilannya mudah dimengerti, awam hingga profesional bisa menggunakan software ini dengan mudah.

Pertama kali membuka software ini, DriverPack akan melakukan scanning pada PC untuk mendeteksi drivers apa saja yang perlu dinstall atau diupdate. Setelah proses scan selesai, akan muncul beberapa drivers yang siap didownload.

Kamu bisa menentukan ingin men-download satu-persatu driver yang dibutuhkan atau men-download dan menginstall semuanya secara otomatis.

Software ini tersedia dalam 2 bentuk. Online dan Offline. DriverPack Online memungkinkan kamu untuk men-download driver secara online. Ukurannya software sangat kecil, hingga artikel ini ditulis ukurannya tidak lebih dari 300 KB.

Sedangkan DriverPack Offline bisa bekerja tanpa menggunakan koneksi internet, kamu bisa langsung menginstall drivernya. Namun, ukurannya sangat besar, yakni 11.5 GB.

Software ini bisa kamu download dan digunakan secara gratis pada sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, hingga 10.

2). Driver Booster

Driver Booster

Software pencari driver selanjutnya yang tidak kalah powerful adalah Driver Booster. Software yang dipersembahkan oleh IObit ini menyediakan versi Free dan Pro.

Software ini bekerja dengan mengindentifikasi dan memperbaiki driver yang sudah outdate, tidak cocok, atau lainnya.

Kabar baik bagi para gamers, karena Driver Booster tidak hanya membantu meningkatkan kualitas grafis dan audio pada komputer, namun juga mendeteksi dan memperbarui berbagai komponen game seperti misalnya DirectX sehingga pengalaman bermain game akan terasa lebih smooth.

Software ini juga menawarkan fitur restore point sebelum men-download driver yang berguna untuk mengamankan seandainya terjadi kesalahan driver yang baru diinstall ternyata tidak stabil, maka kita bisa mengembalikannya ke versi driver sebelumnya.

Kamu bisa menggunakannya pada sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10.

3). SlimDrivers

SlimDrivers

SlimDrivers yang digarap oleh Slimware ini juga bisa kamu pilih untuk mempermudahkanmu dalam mencari dan menginstall driver yang cocok untuk komputer atau laptop kamu.

Pertama membuka softwarenya, kamu harus menekan tombol Start Scan untuk membiarkan SlimDrivers melakukan proses pemindaian komputer agar bisa menemukan drivers apa saja yang harus diupdate.

Setelah proses scan selesai, kamu akan melihat berbagai drivers yang harus diupdate lengkap dengan informasi tanggal rilis pada driver yang kamu gunakan saat ini dan juga tanggal rilis pada driver baru yang akan diinstall.

Berbeda dengan DriverPack, SlimDriver tidak menyediakan fitur untuk men-download semua drivers sekaligus. Jadi, kamu harus men-downloadnya satu-persatu.

Hingga saat ini SlimWare secara resmi hanya mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7, & 8. Tapi kabarnya di Windows 10 pun bisa berjalan tanpa masalah. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis melalui situs resminya.

4). Free Driver Scout

Free Driver Scout

Driver Scout mempunyai tampilan yang simple dengan menu-menunya yang mudah dinavigasi. Software ini mempunyai berbagai fitur yang menarik yang mungkin tidak dimiliki oleh software serupa lainnya.

Fitur tersebut salah satunya adalah Auto-Update Drivers. Fitur ini kalau kamu aktifkan maka men-download dan menginstall driver yang diperlukan tanpa perlu izin dari penggunanya.

Software ini bisa dijalankan pada semua sistem operasi, termasuk Windows 10.

5). Snappy Driver Installer

Snappy Driver Installer

Satu lagi software pencari driver yang mungkin jadi pilihanmu, dia adalah Snappy Driver Installer. Berbeda dengan keempat software di atas sebelumnya, software ini bisa kamu gunakan tanpa perlu diinstall karena sifatnya yang portable.

Sama seperti DriverPack, Snappy juga menyediakan 2 bentuk software yakni SDI Full dan SDI Lite. SDI Full bisa bekerja secara offline namun ukurannya cukup besar, sekitar 10 GB. Sedangkan SDI Lite harus menggunakan koneksi internet untuk keperluan download drivernya. Ukurannya hanya softwarenya hanya 4 MB.

Baca juga: 3 Cara Mencari & Install Driver PC Windows Tanpa CD

Itulah 5 software pencari driver otomatis terbaik untuk komputer dan laptop bersistem operasi Windows. Secara keseluruhan, semua software gratis di atas bisa bekerja dengan baik. Tinggal kamu sendiri yang menentukan mau memilih dan menggunakan yang mana.

(Sumber gambar: Lifewire.com)

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno dan @LimeCustom. Kamu bisa Follow saya di Instagram dan Google+