3 Cara Mencari & Install Driver Komputer/Laptop Windows Tanpa CD

Setelah berhasil melakukan install ulang windows pada komputer atau laptop, hal penting yang tak boleh terlewatkan adalah menginstall semua drivers yang dibutuhkan.

Hal ini sebenarnya sangat mudah dilakukan kalau kita mempunyai DVD driver yang didapatkan saat membeli komputer atau laptop. Ya, kita tinggal memasukkan DVD tersebut ke dalam CD/DVD ROM, maka semua drivers yang dibutuhkan sudah siap untuk diinstall.

Namun kalau DVD driver kamu hilang, tidak support dengan OS yang kamu gunakan saat ini, atau bahkan tidak ada CD/DVD ROM. Kita perlu melakukan cara yang berbeda.

Nah, di sini YaTekno akan memperkenalkan 3 pilihan cara untuk kamu bisa mencari dan menginstall driver komputer/laptop bersistem operasi windows tanpa CD. Mari simak baik-baik pembahasan berikut sampai habis…

Cara Pertama

Ketahui model motherboard yang digunakan, lalu ketikkan model motherboard tersebut di Google.

Setelah hasilnya muncul, kamu bisa menuju ke situs resminya atau situs lainnya untuk mendapatkan link download driver yang cocok dengan komputer atau laptop kamu.

Baca: Cara Mengetahui Model Motherboard

Cara Kedua: Melalui situs DevID

Cara yang kedua ini lebih mudah dari cara yang pertama. Sebelum menginstall driver, kita perlu terlebih dahulu mengecek drivers yang belum terinstall.

Langkah 1

Klik tombol Start Menu, lalu pada Computer klik kanan dan pilih Manage.
Manage

Langkah 2

Setelah masuk ke dalam Computer Management, pilih Device Manager. Nah, di sini kita akan melihat drivers apa saja yang belum terinstall yang ditandai dengan tanda seru.

Perhatikan hasil screenshot di bawah ini:

Device Manager

Langkah 3

Selanjutnya, lakukan klik Kanan pada driver yang bertanda seru, lalu pilih Properties. Kemudian, klik Details. Lalu pada drop down menu yang berada di bawah Property, ubah Device description menjadi Hadware ids.

Pada Value, kita akan melihat Hadware ID dari driver yang belum terinstall. Klik Kanan pada ID yang paling atas lalu pilih Copy.

Lebih jelasnya, perhatikan screenshot di bawah ini:

Hadware Ids

Langkah 4

Sekarang buka situs Devid.info. By the way, DevID adalah sebuah situs di mana kita bisa mencari dan mendapatkan driver untuk komputer atau laptop kita.

Setelah situs terbuka, Paste yang sudah dicopy tadi ke fitur pencarian yang ada di sana. Lalu klik tombol Search.

Setelah hasilnya muncul, pilih Sistem Operasi apa yang kamu gunakan, lalu klik Link pada driver yang berada di bawahnya.

Lihat gambar di bawah ini: 

DevID
Kemudian, kamu akan digiring ke halaman download driver. Setelah proses download selesai, kamu bisa langsung menginstallnya.

Ulangi langkah 3-4 hingga tidak ada lagi drivers yang bertanda seru.

Mau yang lebih mudah lagi? Gunakan software pencari driver otomatis

Cukup banyak pilihan software pencari driver otomatis yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah SlimDrivers. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis melalui situs resminya.

Silakan download dan gunakan salah satunya saja. Di sini YaTekno akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara menggunakan SlimDrivers.

Langkah 1

Sambungkan komputer atau laptop kamu ke jaringan internet. Setelah itu, buka software SlimDrivers yang sudah diinstall.

Pertama membuka SlimDrivers, kita akan menjumpai berbagai informasi seperti jumlah drivers yang belum terinstall atau terupdate dan juga informasi mengenai PC yang kita gunakan.

Klik Start Scan untuk masuk ke proses scan drivers.

Slim Drivers free

Langkah 2

Setelah proses scan selesai, kamu akan melihat dengan jelas drivers apa saja yang belum terinstall atau terupdate.

Sebelum melakukan Download Update, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu drivers penting yang bertanda seru di Device Manager seperti pada Langkah 1-2 di cara yang Kedua.

Nah, dahulukan drivers tersebut untuk diupdate, ya.

Download update
Tunggu sampai proses download selesai. Kemudian kamu bisa langsung menginstallnya. Ikuti saja langkah-langkahnya sampai proses instalasi driver selesai.

Setelah kamu berhasil menginstall semua drivers yang penting, maka SlimDrivers akan memberikan pemberitahuan bahwa semua drivers yang diperlukan sudah terinstall, sehingga tidak ada yang Out of date atau Missing.

Ok… Itulah dia 3 cara mencari dan menginstall drivers komputer atau laptop bersistem operasi windows tanpa menggunakan CD. Bagaimana, ternyata cukup mudah kan? Kalau ada kesulitan atau masalah, silakan sampaikan melalui kolom komentar ya. YaTekno akan mencoba membantumu.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno dan @LimeCustom. Kamu bisa Follow saya di Instagram dan Google+