Cara Membuat Live Streaming YouTube Game di Android & iOS

Pernahkah kamu melihat seseorang melakukan siarang langsung di YouTube dengan memainkan sebuah game? Jika kamu menginginkan hal tersebut, ternyata tidak sesulit yang kamu kira. Tak hanya melalui perangkat PC saja, ternyata kita juga bisa melakukan siaran live melalui android loh.

Saat ini menjadi youtuber merupakan sebuah hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Usut punya usut, ternyata banyak dari para youtuber yang mendapatkan penghasilan besar, baik itu dengan mengupload sebuah video ataupun melakukan live streaming atau siaran langsung.

Perlu kamu ketahui, YouTube adalah salah satu situs berbagi video terpopuler nomor satu di dunia yang dimiliki oleh perusahaan raksasa, yakni Google. Nah, banyak perusahaan besar yang ingin mempromosikan bisnisnya dengan cara beriklan di Google, yaitu melalui periklanan Google Adsense.

Google sendiri akan membantu iklan para advertiser (pengiklan) melalui para publisher adsense, misalnya seperti blogger ataupun youtuber. Jika kamu rajin dan konsisten, ternyata penghasilan yang didapat akan sangat menggiurkan.

Jika kamu tertarik menjadi seorang youtuber, kamu tentu tidak harus memiliki PC. Yap, melalui perangkat android kamu dapat mengupload video buatanmu hingga melakukan live streaming.

Berikut Cara Melakukan Siaran Langsung (Live) di YouTube

Untuk dapat melakukan siaran langsung saat kamu memainkan video game, kamu membutuhkan sebuah aplikasi bernama YouTube Gaming. Aplikasi besutan Google ini menyuguhkan konten ataupun fitur yang cukup relevan dengan dunia game, tentunya sangat tepat dengan kebutuhan gamer.

Live Streaming Game di YouTube
  1. Pasang dan install aplikasi YouTube Gaming melalui Google Play untuk android, dan App Store untuk iOS.
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut kemudian masuk ke akun atau channel-mu.
  3. Tap gambar “Panah berlambang WiFi” yang terdapat pada bar atas. 
  4. Setelah itu pilihlah tombol “Stream” dengan dilanjutkan memilih kualitas video.
  5. Jika kamu memiliki koneksi internet yang cukup bagus, lebih baik pilihlah yang “720P HD” agar video yang ditonton nantinya lebih jelas atau bening.
  6. Lalu pilih “Next“, kemdian pilihlah game yang ingin kamu mainkan.
  7. Selanjutnya berilah judul dari video game yang sedang kamu mainkan, beserta dengan deskripsinya. Selesai!
Melalui aplikasi ini, para gamer nantinya bisa melakukan live streaming dengan menggunakan kamera selfie yang tersedia beserta suara melalui microphone. Semua jenis game dapat dimainkan saat sedang melakukan siaran live, baik itu game offline ataupun online.

Gimana? Cukup mudah kan dalam membuat siaran langsung di YouTube. Untuk dapat memiliki banyak subscriber, buatlah video game yang menarik atau menghibur yang bisa membuat para penonton tersenyum. Good Luck!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram