Top 18 HP Samsung Anti Air Terbaik 2018 dengan Harga Murah

Kamu mungkin sudah akrab dengan ponsel yang mendukung fitur 4G LTE, fingerprint, hingga fast charging, lalu bagaimana dengan yang anti air? Nah, pasti yang terlintas pertama kali dipikiranmu jika menyebutkan ponsel yang tahan air adalah smartphone buatan Sony.

Sebagai salah satu vendor terkemuka di dunia, Samsung juga memproduksi sebuah ponsel yang memiliki ketahanan terhadap air loh. Tidak sembarangan, fitur anti airnya itu juga telah mengantungi sertifikasi sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Penasaran kan? Berikut YaTekno telah mengumpulkan 18 HP Samsung anti air terbaik 2018, mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal.

1). Samsung Galaxy Xcover 3

Samsung Galaxy Xcover 3
Rp 3 Jutaan

Sama seperti ponsel android buatan Samsung lainnya, dimana Samsung Galaxy Xcover 3 ini juga menjalankan sistem operasi Android Lollipop yang didukung oleh prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan RAM 1.5 GB sebagai pendampingnya.

Berbekal kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP, siapa sangka jika ponsel berbodi kokoh ini memiliki ketahanan terhadap air dengan kedalaman mencapai 1 meter selama 30 menit. Bukan cuma itu, smartphone ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP67 yang mampu melindungi layarnya dari debu.

HP Samsung anti air ini mengusung teknologi 4G LTE dan menawarkan kapasitas baterai 2200 mAh sebagai pendukungnya. Untuk penyimpanan datanya, ia menyediakan memori internal sebesar 8GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 32GB.

2). Samsung Galaxy Xcover 2

Samsung Galaxy Xcover 2
Rp 1 Jutaan

Buat kamu yang suka beraktifitas di outdoor dan membutuhkan ponsel pintar yang kuat, maka Samsung Galaxy Xcover 2 wajib kamu pertimbangkan. Hadir dengan layar seluas 4 inci, secara dimensi layar memang merupakan standar sebuah ponsel android.

Smartphone yang telah memiliki sertifikasi IP67 ini memang dirancang untuk ketahanan, mulai dari tahan terhadap debu, pasir, hingga air sampai kedalaman 1 meter selama 30 menit. Untuk performanya, Samsung mengandalkan prosesor Dual-core 1 GHz dengan RAM 1GB dan memori internal 4GB.

Untuk kebutuhan fotografi, Galaxy Xcover 2 juga menyediakan kamera beresolusi 5 MP, serta kamera depan VGA. Sementara untuk kapasitas baterainya, Samsung memberikan baterai jenis Li-Ion 1700 mAh.

3). Samsung Rughby Smart

Samsung Rughby Smart
Rp 2 jutaan

Meskipun masih menjalankan sistem operasi Android Gingerbread, HP Samsung anti air yang satu ini telah mengusung layar Super AMOLED berukuran 3.7 inci dengan resolusi 480 x 800 pixels.

Samsung Rughby Smart memiliki ketahanan yang sangat luar biasa dan tidak dimiliki oleh smartphone kebanyakan. Lihat saja, Samsung membekalinya dengan sederet fitur canggih, mulai dari anti guncangan, anti debu, dan memiliki ketahanan di dalam air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Di sektor pacunya, Samsung menyerahkan performa ponsel ini pada prosesor Qualcomm Snapdragon 1.4 GHz Scorpion yang ditemani dengan GPU Adreno 205. Terdapat pula RAM berukuran 512 MB serta memori internal berkapasitas 4GB yang menduduki sektor memori.

Samsung juga membekali Rughby Smart dengan kamera utama 5MP dan kamera depan 1.3 MP serta baterai berkapasitas 1650 mAh.

4). Samsung Galaxy A3 (2017)

Samsung Galaxy A3 (2017)
Rp 3,2 Jutaan

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, Galaxy A3 (2017) tentu memiliki spesifikasi yang lebih baik. Apalagi Samsung juga telah merancangnya dengan ketahanan terhadap air dan debu bersertifikasi IP68.

Tampil dengan balutan metal frame yang kokoh, dimana Samsung mengemas smartphone ini dengan prosesor Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz, GPU Mali-T830, serta RAM berukuran 2GB sebagai pendamping prosesornya. Untuk keperluan menyimpan data, kamu bisa memanfaatkan memori internal seluas 16GB.

Sementara untuk kebutuhan fotografi dan selfie, kamu bisa memanfaatkan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, Samsung Galaxy A3 (2017) menawarkan baterai berkapasitas 2350 mAh.

5). Samsung Galaxy A5 (2017)

Samsung Galaxy A5 (2017)
Rp 3,8 Jutaan

Jika kurang puas dengan layar yang dimiliki oleh Galaxy A3 (2017), maka kamu bisa memilih smartphone yang masih menjadi bagian dari keluarga “Galaxy A Series” ini. Hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 5.2 inci, Samsung merancangnya untuk tahan terhadap debu dan juga air.

Bukan cuma itu, ia juga memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni untuk kebutuhan multi-tasking. Pasalnya Samsung membentengi ponsel ini dengan prosesor Exynos 7880 Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T830MP3. Adapula RAM 3GB dan memori internal 32GB yang menduduki sektor memori.

HP Samsung anti air ini mengusung fitur fast charging dan fingerprint. Dibekali kamera belakang dan depan yang sama besarnya, yaitu 16 MP. Untuk keperluan browsing, gaming, dan kebutuhan lainnya, Samsung menyediakan baterai berkapasitas 3000 mAh. Tertarik untuk membelinya?

6). Samsung Galaxy A7 (2017)

Samsung Galaxy A7 (2017)
Rp 4,9 Jutaan

Berbekal layar berukuran 5.7 inci berteknologi Super AMOLED, dimana Samsung menyertakan beberapa fitur canggih pada Galaxy A7 (2017) ini, mulai dari dukungan fingerprint, fast charging, 4G LTE, hingga sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air.

Melihat kedalam komponen hardware-nya, ponsel pintar ini menggunakan Chipset Exynos 7880 Octa Core dan GPU Mali-T760MP8. RAM berukuran 3GB juga disematkan oleh Samsung untuk membantu kinerja prosesor tersebut agar lebih bertenaga.

Selain itu, Galaxy A7 (2017) juga menawarkan kamera belakang beresolusi 16 MP dan kamera depan 16 MP, lengkap dengan fitur PDAF, OIS, LED flash, dan masih banyak lagi. Tersedia juga baterai berkapasitas 3600 mAh untuk penyokong daya smartphone ini.

7). Samsung Galaxy Active Neo

Samsung Galaxy Active Neo
Rp 2.400.000

Dirancang untuk kebutuhan pengguna yang suka beraktifitas di outdoor, dimana Samsung Galaxy Active Neo ini telah dilengkapi sertifikasi IP57 dan IP6X yang membuatnya mampu bertahan dari air dan debu. Bukan cuma itu, ia juga memiliki ketahanan terhadap segala jenis kondisi, termasuk tahan banting dari ketinggian 1.5 meter.

Untuk spesifikasi hardware yang dimilikinya terbilang standar, pasalnya Samsung hanya memakai prosesor Quad-core 1.2 Ghz, chipset Qualcomm Snapdragon 410 serta GPU Adreno 306 dan RAM 2GB. Ada juga memori internal seluas 16GB untuk keperluan penyimpanan data pengguna.

Untuk kebutuhan pemotretan, Samsung membekalinya dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP, lengkap dengan fitur autofocus, LED flash, hingga mampu merekam video Full HD 1080p.

Disegi koneksivitas sebenarnya Galaxy Active Neo telah mengusung sederet fitur canggih, mulai dari WiFi, Bluetooth, hingga 4G LTE. Hanya saja baterai yang dimilikinya tergolong standar, yakni 2.200 mAh saja.

8). Samsung Galaxy S5 Active

Samsung Galaxy S5 Active
Rp 3 Jutaan

Jika kamu punya budget lebih dan kebetulan sedang mencari HP Samsung anti air, maka Samsung Galaxy S5 Active bisa kamu lirik. Hadir dengan layar berukuran 5.1 inci berteknologi Super AMOLED dengan pelindung Gorilla Glass 3, dimana ia telah dibekali dengan sertifikasi IP67.

HP Samsung yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu ini memiliki komponen hardware yang sangat baik. Lihat saja, Samsung mempertenagainya dengan chipset Snapdragon 801 yang didukung oleh prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400. Ada juga RAM 2GB dan memori internal 16GB yang menduduki sektor memorinya.

Kamera utama berkekuatan 16 MP juga menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Apalagi Samsung juga memberikan kamera depan 2 MP untuk kebutuhan selfie ataupun video call yang cukup jernih.

Terdapat pula jaringan 4G LTE yang bisa kamu gunakan untuk mengakses internet berkecepatan tinggi. Sebagai pendukungnya, Galaxy S5 Active dibekali dengan baterai berukuran 2800 mAh.

9). Samsung Galaxy S6 Active

Samsung Galaxy S6 Active
Rp 4 Jutaan

HP Samsung anti air berikutnya juga dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 Active. Sesuai namanya, smartphone yang dibekali dengan layar Super AMOLED berukuran 5.1 inci ini memiliki ketahanan terhadap debu, air, hingga tahan banting.

Seperti ponsel pintar anyar umumnya, Samsung juga memberikan RAM 3GB dan memori internal berukuran 32GB. Sementara untuk tenaganya, ia menggunakan prosesor Exynos 7 Octa 7420 yang didukung dengan CPU Octa-core berkecepatan 2.1 GHz.

Ponsel pintar yang dibuat pada pertengahan tahun 2015 ini juga dilengkapi dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 5MP, serta sederet fitur canggih seperti geo-tagging, touch focus, face detection, Auto HDR, panorama. Kamera belakang yang dimilikinya ini mampu merekam video hingga frame 2160p@30fps.

Untuk keperluan penggunanya, Samsung menyediakan baterai berkapasitas 3500 mAh yang mampu bertahan hingga seharian penuh.

10). Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge
Rp 7 Jutaan

Sebelum resmi meluncur Duo Galaxy S8, Galaxy S7 Edge lebih dulu ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Ya, salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah fitur anti air (water-resistant). Bahkan ia juga telah mengantungi sertifikasi IP68.

Meski memiliki fitur anti air, smartphone ini memang tidak dirancang untuk berenang di dalam air dalam waktu yang lama. Dimana Samsung mengungkapkan jika Galaxy S7 Edge ini hanya bisa bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam waktu 30 menit, tidak lebih.

Dari sisi spesifikasi, Samsung membekali ponsel pintar ini dengan prosesor Snapdragon 820, RAM 4GB, dan kamera 12 megapiksel dengan teknologi Dual Pixel. Tak lupa juga kehadiran kamera depan 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan selfie dan video call.

Disisi lain, Samsung menyertakan memori internal berkapasitas 128GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 256GB. Sementara untuk penyokong dayanya, Galaxy S7 Edge dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 3600 mAh. Berminat?

11). Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7
Rp 10.700.000

Setelah sukses dengan produk pendahulunya yakni Samsung Galaxy Note 5, Samsung kembali merilis sebuah ponsel cerdas dengan spesifikasi yang patut diacungi jempol. Dia adalah Samsung Galaxy Note 7.

Berbekal layar berukuran 5.7 inci berproteksi Corning Gorilla Glass 5, smartphone ini telah mengantungi sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan dengan air dan debu. Membedah ke bagian dalam tubuh ponsel ini, Galaxy Note 7 mengandalkan CPU Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose & 4×1.6 GHz Cortex-A53).

Di sektor memorinya, Samsung menanamkan RAM 4GB dan penyimpanan internal seluas 64GB. Sementara untuk kebutuhan pemotretan, kamu bisa memanfaatkan kamera utama 12 MP dan kamera selfie 5 MP yang didukung oleh sederet fitur canggih, seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, dan masih banyak lagi.

Berbekal baterai berukuran 3500 mAh, dimana ia telah mengusung teknologi 4G LTE yang mampu menghasilkan koneksi internet super cepat. Harga yang dibanderol oleh Samsung tentu sebanding dengan kualitas dan kecanggihan yang dimiliki oleh Galaxy Note 7 ini.

12). Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8Rp 8,8 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 5.8 inches, 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 8895 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71 MP20
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS & Baterai: Android 7.0 (Nougat), 3000 mAh

Hadir dengan mengusung teknologi layar infinity display, smartphone dengan proteksi layar Gorilla Glass 5 ini mempunyai bezel yang cukup tipis. Mengenai kecanggihannya, Galaxy S8 didukung oleh fitur Iris Scanner, fingerprint, dan Samsung Pay yang menjadi fitur penting bagi smartphone flagship.

Tidak hanya itu, smartphone dengan sertifikasi IP68 ini juga mendukung pengisian daya baterai cepat dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel.

13). Samsung Galaxy S8+

Samsung Galaxy S8+Rp 9,7 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 6.2 inches, 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 8895 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71 MP20
  • Memori Internal: 128 GB, 6 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS & Baterai: Android 7.0 (Nougat), 3500 mAh

Memiliki desain yang serupa dengan S8, namun pada versi “Pllus” ini bentang layar lebih luas menjadi 6.2 inci. Selain berbeda dari ukuran layar, perbedaan lainnya terletak di kapasitas baterai, pada Galaxy S8 punya baterai 3000 mAh dan Galaxy S8+ hadir dengan baterai 3500 mAh.

Dari segi dapur pacu, tidak ada perbedaan antara S8 dan S8+. Namun untuk memori, S8+ ditawarkan dalam dua varian, yakni dengan RAM 6GB dan ROM 128GB atau RAM 4GB dan ROM 64GB.

Untuk masalah fitur, smartphone dengan proteksi layar Gorilla Glass 5 ini juga mengadopsi Samsung Pay, dukungan Iris Scanner, fingerprint, fast charging dengan kabel dan tanpa kabel, dan tentu saja sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan debu dan air.

14). Samsung Galaxy S8 Active

Samsung Galaxy S8 ActiveRp 12 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 5.8 inches, 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
  • CPU: Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
  • GPU: Adreno 540
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS & Baterai: Android 7.0 (Nougat), 4000 mAh

Buat kamu yang suka melakukan kegiatan outdoor, Galaxy S8 Active mungkin jadi smartphone yang cocok untukmu. Galaxy S8 Active diklaim memiliki kekuatan berstandar militer dimana ia tahan pecah meski dijatuhkan dari ketinggian hingga 5 kaki.

Berkat sertifikasi IP68, kamu bisa mengajak HP Outdoor ini untuk berenang bersamamu dengan kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Layaknya smartphone flagship, Samsung juga membekali fitur Samsung Pay, fingerprint, Iris Scanner, fast charging, serta wireless charging.

15). Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9Rp 9,9 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 5.8 inches, 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 9810 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G72 MP18
  • Memori Internal: 64/128/256 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS & Baterai: Android 8.0 (Oreo), 3000 mAh

Samsung kembali merilis smartphone penerus dari duo ponsel flagship sebelumnya, yakni Galaxy S8 dan S8+. Sama seperti seri pendahulu, HP Samsung anti air yang satu ini juga memiliki layar infinity display dengan aspect ratio 18:5:9.

Mengenai kecanggihannya, smartphone berproteksi layar Gorilla Glass 5 ini menawarkan fitur perekaman video slow-motion hingga 960 FPS, tidak lupa juga AR Avatar yang bisa membuat wajah pengguna dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, S9 juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, fast charging, fingerprint, iris scanner, serta teknologi pengisian daya tanpa kabel.

16). Samsung Galaxy S9+

Samsung Galaxy S9+Rp 11,6 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 6.2 inches, 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 9810 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G72 MP18
  • Memori Internal: 64/128/256 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: Dual: 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF) + 12MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1µm, AF), OIS, 2x optical zoom, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS & Baterai: Android 8.0 (Oreo), 3500 mAh

Semerti smartphone versi “Plus” pada umumnya, disini Samsung meningkatkan bagian layar menjadi 6.2 inci, baterai menjadi 3500 mAh, dan peningkatan pada sektor pemotretan dimana S9+ mengusung Dual kamera belakang.

Serupa dengan S9, Samsung juga melengkapi sejumlah fitur dan teknologi canggih pada smartphone flagship terbarunya ini, mulai dari fitur super slow-motion video, Augment Reality Emoji, Iris Scinner, dan juga sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air.

17). Samsung Galaxy A8 (2018)

Samsung Galaxy A8 (2018)

Rp 6,4 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 5.6 inches, 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 32/64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, 1/2.8”, 1.12µm), PDAF, LED flash
  • Kamera Depan: Dual: 16 MP (f/1.9, 1/3.1”, 1.0µm) + 8 MP (f/1.9, 1/4.0”, 1.12µm), 1080p
  • OS & Baterai: Android 7.1.1 (Nougat), 3000 mAh

Lagi cari HP Samsung anti air dengan kamera bagus? Mungkin Galaxy A8 (2018) bisa menjadi opsi yang tepat untukmu. Pasalnya, A8 (2018) hadir dengan dual front camera yang sanggup hasilkan foto bokeh (live focus) lewat kamera depannya.

Dibanding seri pendahulu, smartphone ini menawarkan desain yang kekinian dengan mengusung layar bezel less Infinity Display.

Selain memiliki kelebihan di sektor pemotretan, A8 (2018) juga dibekali sejumlah fitur yang ada pada HP flagship Samsung sebelumnya, mulai dari fast charging, fingerprint, Samsung Pay, dan sertifikasi IP68.

18). Samsung Galaxy A8+ (2018)

Samsung Galaxy A8+ (2018)Rp 7,3 Jutaan

  • Layar: Super AMOLED 6.0 inches, 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM or 32 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, 1/2.8”, 1.12µm), PDAF, LED flash
  • Kamera Depan: Dual: 16 MP (f/1.9, 1/3.1”, 1.0µm) + 8 MP (f/1.9, 1/4.0”, 1.12µm), 1080p
  • OS & Baterai: Android 7.1.1 (Nougat), 3500 mAh

Galaxy A8+ (2018) hadir dengan bentang layar yang lebih luas, yakni berukuran 6 inci dengan bobot yang lebih berat dibanding seri reguler, yakni 191 gram. Sejumlah peningkatan juga terjadi pada sektor daya baterai serta memori internal dan RAM.

Sejumlah fitur dan teknologi canggih yang dibawa oleh A8 (2018) juga diikut sertakan pada A8+ (2018), termasuk fitur anti air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Lihat juga:

Nah, itulah daftar HP Samsung anti air terbaik 2018 yang dibanderol dari harga termurah hingga yang paling mahal. Segera tentukan pilihanmu, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno.com yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Google+