Top 10 Aplikasi Pembuka File RAR/ZIP Terbaik untuk Android

Sering kali kita menjumpai file dalam bentuk RAR atau ZIP ketika sedang menggunakan komputer. File dalam bentuk seperti itu memang harus dibuka dengan sebuah software yang memiliki fungsi mengekstrak atau mengkompres sebuah file.

Software yang berperan untuk membantu membuka file seperti itu biasanya dengan menggunakan WinRaR atau WinZip. Kedua software ini sudah sangat banyak digunakan oleh pengguna komputer. Memang software tersebut mempunyai peran penting dalam membuka sebuah file dalam format seperti itu.

Nah, bagaimana jika kamu ingin mengkompres atau mengekstrak file yang harus menggunakan program tersebut untuk membukanya di android? Tentu bisa. Jika di android program sejenis itu tersaji dalam bentuk aplikasi.

Ingin tahu apa saja daftar aplikasi pembuka file RAR/ZIP terbaik di android? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. ES File Explorer File Manager

ES File Explorer File Manager
ES File Explorer File Manager merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai file manager terbaik yang memiliki fitur lengkap. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengelola berkas Zip dan Rar serta aplikasi, dokumen, dan multimedia secara teratur.

Aplikasi buatan ES Global ini telah di unduh lebih 300 Juta pengguna android dan menjadikan ES File Explorer (File Manager) sebagai aplikasi file manager terbaik nomor 1 di Google PlayStore. Tentu aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis.

2. Easy Unrar, Unzip & Zip

Easy Unrar, Unzip & Zip
Easy Unrar, Unzip & Zip membantu kamu dalam membuka file rar dan zip di android. Kamu dapat dengan mudah membuka atau membuat file dalam bentuk rar dan zip dengan aplikasi ini.

Aplikasi buatan RbigSoft ini juga mendukung semua versi berkas rar dan membuat file arsip dengan adanya perlindungan kata sandi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan cepat mengekstrak dan mengkompres file rar dan zip.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menghemat ruang penyimpanan android dengan mengkompres file berukuran besar. Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, kamu sudah harus memiliki android versi 3.0 atau lebih tinggi. 

3. AndroZip

AndroZip
Aplikasi buatan AVG Labs ini juga tidak kalah populernya dengan aplikasi pertama. Dengan AndroZip, kamu dapat dengan mudah menyalin, menghapus, mengkompres, mengekstrak serta menata file secara rapih dalam file manager yang tersedia pada aplikasi ini.

AndroZip juga mendukung berkas yang memiliki format RAR, TAR, GZIP, dan BZIP2. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk mencadangkan atau membackup aplikasi yang ada pada android. 

Tempat penyimpanan AndroZip juga dapat kamu pindahkan ke kartu SD agar dapat melegakan ruang penyimpanan internal. Telah di unduh lebih dari 50 Juta kali oleh pengguna android, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

4. 7Zipper

7Zipper
Bagi kamu pecinta program 7Zip dikomputer, tidak ada salahnya jika menggunakan aplikasinya di android. Fungsi aplikasi buatan Polar Soft ini sama seperti aplikasi pengkompres dan pengekstrak lainnya.

Yang menjadi fitur andalan dalam aplikasi ini yaitu adanya fungsi Task killer, Backup App, Sdcard Usage, 7zip, Unzip, Zip, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah mengelola file yang ada. 

5. Solid Explorer

Solid Explorer
Solid Explorer membantu kamu dalam membuka atau mengekstrak berkas dalam bentuk ZIP, 7Zip, RAR. Aplikasi ini juga menyediakan penyimpanan manager dengan Dropbox, Google Drive, Mediafire, dan lainnya.

Aplikasi buatan NeatBytes ini juga dapat mengelola file di android, seperti mengatur foto, video, dan musik dalam satu tempat. Sayangnya aplikasi ini tidaklah gratis. Walaupun aplikasi ini berbayar, tentu kualitasnya lebih baik daripada aplikasi gratisan.

6. RAR

RAR
Aplikasi besutan RARLAB ini memiliki tampilan yang lebih sederhana ketimbang aplikasi pengekstrak lainnya. Meskipun begitu, ia mampu melakukan pengompresan ataupun pengarsipan file dengan cepat.

Tak hanya itu, kamu pun bisa mengelola file di androidmu melalui fitur yang tersaji dalam aplikasi ini. Sehingga bisa leluasa dalam mengompres ataupun membuka berbagai macam file yang ada di android kamu.

Beberapa jenis file yang dapat di kompres di antaranya yakni jenis file ZIP, TAR, GZ, bz2, XZ, 7z, ISO, dan ARJ.

7. ZArchiver

ZArchiver
ZArchiver merupakan sebuah program manajemen arsip yang memiliki interface sederhana yang mampu mengekstrak dan membuat archives berbagai jenis file, termasuk 7z (7zip), zip, bzip2 (bz2), gzip (gz), XZ, tar.

Menariknya, aplikasi buatan ZDevs ini memiliki fitur Multithreading. Dimana para pengguna android yang memiliki processor multicore dapat membuat archives ataupun pengekstrakan file dengan waktu yang begitu cepat.

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu pun bisa memberi sebuah protection atau keamanan berupa password agar orang lain tidak bisa mengakses file yang kamu miliki tanpa mengetahui password yang kamu buat. 

8. ALZip

ALZip
ALZip tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengekstrak ataupun mengkompres file RAR atau ZIP, ia juga berfungsi sebagai file manajer. Dimana pengguna bisa membuka, menyalin, memindahkan, menghapus, hingga mengubah nama semua jenis file dengan mudah dan cepat.

Dengan kata lain, aplikasi garapan ESTSoft ini memiliki fungsi layaknya Windows Explorer. Sayangnya, aplikasi ini membatasi pengoperasian untuk kapasitas file yang melebihi 2 GB. 

9. B1 Archiver

B1 Archiver
Tak hanya memiliki interface yang user-friendly, aplikasi garapan Catalina Group ini bisa di bilang sebuah paket komplit yang menyajikan berbagai program dan fitur secara fungsional.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pengkompresan file ZIP, RAR, dan puluhan jenis format file lainnya. Seperti aplikasi pengekstrak sebelumnya, dimana B1 Archiver bisa kamu andalkan dalam mengelola file di android dengan mudah dan cepat.

Untuk penkompresan filenya sendiri, pengguna bisa membukukan archive untuk kapasitas mulai dari 16 MB hingga 4 GB. 

10. Total Commander

Total Commander
Buat kamu yang aktif mendonwload berbagai jenis file di internet, mungkin kamu sudah harus memiliki aplikasi bernama Total Commander. Aplikasi ini akan membantumu dalam mengekstrak dan membaut arsip yang mendukung berbagai jenis format file populer.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menavigasi file-file yang kamu miliki dengan beberapa sentuhan melalui fitur keren yang tersaji dalam aplikasi buatan C. Ghisler ini, seperti memindahkan, menyalin, hingga menyembunyikan file tertentu sesuai keinginanmu. 

Lebih dari 50 juta pengguna android sudah menggunakan aplikasi cerdas ini, kamu tertarik untuk mencobanya juga?

Itu dia kesepuluh aplikasi pembuka file RAR/ZIP dengan mudah dan cepat. Dengan memiliki aplikasi di atas, kini kamu bisa membuat archives ataupun mengekstrak semua jenis file melalui android.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram