Top 12 Software Edit Video Terbaik & Ringan di 2018

Tidak bisa dipungkiri, software edit video menjadi sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk membuat dan mengolah sebuah video maupun film. Untuk itu, software yang satu ini sering disebut-sebut sebagai software penting yang harus dimiliki oleh pengguna PC, terutama bagi para youtubers.

Tidak semua software edit video di PC memiliki tampilan antarmuka yang ribet sehingga membuat kita pusing. Ada cukup banyak software edit video yang mudah digunakan untuk pemula, misalnya seperti VirtualDub.

Nah, buat kamu yang sedang mencari daftar software edit video yang handal, disini YaTekno telah menyiapkan 12 pilihan software edit video terbaik di tahun 2018 yang ringan dan mudah digunakan. Yuk cek!

1). Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere ProAdobe Premiere Pro menjadi salah satu software edit video terbaik yang paling banyak digunakan sejauh ini. Memiliki tampilan antarmuka yang cukup baik dengan fitur yang lengkap, aplikasi besutan Adobe ini sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna awam hingga profesional sekalipun.

Melalui software ini, kamu bisa menyunting video dengan editing seperti pemotongan, penggabungan video, penerapan transisi, hingga fitur untuk mengatur suara dan BGM. Kerennya lagi, file project yang kamu buat bisa diimpor ke Adobe After Effect untuk penambahan efek visual agar lebih menakjubkan.

2). Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas ProTidak bisa dipungkiri, Sony Vegas Pro 13 merupakan sebuah software yang sangat berpengalaman untuk masalah editing video. Dengan menerapkan beberapa efek saja, video yang kamu buat tentu akan terlihat lebih ‘wah’ melalui software garapan Sony ini.

Dibanding seri pendahulunya, Sony Vegas Pro 13 memiliki banyak peningkatan, baik dari segi tampilan antarmuka hingga fitur-fitur editing yang sangat memanjakan pengguna. Namun sayangnya, Sony Vegas ini memiliki harga jual yang cukup mahal, yakni di atas 600 dollar. Namun yang pasti harga jualnya yang begitu mahal sebanding dengan fitur-fitur editing video canggih yang kita dapatkan.

3). AVS Video Editor

AVS Video EditorMeski tidak sepopuler software edit video sebelum-sebelumnya, AVS Video Editor juga termasuk salah satu software edit video terbaik yang ringan dan mudah digunakan untuk pemula. Terlebih, harga jual dari software ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan Sony Vegas Pro 13 ataupun Adobe Premiere Pro.

Menyal fitur penyuntingan videonya, tersedia timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, teks, efek, dan audio atau suara. Disisi lain, kamu juga bisa melakukan trimming, penggabungan beberapa efek, dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai efek yang dimilikinya, software edit video yang satu ini menawarkan sekitar 300 efek dan transisi untuk menjadikan sebuah video agar lebih menarik dan kreatif.

Dibandingkan dengan software sejenisnya, AVS Video Editor menghasilkan ukuran file yang tergolong kecil. Video yang akan disunting nanti bisa diambil dari beberapa sumber, yaitu komputer, capture dari camcorder, atau kamera digital. Sementara untuk hasilnya, kamu bisa menyimpannya ke berbagai format video populer, seperti .FLV, .WMV, dan .AVI.

4). Camtasia

CamtasiaSelain berperan sebagai software untuk merekam layar dekstop, Camtasia juga memiliki sederet fitur yang cukup handal untuk melakukan editing video dasar, seperti pemotongan, penambahan suara, penggabungan, hingga penerapan efek-efek dasar.

Nah, biasanya aplikasi sejenis ini sangat cocok digunakan untuk membuat sebuah video tutorial, Website Tour, dan sejenisnya. Mulanya Camtasia disajikan 30 hari untuk masa percobaan (trial). Dengan demikian, bisa dibilang kalau Camtasia memiliki paket yang cukup komplit, mulai dari proses perekaman hingga penyuntingan video.

5). Avidemux

Avidemux

Umumnya, proses penyuntingan video yang kita buat akan menghasilkan ukuran file yang cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi kendala apabila kita menyimpan cukup banyak video yang dimana akan membuat storage menjadi membengkak. Untuk itu, Avidemux hadir sebagai software edit video yang bisa diandalkan untuk melakukan kompres video.

Meski kompres video yang dihasilkan akan menjadikan ukuran file menjadi lebih kecil, Avidemux tentu menjaga kualitas video tanpa merusaknya sehingga tetap layak untuk dinikmati.

6). Windows Movie Maker

Bagi para pemula, Windows Movie Maker tentu sangat cocok untuk digunakan karena tampilan antarmukanya yang tergolong simpel. Terlebih, fitur-fitur yang tersedia di dalamnya juga mudah untuk digunakan dalam melakukan penyuntingan video, seperti pemotongan, penggabungan, dan fitur lain yang umumnya dimiliki oleh software edit video.

Meski tidak selengkap Adobe Premiere Pro tentu jauh lebih mudah digunakan dan dipelajari. Nah, kalau kamu sudah mahir menggunakan software buatan Microsoft ini, tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga mahir untuk melakukan penyuntingan video pada software edit video terbaik seperti Sony Vegas Pro 13.

7). Corel Video Studio

Corel Video Studio

Software edit video terbaik yang mudah dan ringan berikutnya adalah Corel Video Studio. Seperti yang kita tahu, pengembang software yang satu ini telah menggarap deretan software yang cukup handal, sebut saja Corel Draw misalnya.

Untuk itu, Corel Video Studio mempunyai segudang fitur yang tidak perlu diragukan lagi kecanggihannya. Hanya dengan beberapa sentuhan saja, kamu bisa menghasilkan video dan slideshow yang ‘wah’ dengan mudah dan cepat.

Namun yang terpenting, ia memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana. Dengan kata lain, software edit video ini cocok digunakan untuk pengguna awam yang sedang mendalami proses belajar edit video.

8). Pinnacle Studio

Pinnacle studio

Diproduksi oleh System Pinnacle, sebuah divisi dari Avid Technologysoftware edit video yang satu ini telah mendapat penghargaan Emmy Award untuk kategori technical achievement dan excellence video terbaik.

Atas penghargaan tersebut, bisa dipastikan kalau Pinnacle Studio mempunyai segudang fitur yang canggih dan handal untuk melakukan edit video. Tak jarang pula Pinnacle dijadikan sebagai salah satu ikon utama di dalam dunia editing video profesional, khususnya dalam menghasilkan video real-time 3D.

9). HitFilm Express

HitFilm Express

Memiliki ukuran yang tergolong ringan untuk sebuah software edit video, meski begitu HitFilm Express memiliki kumpulan fitur yang powerfull dalam penyuntingan video dan film. Beberapa fitur handal yang ditawarkan olehnya seperti; pilihan template efek visual yang menakjubkan, mendukung anti-aliasing hingga 32x MSAA, fitur colour grading, motion grafis, dan masih banyak lagi.

10). VirtualDub

VirtualDub

Salah satu kemampuan handal yang ditawarkan oleh software edit video yang satu ini antara lain seperti; splitting, extracting, dan menggabungkan file AVI tanpa re-encoding. 

Disisi lain, VirtualDub memiliki kemaampuan untuk melakukan zoom yang cukup baik, mulai dari zoom-in , zoom/focus, dan zoom-out. Kalau kamu sedang mencari software edit video terbaik yang ringan dan mudah digunakan, mungkin VirtualDub menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

11). iMovie

iMovie

iMovie merupakan sebuah software pembuat dan pengolah video yang disediakan oleh Apple untuk MacBook, iPhone, dan iPad. Melalui software ini, kamu bisa membuat sebuah film sederhana dengan penerapan tema film dan fitur-fitur penyuntingan video pada umumnya.

Dalam iMovie, kamu dapat memasukkan transisi, efek suara, dan fitur-fitur canggih lainnya yang bisa kamu temukan pada Content Library. Hasil video atau film yang kamu buat nantinya dapat langsung di share ke YouTube, Facebook, Vimeo, dan masih banyak lagi.

12). VideoPad

VideoPad

Karena memiliki tampilan yang sederhana dan ukuran yang relatif ringan, VideoPad cukup banyak diminati oleh pengguna awam yang masih dalam tahap belajar penyuntingan video dasar. Meski mempunyai fitur yang cukup lengkap, software edit video yang satu ini bisa didownload secara gratis.

Untuk dukungan formatnya sendiri, software yang dipersembahkan oleh NCH Software hampir support dengan banyak format terutama format kamera maupun handycam seperti DV dan HDV. Sementara untuk format videonya meliputi .AVI, .MPEG, .MP4, dan masih banyak lainnya.

Lihat juga: Top 5 Software Pencari Driver Komputer/Laptop Secara Otomatis

Nah, setelah melihat deretan software edit video terbaik 2018 di atas, kamu sudah memutuskan untuk menggunakan yang mana? Silahkan tentukan pilihan yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhanmu, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Kepoin juga yuk Instagram @LimeCustom