HP Flagship Spek Dewa Ini Udah Anti Air. Mau Bukti? Review Sharp Aquos R3

Untuk bersaing dengan kelas HP flagship lainnya, Sharp mendatangkan seri Aquos R3 yang memiliki kelebihan di sektor layarnya. Sharp memberikan layar super spesial dengan panel Pro IGZO Reality Display yang bisa menampilkan 1 Miliyar warna berbeda pada resolusi Quad HD Plus atau resolusi 3120 x 1440 piksel.

Tidak hanya itu, layar Aquos R3 juga sudah didukung refresh rate berkecepatan 120 Hertz. Dengan kata lain, layar Aquos R3 ini bakal memanjakan mata saat melakukan berbagai aktifitas, mulai dari bermain game, nonton film, sampai mengedit video.

Dan hebatnya lagi nih, Aquos R3 sudah lulus sertifikasi IPX5 dan IPX8 Waterproof Design serta IPX6 Dustproof Design. Yang mana kamu tetap bisa menggunakan Aquos R3 saat berada di guyuran air hujan ataupun di dalam air saat berenang. Mantap kan?

Desain Elegan Berbahan Glass dan Alumunium

Sharp Aquos R3 hadir dengan dimensi 156 x 74 x 8.9 mm yang dikemas dalam bobot 185 gram.

Desain Aquos R3 ini mengusung teknologi Edgest Fit Design, yang mana pada setiap sudut setiap sisinya dibuat agak membundar. Sharp juga ngasih 3D Curve Design biar pengguna lebih nyaman saat menggenggamnya.

Dengan harga jual yang tidak murah, Sharp mengemas covernya dengan material kaca, dan untuk framenya sendiri memiliki bahan alumunium. Saat megang HP ini saya emang ngerasain feel yang tidak biasa, beneran keliatan mewah apalagi cover belakangnya juga bisa dipake ngaca.

Untuk tombol fingerprintnya Sharp menyematkannya di bagian depan bawah. Mungkin kalau tombol fingerprintnya dihilangkan atau di move ke bagian layar, dan notch kamera depannya tidak terlalu besar ukurannya, pasti akan terlihat kece dari segi tampang.

Dari segi kelengkapan komponen, di sisi atas terdapat earphone jack 3.5 mm, lalu di bagian kirinya ada slot microSD Dual SIM Hybird slot yang bisa di upgrade sampai 512GB.

Untuk bagian kananya terdapat tombol volume, dan tepat di bagian bawahnya ada tombol power, di bagian bawahnya lagi ada tombol Google Assisten. Untuk speakernya terletak di bagian bawah ya.

Btw untuk pilihan warnanya Aquos R3 ini hanya memiliki 1 varian saja ya, yaitu Classic Black. Sama kaya yang saya review kali ini.

Lulus Sertifikasi IP68 (Tahan Air)

Fitur andalan lain dari Aquos R3 juga disuguhkan lewat pembawaan sertifikasi IPX5, IPX6, dan IPX8. Alhasil, HP ini bisa kamu gunakan di berbagai kondisi ya, termasuk pada saat kondisi hujan sekalipun.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya melakukan pengujian Aquos R3 dengan mengguyurkan air disekujur bodi. Dan hasilnya Aquos R3 masih tetap bisa digunakan secara normal seperti semula.

Kualitas Layar Quad HD+ yang Jempolan

Membahas soal layarnya, Sharp memang menonjolkan keistimewaan layar dengan membawa Pro IGZO Reality Display yang bisa menampilkan 1 miliyar warna berbeda.

Dengan kekayaan warna yang melimpah sampai 1 miliar warna, tentu akan membuat gambar yang ditampilkan pada layar Aquos R3 ini jadi semakin jelas, jernih, dan juga akurat ya.

Btw, Aquos R3 memiliki bentang layar 6.2 inci yang mengusung resolusi tinggi yakni mencapai 3120 x 1440 piksel atau Quad HD Plus. Layarnya juga sudah diperkaya refresh rate 120 Hertz yang bakal bikin layarnya smooth pergerakkannya, baik saat navigasi maupun bermain game.

Aspek rasio layarnya yaitu 19,5 banding 9 dengan screen-to-body ratio mencapai 92,5%. Proteksi layar Corning Gorilla Glass 5 juga sudah terlapis agar kuat terhadap benturan maupun goresan. Meksipun begitu, kamu tetap harus pakai anti gores ya buat jaga-jaga.

Punya Dual Kamera Jempolan

Move on ke sektor kamera, Aquos R3 membawa dual kamera belakang ganda dengan konfigurasi 20.1 MP yang punya sudut pandang 125 derajat untuk lensa utama, dan 12.2 MP untuk lensa sekunder yang punya aperture f/1.7.

Meskipun hanya dual kamera saja, Sharp sudah memberikan fitur canggih bernama ProPix2 AI Reality Camera. Yang mana, fitur kamera canggih yang dikasih Sharp ini bisa mengatur white balance, brightness, dan juga kontras secara otomatis biar hasil foto dan video punya akurasi dan detail warna yang ajib.

Buat minimalisir goncangan sewaktu merekam video, Aquos R3 ini sudah diperkaya sama fitur Optical Image Stabilization ya. Untuk rekaman videonya sendiri mentok di kualitas 4K 30fps. Dan ini dia hasil jepretan dari kameranya.

Dan di bawah ini adalah hasil jepretan dari Aquos R3 dengan berbagai mode unggulan yang ditawarkannya.

Mode Auto
Mode Portrait
Mode Clearly
Mode Fluffy
Mode Close up

Kamera belakang ganda yang ditawarkannya masih cukup bersaing kan? Yang paling menarik tentu saja mode Auto nya. Dimana fitur ProPix2 AI Reality Camera bisa menyempurnakan jepretan dengan hasil yang apik.

Kamera Depan Bisa di Andelin Buat Groufie

Lanjut ke bagian kamera depannya, Sharp memberikan kamera selfie beresolusi 16.3 MP ber-aperture f/2.0 dengan sudut pandang hingga 80 derajat. Kualitas dari kamera depannya terbilang cukup oke, tapi tidak bisa dibilang oke banget juga. Untuk ngevlog kualitas videonya mentok di 1080p 30fps saja ya.

Performa (Prosesor, Memori, dan Benchmark)

Soal performa, Aquos R3 dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang diperkuat RAM 6GB dan didukung memori internal bermuatan 128GB. Kalau dirasa memori internalnya kurang, kamu bisa perluas lewat microSD sampai 512GB ya.

Di kelas harga jualnya yang mencapai 10 juta, harusnya sudah dapet seri chipset yang lebih gegas ya. Tapi balik lagi nih, Aquos R3 lebih nonjolin keistimewaan layarnya.

Gaming Tes

Karena membawa chipset kelas atas yang punya skor jempolan, tidak afdol rasanya kalau tidak tes game. Dan game pertama yang mau saya mainin disini yaitu Asphalt 9.

Asphalt 9

Disini kualitas visualnya saya ubah jadi kualitas tinggi ya, dan alhasil game berjalan dengan lancar jaya tanpa lag sama sekali.

Lanjut ke game kedua PUBG Mobile, pengaturan grafisnya saya langsung atur ke HDR Extreme dengan style classic.

PUBG Mobile

Dan disini gamenya berjalan mulus dengan fps stabil di angka 59an ke 60. Tapi kalau mau mainnya lebih smooth dan hemat baterai, saya saranin pengaturan grafisnya di set ke smooth extreme.

Fitur Pengisian Dayanya Ajib Juga

Dari segi suplai dayanya, Sharp nanemin baterai berkapasitas 3200 mAh yang sudah mendukung USB Power Delivery 2.0 dan Qi Wireless charging. Qi Weleress charging sendiri memungkinkan kamu mengecas HP tanpa kabel ya.

Baterainya memang tidak begitu besar, tapi berkat fitur pengisian dayanya yang canggih membuat Aquos R3 jadi semakin menarik. Btw, fitur NFC juga sudah tertanam di HP ini ya.

User Interface

Dan untuk antarmukanya ini pakai Sharp UI berbasis Android 10 ya. Tampilannya terbilang sederhana dengan dukungan aplikasi bawaan yang terbilang sedikit. Nantinya akan ada sejumlah aplikasi-aplikasi bawaan dari Sharpnya yang bisa kamu hapus kalau dirasa tidak penting.

Sepsifikasi (Harga Rp 9,9 Jutaan)

  • Layar: IGZO LCD 6.2 inci, Quad HD+, 120 Hz
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 855
  • GPU: Adreno 640
  • Memori Internal: 128GB 6GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD up to 512GB
  • Kamera Belakang: 20.1 MP + 12.2 MP
  • Kamera Depan: 16.3 MP
  • OS & Baterai: Android 10, 3200 mAh

Tempat Beli

Penutup

Buat kalian yang tertarik punya Sharp Aquos R3, HP ini di jual seharga 10 juta kembali seribu ya. Kalau mau beli, kalian bisa beli lewat toko Sinar Maju ya.

Asiknya beli produk Sharp di Sinar Maju nih, kalian bisa ngedapetin cashback sebesar 500 ribu dan bonus sepeda lipat juga. Beli HP dapet cashback gede, dapet sepeda lipet juga lagi, mantep kan?

Dan kalau mau beli produk Sharp lainnya, kalian juga berkesempatan buat dapetin ratusan hadiah menarik tanpa di undi. Siapa tau ada produk yang lagi kalian butuhin dan kebetulan free bonus sama cashback juga, kan lumayan tuh.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram