Spesifikasi & Harga iPhone 13 Terbaru (Desember 2022)

iPhone termasuk brand kenamaan di Indonesia yang kerap kali disetarakan dengan status sosial. Pada kenyataannya, memang tidak semua orang mampu membeli smartphone ini tanpa berpikir berulang kali. Bisa kamu bayangkan, harga per unitnya dibanderol lebih dari Rp 10 juta.

Begitu pula dengan iPhone 13 yang telah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu. Jika kamu ingin memilikinya, maka setidaknya perlu menyiapkan dana sekitar Rp 15 juta. Memang benar, sering kali iPhone merilis sejumlah produk sekaligus lewat satu seri di mana kamu bisa menyesuaikan kondisi keuangan.

Sebut saja iPhone 13 dengan memori 128 GB dipatok seharga Rp 14.999.000, dan jadi Rp 17.499.000 untuk varian 256 GB, kemudian naik lagi senilai Rp 18.999.000 jika memorinya 512 GB. Banyaknya alternatif ini memberikan peluang kepemilikan lebih besar bagi sebagian kalangan.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

Ketimbang seri pendahulunya, iPhone 13 membawa peningkatan yang begitu signifikan sehingga begitu diburu oleh banyak orang. Seri ini juga menjadi yang ideal dari segi harga, ukuran, dan spesifikasi yang dirasa pas. Berikut kelebihan dan kekurangan iPhone 13.

Lihat juga: Deretan HP iPhone Terbaik 2022

Kelebihan iPhone 13

1. Kualitas Desain dan Layar Memukau

Minimalis, barangkali kata inilah yang terlintas di benakmu saat pertama kali melihat desain iPhone 13. Pada waktu bersamaan, kesan kelegaan sekaligus memukau turut terpancar darinya. Misalnya, kamu akan menemukan bodi yang datar dengan sentuhan poni di bagian layarnya.

Adapun masalah layar, iPhone hadir menawarkan ukuran sebesar 6,1 inci dengan panel Super Retina XDR OLED. Didesain bersama resolusi 1170 x 2532 piksel, smartphone ini memungkinkan kamu memperoleh kualitas tampilan luar biasa. Terutama karena adanya pengaturan kontras warna otomatis.

2. Performa Ngebut dengan Chipset A15 Bionic

Chipset 15 Bionic terkenal akan performa yang efisien di mana kamu bisa melakukan berbagai macam navigasi tanpa khawatir mengalami lag mendadak. Secara khusus, iPhone 13 mempunyai kemampuan rendering hingga 150 fps dan ini membuat permainan jadi semakin memuaskan.

Bukan hanya aksesibilitas game, kamu juga bisa mempertahankan performanya tetap stabil untuk melakukan multitasking, mulai dari maraton film hingga berselancar di media sosial. Adanya chipset yang canggih, tentunya turut memengaruhi ketahanan daya baterai selama proses komputasi.

3. Kualitas Kamera Canggih

Komponen iPhone lain yang umumnya dipandang jauh lebih unggul dibandingkan Android adalah kamera. Smartphone ini memiliki dua lensa di bagian belakang dan dibarengi lampu flash double LED sekaligus mikrofon. Berkatnya, kamu dimungkinkan mengurangi potensi terjadinya noise.

Resolusi lensa utamanya memang diatur 12 MP, tetapi ini sudah sangat cukup bagi kamu untuk menghasilkan bidikan yang memukau. Terutama karena dibekali oleh sensor-shift di mana pengguna akan sangat terbantu ketika ingin meminimalkan getaran. Jadi, hasil bidikan pun cenderung lebih stabil.

4. Peningkatan Kapasitas Baterai

Kabarnya, bobot iPhone 13 cenderung lebih berat dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini disinyalir akibat adanya upgrade kapasitas baterai senilai 15 persen, di mana totalnya jadi 3.240 mAh. Diperkirakan smartphone ini mampu bertahan hingga 89 jam.

Kekurangan iPhone 13

1. Tidak Dilengkapi Charger

Bersama semua penawaran menarik dari iPhone 13, sayangnya tidak dilengkapi dengan charger dalam paket pembelian. Artinya, kamu harus mengeluarkan biaya secara terpisah ketika ingin memiliki smartphone bernuansa eksklusif ini.

Lihat juga: Daftar HP iPhone Terbaru 2022

Spesifikasi dan Harga iPhone 13

BELI DI SHOPEE >> BELI DI TOKOPEDIA >> BELI DI LAZADA >>
Layar: Super Retina XDR OLED, 6.1 inches, 1170 x 2532 pixels
Chipset: Apple A15 Bionic (5 nm)
GPU: Apple GPU (4-core graphics)
Memori internal: 128GB 4GB RAM, 256GB 4GB RAM, 512GB 4GB RAM
Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
Kamera Depan: 12 MP + SL 3D
OS & Baterai: iOS 15, 3240 mAh
Fitur Unggulan: NFC, IP68, MagSafe wireless charging 15W
Varian Warna: Starlight, Midnight, Blue, Pink, Red
Harga: Rp 14,9 Jutaan (128GB), 17,9 Jutaan (256GB), Rp 18,9 Jutaan (512GB)
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Penutup

Setelah membaca tuntas spesifikasi dan harga iPhone 13, kamu tertarik untuk menggondol varian warna dan memori yang mana? Pilih yang sesuai dengan selera dan budget kamu, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO. Follow me on Instagram