2 Cara Mudah Mengetahui Driver yang Belum Terinstall di Windows

Sebagai pengendali perangkat keras atau hardware, keberadaan driver dalam komputer memang sangatlah penting. Tanpa adanya driver, maka komputer tidak dapat digunakan secara maksimal.

Dalam langkah menginstall driver secara manual tanpa menggunakan CD/DVD driver, adakalanya kita perlu terlebih dahulu mengecek atau mengetahui driver apa saja yang belum terinstall.

Untuk kamu yang belum tahu caranya, kabar baiknya YaTekno di sini akan memperkenalkan kepadamu 2 cara praktis yang bisa diikuti. Mari disimak hingga tuntas…

Cara Pertama: Melalui Device Manager di Computer Management

Langkah pertama

Klik tombol Start Menu yang berada di pojok kiri layar, lalu klik kanan pada Computer dan pilih Manage. Atau, bisa juga dengan menekan tombol Windows pada keyboard dan lalu ketikkan Computer Management.
1

Langkah kedua

Setelah terbuka jendela baru, langsung saja pilih Device Manager. Kemudian lihat daftar device yang berada di sebelah kanan. Device yang ditandai dengan tanda seru berwarna kuning itulah yang belum terinstall.

Perhatikan screenshot di bawah ini:
Device Manager

Baca juga: 3 Cara Mencari & Install Driver Komputer/Laptop Windows Tanpa CD

Mau sekalian download driver? Gunakan software pencari driver otomatis

Selain menggunakan cara pertama, kamu juga bisa menggunakan cara kedua ini untuk mengetahui driver apa saja yang belum terinstall. Bahkan, kamu juga bisa sekalian download dan install driver dengan mudah. Enak, kan?

Pilihan software pencari driver otomatis cukup banyak. Salah satunya adalah SlimDrivers. Software tersebut bisa kamu download secara gratis melalui situs resminya.

Silakan download salah satunya saja. Di sini YaTekno akan menyajikan tutorial singkat menggunakan SlimDrivers.

Langkah pertama

Pastikan komputer atau laptop kamu sudah terhubung ke internet, karena untuk keperluan download drivernya. Setelah itu, bukalah software SlimDrivers yang sudah diinstall.

Pertama membuka SlimDrivers, kamu akan melihat berbagai informasi yang cukup lengkap mengenai PC dan juga jumlah driver yang belum terinstall atau terupdate karena out of date.

Klik Start Scan untuk menuju ke tahap pencarian driver yang sesuai dengan perangkatmu.

SlimDrivers

Langkah kedua

Setelah proses scan tadi selesai, maka kamu bisa melihat driver apa saja yang belum terinstall atau terupdate yang ditandai dengan tanda silang berwarna merah.

Klik Download Update. Lama tidaknya proses download tergantung dari ukuran driver yang didownload. Lakukan satu-persatu sampai SlimDrivers memberikan notifikasi bahwa semua driver sudah terinstall dengan versi yang terbaru.

Download Update

Ternyata cukup mudah kan untuk mengetahui driver yang belum terinstall di windows? Kalu kamu ada kesulitan atau masalah terkait driver, jangan ragu untuk menyampaikannya via kolom komentar ya. YaTekno akan mencoba membantumu.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno dan @LimeCustom. Kamu bisa Follow saya di Instagram dan Google+