5 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi yang Tidak Berfungsi

Dewasa ini, smartphone dengan fitur fingerprint alias sensor sidik jari menjadi tren tersendiri bagi banyak orang. Dengan memiliki fitur canggih tersebut, pengguna tentu akan merasa lebih aman untuk memproteksi smartphone kesayangannya menggunakan sidik jari.

Namun ada cukup banyak kasus dimana para pengguna HP Xiaomi yang mempunyai fitur fingerprint mengalami masalah pada ponselnya. Dimana fitur fingerprint pada HP Xiaomi mereka menjadi eror yang menyebabkan tidak berfungsi sama sekali.

Sensor Sidik Jari YaTekno

Nah, untuk mengatasi masalah fingerprint yang bermasalah pada HP Xiaomi, disini YaTekno telah menyiapkan 5 cara yang cukup ampuh untuk memperbaiki hal tersebut. Yuk simak ulasannya hingga tuntas..

1). Lakukan Restart pada HP Xiaomi kamu

Meski terdengar sepele, banyak masalah pada perangkat android yang bisa dengan cepat teratasi hanya dengan melakukan restart pada perangkatnya. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yakni untuk menyegarkan kembali sistem atau kinerja ponsel itu sendiri.

2). Pastikan Kalau Sidik Jari Kamu Bersih

Sensor fingerprint merupakan teknologi yang paling sensitif dalam membaca sidik jari. Untuk itu, pastikan kalau sidik jari kamu bersih sebelum menempelkannya pada sensor fingerprint di HP Xiaomimu.

Hal sepele seperti makan gorengan, terkena kotoran atau debu, dan sejenisnya tentu bisa berdampak pada fingerprint di HP Xiaomimu menjadi tidak berfungsi.

Jika kamu sudah memastikan kalau sidik jari kamu bersih (sudah di cuci menggunakan sabun), pastikan juga kalau sensor pemindai sidik jari pada HP Xiaomimu juga dalam keadaan bersih. Caranya gampang kok, kamu bisa memolesnya dengan tisu atau kain halus.

3). Lakukan Upgrade ROM MIUI ke Versi Terbaru

Tujuan dari developer menciptakan versi ROM MIUI terbaru tentu untuk meminimalisir adanya bugs pada perangkat Xiaomi. Selain itu, kamu tentu juga bisa mencicipi lebih banyak fitur baru yang tidak ada pada versi ROM MIUI yang kamu gunakan sebelumnya.

Disisi lain, siapa tahu penyebab fingerprint HP Xiaomi kamu yang bermasalah itu terjadi karena kesalahan sistem yang kamu lakukan secara tidak disengaja. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan upgrade ROM MIUI ke versi terbaru untuk memperbaiki bugs atau kesalahan sistem.

4). Lakukan Flash ROM ke ROM Resmi Global Stable

Jika cara pertama sampai ketiga sudah kamu lakukan namun tidak berhasil, cobalah lakukan cara ketiga ini, yakni dengan melakukan flash ROM ke ROM resmi.

Seperti yang kita tahu, saat ini tidak sedikit handphone Xiaomi yang ditawarkan dengan menggunakan ROM distributor di dalamnya. Padahal ROM tersebut memiliki banyak kekurangan sehingga menyebabkan terjadinya berbagai masalah kecil hingga besar pada perangkat Xiaomi.

Untuk itu, melakukan flashing ROM ke ROM resmi Global Stable bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah fingerprint yang tidak berfungsi pada HP Xiaomi kamu.

5). Bawa HP Xiaomi Kamu ke Service Center Xiaomi

Jika keempat cara di atas sudah kamu lakukan namun masih tidak teratasi, mungkin jalan satu-satunya yaitu dengan membawa HP Xiaomi kamu ke service center Xiaomi untuk diperbaiki permasalahan pada sensor fingerprint-nya.

Kalau kamu berminat, kamu bisa melihat lokasi service center Xiaomi terdekat di daerahmu melalui link berikut ini: Service Center Xiaomi

Setelah mengklik link di atas, kamu tinggal memilih Provinsi dan Kota tempat kamu tinggal. Nantinya kamu bisa memilih service center mana yang menurut kamu paling dekat dengan daerahmu. Tidak perlu khawatir, untuk biayanya tentu tidak semahal dibanding permasalahan LCD yang pecah.

Lihat juga:

Nah, itu dia kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi fingerprint pada HP Xiaomi yang bermasalah atau tidak berfungsi. Semoga teratasi, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Kepoin juga yuk Instagram @LimeCustom