Review Realme C25: Chipset Gaming, Baterai Besar, Tahan Banting??

Bersamaan dengan perilisan Realme C21, Realme juga memperkenalkan Realme C Series terbarunya, yaitu Realme C25. Realme C25 juga sudah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland sehingga jempolan dari segi ketahanan.

Dengan harga 2 jutaan, Realme juga ngasih chipset gaming Helio G70, baterai 6000 mAh dengan Fast charging 18 watt, serta Triple kamera 48 MP. Spek yang dibawa si Realme C25 ini terbilang lumayan juga ya.

Untuk varian memorinya, Realme C25 hadir dalam dua varian memori, ada yang 4/64GB dan 4/128GB. Nah yang akan Yatekno review disini, yaitu yang varian 4/64GB. Penasaran apa saja kelebihan yang ditawarkan Realme C25? Yuk simak ulasan di bawah ini hingga tuntas!

Di dalam paket pembeliannya ini, kalian bakal nemuin Adapter charging 18 watt, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, SIM ejector, Softcase, dan perangkat Realme C25 nya.

Lihat Juga: Daftar HP Realme Terbaru di Tahun Ini

Desain

Oke sekarang kita fokus ke desainnya, Realme C25 memiliki konsep desain bodi belakang yang disebut Geometric Design. Bodi belakangnya ini akan menampilkan efek mengkilap sewaktu lagi kena pantulan cahaya.

Btw, Realme C25 punya dua pilihan warnanya, ada yang Water Grey dan Water Blue. Kalau yang lagi Yatekno review disini itu yang Water Blue. Warna biru cocok untuk kamu yang ingin tampil lebih keren dengan smartphone tentunya.

Desainnya yang kece juga dipermanis dengan tulisan Realme, bingkai kamera belakang kotak yang memuat Triple kamera 48 MP, serta Fingerprint sensor. Jadi terlihat semakin kekinian dari sisi belakangnya.

Beralih ke sisi depan bagian atas, ada kamera selfie 8 MP, kemudian di sisi kirinya ada slot SIM Card dengan Dual Nano-SIM, di sisi kanannya ada tombol Volume up and Down dan Tombol Power.

Kemudian untuk bagian bawahnya, lubang audio jack untuk earphone, port model USB-C, mikrofon, sama speaker. Kualitas speaker yang dihasilkan masih terbilang lumayan, baik digunakan untuk menonton, mendengarkan musik, ataupun bermain game.

Lihat Juga:

Layar

Lanjut ke bagian layarnya, Realme C25 membawa layar IPS LCD seluas 6,5 inci, dengan resolusi 720 x 1600 pixels yang punya aspek rasio 20 banding 9. Kamu akan terpuaskan baik ketika menonton ataupun bermain game karena layarnya yang begitu besar.

Kualitas panel layarnya cukup baik juga, dan masih terbilang identik seperti C series lainnya. Untuk refresh rate yang digunakannya masih 60 Hz. Andai saja konsep mini-drop nya diganti menjadi punch-hole, dan refresh rate nya sudah 90 Hz, mungkin akan lebih menggiurkan.

Dan untuk layarnya itu juga memiliki rasio layar ke bodi mencapai 88,7%. Untuk tingkat kecerahan yang dimilikinya yaitu 480 nits. Layarnya akan tetap terlihat dengan jelas meskipun kamu gunakan dibawah terik sinar matahari sekalipun.

Daya Tahan

Realme C25 sejatinya hadir untuk menciptakan standar baru di segmen entry-level. Pengujian TÜV Rheinland sudah dilewati Realme C25 didasarkan pada siklus penggunaan smartphone selama tiga tahun, yang tentunya juga melewati berbagai skenario uji yang tidak main-main.

Lebih jelasnya, sertifikasi TÜV Rheinland memiliki 23 pengujian utama, termasuk juga dengan skenario penggunaan harian, seperti jatuh dan abrasi karena penggunaan.

Realme juga menginformasikan, smartphone terbarunya sudah lulus 7 skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi sampai rendah, kelembapan tinggi sampai rendah, masa pakai tombolnya, tekanan udara, listrik statis, dan tegangan. Tidak lupa juga dengan 6 komponen skenario uji reliabilitasnya.

Dalam acara peluncurannya, Realme memperlihatkan ketahanan smartphonenya dengan menjatuhkan ponsel dua kali, dari dalam saku dan saat menelepon ke lantai. Alhasil, tidak ada goresan pada layar maupun bagian bodi belakangnya.

Ini jelas menandakan kalau Realme C25 memiliki ketahanan yang jempolan, meskipun khastanya sebagai smartphone entry-level. Yap, kamu tidak perlu khawatir saat smartphone tidak sengaja terjatuh ataupun terkena rintik air hujan. Meskipun demikian, kamu tetap harus menggunakannya dengan apik ya!

Software/Fitur

Di Realme C25, kamu akan disuguhkan oleh pengalaman menggunakan Versi Android dan Realme UI terbaru. Yap, Realme C25 sudah menggunakan sistem operasi Android 11 dengan balutan antarmuka Realme UI 2.0.

Android 11 tentu akan lebih mempermudah proses multitasking. Selain fitur Split Screen, tersedia juga floating window dan mini window yang bisa digunakan ketika menjalankan aplikasi lain dalam jendela melayang.

Tampilannya terlihat lebih segar, yang paling menarik tentu adanya menu khusus untuk personalisasi tampilan. Selain dapat mengubah tema dan ikon aplikasi, kamu juga bisa mengatur font nya.

Dan seperti biasa, fitur Screen Record bawaan juga sudah diberikan untuk kebutuhan tertentu. Untuk kamu yang suka membuat konten, tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga. Dukungan Game Space juga menjadi hal yang disukai pengguna Realme, sebab kamu bisa mengoptimalkan performa hardware saat bermain game.

Game Space juga bisa difungsikan untuk menghentikan notifikasi supaya kamu bisa lebih fokus bermain tanpa gangguan.

Untuk kamu yang suka dengan tampilan gelap, bisa menggunakan Dark Mode. Menariknya, ada beberapa pilihan warna mode gelapnya, mulai dari mode hitam yang cukup pekat, warna hitam medium yang tidak terlalu pekat, dan hitam yang terlihat soft.

Selain sudah dilengkapi dengan fitur Fingerprint dan Face unlock, Realme juga menambahkan fitur keamanan di Realme UI 2.0, seperti akses tersembunyi untuk mencegah aplikasi mengakses informasi pribadi, dan fitur penyembunyian aplikasi maupun dokumen.

Kamera

Sebagai smartphone yang bersaing di kelas entry-level, Realme juga ngasih sektor fotografi yang lumayan dan bisa diandalkan. Dan tentunya juga, Realme memberikan peningkatan di sektor kamera ketimbang seri pendahulunya guna memikat konsumen.

Realme memberikan sensor kamera utama 48 MP f/1.8, yang mana sudah didukung juga dengan kemampuan teknologi Pixel Binning, yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar, ini bertujuan agar menghasilkan foto 12 MP yang lebih cerah dan juga minim noise.

Menilik konfigurasi kameranya, sensor ultra-wide harus ditiadakan. Sebagai gantinya, Realme memberikan sensor makro dan hitam putih dengan masing-masing resolusi 2 MP f/2.4.

Desain watermark yang diberikan menandakan kalau hasil jepretan dari smartphone Realme. Mode Expert juga tetap diberikan untuk memberikan kendali pada ISO maupun shutter speed jepretan. Yang menarik juga, terdapat shortcut untuk akses Google Lens.

Triple kamera belakang yang dimilikinya menghasilkan jepretan yang terbilang lumayan untuk smartphone 2 jutaan. Kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal baik meskipun pada kondisi indoor dengan cahaya yang cukup.

Terkhusus untuk mode Nightscape, pengambilannya butuh waktu sekitar 2-3 detik untuk proses simpan. Khusus untuk perekaman videonya, kamu bisa berpindah kualitas dari 1080p 30fps ataupun 1080p 60fps. Dan untuk perekaman video slow-mo nya, memiliki kualitas 720p 120fps.

Meskipun tidak dilengkapi fitur stabilisasi video, hasil yang didapatkan masih cukup lumayan. Dan berikut hasil jepretan dari berbagai mode dari kamera belakang Realme C25.

Lihat Juga: Deretan HP Realme Kamera Terbaik

Nah sedangkan untuk menunjang aktifitas selfie, tersedia kamera depan 8 MP yang meskipun resolusinya tidak besar, tapi memiliki hasil yang cukup lumayan. Fitur-fitur kekinian seperti AI Beauty, HDR, dan Portrait Mode juga diikut sertakan.

Untuk merekam video dari kamera depannya, mentok di resolusi 1080p 30fps. Untuk kebutuhan vlog masih bisa diandalkan.

Performa

Meskipun datang dengan tagline ‘Tiga Kamera, Kualitas Juara’, Realme C25 ternyata punya aspek performa yang bisa diandelin juga buat bermain game. Realme C25 mengandalkan chipset gaming MediaTek yaitu Helio G70.

Chipset itu memiliki fabrikasi 12nm. Untuk clock-speednya hingga 2GHz. Dan dipadukan juga dengan GPU Mali-G52 MC2 sebagai grafisnya. Multitasking hingga bermain game bisa kamu lakukan dengan nyaman di smartphone ini.

Lewat pengujian aplikasi AnTuTu V8, Realme C25 berhasil mendapatkan skor sebesar 199.800. Ini menandakan kalau aspek performanya tidak main-main. Untuk menjalankan game berat pun sudah lumayan kuat, baik di pengaturan grafis agak tinggi.

Dapur pacunya juga tidak lepas dari dukungan RAM 4GB LPDDR4X dan internal memori 64GB atau 128GB. Kamu pun masih bisa memperluas penyimpanan internalnya dengan menambahkan microSD dengan kapasitas hingga 256GB lewat triple slot SIM Card.

Penasaran dengan performanya untuk gaming, Yatekno pun mencoba memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan grafis HD – High.

Game berjalan dengan cukup nyaman dengan grafis yang bagus juga. Hanya saja di pengaturan grafis ini terkadang mengalami frame drop ketika ramai, imbasnya juga membuat baterai cepat habis.

Kalau ingin sensasi yang lebih mulus, kamu bisa mengatur grafisnya menjadi Smooth – Ultra. Bisa juga pakai aplikasi GFX Tool untuk membuat gameplay lebih mulus. Berdasarkan pengalaman bermain, gyroscopenya agak delay.

Lihat Juga: Pilihan HP Gaming Realme Terbaik

Baterai

Dari sisi suplai daya, Realme C25 diperkuat oleh baterai badak yang punya kapasitas 6000 mAh. Kemampuan Fast charging 18 watt juga sudah dibawa smartphone ini. Pengecasan dari kosong ke penuh akan makan waktu sekitar 2 jam 40 menitan.

Karena baterainya memiliki kapasitas yang lumayan gede, Realme juga sudah ngasih kemampuan Reverse charging. Yang mana, kalian bisa ngandelin si Realme C25 untuk dijadikan sebagai Power Bank kalau lagi kepepet.

Untuk pemakaian standar, bisa sampai dua hari. Apalagi dengan adanya Super Power Saving Mode, kamu juga bisa lebih menghemat baterai dengan menghibernasikan aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan sebagainya.

Adanya dukungan fitur Optimized Night charging, membuat kamu akan terbebas dari yang namanya overcharge. Dengan kata lain kamu tidak perlu khawatir saat ingin mengecas di waktu ingin tidur. Fitur tersebut akan mempelajari pengisian daya saat tidur, dimana saat mendekati jam bangun baterai akan terisi penuh.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD, 6.5″, 720 x 1600
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • Memori Internal: 64/128GB 4GB RAM
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • OS & Baterai: Android 11, 6000 mAh

Kesimpulan

Berbagai kelebihan Realme C25 jelas menjadi jadi ancaman baru di kelas entry-level. Selain memiliki aspek dapur pacu dan kamera yang lumayan, hal yang membanggakan dari smartphone ini tentu saja pembawaan sertifikasi TÜV Rheinland.

Untuk varian 4/64GB nya, Realme C25 bisa kamu beli seharga Rp 2,3 juta, sedangkan untuk varian 4/128GB nya dijual seharga Rp 2,5 juta. Kapan lagi punya smartphone berperforma handal, kamera apik, yang juga tahan banting dan anti air?

Lihat Juga: Daftar HP Realme Harga 2 Jutaan

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram