Nih, 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10!

Seperti yang kita tahu, Redmi Note series menjadi seri smartphone terlaris dari Xiaomi yang menyasar segmen menengah ke bawah. Dengan harga jual yang masih bersahabat, Xiaomi tidak segan-segan memberikan spesifikasi dan fitur yang premium pada lini Redmi Note series.

Di seri Redmi Note 10, Xiaomi memberikan sejumlah daya tarik yang terbilang menggiurkan. Peningkatan spesifikasi dan fitur yang diberikan jelas menjadi ancaman baru bagi kompetitor. Menariknya juga, Xiaomi membanderolnya dengan harga jual yang masih bersahabat.

Sebelum jauh mengulas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10, kamu bisa melihat spesifikasi yang dibawanya lewat ulasan berikut.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10

Harga Rp 2,4 Jutaan
BELI DI SHOPEE >> BELI DI LAZADA >>
  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6.43 inches, 1080 x 2400 pixels
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 678 (11 nm)
  • GPU: Adreno 612
  • Memori Internal: 64GB 4GB RAM
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • OS & Baterai: Android 11, 5000 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 10

Sebelum mempertimbangkan untuk membeli Xiaomi Redmi Note 10, ada baiknya kamu melihat berbagai kelebihan dan kekurangannya. Siapa tahu akan membuat kamu lebih semangat juga untuk menabung dan membeli Redmi Note series terbaru dari Xiaomi. Lets check it out!

1. Layar Pakai Super AMOLED

Tidak seperti kebanyakan HP di kelasnya yang masih menggunakan layar IPS, Redmi Note 10 hadir dengan panel layar Super AMOLED yang membuatnya semakin menggoda. Jika berkaca pada Redmi Note series sebelum-sebelumnya, Redmi Note 10 menjadi seri Redmi Note pertama dengan layar Super AMOLED.

Yap, penggunaan layar Super AMOLED membuat warna disuguhkan lebih jernih dan juga tajam. Dalam hal itu tentu akan memanjakan mata pengguna. Tidak sampai disitu, Xiaomi juga sudah memberikan kesitimewaan dengan resolusi layar Full HD Plus dengan ukuran 6,43 inci.

2. Punya Sertifikasi IP53

Kelebihan yang dimiliki Redmi Note 10 juga ada pada pembawaan sertifikasi IP53. Yang mana dengan bekal sertifikasi tersebut, membuatnya memiliki fitur dust and splash protection. Ini berarti Redmi Note 10 tahan terhadap debu dan juga percikan air ya.

Perlu ditegaskan lagi, percikan air disitu berasal dari hal-hal yang tidak disengaja, seperti terkena gerimis secara tiba-tiba. Jadi kamu tetap harus menggunakan Redmi Note 10 dengan apik ya!

3. Desain Modul Kamera Menarik

Di Redmi Note 10 series, Xiaomi memberikan desain kamera yang lebih garang dan terbilang anti-mainstream. Untuk sensor utamanya sendiri membawa aksen warna silver yang mirip dengan flagship Xiaomi, yaitu Mi 11 Series.

Terkait pembawaan kameranya, konfigurasi yang diberikan terbilang identik dari seri pendahulunya yaitu Redmi Note 9. Xiaomi juga membekali Redmi Note 10 dengan Quad kamera belakang 48 MP. Terdapat juga fitur AI Portrait Mode dan AI Night Mode. Namun untuk urusan perekaman video, kualitasnya kini bisa sampai 4K.

Lihat juga: Jajaran HP Xiaomi Kamera Terbaik

4. Ukuran Compact dan Ringan

Berkaca pada seri pendahulunya yaitu Redmi Note 9 yang memiliki ukuran layar 6,53 inci dengan berat 199 gram, Redmi Note 10 datang dengan desain lebih compact dengan layar 6.43 inci. Untuk beratnya sendiri hanya 178,8 gram, lumayan lebih ringan kan?

Dengan kelebihan tersebut, membuat kamu bisa mengenggam smartphone ini dengan lebih nyaman. Apalagi bodinya juga lebih tipis dari pendahulunya, yang mana Redmi Note 9 memiliki ketebalan 8,9 mm, sedangkan Redmi Note 10 hanya 8,3 mm saja.

5. Skor AnTuTu Tinggi di Kelasnya

Dengan harga banderol yang masih berada di angka 2 jutaan, Xiaomi memberikan chipset Snapdragon 678 besutan Qualcomm yang memiliki fabrikasi 11 nm. Selain menyuguhkan performa yang gesit, kebutuhan fotografi dan videografi juga menjadi lebih mumpuni berkat chipset tersebut.

Chipset menengah Qualcomm yang disematkan pada Redmi Note 10 membuatnya menarik dan mampu memikat konsumen. Terlebih juga, Redmi Note 10 berhasil mencetak skor AnTuTu yang cukup tinggi di kelasnya, yaitu di angka 277.254 dari situs Kimovil.com.

6. Peningkatan Teknologi Penyimpanan

Kelebihan yang juga dibawa Redmi Note 10 ada pada sektor penyimpanannya yang sudah mengusung teknologi terbaru, yaitu UFS 2.2. Dengan fitur bernama WriteBooster, membuat teknologi penyimpanan terbaru pada smartphone akan menyuguhkan performa lebih cepat.

Hal itu tentu akan membuat berbagai aktifitas yang kamu jalani semakin lebih cepat, berimbang dengan kinerja chipsetnya yang gesit juga.

7. Sudah Fast Charging 33 Watt

Untuk lebih memuaskan pengguna dalam hal pengecasan, Xiaomi memberikan kemampuan Fast charging 33 watt di Redmi Note 10. Xiaomi mengklaim, pengecasan dari 0% ke 100% membutuhkan waktu 74 menit saja.

Jadi selain awet dengan baterai bongsor berkapasitas 5000 mAh nya, kamu juga akan dimanjakan dengan fitur pengecasan tercepat di kelasnya. Kalau berkaca pada smartphone di range harga jual yang sama, masih sangat jarang yang membawa fitur Fast charging secepat itu.

Lihat juga: Sederet HP Xiaomi dengan Fitur Fast Charging

8. Punya Dukungan Hi-Res Audio

Dilengkapi dengan dual speaker yang juga punya kemampuan Hi-Res Audio, Redmi Note 10 mampu menyuguhkan audio yang menggelegar juga berkualitas. Ini tentu akan sangat cocok buat kamu yang suka mendengarkan musik dan menonton film tanpa earphone.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10

Setelah melihat sejumlah kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 10 di atas, ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mengetahuinya lewat ulasan berikut.

1. Sidik Jari di Samping

Meskipun sudah mengadopsi panel Super AMOLED, Redmi Note 10 masih menggunakan pemindai sidik jari di samping. Kita juga tidak bisa berekspektasi lebih juga, mengingat hal tersebut Xiaomi lakukan untuk lebih memangkas harga jualnya.

Untuk kamu yang terbiasa menggunakan sidik jari di layar ataupun di bagian belakang, mungkin perlu sedikit beradaptasi dengan penggunaan sidik jari di samping.

2. Tidak Membawa Fitur NFC

Mengingat fitur NFC menjadi hal yang penting untuk saat ini, agak disayangkan Redmi Note 10 tidak membawa fitur tersebut. Meskipun dibanderol dengan harga lebih mahal dari pendahulunya, Redmi Note 10 tentu bernilai dengan sejumlah peningkatan di sektor lainnya.

Lihat juga: Rekomendasi HP Xiaomi dengan Fitur NFC

 Kesimpulan

Nah, itu dia sejumlah kelebihan dan kekurangan di Xiaomi Redmi Note 10. Hal yang mungkin akan membuat banyak orang jatuh hati dengan Redmi Note 10 ada pada aspek layar yang sudah menggunakan Super AMOLED, fitur Fast charging 33 Watt, juga chipset premium dari Qualcomm berjenis Snapdragon 678.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram