Top 10 Kamera DSLR Nikon Murah 2020 (Harga 3 – 19 Jutaan)

Kamera DSLR seperti merk Nikon, adalah jenis kamera yang menjadi favorit banyak orang. Hasil tangkapan gambarnya yang jernih dan kualitasnya yang baik membuat harga yang dipatok memang mahal. Akan tetapi dari banyaknya jenis kamera ini masih ada beberapa kamera DSLR Nikon murah yang bisa dibeli.

Pada umumnya ada tiga jenis tingkatan kamera DSLR, yaitu dasar, menengah, dan atas. Setiap tingkatannya menggambarkan kegunaannya. Seperti misalnya kamera dasar yang dibuat untuk kamu yang tergolong pemula dalam dunia fotografi.

Kamera DSLR Nikon memiliki fitur tersendiri di setiap serinya. Fitur tersebut selalu berkembang setiap waktu. Kamu bisa membaca ulasan berikut untuk mengetahui spesifikasinya lebih lanjut.

10 Kamera DSLR Nikon Murah 2020

1. Nikon D3200

Nikon D2300
Harga Rp 3.575.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera DSLR Nikon murah yang pertama kali akan dibahas adalah Nikon D3200. Kamera ini merupakan versi upgrade dari pendahulunya. Penambahan fitur canggih dan keren menjadikannya sedikit berbeda dari sebelumnya.

Lensa kamera sebesar 24MP dengan kemampuan merekam video full HD membuat hasilnya sangat jernih. CMOS DX-Formatnya menjadi terobosan D3200 dimana hasil pengambilannya lebih cepat sebesar 1f. Detail gambar tak perlu diragukan lagi.

Sementara itu Audio focus sistemnya tak berbeda jauh dari jenis yang lama. Lensa 18-55nya mampu membantu kamu untuk memotret di tempat gelap. Keren bukan?

Lihat juga: Jajaran 10 Kamera DSLR Murah (dari Berbagai Merk)

2. Nikon D3400

Nikon D3400
Harga Rp 5.400.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera pemula ini dilengkapi dengan Auto Fokus System terbaru yaitu AF-P. Teknologi Snapbridgenya menjadi salah satu fokus utama fiturnya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berkirim foto ke handphone tanpa mengandalkan WiFi.

Dari segi ketahanan dayanya, Nikon tipe ini meningkat menjadi 1200 foto per baterai. Hal itu memudahkan kamu untuk membawanya saat berjalan-jalan kemanapun perginya. Tak perlu takut daya cepat habis.

Yang menjadi kekurangannya mungkin adalah sistem anti-dust pembersih sensornya yang dihilangi dari pendahulunya. Serta fitur port external mic yang cukup bermanfaat untuk memantau audio. Kedua fitur tersebut terpaksa tidak bisa kamu temui di versi terbaru dari D3400.

3. Nikon D5200

Nikon D5200
Harga Rp 6.300.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Fitur D5200 ini cukup lengkap dalam golongan kamera DSLR Nikon murah. Image Processor Expeed 3 serta sensor 24.1 MP DX-Format CMOSnya berguna untuk meningkatkan kualitas foto serta meningkatkan performanya. Berkat Image Processor Expeed 3 itu pula kamera ini mempunyai shooting rate sebesar 5 fps.

Ditambah port microphone, timelapse, Auto Focus with Silent Wave Motor dan external memory menjadi fitur tambahannya. Tentu sangat menarik untuk dimiliki.

Layarnya memang belum touchscreen, namun tak mengurangi pesonanya. Anda tetap dapat memotret tanpa getaran yang berarti. Sehingga hasil akan tetap bagus.

4. Nikon D5300

Nikon D5300
Harga Rp 6.450.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Beberapa fitur D5300 seperti sensor, auto fokus, vuilt-in WiFi, GPS, dan fitur videonya memang tergolong cukup baik. Namun ada beberapa fiturnya yang masih minus. Fitur itu adalah lensa kitnya yang belum mencapai 18-55 mm dan harga VRnya yang mahal.

Selain itu roda untuk mengganti pengaturan juga masih kurang baik. Fitur wireless flash dan touchscreen juga belum tersedia. Namun secara keseluruhan kamera DSLR ini cukup baik untuk pemula.

Lihat juga: Jajaran 10 Kamera Nikon COOLPIX Murah

5. Nikon D5500

Nikon D5500
Harga Rp 8.349.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Ukurannya yang berkisar 420 gram tergolong ringan. Mudah dibawa kemana-mana, namun fiturnya juga lebih beragam. Fitur andalannya yaitu artikulasi ke semua arah, layar touchscreen dan WiFi.

Lensa kitnya sudah mendukung 18-55 mm dengan VR II. Layarnya berguna sebagai touchpad yang simple. Harga yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal dibanding lainnya, namun sebanding dengan kualitasnya.

Lihat juga: Jajaran 10 Kamera Mirrorless Nikon Murah Terbaik

6. Nikon D750

 Nikon D750
Harga Rp 19.500.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera DSLR Nikon murah selanjutnya adalah Nikon D750. Nikon tipe ini menawarkan fitur Control Audio ISO dan layar semi-arculated. Secara garis besar fiturnya tak beda jauh dari D810.

Satu yang menarik perhatian adalah sensor 24MP dan Anti Aliasing filter. Kedua fitur itu tergolong hal yang dijual oleh Nikon D750. Resolusinya yang tinggi menghasilkan file ukuran kecil yang efektif bagi penggunanya.

Kinerja kamera DSLR ini juga lebih cepat daripada D810 ataupun D610. Sayangnya tipe ini tak menyediakan Split Screen Display Zoom. Namun untuk merekam video, jenis ini termasuk memuaskan dan keren.

7. Nikon D5600

Nikon D5600
Harga Rp 7.300.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera D5600 terbilang ringkas dari segi ukurannya. Lensa 18-55mm dengan sensor DX-Format CMOS serta Processor Expeed 4nya disematkan di 24.2MP dari D5600. Kamu bisa mengambil gambar dari beragam kondisi pencahayaan baik terang, redup, maupun gelap dengan hasil memuaskan.

Didukung dengan continuous shooting hingga 5fps, D5600 dapat merekam dengan resolusi Full HD. Touchscreen 3.2 inchi dengan 1.037 m-dot dan vari-anglenya membantu kamu untuk memotret dari sudut pengambilan rendah ataupun tinggi.

Kamera yang mumpuni ini juga memiliki fitur Snapbridge seperti beberapa tipe Nikon lainnya. Hal ini membuat D5600 menjadi salah satu kamera terbaik di kelasnya.

8. Nikon D7100

Nikon D7100
Harga Rp 9.700.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera DSLR Nikon murah tipe D7100 ini memiliki Processor Expeed 3 dan CMOS 24.1MP. Ditambah dengan 14 bit analog ataupun digital konversi dapat memberi efek gradasi penuh. Hasilnya gambar akan terlihat berkualitas dengan tingkat noise yang minim.

Kamera DSLR Nikon tipe ini didesain tanpa filter optical low-pass. Filter itu membantu sensor untuk menangkap objek dengan tingkat detail dan ketajaman yang tinggi. Walaupun begitu, Auto Focusnya mencapai 6fps dan hasil videonya 1080p.

Ada microphone stereo, headphone, jack HDMI, dan jack external microphone stereo yang memungkinkan kamu untuk merekam dengan kualitas yang tak main-main. Terdapat slot dual SD card untuk menambah durasi rekammu. Serta smooth playback melalui 60inya.

9. Nikon D700

Nikon D700
Harga Rp 12.000.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Kamera DSLR lain yang menarik perhatian pecinta kamera adalah D700. 16.2MP-nya dipadu dengan sensor DX-Format dan Processor Exceed 2 menghasilkan kualitas foto yang luar biasa. Berkualitas, meski harganya murah.

Meskipun termasuk DSLR tingkat dasar, namun tampilannya terlihat lebih berkelas. Pas dengan fiturnya yang menjadi andalan di kelasnya. Kamu tak akan kecewa membeli kamera ini sebagai teman memotretmu.

Lihat juga: Jajaran 10 Kamera DSLR Nikon Terbaik

10. Nikon D7200

Nikon D7200
Harga Rp 10.600.000
BELI DI BUKALAPAK >>

Versi ini adalah upgrade dari D7100. Tampilannya terlihat sama, namun fiturnya sedikit berbeda. Seperti misalnya di segi processornya yang lebih cepat.

Buffernya juga lebih besar, dan autofocusnya lebih baik dari sebelumnya. Kamera ini dilengkapi dengan NFC dan WiFi yang canggih. Sementara dari segi baterai, diklaim 15% lebih tahan lama dari pendahulunya.

Resolusi foto dapat dimaksimalkan dengan sensor 24.2MP CMOSnya yang dipasang tanpa low pass filter. Rentang ISOnya diperluas hingga mencapai 102.400. Buffer yang lebih besar memungkinkan burst lebih lama.

Auto focusnya dilengkapi dengan 15 sensor cross type. Viewfindernya pun tergolong besar dan dapat merekam hingga full HD. Fiturnya sangat memuaskan menurut banyak orang.

Lihat juga: Jajaran 10 Kamera DSLR Terbaik (dari Berbagai Merk)

Penutup

Itulah 10 kamera DSLR Nikon murah dengan berbagai tipe. Harga yang bervariasi memang tak menguras kantong, namun bukan berarti DSLR yang disebut di atas tak memiliki kualitas dan hasil yang baik. Kamu tinggal memilih tipe mana yang sesuai dengan selera.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Aurora Shaqueela

Penulis freelance di YaTekno yang suka membagikan info seputar produk teknologi terbaik.