Top 17 Game RPG Offline Android Ringan Terbaik 2018

RPG atau kepanjangan dari Role Playing Game ini dahulu hanya bisa kita nikmati melalui PC saja. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang berkembang, kita dapat menikmati game jenis RPG ini melalui smartphone, terutama pada perangkat android.

Game RPG sendiri tersedia secara online maupun offline. Keduanya tentu bisa kamu pilih berdasarkan keinginanmu. Misalnya seperti game RPG offline, tentunya kamu tidak perlu memainkan game tersebut dengan koneksi internet. Meskipun begitu, game RPG yang dimainkan secara offline tersebut juga tak kalah serunya dari yang online.

Ingin tahu apa saja game RPG offline untuk android yang ringan dan seru? Berikut 21 pilihan terbaik 2018 versi YaTekno.

17 Game RPG Offline Android Terbaik

1. The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel

The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel

Mungkin bagi kamu penggemar game RPG di android tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama game yang satu ini, The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel namanya. Game ini sangat menarik dari segi cerita serta alurnya. Dari segi ukuran game ini memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun grafis yang disajikan sangatlah memukau.

Game ini sendiri merupakan kelanjutan dari seri ketiganya, yakni The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia. Yang dimana pada game seri ketiganya sempat menyita perhatian para gamers, khususnya pecinta game RPG.

Dalam game dibawah naungan Com2uS USA ini, terdapat 15 skills yang berbeda-beda. Sehingga kamu bisa menggunakan kemampuan tersebut dalam pertempuran. Selain itu, tersedia juga 400 peta yang sangat menarik untuk kita mainkan. Berbagai pilihan senjata, kemampuan, upgrade armor dan senjata, dan lain sebagainya dapat kamu nikmati dalam game ini.

2. Zenonia 2: The Lost Memories

 Zenonia 2: The Lost Memories

Game RPG offline selanjutnya yakni memiliki tema klasik dengan visual yang sangat sederhana. Namun, game besutan GAMEVIL Inc. ini tidak akan membuat para gamers cepat bosan. Karena terdapat 98 Quest dan 152 Peta yang dapat kita gunakan sehingga tidak akan membuat kejenuhan bagi pemainnya.

Controller yang sederhana dan mudah digunakan juga membuat para players betah memainkan game ini berlama-lama. Kamu nantinya harus menghadapi dan mengalahkan musuh selama berpetualang. Tentunya akan menarik dan seru pastinya.

3. Arcane Soul

Arcane Soul

Game ini mungkin sudah sangat populer dikalangan gamers atau pengguna android. Hal itu dibuktikan dengan pengunduh game Arcane Soul, yakni lebih dari 5 juta unduhan. Game yang menggabungkan antara RPG dan action ini tentunya akan menyajikan battle seru yang akan menghibur para players.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih 3 karakter keren yang sudah tersedia. Masing-masing karakter tersebut memiliki combo dan juga kemampuan yang bervariasi dalam bertarung. Selain itu, terdapat berbagai jenis item menarik untuk di gunakan yang membuat game ini jadi tambah keren.

4. BitBattle

Bit Battle

Jika kamu sedang mencari game RPG offline dengan ukuran yang ringan, maka BitBattle adalah pilihan yang tepat. Pasalnya game ini hanya memiliki ukuran sekitar 35 MBan saja. Meskipun begitu, grafis sederhana yang disugukan juga akan dapat menghibur bagi para pemainnya.

Ternyata game yang memiliki grafis cukup unik ini juga cukup populer dikalangan gamers android. Memang game besutan Human Pride Games sangatlah asyik untuk dimainkan, terlebih lagi kita juga dituntut untuk merancang strategi yang baik untuk menembus pertahanan lawan.

Setiap karakter memiliki keunikan atau kekuatan dalam melakukan penyerangan. Tentunya kamu harus pintar-pintar menggunakan karakter tersebut untuk dapat memenangkan pertempuran.

5. Shadowrun Returns

Shadowrun Returns

Shadowrun Returns menyajikan pengalaman bermain yang seru dan menarik, yakni menggabungkan antara RPG dengan action. Game ini berlatar di pinggiran tanah kota dan kumuh namun penuh dengan perkembangan teknologi maju.

Grafis yang memukau tentunya akan membuat setiap pemainnya betah berlama-lama memainkan game besutan Harebrained Schemes ini. Seperti game bergenre sejenis pada umumnya, dalam game ini juga terdapat 6 kelas atau tingkatan yang berbeda, seperti Street Samurai, Mage, Shaman, dan lainya.

Namun sayangnya, untuk memainkan game Shadowrun Returns tidaklah gratis. Kamu perlu merogoh kocek dan membelinya seharga Rp.25.830,-. Dengan begitu maka kamu bisa menikmati game RPG dengan sajian action yang sangat seru.

6. SoulCraft – Action RPG

SoulCraft – Action RPG

Tak salah jika Soulcraft masuk kedalam game RPG offline terbaik. Karena jelas game ini mampu memberikan pengalaman bermain game yang seru bagi para players. Tak jarang dari mereka juga tak lepas atau kecanduan dalam memainkan game besutan MobileBits GmbH ini.

Game dengan jenis petualangan ini sendiri nantinya akan menyajikan berbagai tantangan yang cukup menyulitkan players. Dalam game action RPG ini nantinya terdapat cerita yang menarik untuk kita telusuri lebih dalam. Kualitas grafis serta efek visual 3D yang memukau membuat setiap pemainnya tentu menjadi addictive.

7. Baldur’s Gate II Enhanced Edition

Baldur's Gate II Enhanced Edition

Mungkin belum banyak yang mengenal game RPG yang satu ini. Karena game besutan Beamdog ini cukup menghambat para gamers yang ingin mengunduhnya. Pasalnya mereka harus membeli game ini seharga Rp.99.514,- untuk dapat menikmatinya.

Meskipun memiliki harga yang terbilang cukup mahal, game ini tentunya tidak akan mengecewakanmu. Alur serta grafis yang sangat baik tentunya memberikan kesan yang seru bagi setiap pemain.

Dalam game ini, kamu nantinya diharuskan untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari para pahlawan. Yang dimana kamu harus menghindar dan lari dari cengkeraman penyihir jahat bernama Irenicus. Tentunya kamu akan di ajak berpetualang kedalam dunia fantasi yang seru dan menegangkan.

Lihat juga:

8. Legendary Warrior

Legendary Warrior

Game berikutnya tentu tidak kalah menarik dengan yang lainnya, Legendary Warrior namanya. Dalam game ini nantinya kamu disugukan oleh pertempuran para prajurit legendaris. Dimana kamu sedang bertarung di atas tanah kekacauan yang gelap dan dihuni oleh monster-monster yang jahat.

Kamu nantinya ditugaskan untuk menghempaskan setiap monster yang ada untuk mendapatkan uang agar dapat meng-upgrade senjata, keterampilan dan lain sebagainya. Controller yang mudah dan bervariasi tentunya akan membuat pengalaman bermainmu jadi lebih seru dan menyenangkan pastinya.

9. Reaper

Reaper

Reaper merupakan sebuah game RPG offline yang memiliki ukuran lebih ringan dibanding judul game sebelumnya. Selain memiliki sajian grafis yang keren, unsur cerita game buatan HEXAGE ini juga cukup menarik sehingga pemainnya pun tidak mudah bosan.

Dalam game ini, kamu dituntut untuk menyelesaikan misi menyelamatkan dunia dimana kamu nanti akan berperang dengan berbagai macam kelompok. Nah, karakter yang kamu gunakan disini juga dilengkapi dengan keterampilan atau skill bertarung. Menariknya lagi, kamu juga bisa memilih ratusan pedang, baju besi, dan aksesoris lainnya untuk bertempur.

10. CHAOS RINGS III

CHAOS RINGS III

Mungkin judul game Chaos Rings III belum begitu asing di telinga kamu kan? Yap, meski memiliki jumlah unduhan yang sedikit dan tidak sepopuler game RPG sebelum-sebelumnya, harga jual yang tergolong mahal pada game ini akan terbayar dengan sajian grafis serta alur cerita dalam game ini.

Mengangkat konsep permainan di negeri Sakura Jepang, game ini menawarkan alur permainan yang luas serta 3 pilihan karakter yang mempunyai kekuatan berbeda-beda. Sayangnya, game ini menggunakan bahasa Jepang yang mungkin sulit dimengerti bagi para pemain awam.

11. Ben 10 Xenodrome

Ben 10 Xenodrome

Pernah bermain Ben 10 sebelumnya? Jika iya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan sajian gameplay di game Beno 10 Xenodrome yang banyak menyajikan karakter-karakter alien. Game yang diangkat dari serial TV ini menuntutmu untuk menuntutmu untuk menyelamatkan dunia dari para alien jahat yang coba menguasai muka bumi.

Nah, di game ini nantinya kamu bisa memilih 16 karakter berbeda yang dapat digunakan di berbagai lokasi. Memiliki jalan cerita yang cukup panjang karena terdiri dari lebih dari 100 level, sajian grafis game ini juga cukup baik sehingga tidak akan membuatmu bosan selama menyelesaikan misi demi misi.

12. Shadowrun Returns

Shadowrun Returns

Game RPG offline android yang satu ini pastinya tidak akan membuatmu cepat bosan deh. Bagaimana tidak, pasalnya Harebrained Schemes selaku pembuat game ini mengemas alur konsep permainan dengan menggabungkan dunia modern namun dihiasi oleh karakter legendaris, seperti Elf, troll, orks dan kurcaci.

Tujuan game ini sendiri mengharuskanmu untuk mencari identitas Emerald City Riper yang menjadi pelaku pembunuhan berantai. Sesuai dengan nama gamenya, peranmu disini yakni sebagai seorang tentara bayaran bernama Shadowrrunner yang bertugas mengeksekusi setiap musuh dengan sekejap.

13. Battleheart Legacy

Battleheart Legacy

Meski memiliki sajian visual yang sederhana, game bernama Battleheart Legacy ini menawarkan sajian animasi 3D yang akan membuatmu terkagum-kagum selama memainkannya. Mika Mobile selaku pembuat game ini menyediakan lebih dari 200 karakter yang unik dalam permainan.

Menariknya lagi, setiap karakter yang kamu pilih mempunyai jurus atau kemampuan bertarung yang berbeda-beda. Seperti penyihir, pemanah, dan masih banyak lagi. Namun pada intinya, disini kamu harus menyelesaikan misi dalam dunia fantasi yang dipenuhi sekelompok makhluk jahat.

14. Crashlands

Crashlands

Pernah bermain game survive atau petualangan untuk bertahan hidup sebelumnya? Atau pernah bermain game LIMBO? Nah, Crashlands ini hampir-hampir mirip dengan game jenis game tersebut. Sesuai dengan nama gamenya, dalam game ini kamu dituntut untuk bertahan hidup di sebuah planet yang dihuni oleh segerombolan makhluk mengerikan.

Untuk bertahan hidup, kamu harus mencari jalan keluar serta item yang tersembunyi disekitar alur permainan. Selain memiliki grafis ringan yang keren, game ini juga memanjakanmu lewat controller-nya yang mudah dikendalikan atau responsif.

15. Kritika: The White Knights

Kritika: The White Knights

Tak jauh berbeda dengan game RPG pada umumnya, dalam game Kritika: The White Knights kamu bisa memilih 11 karakter berbeda yang mempunyai keahlian bertarung yang berbeda-beda pula. Jika dilihat dari segi gameplay, mungkin game ini sangat mirip dengan game besutan Gameloft bernama Dungeon Hunter 4.

Menariknya, GAMEVIL selaku pembuat game ini mengijinkan pengguna android 2.3.3 (Gingerbread) untuk bisa mencicipi game berjenis role-playing game ini. Ya, dengan kata lain game ini tergolong ringan dan bisa dimainkan untuk ponsel android dengan RAM yang minim.

16. SoulCraft 2

SoulCraft 2

Kalau kamu sedang mencari game RPG offline android yang memiliki grafis bagus serta ukurannya ringan, mungkin SoulCraft 2 adalah pilihan yang tepat untuk kamu mainkan. Game RPG dibawah naungan MobileBits GmbH ini hadir lebih baik dibanding pendahulunya.

Sama seperti prekuelnya, dimana SoulCraft 2 masih mengangkat konsep RPG dengan sudut pandang kamera 2D. Namun disini sang developer mengemasnya dengan sajian yang lebih fresh, seperti penambahan karakter-karakter serta berbagai jurus baru.

Di mode petualangan single-player-nya, ia masih melanjutkan prekuel sebelumnya dimana kamu harus menghentikan demon yang akan memicu apocalypse. Untuk setting-nya, ia berlatar di New York, Tokyo atau Moskow dengan grafis yang begitu memukau. Buruan deh, cobain game offline yang satu ini, gratis kok.

17. Eternium

EterniumDiluncurkan pada tahun 2014, game RPG offline android berjudul Eternium ini terus mendapatkan perhatian khusus dari sang pengembang.

Yap, dengan penyempurnaan dalam hal fitur maupun sajian visual dan grafisnya, game ini berhasil menyita para gamers. Terbukti, Eternium digadang-gadang menjadi salah satu game RPG offline dengan rating terbaik, yakni 4.8.

Di dalam game ini, tersedia cukup banyak equipment yang bisa didapat selagi berpetualang. Semakin tinggi equipment yang didapat, maka semakin kuat pula karakter yang kamu gunakan.

Disisi gameplay-nya, game ini tergolong tidak membosankan karena memiliki banyak level dan map.

Lihat juga:

Nah, itulah rekomendasi game RPG offline android terbaik 2018 yang ringan dan seru. Jika kamu punya rekomendasi game serupa lainnya yang menarik untuk dimainkan, maka jangan sungkan untuk berbagi via kolom komentar, ya. Happy Gaming!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Google+