Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Sebagai pengguna Flashdisk yang sering menyimpan file-file penting, mungkin kamu pernah mengalami kehilangan file karena tidak sengaja terhapus.

Hal ini mungkin tidak menjadi masalah kalau kamu masih mempunyai salinan filenya di PC, atau perangkat lainnya. Namun kalau kamu belum sempat menyalinnya, tentu ini menjadi masalah.

Tapi tenang dulu. Kabar baiknya, di sini YaTekno akan memberikan tutorial singkat mengenai cara recovery file yang terhapus di Flashdisk kamu. Ok, langsung saja simak dan ikuti tutorial di bawah ini hingga tuntas…

Flashdisk

Langkah pertama

Dalam mengembalikan file yang terhapus, di sini kita akan menggunakan bantuan sebuah software bernama Recuva. Jadi, silakan download terlebih dahulu software-nya.

By the way, Recuva itu merupakan software PC yang dipersembahkan oleh Piriform, developer populer yang juga telah menggarap CCleaner. Tahu, kan?

Berdasarkan pengalaman, Recuva cukup ampuh untuk diandalkan karena bisa mengembalikan beragam file yang terhapus. Baik itu gambar/foto, video, dokumen, musik, dan lain sebagainya.

Recuva bisa kamu download secara gratis melalui situs resminya. Hingga artikel ini ditulis, ukuran software tersebut hanya sekitar 5 MB saja.

Langkah kedua

Setelah proses download software selesai, langsung saja segera install. Kemudian, colokkan Flashdisk kamu ke USB Port.

Buka software Recuva. Di awal, kamu akan diberikan pilihan. Apakah ingin menghapus file tertentu saja (misalkan gambar saja), ataukah semua jenis file. Pilih All Files untuk mengembalikan semua jenis file, lalu klik Next.

Recuva Wizard

Langkah ketiga

Di tahap ini kamu harus menentukan di lokasi mana file yang terhapus tersebut. Karena file kamu yang terhapus sebelumnya berada di Flashdisk, pilih In a spesific location. Setelah itu, pilih drive USB Flashdisk lalu klik OK dan Next.

In a spesific location

Langkah keempat

Beri tanda ceklis pada Enable Deep Scan, agar semua file yang terhapus dapat kembali muncul. Kemudian, klik Start.

Start
Maka, setelah itu Recuva akan melakukan scanning pada Flashdisk.

Langkah kelima

Setelah proses scan selesai, maka akan muncul sekumpulan file yang sebelumnya pernah ada di dalam Flashdisk.

Recuva akan memberikan tanda bulatan berwarna pada setiap filenya. Jika bulatan berwarna Merah maka file tersebut tidak bisa dikembalikan lagi. Sedangkan bulatan berwarna Hijau menunjukkan bahwa file tersebut bisa dikembalikan lagi.

Results
Kalau ternyata file yang ingin kamu kembalikan terdapat tanda bulatan merah, jangan kecewa dulu. Karena sebelumnya kamu sudah memberikan tanda ceklis pada perintah Enable Deep Scan di langkah keempat sebelumnya, file kamu kemungkinan masih bisa dikembalikan.

Sebagai contoh, perhatikan gambar di atas. Pada file yang saya beri tanda kuning adalah file video berformat mp4 dan ebook berformat pdf yang ingin saya kembalikan.

Langkah keenam

Coba scroll ke bawah sampai kamu melihat file dengan nama yang kurang jelas, namun dengan tanda bulatan hijau. Bisa jadi, itulah file terhapus yang kamu cari.

Setelah saya scroll, saya menemukan file dengan format mp4 dan pdf. Ciri file ini mirip seperti file bertanda merah di atas.

Maka dari itu, langsung saja beri tanda ceklis pada semua nama file bertanda Hijau. Jika sudah, klik Recover.
Recover

Langkah ketujuh

Tentukan lokasi penyimpanan untuk kamu memunculkan kembali file yang sebelumnya terhapus. Kemudian klik OK.

Selanjutnya, Recuva akan melakukan proses Recovering files.

Selesai!

Langsung saja menuju lokasi penyimpanan yang sudah kamu tentukan tadi untuk melihat filenya. Buka filenya untuk memastikan file kamu benar-benar sudah kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno dan @LimeCustom. Kamu bisa Follow saya di Instagram dan Google+