Acer Predator Orion 7000, Si PC Gaming Super Keren Idaman Gamers!

Seiring dengan peluncuran terbaru dari 12th generation Intel® Core™ Processors, berbagai vendor teknologi sudah mulai memamerkan produk terbaru mereka yang ditenagai prosesor baru tersebut. Salah satunya adalah Acer yang tidak hanya merilis jajaran laptop terbaru, tetapi juga perangkat PC desktop.

Perangkat yang kita bahas kali ini bukan PC biasa, melainkan PC gaming yang bernama Acer Predator Orion 7000. Memegang titel sebagai PC gaming, sudah pasti spesifikasinya tergolong tinggi untuk mendukung kebutuhan gaming.

Kami memperoleh kesempatan untuk mencoba langsung performa dari PC gaming terbaru dari Acer. Penasaran apa saja kelebihannya? Mari simak review Acer Predator Orion 7000 berikut ini.

Performa Gahar 12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors

PC gaming terbaru dari Acer ini menawarkan performa yang menurut kami tidak tanggung-tanggung. Acer membenamkan 12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors. Ini adalah prosesor pertama di dunia dengan arsitektur hybrid.

12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors ini memiliki hingga 16 core dan 24 thread. Menariknya, prosesor ini memiliki arsitektur hybrid yang merupakan kombinasi apik dari performa dan efisiensi daya.

Dukungan 12th generation Intel® Core™ processors ini memiliki 8 P-cores dan 8 E-cores. Dengan arsitektur hybrid, prosesor ini dapat secara otomatis menyesuaikan core sesuai dengan beban kerja yang Anda lakukan.

Sehingga prosesor bisa mengeluarkan performa terbaiknya ketika memang dibutuhkan, dan menjaga penggunaan dayanya tetap hemat ketika hanya menjalankan tugas-tugas yang ringan.

Selain itu, kelebihan dari 12th generation Intel® Core™ Processors adalah kemudahannya untuk di-overclock berkat adanya dukungan tools. Overclock bahkan bisa dilakukan pada Efficient Core (E cores) dan memori DDR5 yang sudah didukung oleh 12th generation Intel® Core™ Processors.

Fitur untuk melakukan overclocking ini merupakan satu kesatuan dari Intel® Extreme Tuning Utility (XTU) 7.5 terbaru. Program Intel® XTU juga mendukung overclocking dari  12th generation Intel® Core™ Processors yang unlock dengan satu klik melalui Intel Speed Optimizer.

Intel® turut memperkenalkan Intel® Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 terbaru yang mendukung DDR5, sehingga menawarkan profil tambahan, termasuk profil kustom baru yang rewritable dan tuning yang fleksibel untuk melakukan overclocking pada memori.

Intinya dengan menggunakan prosesor generasi terbaru ini, Anda yang ingin meningkatkan performa Predator Orion 7000 bisa melakukan overclocking dengan leluasa dan pastinya lebih mudah.

Kinerja gahar dari 12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors turut ditopang dengan kartu grafis yang tidak kalah mumpuni, yakni NVIDIA GeForce RTX 3090. Kartu grafis ini memiliki arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA dengan dukungan Ray Tracing Cores, Tensor Cores, dan multiprosesor streaming baru.

Predator Orion 7000 memiliki RAM yang dapat Anda upgrade hingga 64 GB DDR5. Sementara memori penyimpanannya tersedia dua jenis, yakni PCIe 4.0 NVMe SSD berkapasitas 1 TB dan HDD berkapasitas 2 TB.

Acer tidak ketinggalan menyertakan teknologi pendingin termal yang menjaga performa selalu maksimal. Predator Orion 7000 mengandalkan kipas Predator FrostBlade™ 2.0 baru yang dilengkapi lampu ARGB.

Masing-masing kipas memiliki delapan LED ARGB dan didesain dengan bentuk busur baru di sepanjang bagian siripnya. Memaksimalkan kinerja dari kipasnya, Predator Orion 7000 dilengkapi dengan teknologi AIO liquid cool. Pompa pendingin ini lagi-lagi dilengkapi 12 LED RGB dan dapat mendukung hingga dua kipas 120mm yang terpasang pada radiator.

Performa gahar yang ditunjukkan oleh 12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors dan komponen lainnya tentu membuat suhu dalam PC akan meningkat. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk gaming, yang notabene merupakan salah satu task berat.

Berkat dukungan sistem pendingin termal ini Anda bisa merasakan bagaimana performa langsung dari PC Predator Orion 7000 yang bisa Anda terus genjot di tingkat tertinggi, namun kinerjanya tetap stabil dan menghindarkan kekhawatiran Anda akan terjadinya overheat.

Beberapa game yang lumayan berat bisa dimainkan di game ini dengan lancar dan tanpa halangan. Beberapa di antara yang sempat kami coba adalah FIFA 22 dan Cyberpunk 2077.

PC gaming ini sudah memiliki sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan aplikasi Office Home & Student 2021. Ini membuat Anda tidak perlu repot mengeluarkan budget tambahan untuk membeli dua software penting ini.

Desain yang “Super Gaming Banget”

Laptop atau PC gaming jelas akan berkurang nuansa gamingnya tanpa kehadiran lampu-lampu RGB. Tambahan LED ARGB membuat tampilan PC ini terlihat lebih eye catchy dan menurut kami “gaming banget”.

Lampu-lampu ARGB tadi pastinya dapat diatur sesuai dengan gaya penggunanya melalui aplikasi PredatorSense. Tersedia 16,7 juta warna yang bisa coba Anda tampilkan dan membuat suasana bermain jadi terasa lebih seru.

Banyak waktu Anda yang mungkin akan tersita untuk mencoba mencari warna-warna ARGB yang akan ditampilkan di PC. Karena menurut kami ini jadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Predator Orion 7000.

Selain memiliki desain yang “gaming banget”, Acer juga memberikan kemudahan dari segi pengalaman penggunaan PC ini, hingga melakukan upgrade.

Kemudahan yang kami maksud adalah tersedianya port USB Type A dan Type C, serta jack audio di bagian depan. Jelas posisi ini sangat memudahkan dan tidak perlu repot menjangkau ke bagian belakang untuk menyambungkan berbagai periferal.

Walaupun demikian, Acer tetap menyertakan berbagai port di bagian belakang, seperti LAN, jack audio, USB 2.0. USB 3.2 Gen 2 dan USB Type C Gen 2.

PC gaming ini juga menawarkan kemampuan upgrade komponen lebih mudah dan dapat dibuka tanpa bantuan alat. Panel sampingnya menggunakan EMI-Compliant guna menjaga komponen internal terlindungi dari gangguan luar.

Fitur Pendukung yang Perlu Dicoba

Melengkapi performa yang menurut kami sangat mantap, Acer tidak ketinggalan memberikan sentuhan pada sektor audionya. Dengan audio yang berkualitas, sesi bermain jelas jadi terasa makin seru.

Acer memberikan dukungan fitur DTS: X Ultra di bagian audionya. Perangkat headphone atau speaker eksternal dapat dibuat menjadi sistem suara surround 360 derajat. Fitur ini tidak hanya berguna untuk gaming saja, tetapi kegiatan lainnya seperti menonton film atau mendengarkan musik.

Saat digunakan untuk bermain game, Anda dapat merasakan audio 360 derajat seolah Anda bisa merasakan suara dari sekeliling lingkungan game.

Bagi Anda yang gemar bermain game online, Acer menjanjikan sesi bermain yang lebih stabil. Mereka menyertakan fitur Intel® Killer E3100G 2.5G Ethernet Controller, Intel® Wi-Fi 6E AX211 (Gig+)1, dan Control Center 2.0

Berkat dukungan fitur-fitur ini, latensi internet bisa dijaga tetap rendah. Selain itu, fitur ini akan memprioritaskan aplikasi atau game terpenting yang tengah digunakan untuk memberikan pengalaman online lebih lancar.

Supaya lebih optimal lagi, secara proses online yang tidak diperlukan ketika bermain game akan dihentikan secara otomatis, sehingga game online akan memperoleh sumber daya yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menurut kami Acer Predator Orion 7000 menjadi jawaban bagi Anda yang menginginkan PC gaming dengan spesifikasi dan performa yang tidak “nanggung”. PC gaming ini memiliki dukungan langsung dari 12th generation Intel® Core™ i9-12900K Processors, yang mana merupakan prosesor generasi paling baru dan tertinggi yang dimiliki oleh Intel®.

Ditambah lagi adanya dukungan performa dari NVIDIA GeForce RTX 3090, sistem pendingin FrostBlade dan liquid cool, serta berbagai fitur pendukung gaming lainnya. Menurut kami, Predator Orion 7000 layak disebut sebagai salah satu PC gaming idaman.

Tertarik untuk memilikinya? PC gaming ini sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 69 jutaan. Informasi lebih lanjut dapat di cek pada link https://store.acer.com/en-id/predator-orion-7000-po7-640-i9-12900k-dg-e2tsn-003.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram