Review Acer Predator Helios 300: Termurah dengan Intel Core i9 + RTX 3070

Generasi terbaru Predator Helios 300 telah resmi mendarat di Indonesia. Laptop gaming besutan Acer ini hadir dengan ditenagai langsung oleh Intel® Core™ i9-11900H processor dengan performa gahar khasnya.

Unit laptop yang kami review ini Acer Predator Helios 300 dengan kode PH31-54-94U7, yang merupakan varian tertinggi dan ditenagai Intel® Core™ i9-11900H processor.

Intel® Core™ i9-11900H processor dengan 8 core 16 thread menawarkan kecepatan clock hingga 4.8 GHz, serta memiliki tenaga luar biasa untuk menjalankan segala tugas berat, seperti gaming dan juga editing.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi laptop gaming dengan performa bisa diandalkan, mungkin Anda perlu menyimak review Acer Predator Helios 300 satu ini.

Tangguh dengan 11th Gen Intel® Core™ H-Series Processor

Berbicara dari segi performa, sektor dapur pacu laptop gaming ini ditenagai Intel® Core™ i9-11900H processor. Prosesor ini memiliki 8 core, 16 thread dan cache sebesar 24 MB yang bisa Anda andalkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari gaming, editing dan beragam tugas multitasking berat lainnya.

11th Gen Intel® Core™ H-Series Processor hadir dengan arsitektur baru willow cove core 10nm SuperFin, 19% gen-on-gen multithreaded peningkatan kinerja, prosesor mobile single thread tercepat di dunia, dan menawarkan frequency hingga 5GHz.

Selain itu, prosesor ini juga sudah mendukung PCIe Gen ke 4.0 bandwidth 2x lebih cepat, kinerja gaming lebih baik, dan fps lebih tinggi

Dirancang untuk performa melebihi batasnya dengan kemampuan overclocking menggunakan software Intel® Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel® Speed Optimizer untuk overclocking lebih mudah sekali klik

Tidak Cuma cocok untuk gaming, prosesor ini hadir dengan fitur canggih untuk konten creator, 32EU/Xe Architecture, fitur performa cerdas dengan AI, storage kecepatan tinggi dengan bootable RAID 0.

Berkat adanya dukungan teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0, memungkinkan prosesor dapat bekerja secara otomatis mengarahkan ke frekuensi tertingginya untuk kinerja lebih baik

Kartu grafisnya tersedia dalam dua pilihan, yakni NVIDIA GeForce RTX 3070 8 GB. Laptop gaming ini dibekali dengan RAM DDR4 16GB yang bisa di upgrade hingga 32 GB. GPU ini hadir dengan RT core terbaru, Tensor Core dan streaming multiprosesor yang menghasilkan grafik ray-tracing realistis. 

Beberapa game triple A bisa dimainkan dengan sangat lancar dengan laptop ini. Salah satunya adalah game yang memang terkenal berat, Cyberpunk 2077.

Untuk penyimpanannya, laptop ini mengusung SSD 512GB yang dapat diupgrade hingga 2TB memakai dual slot M.2 NVMe  dengan konfigurasi SSD RAID 0 yang ultra cepat. Sedangkan untuk slot SATA dapat diperluas kapasitasnya dengan menggunakan HDD dengan kapasitas sampai 2TB.

Sektor audio juga mendapatkan sentuhan dari Acer. Mereka membenamkan teknologi DTX: X Ultra, sehingga laptop bisa menyemburkan suara game yang terdengar lebih realistis.

Koneksi internet ketika bermain game online juga dipastikan lebih stabil berkat kehadiran fitur pendukung, seperti E2600 Killer Ethernet, Intel® Killer Wi-Fi 6 AX1650i dan Killer Control Center 2.0.

Nilai lebih lainnya, laptop ini sudah terinstall Windows 11 Home dan Anda sudah langsung mendapatkan aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa digunakan gratis seumur hidup.

Desain Gahar Khusus Para Gamers

Selayaknya sebuah laptop gaming, Predator Helios 300 memiliki perawakan yang kokoh dengan bobot sekitar 2,3 kg. Tidak sekedar dari penampilannya, tetapi juga karena material bodinya yang terbuat dari metal.

Bagian sasisnya menggunakan material logam yang dibalut dengan aksen biru kehijauan. Pilihan warna ini rupanya menyesuaikan dengan lampu latar keyboard yang ada di laptop gaming Predator.

Mengenai lampu latar atau backlit di bagian keyboard, Acer menyematkan teknologi Backlit RGB 4 zona yang warnanya bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Pada bagian caps keyboard, Acer mencetak font Predator dengan bentuk yang khas. Selain itu, secara fungsi, keyboard dari laptop ini memiliki hotkey untuk mengaktifkan Predator Sense dan Turbo.

Sebagai informasi, tombol Turbo ini memiliki fungsi yang memudahkan pengguna untuk melakukan overclocking. Cukup dengan menekan satu tombol, laptop dapat langsung melakukan overclock untuk meningkatkan performanya.

Sementara untuk tombol PredatorSense memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi lengkap terkait kinerja laptop dalam satu aplikasi. Melalui PredatorSense, Anda bisa memantau informasi seperti CPU clock rate, temperatur dan fan speed.

PredatorSense juga dapat Anda gunakan untuk mengendalikan kecepatan kipas, mengatur efek pencahayaan hingga overclock GPU.

Layout keyboard-nya terbentang luas hingga tersedia tombol numpad. Tombol spasi yang sering digunakan ketika bermain game sudah diperbesar, begitu juga dengan tombol WASD, panah dan hotkey Predator Sense yang memiliki finishing warna transparan, membedakannya dari tombol lain.

Acer juga menghadirkan desain baru pada teknologi pendingin di laptop Predator Helios 300. Dalam laptop gaming ini terdapat dua buah kipas yang salah satunya merupakan kipas 3D AeroBlade generasi ke-5.

Desain kipas pendingin ini terinspirasi dari sayap burung hantu. Kinerja dari kipas ini akan memaksimalkan aliran udara, tetapi kebisingan yang rendah tetap terjaga. Kipasnya punya ketebalan hanya 0,08mm dengan tepian bergerigi, sayap kecil di atas dan bawah, dan sirip melengkung pada setiap bilahnya.

Apabila dibandingkan dengan kipas plastik biasa, kipas 3D AeroBlade ini mampu memberikan peningkatan aliran udara hingga 55 persen.

Supaya proses pendinginan berjalan optimal, Acer sudah membuat lubang udara dengan posisi yang strategis. Dengan ini laptop tetap bisa dipacu dengan performa tertinggi, namun suhunya tetap terjaga dengan baik.

Laptop ini memiliki ketersediaan konektor yang cukup lengkap. Seperti port USB Type-C, port USB 3.2 Gen 2, DisplayPort over USB-C, USB Thunderbolt 4, USB charging 5 V, 1 port USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging, 2 port USB 3.2 Gen 1, port HDMI 2.1 with HDCP support, Mini DisplayPort 1.4, RJ-45, jack audio 3,5 mm dan port pengisian daya yang terpasang di belakang.

Layar dengan Resolusi QHD

Untuk menampilkan beragam konten, Acer Predator Helios 300 dibekali dengan layar berjenis IPS dengan ukuran 15,6 inci. Bezelnya tipis dan memiliki resolusi QHD untuk gambar yang jernih serta detail tajam di mata.

Refresh rate tinggi juga pastinya sudah didukung oleh layar laptop ini. Layar Acer Predator Helios 300 menawarkan refresh rate 165Hz dan response time 3ms yang bisa menampilkan konten dengan smooth, serta mengurangi efek blur yang tentunya kurang sedap dipandang.

Berbekal refresh rate dan response time yang tinggi ini, gamers pasti akan sangat dimanjakan dengan kualitas FPS yang lebih halus di resolusi tinggi. Terlebih untuk Anda yang bermain game kompetitif, kedua fitur ini akan sangat bermanfaat.

Layarnya juga dibekali dengan DCI-P3 100%, menjanjikan tingkat akurasi warna yang tinggi, visual lebih detail dan tajam, serta warna yang lebih kaya. Dukungan fitur ini membuat Acer Predator Helios 300 juga cocok digunakan oleh para pembuat konten.

Konektor Thunderbolt 4.0 memiliki kecepatan hingga 40 GB/s, yang berguna untuk transfer data 4x lebih cepat dibanding USB 3.2, menyambungkan ke 2 monitor 4K sekaligus, dan memungkinkan gamers menambahkan external VGA

Baca juga: Review Acer Nitro 5: Gaming Maksimal Suhu Tetap Adem

Kesimpulan

Varian tertinggi dari Acer Predator Helios ini rasanya bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan laptop gaming dengan performa maksimal. Kinerja dari Intel® Core™ i9-11900H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 series untuk kebutuhan gaming tentu sudah menjadi jaminan bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman gaming terbaik.

Jika Anda tertarik, laptop Acer Predator Helios 300 ini sudah bisa dibeli melalui toko retail atau toko online. Dibanderol seharga mulai dari Rp23 jutaan, Anda dapat membeli laptop ini secara daring maupun luring salah satunya melalui Acer eStore pada link berikut ini https://store.acer.com/en-id/predator-helios-300-ph315-54-rtx3070-i9-nh-qc1sn-003.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram