10 Flashdisk OTG Terbaik September 2022 (50 – 300 Ribuan)

Flashdisk OTG terbaik merupakan perangkat penghubung yang bisa kamu gunakan, untuk mentransfer data dari smartphone ke flashdisk yang lebih cepat. Berbeda dengan cara konvensional, dimana kamu harus menghubungkan smartphone ke PC terlebih dulu menggunakan bantuan kabel data atau USB.

USB OTG ini memiliki ciri utama, yaitu terdapat port microUSB yang digunakan untuk menghubungkan langsung smartphone dengan flashdisk. Selain performa transfer data yang lebih cepat, OTG juga memiliki banyak kelebihan salah satunya mampu melakukan 2 penyimpanan dengan 1 alat saja.

Nah, berikut ini 10 tipe terbaik flashdisk OTG yang bisa kamu gunakan untuk keperluan transfer data yang lebih cepat. Namun sebelumnya, pastikan fitur USB OTG sudah dimiliki oleh smartphone kamu.

10 Flashdisk OTG Terbaik 2022

1. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

Harga Rp 70 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 merupakan flashdisk kekinian yang memiliki banyak kelebihan, salah satunya memudahkan proses pemindahan data dari smartphone ke flashdisk atau sebaliknya. Ini dikarenakan adanya konektor microUSB di salah satu ujungnya, dan konektor USB 3.0 diujung  lainnya.

Selain dirancang khusus, flashdisk OTG ini juga didukung USB 3.0 yang memiliki performa cukup tinggi. Kamu bisa transfer semua data seperti foto,video, dan data lain yang berukuran besar tanpa membutuhkan waktu yang lama. Kecepatannya bisa mencapai 150MB/detik.

Adanya aplikasi SanDisk Memory Zone yang disediakan khusus oleh produsen SanDisk membuat kamu mudah untuk mengakses, melihat, atau mem-backup file yang ada di smartphonemu dalam satu lokasi saja.

Lihat Juga: Daftar Flashdisk 32GB Murah (Harga 50 – 100 Ribuan)

2. SanDisk OTG USB Type-C USB 3.1 Ultra Dual Drive

Harga Rp 80 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Flashdisk OTG terbaik berikutnya, adalah SanDisk OTG USB Type-C USB 3.1 Ultra Dual Drive. Tipe ini sudah didukung konektor USB 3.1 generasi pertama yang memiliki performa kinerja sangat tinggi, kecepatan transfer data dari smartphone ke PC atau sebaliknya mampu mencapai 150MB/detik.

Ada banyak ukuran kapasitas SanDisk tipe ini, mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, hingga 256GB. Enaknya beli tipe ini selain diberi banyak keuntungan dan harga yang terjangkau, kamu juga akan diberi  garansi resmi selama 5 tahun oleh produsen SanDisk untuk klaim produk bila terjadi kerusakan.

Lihat Juga: Rekomendasi Flashdisk 64GB Terbaik (Harga 70 – 200 Ribuan)

3. SanDisk iXpand Mini Flash Drive for iPhone and iPad

Harga Rp 360 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Salah satu cara mengatasi iPhone yang lemot, ialah memindahkan semua file ke PC atau flashdisk. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan SanDisk iXpand Mini Flash Drive for iPhone and iPad, yang sudah dilengkapi konektor Lightining dan konektor USB 3.0.

Adanya konektor Lightining, membuat kamu bisa mencolokkan langsung flashdisk ke iPhone atau iPad tanpa harus melepas wadahnya. Sedangkan, untuk konektor USB 3.0 membuat kecepatan transfer data sangat tinggi.

SanDisk ini juga bisa mencadangkan rol kamera iPhone secara otomatis, jadi kamu tak perlu memilih manual foto mana yang akan dicadangkan. Untuk kecepatan transfer datanya, bisa mencapai 90MB/detik.

Lihat Juga: Pilihan Flashdisk Sandisk 32GB Terbaik (Harga 50 – 80 Ribuan)

4. Teamgroup USB OTG Flash Drive M132

Harga Rp 130 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Bingung cari USB OTG yang bodinya tidak mudah rusak ataupun pecah? Pilih saja Teamgroup USB OTG Flash Drive M132, karena sudah dibekali casing dari bahan alumunium yang ringan dan kuat. Selain itu juga sudah dibekaliUSB 3.0 edisi terbaru, membuat kecepatan transfer datanya sangat tinggi.

Kecepatan transfer data OTG ini mencapai 20MB/s untuk membaca, dan 85MB/s untuk menulisnya. Tak hanya itu saja, adanya dukungan Plug and Play membuat kamu tak perlu melakukan pengaturan untuk menggunakan OTG ini. Flashdisk ini juga mendukung banyak OS, salah satunya Windows 8.1.

Lihat Juga: Deretan Flashdisk Murah (Harga 40 – 90 Ribuan)

5. Addlink OTG Flash Drive T50

Harga Rp 230 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Addlink OTG Flash Drive T50, merupakan tipe flashdisk OTG terbaik berukuran kecil dengan tampilan super kece. Selain lebih ringan, OTG ini juga mudah dicari karena memiliki warna casing yang terang dan super eye-catching.

Tipe Addlink ini menyediakan kapasitas ukuran sebesar 8GB, 16GB, dan 32GB dengan konektor USB tipe A dan microUSB tipe B yang bisa kamu gunakan untuk transfer data dari PC ke smartphone atau sebaliknya. Untuk kecepatan transfer datanya, Addlink masih menggunakan performa dari USB 2.0.

Lihat Juga: Jajaran Flashdisk Sandisk Terbaik

6. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Harga Rp 140 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Kingston DataTraveler microDuo 3C, merupakan tipe OTG terbaik yang kompatibel dengan port USB 2.0 dan USB 3.0. Sehingga kamu tak perlu koneksi cloud storage atau W-Fi, untuk melakukan transfer data dari PC ke smartphone atau sebaliknya.

Dengan dukungan desain bodi yang minimalis dan sudah terdapat pelindung berbahan plastik transparan, flashdisk ini memiliki kecepatan transfer data mencapai 100MB/detik. Ada 3 pilihan kapasitas ukuran yang disediakan, mulai dari 16GB, 32GB, hingga 64GB dengan harga super terjangkau.

7. ADATA UD320

Harga Rp 80 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Meski memiliki konektor USB-nya standar, namun Adata UD320 sudah dilengkapi konektor microUSB yang bisa kamu gunakan untuk transfer berbagai file dari flashdisk ke smartphone atau sebaliknya tanpa harus menggunakan adaptor atau kabel tambahan.

Flashdisk OTG terbaik ini hadir dengan 3 ukuran kapasitas, mulai dari 16GB, 32GB, hingga 64GB. Sehingga OTG ini sangat ideal sebagai media penyimpanan eksternal perangkat smartphone kamu. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup menghubungkan konektor dengan perangkat kompatibelnya.

8. ADATA UC370

Harga Rp 120 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Meskipun desain bodi sangat kecil, namun dengan adanya konektor USB-A 3.1 dan konektor USB-C mampu membuat kamu nyaman saat melakukan transfer data di beberapa perangkat seperti tablet, PC yang sudah didukung USB-C, dan smartphone Android 4.1 keatas.

Hadir dengan berbagai ukuran kapasitas mulai dari 16GB sampai 64GB, ADATA UC370 merupakan flashdisk OTG yang tahan terhadap debu, air, dan guncangan. Untuk kecepatan transfer datanya sangat kencang, mencapai 10 Gpbs.

9. Vandisk V60N

Harga Rp 50 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Salah satu flashdisk OTG terbaik yang support Sistem Operasi Windows, Linux, dan Mac ialah Vandisk V60N. Tak hanya itu saja, tipe ini juga sudah disokong Anti Virus untuk melindungi berbagai file yang ingin kamu transfer ke perangkat smartphone atau flashdisk.

Flashdisk yang memiliki multifungsi ini, juga bisa digunakan untuk menyimpan data dari smartphone Android ataupun laptop. Untuk kecepatan transfer data, Vandisk V60N menggunakan performa dari USB 2.0. Desain bodinya pun cukup minimalis, dengan model tutup 2 sisi dan lubang untuk pengaitnya.

10. Kingston DTDUO

Harga Rp 80 Ribuan
BELI DI BUKALAPAK >>

Tipe terakhir flashdisk OTG terbaik, ialah Kingston DTDUO (Data Traveler Duo) merupakan pilihan OTG terbaik untuk pengguna iPhone atau iPad yang ingin mentransfer data ke PC atau smartphone lain. Istimewanya lagi, terdapat port USB-A untuk memudahkan transfer file antar iOS atau Mac.

Tipe ini menyediakan 4 ukuran kapasitas diantaranya 6GB, 8GB, 16GB, dan 64GB dengan garansi resmi selama 5 tahun. Adanya dukungan Plug and Play, memudahkan kamu mengkoneksikan OTG  sesuai keinginan. Selain itu 2in1 konektor USB 2.0 dan microUSB, memudahkan transfer file antar smartphone.

Lihat juga: Deretan Merk Flashdisk Terbaik (Harga 50 – 800 Ribuan)

Penutup

Itulah, 10 tipe flashdisk OTG terbaik, yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer data dari flashdisk ke smartphone atau sebaliknya secara cepat dan praktis. Sebaiknya kamu memilih flashdisk OTG yang memiliki fitur dustproof, waterproof, dan shockproof seperti beberapa tipe diatas.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram