Top 11 Mouse Gaming Terbaik 2018 (Harga 500 Ribuan – 2 Jutaan)

Hai gamers, apakah kamu termasuk seseorang yang menyukai game tertentu dengan memainkannya dalam jangka waktu lama? Jika benar, maka kamu sudah seharusnya memiliki senjata spesial untuk menunjang kebutuhan gaming yang lebih maksimal.

Salah satu senjata istimewa yang dimiliki oleh para gamers ialah mouse. Yap, mouse memang memiliki peranan penting untuk menunjang kebutuhan gaming. Seperti halnya bermain game MOBA, tentu para gamers banyak menekan tombol-tombol pada keyboard untuk fungsi tertentu.

Nah, untuk mempermudah itu semua, mouse gaming dengan desain tombol shortcut yang terletak di bagian mouse tentu akan mempermudah dalam melakukan navigasi.

Tak hanya game MOBA saja, ada beberapa mouse dibawah ini yang juga di desain untuk kebutuhan jenis game FPS dan lain-lain. Berikut ini adalah daftar mouse gaming terbaik di dunia pilihan para gamers profesional.

11 Mouse Gaming Terbaik 2018

1. Razer Naga Epic Chroma

Razer Naga Epic Chroma
Harga Rp 1.890.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Apakah kamu termasuk seorang gamers yang menyukai jenis game RPG? Jika iya, kabar baiknya ada sebuah mouse gaming yang di desain dengan fungsi shortcut berupa tombol yang terdapat di sisi kiri mouse.

Tidak main-main, Razer Naga Epic Chroma ini dibekali hingga 12 tombol yang dapat digunakan di sisi kiri badan mouse. Setiap tombolnya mewakili shortcut untuk tombol angka 1 hingga 0 plus “-” dan “=”.

Pada dasarnya, mouse ini memang merupakan jenis mouse gaming tanpa kabel atau wireless. Dengan demikian, kamu dapat bermain dengan leluasa tanpa merasa terganggu oleh kabel mouse.

Menariknya, kamu bisa mengatur kepekaan gerakan mouse melalui Dots Per Inch (DPI) mulai dari angka 100 hingga 8.200 dpi.

2. Logitech G502 Proteus Spectrum

Logitech G502 Proteus Spectrum
Harga Rp 779.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Tak hanya memiliki desain yang elegan, mouse gaming yang satu ini juga memiliki sederet fitur canggih yang memudahkan para gamers untuk kebutuhan gaming. 

Logitech G502 Proteus Spectrum ini sendiri memiliki 12 tombol yang terbagi menjadi beberapa bagian, 6 tombol standar, 5 tombol makro, dan 1 tombol khusus. Menariknya, mouse besutan Logitech ini memiliki sebuah tombol spesial yang berfungsi sebagai pengunci tombol scroll.

Fitur yang tersaji dalam tombol ini nantinya akan menjaga kecepatan scroll, jika pengunci dilepaskan, tombol scroll akan bergulir kencang dengan sendirinya. Sedangkan untuk sensivitas gerakan mousenya sendiri, para gamers bisa menyesuaikan dari angka 200 sampai 12.000 dpi.

Jika disimpulkan, Logitech G502 ini memang cocok digunakan untuk segala kebutuhan jenis game. Namun akan lebih baik jika kamu memanfaatkan fitur dari tombol makro untuk jenis game MOBA, seperti Dota 2 misalnya.

3. SteelSeries Rival 700

SteelSeries Rival 700
Harga Rp 1.150.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Setelah sukses pada seri-seri sebelumnya, lagi-lagi SteelSeries memperkenalkan seri terbaru Rival, yakni Rival 700. Mouse ini dilengkapi dengan sensor optik berkinerja tinggi yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming yang lebih baik.

Sama halnya seperti seri Rival lainnya, dimana Rival 700 ini masih memiliki tingkat presentase “nol” untuk akselerasi untuk perangkat keras. Sedangkan dalam hal sensor optiknya ia dipersenjatai dengan akurasi tracking 1:1.

Menariknya, mouse ini memiliki sensor yang dapat melacak kecepatan pergerakan mouse hingga 300 inch per-detik. Menariknya, sensor tersebut dapat di ganti apabila telah muncul sensor yang lebih baik di pasaran sesuai kebutuhan para gamers.

Untuk sensivitas mousenya gamers bisa mengaturnya hingga 16.000 dpi. Bobot yang ringan, desain yang elegan, rasanya mouse gaming yang satu ini nyaris mendekati sempurna.

4. Corsair Scimitar RGB

Corsair Scimitar RGB
Harga Rp 1.125.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Mengapa mouse gaming ini memiliki kumpulan tombol-tombol di sisi kirinya? Ya, mungkin itulah yang terlintas di fikiranmu. Tahukah kamu, fungsi dari tombol-tombol tersebut yakni untuk mempermudah kebutuhan gamers dalam hal memainkan jenis game MOBA.

Meskipun memiliki bobot yang terbilang agak bongsor, Corsair Scimitar tetap nyaman digunakan dalam waktu yang lama ketika memainkan game kesayanganmu. Ya, pasalnya di kedua sisi mouse telah dibalut dengan bantalan karet yang lembut dan nyaman saat digenggam.

Untuk tingkat kepekaan mousenya sendiri, sensivitas mouse ini bisa kamu atur mulai dari angka 100 – 12.000 dpi. Salah satu senjata yang dimiliki oleh mouse ini adalah akselerasi dan kecepatan yang bisa di andalkan.

5. Razer Mamba Chroma

Razer Mamba Chroma
Harga Rp 2.038.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Kamu termasuk seorang gamer profesional yang sering mengikuti kompetisi dari game kesayanganmu? Jika iya, maka kamu tak boleh mengabaikan mouse gaming yang satu ini.

Tak hanya memiliki tampilan yang elegan, Razer Mamba Chroma ini juga dibekali dengan segudang fitur canggih, sebut saja seperti Click Force misalnya. Selain itu, gamers juga bisa mengatur tingkat tekanan pada bagian klik kiri maupun kanan.

Mouse profesional yang dibekali dengan 9 tombol ini memiliki tingkat sensivitas mencapai angka 16.000 dpi. Apalagi ia juga dilengkapi dengan 5G laser sensor yang memungkinkan para gamers bermanuver dengan sangat baik.

Fitur tersebut dapat di sesuaikan dengan kebutuhan gamers, sehingga mouse ini bisa di andalkan untuk berbagai jenis game, mulai dari game FPS, MOBA, MMORPG, dan masih banyak lagi.

6. Razer Taipan

Razer Taipan
Harga Rp 788.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Untuk daftar mouse gaming terbaik di dunia, tak kengkap rasanya kalau nama Razer Taipan tidak di masukkan ke dalam daftar tersebut. Nah, lalu apa yang menjadi kelebihan dari mouse gaming yang satu ini?

Jika di lihat dari segi fisiknya, Razer Taipan memang tidak terlihat istimewa dibanding mouse gaming buatan Razer lainnya. Meskipun begitu, mouse ini memiliki bahan karet yang cukup nyaman di sisi kirinya.

Tidak hanya itu, ia juga dibekali dengan sembilan tombol standar yang bisa di fungsikan dalam menavigasikan berbagai perintah sesuai kebutuhan.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh mouse ini adalah fungsi 4D Dual Sensor System hingga 8.200 dpi. Dengan kata lain, mouse ini mampu bermanuver dengan baik pada game yang memang membutuhkan kecepatan tinggi.

7. SteelSeries Sensei Wireless

SteelSeries Sensei Wireless
Harga Rp 2.030.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Produk mouse buatan SteelSeries kebanyakan memang memiliki desain yang simpel ketimbang mouse dikelasnya. Lantas apa yang membuat harga SteelSeries Sensei Wireless begitu mahal?

Nah, harga yang relatif mahal tentu sebanding dengan kinerja mouse wireless ini. Pasalnya ia memiliki tingkat sensivitas yang cukup tinggi, yakni 50 – 16.400 dpi. Terbayang kan, betapa mulusnya pergerakan mouse saat bermanuver.

Pada umumnya mouse gaming yang memiliki fungsi tombol makro disematkan di sisi kiri badan mouse, sehingga untuk gamers kidal tentu akan terasa sulit. Namun mouse yang satu ini di desain dengan sangat sempurna untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Jika dilihat dari segi fisik, mouse ini memang terlihat sederhana. Namun jangan remehkan 8 tombol tambahan yang tersemat di setiap sisi mouse. Yap, tombol-tombol tersebut dapat menunjang kebutuhan gaming yang lebih maksimal.

8. Corsair Vengeance M65

Corsair Vengeance M65
Harga Rp 940.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Meskipun tak sepopuler merek mouse gaming lainnya, Corsair Vengeance M65 tidak bisa di remehkan untuk performa kebutuhan gaming, salah satunya yaitu jenis game FPS.

Dengan menggunakan mouse ini, para gamers akan merasakan sensivitas yang sangat baik yang bisa di atur mulai dari 50 – 8.200 dpi. Sejatinya mouse ini memang dirancang untuk jenis game FPS, maka tombol-tombol tambahan yang berada di sisi mouse tidak sebanyak mouse gaming makro umumnya.

Bagi para gamers FPS, tentunya kenyamanan menjadi hal utama yang dibutuhkan saat memainkan game kesayangannya. Dengan kata lain tidak penting memiliki segudang tombol pada sisi mouse, yang terpenting adalah kenyamanan untuk menunjang kebutuhan gaming yang maksimal.

9. Tt eSports Saphira

Tt eSports Saphira
Harga Rp 515.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Tt eSports Saphira menawarkan berbagai kebutuhan untuk pemakainya, terutama untuk performa gaming yang lebih optimal. Jika dilihat dari segi fisik, mouse ini memiliki balutan warna hitam matte dan didampingi dengan roda scroll berwarna putih kemerahan.

Ya, memang tidak ada yang spesial dari mouse ini jika dilihat dari mata telanjang. Namun perlu kamu tahu, memiliki sensivitas mouse yang cukup baik, yakni 3.500 dpi. Performa tersebut tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Di sisi lain, gamers juga akan dimanjakan dengan 5 tombol makro yang tersedia di sisi kanan dan kiri mouse yang bisa di atur melalui konfigurasi driver. Secara kesimpulan, mouse ini menawarkan beberapa kelebihan; desain yang simpel, nyaman digunakan, dan harga terjangkau.

10. Logitech G602

Logitech G602
Harga Rp 930.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

Mouse gaming tanpa kabel saat ini memang telah banyak ditawarkan oleh para pembuat alat gaming top dunia. Untuk kelas mouse gaming tanpa kabel atau wireless, nama Logitech G602 rasanya sangat pas jika dimasukkan kedalam daftar mouse gaming terbaik.

Digandang-gandang mouse ini memiliki ketahanan hingga 20 juta klik. Tidak hanya itu, jangkauan wireless-nya pun mampu dinikmati sejauh 3 meter.

Hal itu memang tidak begitu penting, yang lebih penting ialah akselerasi yang ditawarkan oleh mouse buatan Logitech ini. Ya, gamers akan puas dengan sensivitas mouse mulai dari 250 –  2.500 dpi dengan bobot mouse yang terbilang cukup ringan.

11. SteelSeries Rival 500

SteelSeries Rival 500
Harga Rp 900.000
BELI DI TOKOPEDIA >>

SteelSeries Rival 500 di desain secara khusus untuk kebutuhan jenis game MOBA/MMO. Maka dari itu, SteelSeries mempersembahkan 15 tombol spesial yang ditempatkan di setiap sisi mouse. Untuk segi sensivitasnya sendiri, mouse ini mampu melakukan pergerakkan hingga 16.000 dpi secara mulus.

Meskipun memiliki bentuk fisik yang cukup unik, mouse gaming ini menawarkan kenyamanan bagi para gamers. Ya, seperti yang terlihat pada screenshot di atas, di sisi kiri mouse memang sengaja di desain condong ke dalam agar membuat para gamers nyaman ketika menggenggam mouse tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Nah, itu dia kesebelas daftar mouse gaming terbaik di dunia saat ini yang banyak digunakan oleh para gamers top dunia. Oh ya, harga mouse di atas tentu berbeda-beda, tergantung pada toko dimana kamu membeli mouse tersebut. Your Mouse is Your Weapon!

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno.com yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Google+