Top 17 Aplikasi Android Tercanggih 2022 di Dunia

Sebagai sebuah ponsel pintar, smartphone android harusnya memiliki manfaat yang yang cukup berarti bagi pemiliknya. Bukan cuma dijadikan sebagai media untuk bermain game atau media sosial saja.

Untuk membuat perangkat android menjadi lebih berguna, kamu membutuhkan peranan dari sebuah aplikasi. Sehingga perangkat android yang kamu punya menjadi lebih berarti nantinya.

Maka dari itu, disini YaTekno menyediakan 17 pilihan aplikasi android tercanggih yang wajib dimiliki agar perangkat android yang kamu miliki terkesan canggih. Lets check it out!

17 Aplikasi Android Tercanggih 2022

1. SoundHound

SoundHound

Untuk mengetahui judul dari sebuah lagu yang kamu dengar, ternyata kamu nggak harus susah payah loh buat mengetahuinya. Gimana tuh? Yap, SoundHound akan membantumu dalam mengenali judul lagu yang kamu dengar, baik itu melalui televisi, radio, dan lain sebagainya.

Selain berfungsi untuk mengidentifikasi judul lagu melalui suara, aplikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 500 juta ini juga memiliki fitur menampilkan lirik lagu yang sedang diputar. Keren banget kan?

2. Titanium Backup

Titanium Backup

Buat pengguna android yang sudah melakukan akses root, mungkin Titnaium Backup menjadi salah satu aplikasi tercanggih yang harus dimiliki. Seusai dengan namanya, dimana kamu bisa melakukan backup pada aplikasi yang telah terinstall di android.

Bukan cuma aplikasi saja, berbagai data penting lainnya bisa kamu backup disini, mulai dari SMS, CWM, dan berbagai data penting lainnya. Segala sesuatunya jadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi canggih besutan Titanium Track ini. Tertarik untuk mencobanya?

3. Gravity Screen

Gravity Screen

Mungkin kamu belum begitu asing dengan aplikasi yang satu ini. Perlu kamu ketahui, Gravity Screen merupakan sebuah aplikasi canggih di dunia yang dapat membuat tombol power di perangkat android kamu menjadi tidak berfungsi lagi.

Lalu apa manfaatnya? Melalui aplikasi ini, kamu bisa menghidupkan dan mematikan layar ponsel secara otomatis tanpa perlu kamu sentuh. Keberadaan aplikasi ini tentu sangat berguna bagi mereka yang mengalami kerusakan pada tombol power.

4. AirDroid

AirDroid

Ingin memindahkan file yang ada di android ke komputer? Ternyata kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa menggunakan kabel data. Aplikasi besutan Sand Studio ini akan membantumu dalam mentransfer file ke jaringan komputer.

Adapun fitur menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan yakni fitur AirMirror. Fitur tersebut memungkinkanmu untuk bisa menampilkan layar android agar tampil dalam layar monitor PC milikmu.

5. Android Device Manager

Android Device Manager

Aplikasi canggih buatan Google yang satu ini mungkin belum begitu dikenal banyak pengguna android. Tapi tahukah kamu, ternyata Android Device Manager memiliki peranan yang sangat penting bagi ponsel android.

Fungsi utamanya adalah membantu menemukan perangkat android yang hilang atau dicuri. Bagaimana cara kerjanya? Aplikasi ini nantinya akan melacak keberadaan atau lokasi ponsel yang hilang tersebut. Dengan kata lain kamu bisa mengetahui dimana ponsel tersebut berada. Canggih kan?

6. SHAREit

SHAREit

SHAREit menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki bagi pengguna android yang ingin segala sesuatunya lebih cepat, terutama ketika mentransfer file ke perangkat android lain. Bayangkan saja, aplikasi ini memiliki kecepatan 200x lebih cepat daripada Bluetooth.

Dengan begitu maka proses transfer file dengan jumlah banyak akan lebih cepat dalam waktu yang singkat. Selain dapat digunakan untuk sesama perangkat android, aplikasi ini juga kompatible dengan perangkat iOS, Windows Phone & Windows XP/7/8.

7. Universal TV Remote Control

Universal TV Remote Control

Sesuai dengan namanya, dimana aplikasi ini memiliki peranan sebagai remot TV yang memungkinkanmu untuk dapat mengganti chanel dengan mudah dan cepat. Perlu kamu ketahui, Universal TV Remote Control hanya bisa bekerja bagi perangkat android yang dibekali fitur InfraRed (IR).

Seiring berjalannya waktu, aplikasi ini juga dapat bekerja melalui jaringan WiFi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai merek Smart TV ternama di Indonesia, seperti Sony, Sanyo, LG, Samsung dan lainnya.

Lihat juga: Daftar Aplikasi Remot TV Android Terbaik

8. 1Password

1Password

1Password merupakan sebuah aplikasi yang memudahkanmu dalam mengingat ataupun menyimpan berbagai password yang kamu miliki. Hadirnya aplikasi sejenis ini tentu sangat membantu sekali bagi mereka yang sering kali lupa untuk mengingat kata sandi, salah satunya password media sosial.

Selain berfungsi sebagai media penyimpanan password, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai data penting, misalnya seperti informasi keuangan, dokumen pribadi, dan lain sebagainya.

Segala sesuatu yang disimpan dalam 1Password nantinya akan dilindungi oleh Master Password. Sehingga orang lain tidak bisa mengakses data-data penting yang telah kamu simpan didalamnya.

9. DU Battery Saver

DU Battery Saver

Salah satu kekurangan yang banyak dialami oleh sebagian besar perangkat android adalah daya tahan baterainya yang boros. Sebagai solusinya, DU Battery Saver menjadi jawaban yang tepat untuk membantumu dalam menghemat konsumsi baterai agar tahan lebih lama.

Aplikasi yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 500 juta ini memiliki cara kerja yang simpel. Dimana kamu hanya perlu menyentuh tombol Optimize, dan semua aplikasi yang menguras daya namun tidak digunakan akan dihentikan dengan seketika.

Lihat juga: Rekomendasi Aplikasi Android Penghemat Baterai

10. GO Launcher EX

GO Launcher EX

Aplikasi canggih berikutnya mungkin sudah sangat familiar bagimu. Sebagai salah satu launcher terbaik di Google Play, GO Launcher EX menyediakan banyak pilihan tema keren yang bisa kamu unduh secara gratis.

Aplikasi garapan GO Dev Team ini nantinya akan menyulap tampilan androidmu menjadi lebih keren dengan perubahan tema, ikon, efek animasi, dan lain sebagainya.

Lihat juga: Daftar Aplikasi Tema Android yang Paling Keren

11. Truecaller

Truecaller

Sering diganggu oleh nomor tidak dikenal dengan mengirimkan SMS ataupun panggilan? Jika iya, maka Truecaller menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Cara kerja aplikasi ini sangat hebat, dimana ia mampu mengidentifikasi lokasi orang yang mengganggumu dengan waktu singkat.

Cara kerjanya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor anonim tersebut kedalam fitur pencarian. Jika berhasil terlacak, kamu pun bisa memblokirnya agar orang tersebut tidak lagi mengganggumu. Canggih bukan?

12. Alarm Clock Xtreme

Alarm Clock Xtreme

Alarm Clock Xtreme merupakan sebuah aplikasi yang cocok digunakan bagi mereka yang selalu sulit untuk bangun pagi. Cara kerjanya sangat luar biasa, pengguna harus terlebih dahulu menjawab soal matematika yang disuguhkan oleh aplikasi ini agar alarm yang berbunyi tersebut bisa mati.

Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan beberapa fitur canggih, seperti stopwatch, pelacak siklus tidur, dan lain sebagainya.

13. Sleep Better with Runtastic

Sleep Better with Runtastic

Agar tubuh lebih bugar setiap harinya, ternyata pola tidur menjadi pengaruh penting yang harus diperhatikan. Hadirnya aplikasi Sleep Better with Runtastic membawa dampak positif bagi pengguna android yang ingin meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Sebelumnya kamu harus memasukkan kebiasaan sehari-hari agar ia dapat bekerja, seperti memasukkan variabel konsumsi kadar kafein, olahraga, makanan, dan lain sebagainya. Setelah itu barulah aplikasi ini akan bekerja untuk melacak siklus tidurmu, yakni dengan meletakkan ponsel tepat disebelah bantal.

14. 7 Menit Workout

7 Menit Workout

Percaya atau tidak, hanya dengan melakukan kegiatan olahraga selama 7 menit setiap harinya kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal. Selaku pengembang dari aplikasi ini, Simple Design mengajakmu untuk melakukan pelatihan bodyweight untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan.

Terdapat 12 macam pelatihan yang memiliki manfaat berbeda-beda, diantaranya seperti Jumping Jacks, Push Up, Squats, Wall sits, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan program olahraga tersebut secara rutin dan benar.

15. IP Webcam

IP Webcam

IP Webcam merupakan sebuah aplikasi CCTV terbaik yang bisa diandalkan dalam menjaga atau memonitor segala aktifitas disekitarnya.

Cara kerjanya sangat sederhana, dimana kamu membutuhkan 2 buah perangkat, yakni android dan PC atau tablet. Sedangkan untuk memantaunya kamu bisa menggunakan berbagai cara, baik itu melalui VLC Media Player ataupun Browser.

Aplikasi tersebut hanya akan bekerja jika perangkat yang kamu gunakan telah terhubung dengan koneksi internet, salah satunya WiFi.

Baca juga: Cara Menjadikan HP Android Sebagai CCTV

16. Tiny Scanner

Tiny Scanner

Buat para pelajar atau pekerja kantoran yang sering berhubungan dengan dokumen, Tiny Scanner menjadi salah satu aplikasi yang tepat untuk digunakan.

Fitur scanner yang dimilikinya mampu memindai dokumen di sekitarmu dengan mudah dan cepat, baik itur dari kertas, papan tulis, hingga foto sekalipun. Nantinya objek yang kamu scan akan terbentuk menjadi sebuah file PDF. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi.

17. Call Recorder

Call Recorder

Call Recorder merupakan sebuah aplikasi canggih yang akan membantumu dalam me-record atau merekam percakapan saat kamu melakukan panggilan telepon dengan seseorang.

Hadirnya aplikasi sejenis ini tentu sangat membantu bagi mereka yang ingin menyimpan percakapan telepon yang menurutnya penting untuk disimpan. Sehingga kamu bisa memutar percakapan yang kamu simpan tersebut jika diperlukan.

Penutup

Nah, itulah pilihan aplikasi android tercanggih di dunia yang wajib kamu miliki. Semua aplikasi yang tercantum diatas bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play. Coba sekarang juga!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram