2 Cara Mudah Membersihkan Cache di Android Sampai ke Akarnya

Sebagai pengguna android yang cerdas, kita tentunya harus mengetahui berbagai hal yang dibutuhkan oleh ponsel pintar yang dimiliki agar tetap optimal setiap saatnya. Namun nyatanya, banyak dari pengguna yang mengabaikan hal tersebut, dalam tanda kutip mereka hanya menggunakannya saja.

Salah satu penyebab kinerja android yang semakin lamban ketika digunakan mungkin dikarenakan penumpukan cache atau file sampah yang tidak terkendali. Ketika menjalankan aplikasi, game, ataupun melakukan browsing, penggunaan cache memang dibutuhkan untuk memperingankan kinerja untuk me-load data.

Disamping memiliki manfaat yang cukup baik, ternyata cache juga memiliki efek yang tidak begitu baik untuk ponsel. Tanpa disadari, file cache yang kita abaikan akan semakin menumpuk dan menyebabkan kapasitas memori berkurang dari waktu ke waktu.

Nah, hal itulah yang membuat kinerja android kian melamban saat digunakan. Maka dari itu, kita sebagai pengguna android juga harus memerhatikan kinerja dari ponsel yang kita miliki, bukan hanya digunakan untuk bersenang-senang saja.

Lihat Juga: NoxCleaner: Aplikasi Pembersih Sampah Android Terbaik!

Pembersihan cache atau file sampah ternyata tidak hanya bisa dilakukan oleh aplikasi cleaner saja, kamu juga bisa melakukannya secara manual tanpa bantuan aplikasi loh. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Membersihkan Cache Secara Manual

Untuk dapat melakukan pembersihan cache secara manual, kamu harus melakukan beberapa sentuhan hingga sampai ke menu storage. File sampah yang akan dihapus nantinya merupakan cache yang berada di device storage atau tempan penyimpanan memori internal.

Membersihkan Cache Android Secara Manual
  1. Pertama, bukalah “My Files“di android kamu.
  2. Setelah berada di halaman storage, lakukan tap pada tombol “Titik tiga” yang berada di pojok kanan atas, tepatnya disebelah tombol pencarian.
  3. Nah disitu kamu akan melihat kalkulasi mengenai penyimpanan data aplikasi, sistem, dan sebagainya. Pilih menu “Unnecessary Data“, kemudian tap tombol Delete untuk memulai penghapusan cache. Done!

Penghapusan cache atau file sampah melalui langkah di atas merupakan cara manual, dalam artian kamu tidak menggunakan aplikasi penghapus cache.

Nah, jika kamu ingin mempersingkat waktu dalam membersihkan sampah di androidmu, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi bernama Clean Master Lite.

Membersihkan Cache dengan Menggunakan Aplikasi

Apakah androidmu terasa lamban saat ini? Mungkin hal itu disebabkan karena penumpukan cache yang masih bersarang di penyimpanan androidmu. Sebagai solusinya, YaTekno menyarankanmu untuk menggunakan aplikasi bernama Clean Master Lite.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile telah dipercaya oleh puluhan juta pengguna android untuk menjaga ponsel pintar mereka untuk tetap bersih dari file sampah.

Tak hanya berfungsi sebagai alat untuk menghapus junk files saja, kamu pun bisa mengandalkannya untuk mematikan aplikasi yang berjalan melalui fitur task killer agar kinerja RAM menjadi optimal.

Membersihkan Cache Menggunakan Aplikasi
  1. Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play.
  2. Setelah berhasil terpasang, bukalah aplikasinya kemudian tap tombol “SCAN“.
  3. Saat proses berlangsung, kamu diberi kebebasan untuk menghapus file cache ataupun aplikasi running. Setelah itu, tap tombol “BOOST” untuk melanjutkan proses pembersihan.
  4. Tunggu hingga beberapa saat, dan rasakan perbedaannya!

Baca juga: 5 Efek Hapus Cache di Android (+ Pengertian & Fungsinya)

Nah. itu dia 2 cara menghapus cache di android yang bisa dilakukan secara manual ataupun menggunakan bantuan aplikasi. Lakukan pembersihan cache secara rutin agar kamu bisa merasakan kinerja android yang lebih maksimal setiap saatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram