Aplikasi Kasir Online UMKM untuk Jualan, GRATIS!

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, para pelaku usaha tentu harus beradaptasi agar jualannya menjadi Go Digital. Maksudnya, para pelaku usaha harus mengikuti trend terbaru, juga dibutuhkan perubahan yang berarti dalam mengelola usaha.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, usaha yang kamu kelola kemungkinan besar akan lebih bertumbuh. Untuk itu, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga agar membantu usaha kamu jadi lebih berkembang, seperti memanfaatkan aplikasi kasir digital misalnya.

Nah, sebagai upaya dan dukungan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pun menghadirkan sebuah aplikasi bernama Bonum POS, aplikasi kasir online yang diharapkan dapat membantu memaksimalkan para pelaku usaha UMKM.

Apa itu Bonum?

Bonum POS adalah aplikasi digital point of sales untuk UMKM di Indonesia yang paling mudah digunakan dan juga gratis. Aplikasi besutan Telkom ini sendiri dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengelola usaha jualannya.

Salah satu kemudahan yang didapat adalah pencatatan penjualan yang tersusun secara rapi, baik di rentang waktu harian, mingguan, hingga bulanan. Istimewanya juga, kamu bisa mengeceknya secara real-time.

Selain dapat digunakan melalui mobile lewat aplikasi, kamu juga bisa mengakses Bonum lewat perangkat dekstop.

Keuntungan Menggunakan Bonum

Selain gratis dan mudah untuk digunakan bagi pemula, Bonum juga memungkinkan kamu untuk melakukan pengecekan laporan secara realtime, loh. Dan yang pastinya juga, Bonum memliliki fitur-fitur yang memanjakan bagi para UMKM.

Berkat fitur-fitur yang canggih dan juga modern, tentu akan membuat jualan kamu Go Digital dan beradaptasi juga ya dengan keadaan yang serba digital seperti sekarang ini.

Mau Fitur yang lebih Lengkap? Upgrade aja ke VIP!

Perlu kamu tahu juga nih, ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika menjadi member VIP dengan cara meng-upgrade akun, diantaranya yaitu;

✔ Dapat mengubah gambar pada struk
✔ Label bertuliskan “Powered by Bonum” akan hilang
✔ Dapat mengubah alamat
✔ Dapat Mengubah nomor telepon
✔ Dan dapat mengubah catatan

Yap, berbagai kelebihan tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga upgrade akun yang begitu terjangkau loh, yakni hanya Rp 15.000 saja.

Langkah-Langkah Menggunakan Aplikasi Bonum

Seperti yang ditekankan di awal, aplikasi untuk jualan ini bisa kamu dapatkan secara gratis ya lewat Play Store. Untuk lebih jelas mengenai cara penggunaan aplikasinya, kamu bisa cek ulasan berikut ini hingga tuntas!

Pertama

Kamu perlu mendownload aplikasi Bonum POS melalui Play Store ya. Meski menyuguhkan berbagai fitur yang dapat memanjakan penggunanya, aplikasi ini bisa diunduh secara cuma-cuma alias gratis loh!

Download Bonum POS: Play Store

Sejauh ini, aplikasi kasir UMKM besutan Telkom ini sudah terdownload lebih dari 5 ribu kali dengan rating 4,5 yang artinya banyak pengguna puas dengan fitur dari aplikasi ini.

Kedua

Setelah aplikasi berhasil terpasang di HP kamu, buka aplikasi Bonum kemudian akan tampil halaman untuk login atau daftar. Untuk pengguna yang baru memakai aplikasi ini, perlu mendaftar terlebih dahulu ya dengan mengklik tulisan “Daftar Sekarang“.

Ketiga

Setelah berada di form pendaftaran, isi semua data-data yang diperlukan dengan benar. Setelah dipastikan semuanya terisi dengan benar termasuk juga dengan nomor HP, klik “Daftar“.

Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi. Cek SMS kemudian salin kode OTP untuk proses verifikasi.

Keempat

Setelah verifikasi berhasil, kamu kamu sudah berhasil mendaftarkan akun. Screenshot di bawah merupakan fitur-fitur yang tersaji pada aplikasi Bonum.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan tersebut, masing-masingnya tentu memiliki kegunaan yang berbeda-beda, ya. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai dari masing-masing fiturnya.

  • Laporan Pendatan: Seperti yang terlihat pada tampilan menu utama, di bagian atas terlihat tulisan “Total pemasukan hari ini“. Dan di bawahnya, ada tulisan “Lihat Rincian” yang berfungsi untuk mendapatkan laporan lengkap pendapatan harian, mingguan, dan juga bulanan. Menariknya, kamu bisa dengan mudah memagikan ataupun mengunduhnya.
  • Menu Jualan: Di fitur ini kamu bisa membuat menu jualan apa saja yang kamu inginkan supaya lebih mudah dikelola, lengkap dengan harga dari masing-masing menu yang kamu cantumkan. Adanya fitur pencarian tentu akan memudahkan kamu, juga dengan daftar menu apa saja yang paling laris.
  • Hitung Manual: Adanya fitur perhitungan manual tentu bisa bermanfaat bagi pengguna yang punya lebih dari satu jenis produk, ya.
  • Loket Bayar: Menu ini bertujuan untuk mempermudah tagihan pembayaran masyarakat, seperti pembelian pulsa atau paket data, tagihan listrik, dan tagihan WiFi.
  • Laporan: Dengan melihat melalui menu laporan, kamu bisa melihat empat hal penting terkait produk yang kamu jual, mulai dari laporan hasil penjualan, laporan keuntungan hasil penjualan, daftar semua barang yang terjual, dan barang yang paling banyak terjual. Untuk berbagai menu laporannya bisa kamu lihat dalam rentang waktu harian hingga bulanan ya, lengkap dengan grafik.

Dengan berbagai kelebihan dari fitur yang ditawarkan, tentu akan memudahkan kamu dalam mengelola produk yang kamu jual ya.

Selebihnya, aplikasi Bonum juga menyediakan fitur-fitur penting yang tersemat di pengaturan, seperti fitur Upgrade akun agar jadi member VIP supaya bisa ubah struk sesukamu, fitur buat mengelola pegawai, fitur Scan QR untuk terima pembayaran non tunai, dan fitur Ganti PIN jika ingin mengubahnya.

Cara Mengakses Bonum Lewat Dekstop

Selain dapat diakses melalui aplikasi lewat perangkat mobile, kamu juga bisa mengakses Bonum via perangkat dekstop ya. Berikut ini langkah-langkahnya..

1. Pertama, kamu perlu mengunjungi situs bonum di www.bonum.id

2. Kalau kamu sudah memiliki akunnya, bisa langsung “login“, ya. Namun jika kamu belum mendaftarkan akunnya, klik tombol “daftar” yang berada di pojok kanan atas.

3. Setelahnya, kamu tinggal mengisi data-data yang diperlukan, termasuk juga nomor HP untuk proses verifikasi nanti.

4. Setelah semuanya sudah terisi dengan benar, lanjutkan dengan mengklik “Daftar”, setelahnya kamu perlu memverifikasi terlebih dahulu seperti yang juga dilakukan di mobile. Kode OTP akan dikirim ke nomor HP. Kamu perlu memverifikasi dengan memasukkan kode yang dikirim.

5. Dan di bawah ini, adalah tampilan dashboard penjual jika kamu mengakses Bonum melalui dekstop.

Dengan mengakses bonum melalui dekstop baik di PC ataupun laptop, kamu tentu bisa melihat tampilan dashboard yang lebih luas. Penggunaan fitur juga bisa dilihat dan diakses dengan lebih leluasa, ya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasir kasir online Bonum POS, usaha kamu tentu akan jauh lebih mudah dikelola supaya bisa lebih maju di ketatnya persaingan jualan di era digital seperti sekarang ini.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram