Cara Saya Mengatasi This site can’t be reached di Google Chrome

Beberapa hari yang lalu saya sempat mengalami kesulitan saat login akun Google. Saya mengetikkan alamat email dan menekan tombol berikutnya untuk memasukkan password, namun browser Google Chrome tidak merespon perintah saya tersebut.

Jadi, saya hanya dapat memasukkan alamat email saja, tidak sempat memasukkan password.

Saya sempat beranggapan bahwa ini adalah masalah koneksi internet, namun saat saya mencoba membuka situs lain selain produk Google, ternyata lancar-lancar saja alias tidak ada masalah.

Saya mencoba login akun Google berulang-ulang kali dan berhasil masuk, namun masalah kembali hadir saat mengakses Blogger.com yang muncul notifikasi “This site can’t be reached” serta kode error “ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR“.

ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR
This site can’t be reached (ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR)

Saya reload berkali-kali dan akhirnya bisa masuk Blogger.com, namun masalah ini tidak berakhir sampai situ saja, ketika mencoba menulis post pun saya tidak bisa menyimpan dan mempublikasikan artikel yang saya buat.

Sempat mencoba mengakses akun Google di komputer lain dengan browser dan provider internet yang sama, ternyata hasilnya juga sama saja. Masalah ini saya alami beberapa hari.

Menelusuri Google untuk mencari solusinya, ternyata masalahnya ada pada Google Chrome.

Munculnya notifikasi kode error ini menyebabkan penggunanya tidak dapat membuka beberapa situs web di internet termasuk tidak bisa login akun Google untuk mengakses berbagai produk Google seperti Gmail, Youtube, Blogger, dan lain sebagainya.

Kalau kamu mengalami masalah yang sama, berikut ini adalah cara mengatasi Google Chrome yang bermasalah.

Langkah pertama

Pada Address Bar ketikkan chrome://flags lalu tekan Enter. Setelah muncul sekumpulan fitur experimental, silakan cari Experimental QUIC protocol, atau dalam bahasa Indonesia, Protokol QUIC Eksperimental.Untuk mempercepat pencarian tekan tombol Ctrl+F pada keyboard lalu ketikkan nama fitur yang kita cari tersebut.

Setelah kamu menemuinya, klik menu drop down yang berada tepat di bawahnya lalu pilih Disabled. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.
chrome flags

Langkah kedua

Setelah langkah di atas dilakukan, agar perintah yang sudah kita terapkan bisa bekerja, kita harus melakukan restart terhadap browser Google Chrome tersebut dengan cara klik Relaunch Now yang muncul di bagian bawah browser.
Experimental QUIC protocol

Selesai!

Silakan buka kembali website yang sebelumnya sulit kamu akses dengan Google Chrome. Jika langkah-langkah di atas diterapkan dengan benar harusnya masalah yang kamu hadapi sebelumnya, saat ini sudah teratasi. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno. Kamu bisa Follow saya di Instagram