Top 15 Game MMORPG Android Terbaik 2020 yang Seru Abis

Keseruan game MMORPG yang bisa menghubungkan antar pemain dari seluruh dunia, membuat MMORPG menjadi genre game yang sangat banyak dicari dan digemari.

Dengan memainkan game jenis ini, keseruan bermain akan semakin terasa ketika pemain bisa bermain bersama dan saling berinteraksi melalui fitur chatting yang disediakan pihak developer sang pembuat game.

Di platform mobile, termasuk Android. Game MMORPG sendiri sudah semakin banyak pilihannya yang bisa kita mainkan.

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi game MMORPG untuk android dengan gameplay dan performa yang terbaik, kabar baiknya YaTekno telah berhasil mengoleksi 15 daftar pilihannya yang sayang jika tidak kamu nikmati. Apa saja? Mari kita simak pembahasan berikut ini hingga tuntas…

15 Game MMORPG Android Terbaik 2020

1. Arcane Legends MMO-Action RPG

Arcane Legends MMO

Game yang dipersembahkan oleh developer ternama ini sangat cocok untuk kalian para gamers yang menginginkan sebuah game MMORPG android dengan gameplay seru namun tidak mempunyai smartphone android versi terbaru.

Spacetime, selaku developer berbaik hati membuat game ini agar bisa dimainkan oleh gamers yang mempunyai smartphone android minimal versi 2.3.3 Gingerbread.

Dan benar saja, hal tersebut hingga kini membuat Arcane Legends menjadi salah satu MMORPG dengan unduhan terbanyak.

Urusan fitur, kamu pun bisa menjumpai beberapa fitur layaknya MMORPG di PC, seperti quest, daily quest, boss, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, navigasinya yang mudah pun turut membuat para pemain merasakan kenyamanan saat memainkannya.

2. School of Chaos Online MMORPG

School of Chaos Online MMORPG

Tidak seperti game MMORPG android lainnya, School of Chaos (Soc) yang digawangi oleh VNL Entertainment ini hadir dengan gameplay yang berbeda dan unik.

Sesuai judul gamenya, alur permainan yang akan kamu rasakan adalah kekacauan yang terjadi di sekolah yang sudah tidak ada aturan karena guru-guru telah diserang oleh zombie sehingga di sekolah anak-anak menjadi bebas.

Game android yang dibalut dengan desain 3D ini mempunyai fitur yang sangat banyak, seperti Market sebagai tempat jual beli antar pemain, Clan, Ques Maker, membeli rumah, memelihara hewan sekaligus melatihnya, dan masih banyak lagi.

3. Online RPG AVABEL [Action]

Online RPG AVABEL

Berdiri di bawah naungan Asobimo yang merupakan developer populer, membuat AVABEL sudah lama menjadi salah satu game MMORPG android yang tampil dengan grafis 3D berkualitas baik di kelasnya.

AVABEL sendiri bisa dibilang mirip seperti Order & Chaos. Awal permainan, nantinya kamu akan membuat karakter. Setelah masuk ke dalam arena permainan, kamu akan melakukan fighting terhadap musuh-musuh yang menghadang.

Pada tahap itu, tugasmu adalah terus melakukan pertarungan terhadap musuh hingga level dari karaktermu naik.

Menariknya, selain bisa melakukan aksi perlawanan dengan musuh, kamu juga bisa bermain dengan mode Player Vs Player. Mengenai kontrol, tedapat fitur tombol yang mudah digunakan untuk mengendalikan karakter dalam melakukan lompatan, rolling, dan lainnya.

4. HIT

HIT

Tidak kalah hebat dengan ketiga game MMORPG android di atas, Heroes of Incredible Tales (HIT) hasil garapan NEXON ini menonjolkan kualitasnya lewat grafis 3D yang benar-benar luar biasa.Dibalik kualitas grafisnya yang menawan, gameplay-nya yang akan kamu rasakan adalah kegiatan yang berulang-ulang.

Nantinya kamu akan memerankan seorang ksatria rookie yang mempunyai misi untuk menyelamatkan dunia dari kekuatan kegelapan.

Kalau mungkin kamu merasa mudah bosan saat memainkan game, jangan khawatir merasa kebosanan saat memainkan game ini, karena terdapat sistem equipment yang nantinya dapat membuat karaktermu berubah menjadi lebih kuat.

5. RPG Toram Online

RPG Toram Online

Sepertinya Asabimo memang sangat cerdik dalam menciptakan game yang disukai para pecinta MMORPG. Terbukti, Toram Online juga tidak kalah populernya dengan AVABEL.

Game android ini sejatinya adalah sebuah game bergenre MMO yang juga tampil bergaya JRPG. Kamu yang penyuka anime kemungkinan kamu juga akan suka dengan permainan ini dikarenakan karakternya telah dibuat bergaya anime.

Cara bermainnya cukup mudah, kamu bisa melakukan tap pada musuh yang ingin dilawan dan lalu mengambil harta dari lawan yang sudah kamu kalahkan.

6. Order & Chaos 2: Redemption

Order & Chaos 2: Redemption

Developer besar bernama Gameloft nampaknya juga tidak ingin ketinggalan meramaikan game MMORPG android.

Dalam Order & Chaos 2, pemain akan sering melakukan aksi hack and slash dan juga menikmati fitur baru yang sebelumnya belum ada pada Order & Chaos seri pertamanya, yakni Solo Dungeon dan Instant Quest.

Berbicara mengenai grafis, rasanya tidak perlu diragukan lagi game buatan Gameloft ini. Grafis 3D yang memukau dan detail, serta pergantian siang dan malam akan kamu rasakan saat memainkan game ini.

Namun jangan lupa, pastikan perangkat smartphone-mu memiliki spesifikasi yang mumpuni agar bisa memainkan game ini dengan lancar dan nyaman.

7. Crasher – MMORPG

Crasher

Crasher adalah sebuah game MMORPG android berbalut desain 3D yang menggambarkan cerita fantasi dan kerajaan.Nantinya kamu akan diberikan 4 pilihan karakter dengan kelebihan dan kekuarangannya yang bisa kamu pilih sesuka hati. Salah satu yang menarik dari Crasher adalah terletak pada fiturnya.

Kamu nantinya bisa saling membantu bersama para pemain lain untuk mengalahkan boss yang cukup merepotkan.

Selain itu, fitur lainnya adalah Pet dan Minning. Pet bentuknya menyerupai peri yang tugasnya menemani disetiap petualanganmu. Sedangkan Minning, bisa menghasilkan hadiah berupa exp, hold, dan equip.

8. RPG Aurcus Online

RPG Aurcus Online

Lagi-lagi Asobimo adalah sang developer dibalik Aurcus, setelah sebelumnya ada Toram dan AVABEL yang sudah dibahas di atas.

Dalam game MMORPG android ini nantinya kamu akan melakukan petualangan seru tanpa batas sekaligus melakukan aksi pertarungan melawan berbagai musuh yang mencoba menghadangmu.

Secara keseluruhan, dari rating 4.5 dan review positif yang didapatkannya di Google Play Store. Game ini tak bisa dipungkiri mempunyai nilai yang baik di mata para penggunanya.

9. 3D MMO Celtic Heroes

3D MMO Celtic Heroes

Celtic Heroes adalah game yang lebih dulu hadir untuk smartphone iOS. Setelah juga diluncurkan untuk para pengguna Android, banyak gamers yang senang menyambut game besutan One Thumb Mobile ini.

Tak bisa dipungkiri, game ini menyajikan grafis 3D yang lumayan detail. Celtic Heroes menyuguhkan 5 pilihan class, yakni; Mage, Druid, Rogue, Warrior, dan Ranger.

Menariknya di sini, kamu diberikan keleluasan untuk melakukan pengaturan terhadap karakter yang ingin kamu jadikan andalan. Mulai dari memilih tipe wajah, kulit, hingga memilih rambut, dan lain sebagainya bisa dilakukan sesuka hati.

Urusan kontrol, game ini dilengkapi virtual joystick untuk mengendalikan karakter. Namun saat melakukan aksi pertarungan kamu dapat menggunakan fitur auto-attack yang dapat memudahkanmu.

10. Rucoy Online – MMORPG – MMO

Rucoy Online

Sepintas, tampilan game ini memang sangatlah berbeda dengan game dengan genre serupa lainnya.Ya, Rucoy Online hadir dengan grafis kotak-kotak layaknya game fenomenal Flappy Bird yang telah tiada.

Tugasmu di sini nantinya adalah melawan banyak monster bersama players lainnya. Fitur yang ditawarkan permainan ini sangat beragam, kamu bisa bermain secara PvP, menyesuaikan karakter, melakukan chatting, dan berbagai fitur unik lainnya. Silakan mencoba game dengan rating 4.6 ini :).

11. Dragon Nest M

Dragon Nest MBagi para gamer yang hobi bermain game online di PC, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama game yang satu ini. Mengenai fitur dan gameplay-nya sendiri, game garapan Shanda Games ini tidak menghilangkan fitur utamanya seperti versi PC, yaitu masih ada Mode Nest, PVP System, dan lain sebagainya.

Game android bergenre MMORPG ini akan menyuguhkanmu 6 class yang bisa di upgrade sesuai class yang dipilih pada saat lvl 15 dan 45. Class yang tersedia antara lain; Academic, Assassin, Cleric, Archer, Warrior, dan Sorceress.

Dengan banyaknya pilihan class tersebut, kamu bisa menyesuaikan gaya permainan  dengan class yang ada. Menarik bukan?

12. Toram Online MMORPG

Toram Online MMORPGMeski memiliki nama yang terdengar cukup aneh, nyatanya game android MMORPG yang satu ini sudah mendapat unduhan lebih dari 5 juta kali dengan rating yang cukup baik, yakni 4.5.

Serupa dengan game Iruna Online, game ini juga menyajikan konsep penggambaran karakter berwajah ala anime. 

Cara bermainnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu men-tap musuh yang ingin dilawan, gunakan skill terkuat dari karakter yang kamu gunakan, lalu pungut harta jarahan dari musuh yang kamu hadapi itu.

13. Order & Chaos Online 3D MMORPG

Order & Chaos Online 3D MMORPGTidak bisa dipungkiri, hampir semua game besutan Gameloft memiliki rating yang baik karena memiliki gameplay yang berkelas.

Seperti game sejenisnya, game yang satu ini juga memiliki inti cerita tentang persaingan antar faksi untuk merebut sesuatu yang dianggap paling berharga. Karena dikemas dengan sudut pandang 3D, game ini tentu akan memberikan pengalaman bermain yang mengesankan.

14. Warspear Online (MMORPG, RPG, MMO)

Warspear Online (MMORPG, RPG, MMO)Warspear Online merupakan game MMORPG 2D dengan konsep gameplay yang klasik. Menariknya, game garapan AIGRIND ini pernah mendapatkan penghargaan “Game MMO RPG terbaik” pada 2015 lalu oleh BEST APP EVER AWARDS.

Di dalam game ini, kamu akan disuguhkan lebih dari 1500+ misi yang harus diselesaikan. Untuk pengalaman bermain yang lebih seru dan menyenangkan, kamu bisa bersatu dalam guild dan grup, atau mengikuti turnamen yang telah disediakan.

15. World of Prandis (Around the world MMORPG)

World of Prandis (Around the world MMORPG)Masih menyajikan konsep gameplay classic RPG, membuat game yang satu ini cukup banyak diminati hingga saat ini.

Menariknya, World of Prandis masih menghadirkan fitur khas RPG, misalnya seperti kegiatan fishing yang nantinya bisa dikonsumsi atau dijual.

Lihat juga:

Ok… Itulah dia 15 game MMORPG android terbaik 2020 pilihan YaTekno. Overall, semua game yang telah direkomendasikan di atas adalah yang terbaik dengan rating di atas 4. Silakan pilih mana yang paling kamu sukai, dan pastikan perangkatmu mendukung game tersebut, ya. Happy gaming!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno. Kamu bisa Follow saya di Instagram