Nih, 10 Aplikasi DJ Android Terbaik untuk Para Disc Jockey

Disc Jockey atau yang lebih dikenal sebagai DJ merupakan seorang yang piawai dalam memainkan rekaman suara atau musik menggunakan sebuah alat canggih, yaitu turntable. Dalam alat tersebut, terdapat beberapa efek-efek keren yang biasa dipakai seorang DJ ketika tampil, seperti mengatur volume, pitch, treble, bass, dan lain-lain.

Seperti yang kita tahu, alat untuk nge-DJ tersebut harganya sangat mahal bagi kalangan menengah kebawah. Untuk menjadi seorang Disc Jockey, tentunya kamu harus banyak berlatih dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli alat-alatnya.

Nah, buat kamu yang memiliki kendala uang namun tetap ingin berlatih menjadi seorang DJ, kamu juga bisa kok berlatih menggunakan aplikasi DJ di android. Dalam aplikasi tersebut, kamu juga tetap dapat merasakan berbagai efek maupun audio keren menggunakan turntable layaknya seorang DJ sungguhan.

Penasaran kan dengan daftar aplikasinya? Berikut deretan aplikasi DJ terbaik untuk android buat para Disc Jockey pemula hingga profesional. Let’s check it out!

1. DJ Studio 5

DJ Studio 5
Aplikasi bernama DJ Studio 5 ini memungkinkanmu untuk dapat merasakan menjadi seorang DJ menggunakan alat turntable. Aplikasi yang dibuat oleh Beatronik ini menawarkan fitur-fitur canggih yang biasa terdapat di sebuah turntable.

Dalam aplikasi ini, ada dua buah turntable yang dapat kamu gunakan untuk memutar dua buah musik secara bersamaan. Masing-masing turntable tersebut memiliki audio effect tersendiri. Tugasmu cukup mudah, yakni hanya perlu mengatur equalizer, beat per-menit (bpm), memberikan efek-efek Flanger, Phaser, Gate, Reverb, dan lain sebagainya.

2. Cross DJ

Cross DJ
Cross DJ merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kelebihan dalam me-mixing lagu dengan sangat baik. Aplikasi buatan Mixvibes ini sangat cocok buat kamu yang ingin berlatih menjadi seorang DJ. Yap, sama halnya dengan alat yang biasa digunakan oleh DJ sungguhan, disini kamu juga akan mengendalikan sebuah alat canggih bernama turntables.

Terdapat dua buah turntables yang memiliki efek berbeda. Nah, nantinya kamu hanya perlu memasukkan dua buah lagu pada masing-masing turntables tersebut yang dapat kamu atur equalizer mapun efek-efeknya sesukamu. Jangan sungkan untuk membagikannya ke soundcloud, ya.

3. djay FREE – DJ Mix Remix Music

djay FREE - DJ Mix Remix Music
Jika kamu sedang mencari aplikasi untuk remix musik di android, maka Google Play pasti akan merekomendasikan aplikasi bernama djay kepadamu. Aplikasi buatan Algoriddim ini memang memberikan kebebasan kepada penggunanya dalam berlatih atau untuk sekedar mencoba menjadi seorang DJ. 

Kamu nantinya dapat bebas menggunakan dua buah turntables yang ada untuk meremix lagu-lagu favoritmu. Nantinya kamu juga bisa membuat loop maupun mengatur Audio FX sesukamu agar dapat membuat sebuah musik yang menakjubkan.

4. edjingMix

edjingMix
Aplikasi DJ berikutnya yaitu bernama edjingMix. Jika dilihat dari segi tampilan, aplikasi ini memang terlihat sangat simpel. Namun jangan salah, meskipun simpel tapi aplikasi buatan DJiT ini mampu menjadikanmu seorang DJ proffesional dengan fitur-fiturnya. 

Dalam aplikasi ini, kamu nantinya bisa meremix lagu favoritmu dengan memberikan efek-efek keren, mulai dari Flanger, Phaser, Echo, Gate, dan juga Bit Crusher. Namun kamu juga perlu mencoba fitur Pitch-Bend dan EQ control untuk membuat sebuah audio yang lebih indah.

5. Party Mixer

Party Mixer
Party Mixer merupakan pilihan yang cocok bagi kamu yang ingin berlatih menjadi seorang DJ dari bawah. Aplikasi yang di usung oleh Pun Software, LLC memiliki kemampuan yang sama seperti aplikasi remix lagu lainnya, yakni menyetel dua buah lagu secara bersamaan.

Dengan tampilan interface yang lebih sederhana, pengguna mungkin dapat dengan mudah memainkan musik favoritnya, seperti mengubah tempo dan pitch menggunakan slider vertikal. 

6. DJ Mix Pads

DJ Mix Pads
Aplikasi ini nantinya bisa kamu andalkan untuk meremix sebuah lagu dengan mengatur equalizer maupun efek-efek tertentu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa fitur andalan dari aplikasi ini, yakni melakukan playback maupun merekam audio yang kamu buat.

Meskipun tak memiliki fitur lengkap seperti aplikasi DJ lainnya, aplikasi buatan Ladesinc. ini bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang dengan mobile pad music. Daripada penasaran, makannya cobain sekarang juga.

7. Dj Mixer House Music

Dj Mixer House Music
Dj Mixer House Music merupakan salah satu aplikasi DJ di android dengan tampilan yang simpel namun memiliki fitur yang cukup baik guna meremix sebuah lagu. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengatur loop ataupun fx dari sebuah lagu yang bisa di remix hingga 8 tracks. 

8. Cross DJ Pro

Cross DJ Pro
Cross DJ Pro menjadi salah satu aplikasi DJ terbaik dengan jumlah pengguna lebih dari 100 ribu. Tidak seperti versi gratisnya, dimana Mixvibes banyak menuangkan fitur-fitur keren, baik itu dari segi interace hingga tools yang tersaji dalam aplikasi ini.

Mendukung jenis format audio seperti MP3, AAC, FLAC, dan berbagai format video populer lainnya. Pengguna setidaknya harus memiliki processor Dual-core dengan RAM 1GB untuk bisa menjalankan aplikasi yang banyak di gunakan oleh para Disc Jockey profesional ini. 

9. edjing Pro LE

edjing Pro LE
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh edjing Pro LE adalah pengguna bisa merasakan pengalaman memainkan alat DJ profesional tanpa gangguan iklan. Tak hanya itu, ia juga secara langsung mengakses lebih dari 50 juta lagu dari Deezer dan Soundcloud.

Tidak seperti edjing versi gratisnya, dimana dalam versi berbayarnya ini pengguna bisa menggunakan efek-efek suara yang lebih keren, salah satunya yakni efek Super Filter.

10. DJ Loop Pads

DJ Loop Pads
Ingin membuat sebuah lagu menjadi lebih keren? Kamu bisa meremixnya dengan menggunakan DJ Loop Pads. Untuk mendapatkan efek suara yang fantastis, kamu hanya perlu menekan loop atau tombol-tombol yang tersedia pada layar (Pad).

Beberapa efek suara yang di hasilkan oleh aplikasi MobiRay Soft ini di antaranya seperti dubstep, trap, hip-hop, dan berbagai efek keren lainnya yang bisa kamu coba sendiri.

Lihat juga: Top 10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik di Android Paling Ngebass

Nah, itulah kesepuluh aplikasi DJ untuk android yang terbaik untuk pemula hingga profesional. Dengan adanya aplikasi di atas, kamu tentu bisa mempelajari dasar-dasar dalam menggunakan alat yang biasa di gunakan oleh DJ sungguhan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram