Acer Aspire C27-1655: AIO Desain Stylish yang Bisa Diupgrade!

Acer memberikan kami kesempatan untuk mencoba langsung salah satu perangkat AIO terbaru mereka yang dijuluki Aspire C27-1655. Pastinya, pengalaman kami selama menggunakan AIO ini akan kami bagikan kepada Anda.

Perangkat PC berjenis All-in-One (AIO) ditujukan bagi pengguna dari kreator konten, video editor, dan pengguna di rumahan. Aspire C27-1655 menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan perangkat desktop dengan performa andal, tetapi hemat ruang.

Penasaran apa saja kelebihan yang dimiliki Aspire C27-1655? Berikut ini ulasan selengkapnya yang sudah kami buat.

Performa dari Intel® Core™ i5-1135G7 Processor Generasi ke-11

Artikel review Acer Aspire C27-1655 ini kami buka dari pembahasan performanya. Pada AIO ini Anda akan disuguhi performa dari Intel® Core™ i5-1135G7 processor, yang mana merupakan salah satu prosesor dari 11th Gen Intel® Core™ processors.

Sebagai gambaran performanya, prosesor ini memiliki cache sebesar 8 Mb dan memiliki clock speed hingga 4,20 GHz. Prosesor ini dibuat dengan arsitektur SuperFin 10 nm dan menawarkan performa berbasis AI, konektivitas yang cepat, dan memberikan performa terbaik ke dalam perangkat.

Kinerja dari Intel® Core™ i5-1135G7 processor ditopang oleh kartu grafis Intel® Iris® Xe Graphics. Penggunaan kartu grafis Intel® Iris® Xe Graphics membuat laptop sanggup menayangkan video atau film di resolusi HDR 4K.

Selain itu, AIO ini dibenamkan RAM DDR4 8 GB dan penyimpanan SSD 512 GB. Kelebihannya, komponen RAM dan memori internal ini bisa Anda upgrade apabila Anda merasa kapasitas bawaannya kurang.

Kapasitas RAM bisa diupgrade hingga 32 GB DDR4. Sedangkan penyimpanannya bisa ditambahkan melalui 1 slot SSD dan 1 slot HDD SATA. Kami mengapresiasi hal ini dan membuat Anda sebagai pengguna nantinya bisa melakukan ekspansi lebih pada perangkat AIO ini di masa mendatang.

Beragam komponen penunjang yang dimiliki memungkinkan AIO digunakan untuk banyak kebutuhan. Kami memanfaatkannya untuk browsing, membuat artikel, edit foto, hingga menonton film, dan semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan lancar.

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dari AIO ini adalah sudah terinstallnya sistem operasi Windows 10 Home dan dapat diupgrade ke Windows 11. Acer turut menyertakan bonus lain yang tak kalah menarik, yakni aplikasi Office Home and Student secara gratis.

Desain Minimalis dan Hemat Ruang

Desain juga menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Aspire C27-1655. Pengalaman menggunakan PC desktop bisa Anda dapatkan, tetapi dalam desain perangkat yang lebih minimalis, stylish dan hemat ruang.

Seperti yang kita ketahui bersama, beragam komponen komputasi dari perangkat ini menyatu dengan bagian layarnya. Ini yang membuat desainnya ringkas dan tidak memakan banyak ruang. Acer juga menyertakan klip untuk mengatur kabel-kabel di bagian belakang agar tidak berantakan.

Aspire C27-1655 ini memiliki ketebalan hanya 6,8 mm saja, yang menurut kami jelas membuatnya sangat ringkas. Posisi layarnya bisa disesuaikan dengan kemiringan -5 derajat hingga 25 derajat, sehingga Anda bisa menentukan posisi ternyaman Anda saat bekerja dengan AIO ini.

Di bagian bawahnya terdapat dudukan berbentuk V yang tentunya sangat kokoh untuk menyangga Aspire C27-1655. Menurut kami, keberadaan Aspire C27-1655 ini juga berfungsi memperindah dan menambahkan estetika ruangan Anda. Apalagi jika wallpaper yang digunakan memiliki warna yang serasi dengan ruangan di mana ia diletakkan.

Perangkat AIO ini memiliki layar dengan bezel yang tergolong tipis. Ketebalan bezel nya hanya 3,7mm dengan screen to body ratio hingga 92 persen. Selain membuat tampilannya terlihat stylish, ini juga membuat Anda bisa menikmati area pandang yang lebih luas.

Di bagian bezelnya turut disematkan built in webcam HD 720p yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti video call, meeting online dan lain sebagainya. Acer menyertakan shutter sebagai privasi ekstra, sehingga Anda bisa menutup webcam saat tidak digunakan.

Layarnya sendiri menggunakan panel IPS berukuran 27 inci dan beresolusi Full HD. Resolusi Full HD yang dimilikinya membuat Anda bisa menikmati konten dengan gambar yang jernih dan detail. Area pandang yang luas hingga 178 derajat membuat Anda makin leluasa menikmati konten yang ada.

Selain pekerjaan, hiburan seperti menonton film juga menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus memuaskan yang kami saksikan melalui layar Aspire C27-1655.

Beragam konektivitas tersedia di laptop ini, seperti HDMI 2.0, port USB 3.2 Gen 2, card reader, LAN port dan jack audio 3,5mm. Dalam paket penjualan Aspire C27-1655, Acer juga menyediakan aksesoris pendukung berupa keyboard dan mouse.

Kesimpulan

Setelah menjajal perangkat ini secara langsung, kami menyimpulkan bahwa Aspire C27-1655 ini cocok untuk Anda yang butuh perangkat desktop tetapi dengan desain minimalis. Desainnya stylish, simpel, hemat ruang dan pastinya bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Performanya yang bisa diandalkan untuk beragam tugas tentunya tak lepas dari dukungan tenaga 11th Gen Intel® Core™ i5-1135G7 processor. Hal yang patut digarisbawahi lainnya dari AIO ini adalah kemudahan yang diberikan dalam update RAM dan memori internalnya.

Aspire C27-1655 resmi dijual di Indonesia mulai dari harga Rp 12 jutaan. Bagi Anda yang ingin membelinya bisa memesan melalui online di Acer eStore, ecommerce, ataupun toko Acer terdekat di kota Anda yang dapat juga diperoleh melalui link https://store.acer.com/en-id/aio-c27-1655-i7-1165g7.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram