Begini Cara Menjadikan HP Android Sebagai CCTV dalam 6 Langkah

Punya ponsel android yang mungkin sudah tidak terpakai lagi? Jika iya, maka lebih baik kamu fungsikan untuk hal-hal yang berguna. Seperti pada inti pembahasan kali ini, yakni membahas tentang menjadikan hp android sebagai CCTV.

Jika kamu ingin menambah keamanan di area rumahmu, maka kamu bisa mengandalkan ponsel androidmu sebagai security camera. Fungsinya pun sama seperti kamera pengintai yang biasa di pasang di gedung, toko, dan lain sebagainya. Nantinya kamu juga bisa melihat segala sesuatu yang terekam oleh kamera androidmu melalui PC, laptop, maupun android tablet.

Salah satu syarat agar kamu dapat menjadikan androidmu sebagai kamera pengintai yakni harus adanya koneksi internet atau wifi. Karena koneksi inilah yang nantinya menghubungkan perangkat android tersebut ke perangkat PC atau laptop untuk melihat apa yang sedang di rekam oleh ponsel androidmu.

Untuk dapat melakukan hal ini, kamu memerlukan peranan sebuah aplikasi yang sebelumnya perlu kamu install pada ponsel androidmu untuk dijadikan kamera pengintai. Dengan begitu maka nantinya kamu dapat meletakkan kamera androidmu di tempat yang tersembunyi untuk mengamankan ruang tamu, garasi, dan lain-lain.

Nah, untuk tahu lebih jelas tentang aplikasi yang berfungsi sebagai kamera CCTV ini, yuk langsung saja simak pembahasan berikut.

IP Webcam

IP Webcam Android
IP Webcam merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai kamera pengintai atau kamera CCTV yang mampu merekam segala aktifitas di sekelilingnya. Aplikasi besutan Pavel Khlebovich ini nantinya mampu merekam suara dan gerakan. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang dapat kamu gunakan satu persatu agar terlihat lebih canggih.

Untuk menjadikan androidmu sebagai kamera CCTV ini kamu memerlukan satu buah perangkat lainnya untuk memonitoring. Kamu bisa mempergunakan PC, laptop, maupun android tablet untuk memantau langsung segala aktifitas yang direkam oleh kamera androidmu. Nah, pastikan pula perangkat android yang dijadikan kamera pemantau tersebut sudah terhubung dengan wifi.

Agar lebih jelas bagaimana cara penggunaannya, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah Menjadikan HP Android Sebagai CCTV

  1. Pasang aplikasi IP Webcam di androidmu.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasinya dan kemudian aturlah resolusi video, mode audio, tampilan, dan lain-lain sesuai selera.
  3. Sentuh layar kebawah kemudian tap “Start Server“. Maka kamera androidmu sudah siap bekerja dan akan menampilkan alamat IP untuk dihubungkan.
  4. Pastikan bahwa androidmu benar-benar sudah terhubung dengan koneksi internet atau wifi.
  5. Buka browser Google Chrome lalu kemudian masukkan alamat IP yang tadi kamu dapatkan. Kamu bisa menggunakan perangkat PC, laptop, atau android tablet. 
  6. Langkah terakhir, letakkan androidmu ke spot yang sekiranya perlu untuk dipantau. Selesai!
Nah, itulah cara mudah untuk menjadikan hp android sebagai CCTV. Agar kamera pengintai atau androidmu tetap menyala, gunakanlah power bank sebagai alat untuk mengisi daya baterai androidmu. Dengan begitu maka ponsel androidmu tetap menyala dan akan merekam segala aktifitas di sekelilingnya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram