Nih, 3 Cara Melihat Password Wifi di Windows Ketika Lupa

Windows mempunyai fitur yang dapat menyimpan password saat pertama kali WiFi terhubung ke komputer atau laptop. Dan juga, fitur Connect Automatically yang bisa menyambungkan WiFi secara otomatis.

Kedua fitur canggih tersebut memungkinkan pengguna tidak perlu repot lagi memasukkan password WiFi kalau ingin menghubungkan WiFi ke komputer yang sebelumnya sudah pernah terhubung. Enak, kan?

Namun di samping kecanggihan fitur tersebut, ternyata berpotensi membuat penggunanya lupa password WiFi. Apalagi jika passwordnya sudah diatur dengan panjang dan rumit.

Hal itu tertentu menyebabkan masalah saat kamu ingin menyambungkan WiFi ke perangkat lainnya yang sebelumnya belum pernah terhubung ke WiFi tersebut.

Nah, untuk membantu mengatasi permasalahan ini, YaTekno di sini akan memberikan tutorial singkat tentang bagaimana mengatasi lupa password WiFi dengan cara melihat password WiFi dari komputer atau laptop Windows yang sebelumnya sudah pernah terhubung. Mari disimak…

WiFi

1). Melihat password WiFi di Wireless Properties

Langkah pertama

Pastikan komputer atau laptop kamu sudah terhubung dengan WiFi. Setelah itu, kita perlu membuka Run. Cara cepatnya yaitu dengan menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Windows + R.
Setelah kotak dialog Run terbuka, ketikkan perintah ncpa.cpl lalu klik OK atau tekan Enter.
ncpa.cpl

Langkah kedua

Di tahap ini kita berada di Network Connections. Langkah selanjutnya, klik kanan pada jaringan WiFi yang sudah terhubung ke komputer atau laptop lalu klik Status.
Network Connections

Langkah ketiga

Maka akan terbuka WiFi Status yang berisikan informasi mengenai jaringan WiFi yang kamu gunakan. Klik Wireless Properties untuk masuk ke tahap selanjutnya.
Wireless Properties

Langkah keempat

Setelah berhasil masuk ke dalam Wireless Properties maka akan muncul jendela baru yang berisikan 2 tab menu. Silakan pilih Security dan lalu klik Show characters untuk melihat password WiFi yang disembunyikan. Selesai!
Network security key


2). Melihat password WiFi melalui Halaman Admin Modem/Router

Untuk cara yang kedua ini, kamu perlu masuk ke halaman admin dari Modem atau Router yang kamu gunakan melalui browser.

Caranya, buka browser dan lalu ketikkan alamat IP Modem atau Router. Lalu Log in dengan memasukkan Username dan Password admin. Setelah berhasil masuk, langsung saja menuju ke WiFi Setting untuk melihat password.

Oh ya, berikut adalah pilihan IP address yang bisa kamu akses salah satunya melalui browser. Silakan Copy dan Paste pada Address Bar lalu tekan Enter.
  • 192.168.1.1
  • 192.168.1.254
Jika 2 alamat IP di atas tidak bisa kamu akses, kemungkinan penyebabnya karena alamat IP yang digunakan Modem atau Router kamu berbeda. Solusinya, kamu bisa melihat informasi mengenai hal tersebut di buku panduan yang berada di dalam box Modem atau Router.

3). Reset Modem atau Router

Kalau kamu juga lupa Username dan Password untuk Log in ke halaman Admin. Maka solusi terakhir adalah mengatur ulang WiFi ke setelan pabrik dengan cara mereset Modem atau Router kamu.

Caranya, yaitu dengan menekan tombol Reset. Tombol reset di setiap Modem atau Router letaknya biasanya berbeda-beda. Tombol resetnya sendiri berada di dalam lubang. Kamu bisa menekan tombol reset tersebut dengan bantuan jarum atau lainnya.

Tekan tombol reset dan tahan sebentar hingga Modem atau Router melalukan restart. Setelah berhasil, maka semua informasi terkait WiFi seperti password WiFi dan Username serta Password admin akan kembali ke setelan default. Kamu bisa mengetahui informasi mengenai hal tersebut di dalam buku panduan.

Itulah dia 3 pilihan cara untuk melihat password WiFi di Windows ketika lupa. Kamu punya cara lain yang belum termuat dalam artikel ini? Jangan ragu untuk berbagi dengan meninggalkan komentar di kolom komentar, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno dan @LimeCustom. Kamu bisa Follow saya di Instagram dan Google+