Review APC BVX Series: UPS Terbaik Solusi Listrik Mati Mendadak

Kondisi arus listrik yang terkadang tidak stabil membuat para pengguna komputer dan server menjadi khawatir. Kalau peralatan elektronik yang kita miliki mati secara mendadak, jelas sangat membahayakan kondisi peralatan elektronik itu sendiri.

Jika kejadian itu terjadi terlalu sering, tentu berdampak pada kerusakan, sebagai contoh komputer yang kita miliki. Dengan demikian, kondisi arus listrik yang tidak bisa ditebak membuat kita perlu melindungi peralatan elektronik.

Sebagai solusi akan hal itu, kita bisa menggunakan alat UPS untuk memperoleh tenaga ekstra di saat tiba-tiba mati lampu.

Apa itu UPS?

UPS sendiri merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply yang berperan sebagai alat untuk backup listrik saat PC kehilangan energi dari sumber utama (listrik rumah).

Jadi cara kerja UPS itu sejatinya untuk memberikan cadangan jika tiba-tiba sumber arus listrik mati. Dan dengan demikian, peralatan elektronik bisa dimatikan dan tidak mati secara tiba-tiba yang akan sangat membahayakan kondisi dari alat elektronik itu sendiri, misalnya saja seperti komputer.

Jadi sederhananya cara kerja dari UPS yakni menggantikan sumber listrik secara sementara saja, tidak menggantikan sumber daya listrik dari layanan penyedia listrik ataupun genset.

Nah saat ini, salah satu merk UPS yang terkenal akan kualitasnya adalah APC BVX Series By Schneider Electric.

Kelebihan APC BVX Series

Dengan harga jual dan tipe yang bervariatif dari APC BVX Series, nantinya kamu hanya perlu menentukan yang sesuai dengan keperluan dan juga dana yang dimiliki. Tapi sebelum itu, mungkin kamu perlu mengetahui kelebihan yang ditawarkan dari APC BVX Series By Schneider Electric terlebih dahulu. Apa saja kelebihannya? Lets check it out!

1. Memiliki Desain yang Fleksibel

APC BVX Series memiliki desain yang fleksibel yang artinya ia mampu mem-backup pada perangkat berdaya rendah ataupun tinggi, seperti modem, router, PC, dan konsol game. Dan perlu diingat, sebagai sumber listrik sementara saja, tidak menggantikan sumber dari penyedia layanan listrik.

Sebaiknya kamu memasang UPS di ruangan yang suhunya terkontrol alias di ruangan yang sejuk. Dengan demikian usia baterai juga akan semakin bertahan lama. Istimewanya juga, UPS ini memiliki desain yang compact sehingga tidak menghabiskan space.

2. Memiliki Perlindungan Lonjakan Listrik yang Handal

Dengan dukungan fitur Reliable Surge Protection, kamu bisa mengandalkan APC BVX Series untuk melindungi berbagai alat elektronik dari petir dan juga lonjakan tegangan yang bisa menyebabkan kerusakan.

3. Dilengkapi 2-5 Baterai Cadangan

Selain memiliki 2-5 baterai cadangan, APC BVX Series juga udah didukung pelindung lonjakan arus. Fungsinya yaitu untuk menjaga kestabilan aliran daya atau listrik ke perangkat yang kita miliki.

4. Ada LED Panel di Depan untuk Mengetahui Status Fungsional

Yang menarik juga, AVC BVX Series ini sudah dilengkapi dengan lampu hijau LED di bagian depan yang dimana kamu bisa mengetahui status fungsional dari UPS ini. Di sisi lain tentu juga membuat tampilannya semakin kece terutama pada saat minim cahaya.

5. Tersedia Type-A USB Port

Dengan perbekalan Type-A USB Port, kamu tentunya bisa mengandalkan port yang tersedia untuk mengecas HP atau keperluan lainnya. Jadi multifungsi banget kan?

6. Memiliki Garansi Hingga 2 Tahun Lamanya

Dengan membeli APC BVX Series By Schneider Electric, kamu akan mendapatkan garansi selama 2 tahun. Karena menjadi salah satu top brand UPS saat ini, tentu soal kualitas tidak perlu kamu ragukan lagi ya.

Dan enaknya juga nih, kamu akan mendapatkan layanan yang selalu ada jika suatu saat terjadi kendala. Yang mana nantinya kamu bisa menghubungi customer service APC melalui telefon ataupun live chat di https://www.apc.com/id/en/support/contact-us/.

Berbagai Seri dan Tipe APC BVX Series

Nama Produk Berat Suhu Operasional Waktu Pengecasan Baterai Output Voltage Input Voltage Range Dimensi Harga
APC BVX700LUI-MS 4.2 Kg 0 – 40 °C 8 Jam 360 Watt 170V-280V 138 x 98 x 310 mm
APC BVX900LI-MS 6 Kg 0 – 40 °C 8 Jam 480 Watt 140V – 300V 160 x 120 x 355 mm Rp 1.100.000
APC BVX1200LI-MS 7.5 Kg 0 – 40 °C 8 Jam 650 Watt 140V – 300V 190 x 140 x 390 mm

Rp 1.640.000

Pembelian APC BVX Series

Agar tidak salah pilih dalam membeli barang dari toko yang tidak percaya, kamu perlu memastikan dan membeli UPS APC BVX Series dari toko resminya langsung yang memang sudah terpercaya.

Kalau kamu beli melalui official store misalnya di Tokopedia, kamu juga akan mendapatkan cashback yang terbilang lumayan juga. Yang pasti, APC BVX Series mudah didapatkan di toko online dan juga offline.

Di bawah ini, kamu bisa mengunjungi toko resmi dan juga sosial media Schneider Electric untuk membeli UPS dan mengetahui informasi lebih lanjut terkait produknya.

Selain menyediakan berbagai seri UPS, mereka juga menjual baterainya jika suatu saat baterai sudah berumur dan tidak memadai untuk digunakan lagi. Dengan membeli baterai baru, tentunya akan lebih hemat ketimbang kamu membeli UPS baru.

Penutup

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan APC BVX Series By Schneider Electric, tentu layak untuk dipertimbangkan sebagai alat backup agar perangkat elektronik kesayangan di rumah tetap terjaga.

So, kamu hanya perlu menentukan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dana yang dimiliki ya. Tunggu apalagi? Amankan perangkat elektronik kesayangan kamu dengan UPS APC by Schneider Electric #UPSforGaming #SchneiderElectricID

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram