Rujukan Sebelum Membeli

10 Rekomendasi Merk Cooling Pad Laptop Terbaik (2024)

Pemanasan berlebih dapat mengakibatkan penurunan kinerja, bahkan kerusakan perangkat keras. Oleh karena itu, cooling pad untuk laptop menjadi solusi yang populer untuk menjaga suhu laptop tetap optimal dan mencegah potensi risiko yang disebabkan oleh overheating.

Dengan menggunakan pendingin laptop, udara dingin dapat dialirkan secara lebih efektif, membantu menjaga suhu laptop tetap stabil. Tak hanya itu, beberapa cooling pad juga dilengkapi dengan desain ergonomis yang memberikan kenyamanan pengguna.

Desainnya yang ringkas dan seringkali dilengkapi dengan lampu LED atau fitur estetika lainnya membuatnya menjadi tambahan yang menarik untuk setup kerja atau gaming. Dan berikut pilihan cooling pad untuk laptop yang efektif dalam meredam panas berlebih.

10 Rekomendasi Merk Cooling Pad Laptop Terbaik 2024

1. Coolerpad Gaming Jertech KL330

Harga Rp 80 Ribuan

Coolerpad Gaming Jertech KL330 memiliki dimensi 341 x 252 x 19mm, pendingin ini mendukung penggunaan laptop berukuran hingga 17 inch. Untuk kipasnya membawa dua buah yang cukup bertenaga dengan tingkat kebisingan fan <13dBa.

Desainnya yang ergonomis juga dibekali dengan 2 buah soket. Kamu pun bisa memilih 5 pilihan warna sesuai dengan keinginan. Harga jualnya yang tidak mahal menjadi pilihan untuk kamu yang mencari cooling pad di bawah 100 ribu.

2. Cooler Master Notepal CMC3

Harga Rp 100 Ribuan

Rekomendasi berikutnya yaitu Cooler Master Notepal CMC3 yang didesain khusus untuk mencegah terjadinya overheat pada laptop. Merk ternama Cooler Master juga menjanjikan desain yang kokoh dengan sistem pendingin yang anti berisik.

Kipasnya memiliki ukuran 200mm yang menjamin udara yang begitu besar untuk mendinginkan bagian bawah laptop.

Materialnya berkombinasi Plastik dan Rubber dengan dimensi 32,2 x 29 x 5cm. Kemudian untuk Fan speed yang dibawanya berkecepatan 700 RPM dan mendukung penggunaan laptop up to 15 inch.

3. Fantech NC11

Harga Rp 100 Ribuan

Fantech NC11 memiliki fitur Adjustable Height, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan untuk bekerja baik tinggi atau rendahnya laptop. Kipas dibekali dengan lampu Blue Light yang menimbulkan kesan gaming, disertai juga dengan 2 buah kipas yang bertenaga.

Dengan ukuran kipas 125mm, kecepatan kipas yakni berkisar 1200-1500 RPM dengan daya 4W. Kamu bisa mengandalkannya untuk ukuran laptop 9 sampai 15,6 inch.

4. Deep Cool U-Pal

Harga Rp 180 Ribuan

Deep Cool U-Pal menggunakan Dual Fan berukuran 14mm yang kencang dan membuat aktivitas bekerja atau bermain game kamu lebih nyaman juga. Kelebihan lain darinya yaitu desain yang anti slip sehingga tidak membuat laptop mudah tergeser.

Pendingin ini cocok untuk kamu yang memiliki laptop berukuran 15.6 inch atau kurang. Bahan balutan metal membuatnya terkesan kokoh dan awet untuk jangka panjang. Untuk kecepatan kepasnya juga bisa mencapai 1000 RPM dengan dukungan USB 3.0.

5. Deep Cool X8 Multi Core

Harga Rp 380 Ribuan

Deep Cool X8 Multi Core mampu menunjang laptop dengan ukuran hingga 17 inch, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki laptop gaming dengan layar besar. Panel atas terbuat dari bahan full alumunium yang dapat menyerap panas dengan baik.

Cooling ini juga dilengkapi dengan 1 port USB 2.0 untuk keperluan tertentu. Terdapat juga fitur switch untuk mengatur kipas mana yang ingin kamu aktifkan. Karena bobotnya yang lumayan berat, Deep Cool X8 Multi Core tidak cocok untuk penggunaan mobile.

6. Taffware MC Gaming Cooling Pad Laptop 6 Fan

Harga Rp 130 Ribuan

Taffware memang terkenal akan aksesoris laptop atau PC yang mumpuni, termasuk Cooling Taffware MC Gaming ini. Dibekali dengan 6 buah kipas, membuatnya bisa mendinginkan laptop dengan cukup efektif.

Taffware juga memberikan desain yang anti slip dan memiliki nuansa gaming, padahal harganya masih begitu terjangkau. Untuk ukurannya yaitu 368 x 278 x 28mm dengan bahan alumunium dan plastik yang solid.

7. NYK Nemesis Cooling Pad X8 ARTEMIS

Harga Rp 330 Ribuan

Cooling pad untuk laptop yang bagus berikutnya yaitu NYK Nemesis Cooling Pad X8 ARTEMIS. Sang vendor melengkapinya dengan 10 mode RGB dan mode LED off, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan suasana atau kegiatan seperti bekerja atau bermain game.

Dilengkapi dengan 3 small fan speed 2100 RPM, NYK Nemesis X8 juga didukung 3 small big fan speed 1500 RPM untuk lebih memaksimalkan. Terdapat juga sebuah stand untuk mendirikan smartpone sebagai bonusnya.

8. Rexus Cooling Pad Breeze B150

Harga Rp 280 Ribuan

Rexus Cooling Pad Breeze B150 menjadi salah satu yang laris manis juga di pasaran, ia tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver yang sangat elegan. Rexus memberikan material alumunium yang berkualitas dan tentunya rubber plate yang anti slip juga.

Aksesoris ini mendukung penggunaan laptop sampai 15 inch dan sudah tersedia 1 port USB serta phone holder di bagian samping. Dengan desain yang menarik, secara keseluruhan Rexus memberikan total 5pcs kipas yang begitu kencang agar menghindari terjadinya overheat.

9. Rexus Cooling Pad Breeze B175

Harga Rp 330 Ribuan

Selain produk Rexus sebelumnya,  Rexus Cooling Pad Breeze B175 juga memiliki desain yang tidak kalah menarik dengan perpaduan kipas besar 160 x 160mm dan empat kipas kecil berukuran 60 x 60mm.

Dengan demikian, ia mampu menciptakan udara yang baik untuk membuat laptop tetap dalam suhu yang stabil. Dengan bahan jaring besi berkualitas tinggi, membuatnya mampu memaksimalkan penyerapan panas. Terdapat juga 3 mode kipas yang bisa kamu sesuaikan.

Untuk dimensi produknya sendiri yaitu 390 x 270 x 35mm dengan kecepatan kipas berkisar 1500 – 2500 RPM. Sedangkan untuk beratnya 1400g dengan daya input 5W.

10. Cooler Master Notepal U3 Plus

Harga Rp 440 Ribuan

Memiliki bahan alumunium merupakan kelebihan dari Cooler Master Notepad U3 Plus. Cooling ini tentu cocok untuk kamu yang suka menggunakan laptop untuk aktivitas berat, seperti bermain game, editing, dan lain sebagainya.

Bodinya yang berbahan alumunium mampu menyerap panas dengan baik, apalagi semburan anginnya juga kencang berkisar antara 950 – 1800 RPM. Dengan dimensi yang cukup besar, ia bisa digunakan untuk laptop hingga ukuran 19 inch.

Penutup

Dengan berbagai pilihan yang tersedia di pasaran, mulai dari yang sederhana hingga yang dilengkapi dengan fitur canggih, pengguna dapat memilih cooling pad laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Penulis

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YATEKNO.