Rujukan Sebelum Membeli

10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Harga Termurah 2023)

Dulu, tangan kita harus bekerja menggunakan alat tradisional seperti pensil, kuas, atau pensil warna. Namun, dengan kemajuan teknologi, telah muncul sebuah perangkat inovatif yang dikenal sebagai pen tablet.

Pen untuk tablet memungkinkan kita untuk menggambar atau mendesain langsung di atas layar dengan menggunakan pena khusus. Tidak perlu dikhawatir soal harga, kamu bisa mendapatkan dari harga terjangkau sekalipun.

Di bawah ini sudah kamu rangkum deretan pen tablet dengan harga murah dan fitur terbaik. Siapa tahu, ada salah satunya yang cocok dengan kriteria kamu. Yuk cek hingga tuntas!

10 Rekomendasi Pen Tablet Murah Terbaik 2023

1. Huion RTS-300

Harga Rp 500 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Huion RTS-300 merupakan pen tablet yang dilengkapi dengan digital pen PW400 yang diperkaya teknologi Battery-Free EMR. Semua tombol dalam tablet bisa diprogram untuk kemudahan penggunanya membuka aplikasi, hingga membuat shortcut tombol.

Untuk koneksivitasnya ia dilengkapi dengan port USB Type-C yang bisa kamu koneksikan ke PC, smartphone, ataupun tablet. Yang pada intinya, perangkat ini kompatibel untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan juga Android.

Nantinya, kamu bisa mengandalkan perangkat ini menunjang berbagai software editing, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Huion Sketch, dan sebagainya.

2. Huion Inspiroy H430P

Harga Rp 470 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Huion Inspiroy H430P adalah salah satu tablet grafis yang populer di kalangan seniman digital dan desainer. Huion Inspiroy H430P dilengkapi dengan 4.096 level sensitivitas tekanan, yang memberikan kontrol presisi yang baik saat menggambar atau mendesain.

Tablet ini memiliki ukuran 186,6 x 139,2 mm, menjadikannya cukup kecil dan ringan untuk dibawa-bawa. Portabilitasnya membuatnya ideal untuk digunakan saat bepergian atau saat kamu ingin bekerja di luar rumah atau kantor.

Banyak pengguna menghargai kualitas konstruksi tablet ini. Meskipun terbuat dari bahan plastik, tablet ini terasa cukup solid dan tahan lama. Area kerja aktif memiliki tekstur yang memberikan gesekan yang baik saat menggunakan pena.

3. Huion Inspiroy H640P

Harga Rp 440 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Huion Inspiroy H640P juga menjadi pen tablet murah yang populer dan mendapat banyak ulasan positif. Tablet ini dilengkapi dengan 8.192 level sensitivitas tekanan, yang memberikan pengalaman menggambar yang responsif dan presisi yang tinggi.

Huion Inspiroy H640P memiliki area kerja yang luas dengan dimensi 160 x 100 mm, memberikan ruang yang cukup untuk menggambar dan mendesain dengan nyaman. kamu memiliki banyak ruang untuk menggerakkan pena tanpa harus sering memindah-mindahkan posisi.

4. Wacom One CTL-472

Harga Rp 500 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Wacom adalah merek terkenal dalam industri tablet grafis, dan CTL-472 tidak mengecewakan dalam hal kualitas dan presisi. Tablet ini dilengkapi dengan pena presisi yang responsif, memberikan pengalaman menggambar yang akurat dan detail.

Dengan ukuran yang relatif kecil dan ringan, CTL-472 mudah dibawa-bawa dan cocok untuk penggunaan di luar rumah atau saat bepergian. Ini memungkinkan kamu untuk tetap produktif di mana pun kamu berada.

Tablet ini kompatibel dengan berbagai aplikasi desain populer dan sistem operasi, termasuk Adobe Photoshop, Illustrator, Corel Painter, dan Windows serta Mac.

5. VEIKK A50

Harga Rp 600 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Dibekali dengan fungsi touch, kamu bisa menjadikannya sebagai roller wheel untuk menunjang kebutuhan desain lebih nyaman. Tersedia juga delapan tombol yang bisa kamu sesuaikan nantinya.

VEIKK A50 berhasil terjual ribuan unit disejumlah Marketplace. Ini menandakan kualitas yang ditawarkan sebanding dengan dana yang kamu keluarkan.

6. VEIKK S640

Harga Rp 300 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Tablet ini juga dilengkapi dengan stylus baterai yang mendukung fungsi tilt (kemiringan), yang memungkinkan seniman untuk membuat garis yang lebih alami dan variatif dengan hanya memiringkan pena.

Sensitivitas tekanan yang tinggi dan fitur tilt ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih realistis dan intuitif. Secara keseluruhan, VEIKK S640 adalah tablet grafis yang solid dengan fitur-fitur yang kuat dan harganya terjangkau.

7. XP-Pen Artist Pro 16

Harga Rp 8 Jutaan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

XP-Pen Artist Pro 16 menawarkan layar 15,6 inci dengan resolusi tinggi dan tingkat kecerahan yang baik. Layarnya menggunakan teknologi IPS, yang memberikan reproduksi warna yang akurat dan sudut pandang yang luas.

Hal tersebu tentu memungkinkan seniman untuk melihat karya mereka dengan jelas dan mendapatkan hasil yang konsisten. Pen tablet terbaik yang satu ini dilengkapi dengan stylus yang responsif dan sensitif, dengan tingkat tekanan 8192 level.

8. Goojodoq 10 Inch Drawing Tablet

Harga Rp 400 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Goojodoq 10 Inch Drawing Tablet mendukung penggunaan pen dengan level pressure 8192 level. Kamu bisa merasakan pen yang sangat responsif untuk berkreasi sesuai keinginan.

Tablet juga dibekali dengan Smart Gesture Touch dan bisa kamu kostumisasi shortcut tombolnya. Tablet kompatibel untuk PC, MacOS, dan juga Android. Tablet sejenis ini cocok untuk mengaplikasikan CAD, Animation, Comic, Illustration, Sketching, dan sejenisnya.

9. PARBLO A640 V2

Harga Rp 600 Ribuan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

PARBLO A640 V2 hadir dengan pena yang bebas akan baterai sehingga tidak memerlukan pengisian daya. Tingkat tekanannya mencapapai 8192 pressure yang memberikan akurasi lebih baik.

Area kerja memiliki ukuran 6″x4″ dengan resolusi 5080 LPI. Dengan antarmuka Type-C, memungkinkan kamu mentransmisikan data lebih cepat ke sejumlah perangkat.

10. Wacom Intuos CTL-4100

Harga Rp 1,2 Jutaan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>

Intuos CTL-4100 menggunakan teknologi elektromagnetik, yang berarti tablet mendeteksi gerakan stylus tanpa perlu daya baterai atau pengisian ulang. Ini memudahkan penggunaan dan menghindari kekhawatiran tentang kehabisan daya saat bekerja.

Tablet ini dilengkapi dengan empat tombol pintas yang dapat diprogram, yang memungkinkan akses cepat ke fungsi-fungsi yang sering digunakan dalam aplikasi desain grafis. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mempermudah navigasi saat bekerja.

Stylus pen tablet berkualitas ini juga dilengkapi dengan tombol penyesuaian, yang memungkinkan pengguna mengonfigurasi fungsi-fungsi tertentu seperti zoom in/out atau scroll.

Lihat juga: Rekomendasi Tablet Terbaru 2023

Penutup

Pen tablet telah menjadi perangkat yang tidak dapat dipisahkan dari dunia kreativitas digital. Dengan keunggulan presisi, fleksibilitas, dan kemampuannya untuk meningkatkan produktivitas, tentu sangat dibutuhkan oleh banyak pengguna tablet.

Tentang Penulis

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO.