11 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa di 2019 – Mulai 3 Jutaan

Sebagai mahasiswa, laptop memiliki perananan yang sangat penting dalam menyelesaikan tugas-tugas yang. Karenanya, bagi mereka yang berstatus mahasiswa, sangat perlu memilih laptop terbaik untuk mahasiswa agar mumpuni menyelesaikan tugas-tugas.

Untuk itu, kamu harus memiliki laptop dengan kinerja terbaik. Kinerja dalam performa laptop itu sendiri memanglah sangat dibutuhkan sekali dalam pengerjaan tugas-tugas yang sangat membebani itu.

Nah, disini Yatekno akan merekomendasikan ke kalian semua 11 laptop terbaik untuk mahasiswa yang murah dan berkualitas. Yuk simak apa saja!

11 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

1. ZYREX Sky 232 Xtreme

Zyrex Sky 232 Xtreme
Harga Rp 3 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14.1 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel
Prosesor: Intel Celeron N3350
Grafis: Intel HD Graphics
RAM: 3GB LPDDR3
Penyimpanan: 32 GB

Brand lokal yang tidak mau kalah saing dengan brand luar ini memang tidak boleh diremehkan sepak terjangnya di ranah pasar elktronikal indonesia. Karena selain brand ini adalah buatan anak bangsa, brand satu ini juga sangat unggul dari segi performa dan harga.

Dengan bodi full metal yang terlihat elegan dan mewah, ditambah dengan ukurannya yang tipis. Membuat laptop ini terlihat seperti laptop premium bila sepintas orang awam melihatnya. Apalagi tulisan Zyrex yang menghiasinya meberikan kesan yang mendalam.

Untuk urusan komputasi seperti editing dan pekerjaan laporan layaknya office, laptop ini sangatlah lancar. Dengan layar yang memiliki ketajaman warna yang sangat menawan, laptop ini dalam urusan nonton video bisa dikatakan sangatlah baik di kelasnya.

2. Lenovo Ideapad 120S-6ID

Lenovo IdeaPad 120S-6ID
Harga Rp 3,6 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci beresolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: Intel Celeron N3350
Grafis: Integrated Intel Graphics
RAM: 4GB LPDDR4
Penyimpanan: 128GB SSD

Saat ini, mungkin sangat jarang sekali laptop keluaran terbaru yang dibanderol murah, namun menawarkan penyimpanan jenis SSD.

Pada produk andalannya, Lenovo menyematkan SSD berkapasitas 128GB guna memberikan kepuasan bagi konsumen, terutama bagi mereka yang membutuhkan kinerja gesit.

Performa laptop ini pun tidak cukup mumpuni untuk multitasking, mengingat Lenovo juga telah memberikan RAM tipe DDR4L sebesar 4GB untuk menopang kinerja prosesor Intel Celeron N3350. Bobotnya yang hanya 1.4 kg saja tentu membuatnya sebagai laptop terbaik untuk mahasiswa.

3. HP 14-CM0101AU

Harga Rp 3,4 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD A4-9125 Dual-Core
Grafis: AMD Radeon R3 Graphics
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Produk HP memanglah salah satu produk yang sangat terkenal dikalangan pengguna laptop di tanah air maupun didalam negeri. Tentunya juga laptop ini dari segi keunggulan performa dan ketahanan masih di unggulkan di entry-level.

Tampilan minimalis diteruskan hingga ke sisi bawah. HP menggunakan satu panel utuh lengkap dengan lubang ventilasi serta list karet sebagai grip dudukan notebook. Dengan tampilan cover-nya yang polos dengan finishing metalik emas muda serta logo HP mengilap di tengahnya layaknya produk HP lainnya.

Secara keseluruhan, notebook ini terasa begitu solid. Tampilan minimalis di luar, hitam-hitam di dalam, serta kinerja yang cukup baik. Tampilannya cantik dan terlihat elegan untuk digandeng kemana-mana. Sangat cocok untuk kalian yang suka dengan tampilan yang stylish.

4. Lenovo Ideapad 330-14AST

Harga Rp 3,4 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD A4-9125
Grafis: AMD Radeon R3 Graphics
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 500 GB

Brand ini memang sangatlah ternama di berbagai kalangan yang ada. Apalagi brand ini sangat terkenal karena harganya yang relatif terjangkau dengan tingkat performa yang tidak kalah dengan laptop premium lainnya.

Lenovo Ideapad 330 14AST, mengandalkan processor generasi ke tujuh AMD A4-9125. Laptop murah yang satu ini menawarkan kecepatan yang lumayan bagus dan bisa diandalkan. Jadi kalian tidak usah khawatir bila kalian membuka keseluruhan aplikasi yang ada dalam laptop ini.

Karena sebagai processor APU generasi ketujuh, A4-9125 bekerja dengan frekuensi kerja 2,3GHz dan Turbo maksimal 2,6GHz. Apalagi grafis AMD Radeon R3 ini memiliki 128 shader core yang berlari dengan kecepatan 655MHz dengan antarmuka memori 64-bit, serta ditandemkan dengan sharing VRAM hingga 512MB (shared).

Lihat juga: Jajaran Laptop Lenovo Terbaik (Harga 2 – 3 Jutaan)

5. Lenovo V330-2DID

Lenovo V330
Harga Rp 5,2 Juta
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD Ryzen 3 2200U
Grafis: AMD Radeon RX Vega 3
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Brand Lenovo yang di ramu menjadi sebuah dasar laptop high-end ini memang bisa dikatakan salah satu laptop dengan seri bisnis yang menawan. Dengan harga yang relatif terjangkau, tentunya laptop seri V330 ini memanglah memiliki perbedaan sendiri dari setiap seri lainnya.

Dengan ketebalan di atas dua-sentimeter, V330 dengan bobot di bawah 2-kilogram,membuat laptop ini sangat ringan dan tidak terlalu membebani punggung jika membawanya setiap hari.

V330 mengusung tubuh dengan konstruksi plastik dengan pemanfaatan pewarnaan abu-abu metalik, dipadu bersama finishing ala brushed metal di bagian punggungnya, membuatnya kian berkesan.

Demi memastikan kelancaran kegiatan kerja, Lenovo V330 didukung oleh beragam aksesori, dari mulai docking ThinkPad USB-C, stand dual platform buat laptop dan monitor, hingga headsetUSB stereo dengan boom mic 180 derajat.

6. ACER Aspire 3 A315-41

Harga Rp 5,3 Juta
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 15 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD Ryzen 3 2200U
Grafis: AMD Radeon Vega 3 Mobile
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

AMD telah meluncurkan prosessor APU Ryzen Mobile beberapa waktu lalu yang berhasil mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat. Tak hanya mengisi lini laptop Ultrathin premium, Ryzen Mobile juga kini mengisi lini laptop mainstream dengan harga yang terjangkau.

Tentunya tidak hanya segi harganya saja yang terjangkau. Laptop ini juga tidak kalah saing dari segi performanya yang bisa dikatakan sangat mumpuni dikelasnya. Karena laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 3 dengan grafis Radeon Vega 3 Mobile yang cukup menampung segala jenis kebutuhan yang ada.

Seperti edit video, desain grafis, sampai rendering 3D laptop ini sangatlah lancar. Walaupun disatu sisi laptop ini hanya menggunakan RAM 4 GB saja, namun dari segi performa tidak diragukan lagi karena perfomarnya meningkatkan hingga 30-50% lebih tinggi.

Baca juga: Review Acer Aspire 3, Laptop Gahar Bertenaga “AMD Ryzen”

7. ACER Aspire E5-476G

Harga Rp 7,3 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: Intel Core i5-8250U
Grafis: NVIDIA GeForce MX150
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Produktivitas bekerja sangat dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan sehari-hari, terutama jika menggunakan laptopDapur pacu yang bagus belum cukup untuk memenuhi kriteria kebutuhan tersebut. Namun tahan lamalah yang sangat ber-inti di kala kegunaan tersebut. Seperti laptop Acer Core i5 ini.

Dibekali dengan prosesor Intel Core i5 Generasi ke-8, Aspire E5 476G mampu memberikan performa hingga 49% lebih baik. Hal ini juga ditunjang dengan adanya grafis NVDIA GeForce MX 150 yang semakin mempercepat kinerja laptop dengan kenaikan performa hingga 62%.

Tentunya dari segala bermain gameediting video atau editing foto atau aplikasi berat lainnya, tentunya laptop ini bisa menampung kebutuhan tersebut. Apalagi dari segi penyimpanan terpisahnya yakni SSD dan HDD membuat laptop ini memilki kinerja yang lebih maksimal dari laptop seri sebelumnya.

8. ACER Swift 3 SF314-56G

Harga Rp 8,7 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi Full HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: Intel Core i5-8265U
Grafis: Nvidia GeForce MX150 2 GB
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Salah satu seri dengan kemampuan performanya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Acer Swift 3 SF314-56G ini memanglah sebuah evolusi brand Acer dalam mengedepankan produk performa terbaiknya dengan harga yang cukup bersahabat.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke-8 yang mana memiliki performa lebih kencang daripada pendahulunya. Tak hanya itu, GPU Nvidia GeForce MX150 akan memberikan performa grafis yang memuaskan dalam perihal editing sampai bermain game.

Untuk para mahasiswa tentunya laptop ini sangatlah di rekomendasikan bagi kalian yang jurusannya memang berkecimpung diranah multimedia. Karena dari performa yang ditawarkannya saja, laptop ini tentunya sangatlah mumpuni di kelasnya. Layak untuk disebut sebagai laptop terbaik untuk mahasiswa.

9. ASUS X505ZA-BR301T

Harga Rp 5,6 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 15 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD Ryzen 3 2200U
Grafis: Radeon Vega 3 Graphics
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Bagi kalian yang memiliki produktivitas tinggi, laptop ini sangat cocok bagi kalian untuk memilikinya. Karena laptop ini dilengkapi dengan hal yang membuat kalian terpana sesaat kalian menggunakannya. Karena dari segi pemakaian performanya sangatlah bersaing di kelasnya dengan kisaran harga yang tentunya aman di kantong.

ASUS X505ZA ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3 yang mampu memberikan kinerja single core dan multi core yang jauh lebih baik daripada pendahulunya.

Di samping itu, pengolah grafis AMD Radeon Vega 3 juga turut membantu untuk memberikan performa yang imersif terlebih untuk memberikan visual yang semakin mulus dan maksimal.

Apalagi produk seri satu ini memiliki fitur yang membuat pengguna semakin nyaman yakni, Asus Splendid Teknologi ini menghadirkan empatmode yang bisa diakses hanya dengan sekali klik yaitu, Normal Mode, Vivid Mode, Eye Care Mode dan Manual Mode.

Lihat juga: Daftar Laptop ASUS Keluaran Terbaru 2019

10. ASUS X505ZA-BR501T

ASUS X505ZA-BR501T
Harga Rp 7,3 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 15.6 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: AMD Ryzen R5-2500U
Grafis: Radeon Vega 8 Graphics
RAM: 8GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Laptop terbaik untuk mahasiswa berikutnya ada ASUS X505ZA varian AMD Ryzen 5. Tentunya juga ASUS X505ZA ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh seri sebelumnya.

Seperti peningkatan prosesor AMD Ryzen 5 yang sangat cepat dalam pengolahan setiap komputasi yang ada. Performa paling maksimal yang dimiliki oleh AMD Vega 8 Graphics yang sangat powerfull dalam segi editing sampai bermain game.

Tentunya dari segi peningkatan tersebut, harga yang ada dalam laptop inipun sangatlah aman di kantong para mahasiswa yang ada dan sangat cocok bagi para mahasiswa yang memang sangat adiktif sekali dalam penggunaan laptop sehari-hari.

11. ASUS A407UF-BV511T

ASUS VIVOBOOK SLIM A407UF
Harga Rp 8 Jutaan
BELI DI BUKALAPAK >>

Layar: 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel
Prosesor: Intel Core i5-8250U
Grafis: Nvidia GeForce MX130
RAM: 4GB DDR4
Penyimpanan: 1TB

Satu lagi seri Asus dengan peningkatan performa terbaik dari pendahulunya. Tentunya juga dari segi harga laptop dari brand satu ini memanglah cukup terjangkau dikalangan para pelajar khususnya mahasiswa.

Asus A407UF ini mengandalkan duet prosesor Intel Core i5-8250U generasi Kaby Lake Refresh dengan grafis dari Nvidia GeForce MX130 yang membuatnya cocok menangani komputasi menengah, desain grafis atau 3D modelling.

Karena prosesor Intel Core i5-8250U generasi Kaby Lake Refresh memiliki kecepatan komputasi standar 1,6GHz dan TurboBoost hingga 3,4GHz yang diperkuat oleh Intel UHD Graphics 620 dan ditandemkan dengan Nvidia GeForce MX130.

Untuk mengamamankan privasi kamu dari tangan teman-teman kampus kamu yang iseng, laptop ini pun telah disertai dengan fitur fingerprint. Sehingga kamu bisa merasa lebih aman saat tidak di depan laptop.

Lihat juga: Rekomendasi Laptop Desain Grafis Murah Terbaik

Penutup

Oke, itulah 11 laptop terbaik untuk mahasiswa yang bisa kamu jadikan refrensi. Masing-masing laptop yang ada di atas ini memiliki kelebihan dan daya tarik tersendiri. Jadi, tinggal kalian sesuaikan saja dengan kriteria dan budget, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Ryan Gesvary

Seseorang yang tertarik untuk menyebarkan info dan review, khususnya seputar Game.