Aplikasi Tellows: Mencegah Telepon Penipuan dari Nomor Tak Dikenal

Dengan semakin canggihnya smartphone, semakin mudah untuk kita berkomunikasi dengan satu sama lain. Namun terkadang, kita justru merasa terganggu dengan kehadiran smartphone kita.

Contohnya ketika kita sering mendapat panggilan masuk dari orang yang tidak dikenal yang tak kunjung henti menelepon kita. Setelah kita angkat, terdengar suara pihak telemarketing yang ingin menawarkan produknya atau bahkan hanya modus-modus penipuan.

Tellows

Kita pun bertanya-tanya, apakah ada solusi dari panggilan yang mengganggu seperti ini? Nah, aplikasi Caller ID & Block tellows khusus dibuat dengan tujuan ini. Bukan cuma untuk mencari tahu siapa yang menelepon kita, aplikasi yang satu ini bisa melindungi kita dari panggilan spam yang meresahkan.

Selain itu, terdapat juga banyak fitur menarik yang ada di dalam aplikasi tellows. Mari simak langsung di bawah ini…

Apa itu tellows?

tellows logo

Bukan hanya aplikasi, tellows juga tersedia dalam bentuk website yang tersedia di lebih dari 50 negara di seluruh dunia dengan lebih dari 7 juta pengunjung setiap bulannya. Di platform online tellows, para pengguna bisa berbagi info mengenai berbagai nomor telepon. Melalui info-info yang di share pengguna lain inilah kita bisa tahu tentang nomor yang menelepon kita.

Yang paling unik dari tellows adalah skor tellows yang ditampilkan di setiap nomor telepon yang ada. Nah, dengan skor tellows ini, kita bisa memperkirakan apakah nomor tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Contohnya, skor berangka 1 berarti nomor tersebut tidak berbahaya dan bisa kita percaya. Semakin tinggi skor yang dimiliki nomor tertentu, maka kita harus semakin berhati-hati. Skor dengan angka tinggi seperti 7, 8 atau 9 berarti nomor tersebut bisa jadi merupakan nomor penipu atau nomor spam.

Apa fungsi aplikasi tellows?

Kalau kamu penasaran dengan nomor tak dikenal yang menelepon kamu, aplikasi ini bisa memberi informasi mengenai nomor tersebut. Tentunya, infonya berasal dari para pengguna lain yang mengetahui atau juga pernah dihubungi dengan nomor yang sama.

Melalui info tersebut kita bisa tahu apakah yang menelepon kita bisa dipercaya atau tidak.

Meskipun tidak semua nomor memiliki info yang lengkap, kita bisa mengetahui nama, alamat, dan lokasi si penelepon pada berbagai nomor yang ada. Dengan fitur Caller ID tellows info-info ini akan ditampilkan di layar HP saat kita menerima panggilan masuk.

Fitur-fitur tellows lainnya yang tak kalah menarik adalah pendeteksi otomatis nomor tak dikenal, cari tahu nomor di seluruh dunia, ulasan dan komentar dari para pengguna lain, dsb.

Bagaimana cara menggunakan tellows?

Aplikasi Caller ID & Block tellows tersedia untuk para pengguna Android dan iPhone. Aplikasi tellows bisa didownload secara gratis di play store dan kamu pun bisa merasakan berbagai manfaat aplikasi ini.

Yang juga menarik, aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa indonesia. Setelah kamu mengunduh aplikasi tellows untuk pertama kalinya, aplikasi akan otomatis ditampilkan dalam bahasa dari HP kamu.

Berikut merupakan cara memakai aplikasi tellows bagi para pengguna android:

  • Saat kamu pertama kali membuka aplikasi tellows, kamu akan melihat halaman info mengenai berbagai fungsi aplikasi. Jangan lupa untuk memberi izin akses kontak dan overlay di pengaturan HP kamumu. Aksesnya dibutuhkan agar fitur pendeteksi nomor telepon bisa berfungsi.

informasi

  • Di halaman utama aplikasi tellows, kamu bisa melihat riwayat panggilan HP-mu dan nomor-nomor yang pernah kamu cari di aplikasi. Setiap nomor akan ditampilkan dengan angka skornya dan info nama beserta lokasi nomor tersebut. Kamu juga bisa memasukkan nomor telepon yang ingin kamu cari tahu ke dalam kontak pencarian di bagian atas.

riwayat panggilan

  • Setelah itu, kamu bisa melihat informasi mengenai nomor yang kamu cari. Di bagian atas terdapat skor tellows, nama pemilik nomor, provider, lokasi dan jenis panggilan tersebut. Melalui komentar-komentar dari pengguna lain, kamu bisa tahu info lebih lanjut mengenai si pemilik nomor.

komentar

  • Kalau kamu juga ingin menulis komentar dan berbagi info mengenai nomor telepon tertentu, kamu bisa mengklik “tulis komentar” pada halaman nomor telepon dan mengisi kolom penilaian nomor. Jika kamu ingin agar para pengguna lain berhati-hati dengan pemilik nomor tersebut, kamu bisa memilih skor tellows yang tinggi antara 7-9.

Screenshot

  • Untuk mengaktifkan fitur caller id atau identifikasi penelepon otomatis di HP-mu, kamu bisa memilih kotak “cek langsung” di pengaturan aplikasi. Setelah fitur caller ID sudah aktif, setiap nomor tak dikenal yang meneleponmu akan otomatis dideteksi. Saat panggilan masuk, kamu bisa melihat nama dan lokasi penelepon, jenis panggilan, dan juga skor tellows. Kamu pun bisa tahu siapa yang menelepon kamu sebelum kamu jawab panggilan tersebut.

Telepon

Blokir Panggilan Spam dengan Versi Premium

Meskipun aplikasi tellows bisa kamu gunakan dengan gratis, kamu juga bisa mendapat fitur-fitur tambahan dengan menggunakan versi premium dari aplikasi tellows. Fitur yang paling menarik dari versi premiuma adalah fitur blokir otomatis panggilan spam.

Jadi, kalau kamu sering diganggu oleh nomor tak dikenal, aplikasi tellows bisa otomatis memblokir panggilan-panggilan yang masuk ke HP kamu.

Tentunya, kamu bisa mengatur nomor-nomor apa yang harus diblokir. Di sini lah kegunaan skor tellows. Nomor-nomor yang dianggap sangat berbahaya oleh para pengguna lain dan memiliki skor antara 7-9 di tellows bisa otomatis diblokir di HP-mu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar blokir pribadimu sendiri dengan cara memberi skor tinggi pada nomor-nomor yang kamu anggap menjengkelkan. Nomor-nomor tersebut pun juga akan otomatis diblokir sehingga kamu tidak akan bisa diganggu lagi oleh mereka.

Versi premium tellows bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Fitur-fitur lain dari versi ini yaitu identifikasi penelepon otomatis offline tanpa internet, import blacklist tellows, dan aplikasi bebas iklan.

Lihat juga: 7 Aplikasi Pelacak Nomor HP Paling Akurat. Gratis!

Jadi..

Kesimpulannya, kalau kamu sering diganggu nomor telepon tak dikenal dan penasaran siapa yang menelepon, aplikasi tellows adalah solusi yang terbaik untukmu. Berbeda dari aplikasi Caller ID lainnya, tellows sangat mudah digunakan untuk semua kalangan.

Para pengguna di Indonesia pun sudah semakin banyak sehingga info dari nomor telepon yang tak kita kenal pun juga semakin lengkap. Tunggu apalagi? Download langsung aplikasi aplikasinya di link berikut ini:

Download Aplikasi Caller ID & Block tellows

Semoga setelah kamu menggunakan aplikasi Tellows, tidak ada telepon dari nomor mencurigakan dan terhindar dari penipuan, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram