Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Tidak Muncul

Sinyal paket data merupakan hal yang penting yang harus ada dan aktif pada smartphone kita. Jika sinyal paket data tidak muncul, maka otomatis kita tidak bisa terhubung atau terkoneksi dengan internet pada smartphone kita. Dampaknya sendiri yaitu secara langsung internet kita mati total atau tidak berfungsi sama sekali.

Disini YaTekno akan memberikan sedikit tips, bagaimana sih cara mengembalikan sinyal paket data yang hilang di android? Jawabannya bisa!

Sinyal Paket Data Seluler Android Hilang

Bisa kamu lihat dalam gambar di atas, disitu terlihat sinyal paket data tidak muncul, bukan sinyal bar yang bergaris. Biasanya sinyal paket data muncul disebelah Sinyal Bar, Misalnya 3G, HSDPA, 4G, dan lain-lain.

Kejadian hilangnya sinyal paket data seperti ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya sehabis kamu mengganti Custom ROM atau ketika baru saja kamu membeli Provider baru.

Berikut cara memperbaiki sinyal paket data hilang:

1. Pastikan kartu sudah terpasang dengan baik dan benar pada android.

2. Jangan lupa Centang juga sinyal paket datanya. Settings > Mobile Networks > Use Packet Data (Dicentang).

Data Seluler Android

Sinyal paket data sudah dicentang, tapi kok belum muncul juga sinyal paket datanya?

3. Coba gunakan mode Flight Mode atau mode pesawat. Tujuan dari Flight Mode agar koneksi internet kamu
dapat merefresh atau kembali seperti semula ketika kamu mengaktifkannya kembali.

Sudah melakukan cara tersebut tetapi belum muncul juga sinyal paket datanya?

4. Oke baik, jangan putus asa dulu. Ini cara terakhir yang menurut saya bakal ampuh. Silahkan kamu pergi ke Settings > Mobile Networks > Access Point Names > Buat New APN. Disitu nanti kamu disuruh memasukkan APN internet, setiap kartu tentu berbeda-beda settingannya.

Pengaturan APN Android

Pada gambar di atas settingan APN telah terisi dengan benar. Nah, jika punya kamu masih kosong atau belum terisi, kamu bisa melihatnya melalui link berikut ini.

Lihat juga: Cara Setting APN Internet di Android untuk Semua Operator

5. Jika APNnya sudah terisi dengan benar, silahkan tekan Back dan kemudian Exit.

6. Lihatlah, sinyal paket data sudah muncul kembali.

Sinyal Paket Data Seluler Android

Mungkin bagi yang sudah melakukan tips diatas, namun sinyal paket datanya masih belum muncul juga, itu bisa di sebabkan dari berbagai hal. Misalnya karena adanya akses root pada androidnya, atau bisa juga Kernel androidnya yang bermasalah.

Buat kamu yang masih mengalami kendala terkait sinyal paket data seluler yang hilang, mungkin solusi akhir yang bisa kamu coba yakni dengan melakukan factory reset, mengganti provider, ataupun menghubungi customer service.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi

Itu dia cara mudah untuk memunculkan sinyal paket data android Edge/3G/HSDPA atau 4G LTE yang hilang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram