Top 10 Aplikasi Office Android Terbaik untuk Pekerja & Pelajar

Pada dasarnya, android merupakan sebuah smartphone yang berfungsi seperti ponsel pada umumnya, yaitu menelepon, sms, dan lain-lain. Namun dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh ponsel pintar ini, kini android memiliki sebuah fungsi yang tentunya lebih berperan penting dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, seperti pekerjaan office.

Jika biasanya kita mengerjakan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan Microsoft Word, tentu kita biasa mengerjakannya di komputer. Nah, dengan adanya kelebihan yang dimiliki oleh ponsel pintar android, kini kamu juga bisa melakukan pekerjaan office di perangkat mobile

Dengan adanya aplikasi office di android, kamu dapat melakukan sebuah pekerjaan seperti tugas sekolah, kuliah, maupun kantor dengan mudah. Selain itu, kamu juga dapat mengerjakannya kapanpun dan dimanapun secara fleksibel.

Ingin tahu apa saja daftar aplikasinya? Berikut deretan aplikasi office terbaik untuk android yang memudahkan para pekerja dan pelajar dalam berbagai keperluan.

Daftar Aplikasi Office Android Terbaik dan Terbaru

1. Microsoft Office Mobile

Microsoft Office Mobile

Sebelum menginstal aplikasi penting dari Microsoft, kamu harus terlebih dahulu menginstal Microsoft Office Mobile. Karena nantinya aplikasi ini berperan penting sebagai akses dokumen office yang telah kamu buat. Kamu dapat dengan mudah menyimpannya di OneDrive. Nantinya kamu dapat dengan mudah melihat pekerjaan yang telah kamu buat dari Microsoft Office.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mengedit dokumen tersebut jika terjadi kesalahan. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, kamu perlu memiliki OS android versi 4.0 atau lebih tinggi. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis.

2. Microsoft Word

Microsoft Word

Seperti di komputer, kamu juga bisa melakukan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen penting. Dengan begitu, kamu tentu tidak perlu lagi repot untuk mengerjakan dokumen melalui komputer.

Aplikasi ini di desain sesempuran mungkin bagi penggunanya. Fitur-fitur penting Word yang biasa kamu gunakan di komputer juga bisa kamu pakai di android nantinya. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini tentu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Dengan demikian, kamu dapat melakukan pekerjaan dengan praktis.

3. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Tak lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba aplikasi office yang satu ini, yaitu Microsoft Excel. Aplikasi ini dibuat untuk melakukan analisis data, conntohnya seperti daftar mahasiswa dan masih banyak lagi. Tersedia juga fitur yang tentu kamu kenal penggunaannya, seperti pembuatan rumus, tabel, grafik, dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah melakukan pekeraan office yang berkaitan dengan analisis data. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya kedalam tempan penyimpanan dokumen, seperti OneDrive dan Google Drive.

4. Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, nama PowerPoint tentu sudah tidak asing lagi didengar. Jika biasanya kamu melakukan pembuatan presentasi melalui komputer, nah kini kamu dapat membuat presentasi tersebut melalui android.

Fitur yang tersedia juga cukup lengkap, jadi kamu dapat membuat sebuah presentasi dengan tampilan yang indah. Dengan tampilan yang sederhana, kamu dapat melakukan pengerjaan presentasi dengan mudah dan cepat.

5.WPS Office + PDF

WPS Office merupakan paket lengkap untuk menunjang berbagai keperluan, seperti menjalankan atau mengedit jenis file DOC, XLS, PDF, TXT, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, aplikasi garapan Kingsoft ini telah di gunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna android untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa menyambungkan aplikasi ini ke cloud drive, seperti Dropbox, Google Drive, Box, Evernote dan OneDrive. Kelebihan aplikasi android ini yaitu ukurannya yang ringan dengan segudang fitur canggih di dalamnya.

6. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader menjadi sebuah software penting yang biasanya wajib terinstall pada perangkat dekstop. Di android sendiri, kamu pun memerlukan aplikasi ini untuk berbagai keperluan, seperti menjalankan file berjenis PDF misalnya.

Menariknya, kamu dapat melakukan scan dokumen ataupun papan tulis menggunakan alat scanner untuk memindai teks yang ingin kamu convert.

Untuk media penyimpanannya sendiri, kamu bisa memanfaatkan media penyimpanan online untuk membackup atau mengamankan file penting milikmu.

7. OfficeSuite + PDF Editor

OfficeSuite + PDF Editor

OfficeSuite menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan paket komplit untuk keperluan para pekerja maupun pelajar. Di dalam aplikasi ini, kamu nantinya bisa mengakses berbagai jenis dokumen, mulai dari Word, Excel, dan PowerPoint.

Untuk program PDFnya sendiri, ia juga di bekali dengan fitur scanner. Yang mana nantinya kamu bisa melakukan scan dengan cara memindai teks ataupun papan tulis untuk dapat di konversi ke dalam bentuk file.

Bisa dibilang kalau aplikasi ini memiliki segudang fitur atau program canggih yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan mengedit berbagai jenis dokumen. Tertarik untuk mencobanya?

8. OneNote

OneNote merupakan sebuah aplikasi office penting yang memiliki fungsi seperti kertas atau catatan. Dimana nantinya kamu bisa menulis, menggambar, hingga memasukkan objek ke dalam kertas tersebut dan dapat di bagikan langsung ke orang lain.

Tidak seperti Microsoft Word, dimana dalam aplikasi ini kamu di berikan kebebasan untuk mencorat-coret apapun yang kamu inginkan seperti melakukan sebuah tulisan tangan.

9. Office Lens

Office Lens

Usut punya usut, ternyata aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan “Aplikasi Terbaik 2015” di AS dan Puerto Rico oleh Google Play. Tidak heran jika jumlah penggunanya mencapai 10 juta orang hingga saat ini.

Apa yang membuat aplikasi Office Lens begitu istimewa di mata pengguna? Yap, pasalnya disini mereka bisa melakukan pemindaian tulisan dari kertas ataupun papan tulis yang nantinya dapat di konversi dalam bentuk PDF, Word, dan PowerPoint.

Itulah alasan bagi mereka untuk tetap terus menggunakan aplikasi canggih ini. Kamu juga tertarik ingin mencobanya?

10. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook

Aplikasi office di urutan terakhir merupakan sebuah aplikasi yang masih di kembangkan oleh developer yang sama, yakni Microsoft. Microsoft Outlook sendiri memiliki kegunaan untuk mengirim ataupun membaca surat (e-mail).

Selain itu, ia juga berfungsi sebagai kalender, jadwal kerja, catatan, ataupun jurnal untuk menunjang berbagai kebutuhan pengguna. Dengan beberapa kali sentuhan, kamu dapat mengakses berbagai kebutuhan dengan mudah dan cepat. Keren kan?

Itu dia daftar aplikasi office android terbaik untuk para pekerja dan pelajar. Nah, kini kamu tidak perlu repot mengerjakannya melalui komputer. Karena sekarang kamu dapat mengerjakannya melalui perangkat mobile secara praktis.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Co-Founder sekaligus Content Specialist di YaTekno yang memiliki passion menulis artikel seputar HP, Laptop, dan Game. Follow me on Instagram