Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android

Privasi merupakan sebuah hal penting yang harus kita jaga keamanannya agar orang lain tidak bisa sembarangan, salah satunya yaitu di smartphone. Terkadang mungkin kita sering meminjamkan ponsel kepada teman, namun apakah privasi smartphone yang kamu miliki sudah baik?

Sebagai contoh kecilnya, ketika kamu melakukan pencarian di google, tentu kamu tidak mau kan kalau riwayat penelusuranmu di ketahui oleh orang lain. Maka dari itu, kamu seharusnya memperhatikan segala jenis privasi di androidmu itu, termasuk area pencarian google atau auto-complete.

Sebenarnya cara menghapus riwayat penelusuran google di android tidaklah sulit. Jika kamu ingin menghapus item pencarian tertentu, kamu tidak perlu melakukan akses log-in untuk melakukannya. Kamu hanya perlu menyentuh kotak pencarian google dengan beberapa detik.
Ketika kamu membuka browser untuk melakukan pencarian melalui google, biasanya ia akan menampilkan item pencarian terakhir yang kamu telusuri. Nah, jika kamu ingin menghapusnya, kamu hanya perlu menyentuh bagian daftar item pencarian yang ingin di hapus. Seperti ini misalnya.
Menghapus Item Pencarian Google di Android
Lalu bagaimana jika kamu ingin menghapus riwayat penelusuran atau history yang kamu lakukan ketika melakukan browsing? 
Mudah kok, untuk dapat menghapus riwayat pencarian google, baik itu menggunakan browser Google Chrome ataupun widget pencarian google di home, cara berikut ini tentunya sangat pas untukmu.

Inilah Cara Menghapus Semua Riwayat Pencarian Google

Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android
Saat kamu melakukan proses penghapusan history nanti, kamu akan diberikan beberapa pilihan metode penghapusan data, seperti jam terakhir, kemarin, awal waktu, dan lainnya.
Nah, jika kamu ingin menghapus riwayat penelusuran hingga tuntas, maka kamu bisa memilih yang awal waktu
  1. Buka aplikasi Chrome di android kamu.
  2. Lihatlah pada bagian pojok kanan atas, tap tombol , setelah itu pilih Riwayat.
  3. Di bagian bawah layar, tap bacaan Hapus Data Penjelajahan.
  4. Kemudian centanglah kotak di samping “Riwayat Penelusuran”, biasanya tombol centang tersebut telah tercentang secara default.
  5. Pilih dan centang bagian-bagian yang ingin kamu hapus.
  6. Selanjutnya tap Hapus data, dengan begitu maka riwayat penelusuranmu akan terhapus secara keseluruhan.
Nah, itulah cara mudah dalam menghapus riwayat penelusuran google di android. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi akan privasi terkait history pencarian di androidmu ketika orang lain meminjam ponsel kesayanganmu.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram