Alienware, Laptop yang Cocok untuk Main Game!

Laptop Alienware adalah laptop gaming yang terkenal bagi para gamer profesional. Bagi mereka laptop dengan spesifikasi tinggi dibutuhkan untuk menikmati bermain game kelas AAA, seperti game Titanfall, Battlefield, Mad Max, Call of Duty.

Apa yang dimaksud dengan game AAA? Ini bukan singkatan tetapi istilah untuk game yang diproduksi sebaik mungkin dengan grafis mumpuni, cerita yang bagus, gameplay yang menyenangkan, sound yang keren dan penjualan yang laris.

Singkatnya game AAA dirancang untuk menjadi game nomor satu pada tahun game tersebut dirilis (game of the year).

Berapa spesifikasi standar untuk menjalankan game AAA di laptop? Contoh game AAA tahun 2018 ini adalah Far Cry 5, spesifikasi standar membutuhkan Intel i7, Nvidia GeForce GTX 970, dan RAM 8GB.

Laptop Alienware Bukan Untuk Gamer Amatir

Laptop Gaming AlienwareLaptop Alienware memang laptop gaming yang tidak didesain untuk gamer amatir yang bermain game hanya sebatas melepas lelah atau membuang waktu.

Bermain Angry Bird, Candy Crush tentu tidak butuh laptop spesifikasi canggih. Laptop murah sekelas Chromebook pun bisa memainkan game tersebut di browser Chrome atau di smartphone.

Laptop gaming juga perlu didukung sistem pendingin yang baik karena game AAA akan memaksa kinerja laptop hingga ke level maksimal, sehingga laptop akan cepat panas bila tidak didukung sistem pendingin yang bagus.

Kembali kita membahas Alienware, awalnya brand ini berdiri tahun 1996 dan kemudian dibeli oleh Dell tahun 2006. Dell menjadikannya lini brand produk gaming mereka untuk bersaing dengan laptop/desktop gaming dan juga konsol seperti PlayStation, Xbox dan Nintendo.

Sistem operasi yang digunakan Laptop Alienware adalah Windows, sistem operasi juga bisa diganti oleh pengguna. Misalnya ingin berganti sistem operasi Ubuntu Linux, komunitas gamer dapat membantu bagaimana cara menginstallnya.

Seiring dengan pertumbuhan pesat esport, gamer Indonesia mulai banyak yang berpikir untuk menjadi gamer handal. Dibutuhkan banyak latihan serta laptop gaming yang canggih untuk bisa seperti itu.

Pada Asian Games 2018 cabang esport mulai dipertandingkan walau baru hanya sebatas ekshibisi atau percobaan. Indonesia bahkan menjadi juara di game Clash Royale.

Kabarnya Olimpiade 2024 juga akan mempertandingkan eSport, jadi kebutuhan akan laptop gaming yang handal sangat dibutuhkan.

Seperti yang ditulis di atas, terlihat RAM 4GB, prosesor sekelas Intel i3 kurang memadai. Bisa dikatakan kebutuhan spesifikasi laptop gaming mirip dengan spesifikasi laptop untuk desainer profesional. Setidaknya laptop gaming membutuhkan RAM 8GB dan prosesor Intel i7.

Dengan spesifikasi seperti itu sebenarnya hanya masuk kategori laptop gaming menengah. Harga kisaran 20 juta – 30 juta rupiah. Laptop gaming kelas atas sudah tentu harganya di atas 30 juta rupiah.

Saran Tempat Membeli Laptop Alienware

Laptop Gaming AlienwareDi Indonesia gamer profesional bisa membeli laptop Alienware di Bukalapak dengan harga bersaing.

Pembeli dapat menemukan laptop Alienware baru dan second yang bisa menjadi pilihan untuk membelinya sesuai budget.

Sebagai contoh harga Dell Alienware 17 I9-8950 – 16GB – 1TB 256SSD – GTX1080 8GB dengan prosesor Intel i9 adalah 50 juta rupiah. Dan ada juga harga laptop yang lebih murah sesuai spesifikasinya.

Pastikan sebelum membeli laptop Alienware bertanya dahulu dengan penjual tentang kesediaan barang. Untuk penjual individual biasanya stok laptop hanya satu. Berbeda dengan penjual toko. Mereka memiliki banyak stok dan juga pilihan model laptop.

Untuk pembayaran dapat membayar di Indomaret atau Alfamart. Tapi untuk membeli barang dengan harga sangat mahal, sangat direkomendasikan untuk membayar dengan cara transfer bank.

Tidak bijak rasanya membawa uang 20 juta – 50 juta rupiah ke Indomaret ataupun Alfamart. Setelah membayar, sistem Bukalapak otomatis akan memproses sehingga pembeli akan segera mengetahui apakah pembayaran sudah diterima, apakah status pembelian diterima atau ditolak oleh penjual, dan apakah barang sudah dikirim.

Lihat juga:

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Kepoin juga yuk Instagram @LimeCustom