10 Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik (+2 Pendukungnya)

Tak bisa dipungkiri, kehadiran smartphone saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi atau bermain game saja. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk membantu berbagai perkerjaan manusia, seperti misalnya desainer grafis yang dituntut untuk terus berkarya mengasah keahlian.

Lumayan banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menggambar dan membuat desain. Namun yang bisa diandalkan untuk bisa menciptakan yang karya desain yang luar biasa, kita perlu sedikit menelitinya agar bisa mendapatkan aplikasi dengan fitur serta performa yang baik.

Untuk itu, YaTekno di sini mencoba mengatasi hal tersebut. YaTekno telah berhasil mengumpulkan 5 aplikasi desain grafis untuk android yang terbaik serta 2 aplikasi tambahan yang bisa meningkatkan produktivitas kerja dan memamerkan portfolio kamu. Apa saja? Check this out!

10 Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik 2022

1. Canva

Aplikasi desain grafis Canva yang hadir sejak tahun 2012 ini tidaklah asing bagi kalangan masyarakat umum maupun internet marketer. Aplikasi desain ini berbasis cloud dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi terkait desain grafis yang lainnya.

Salah satunya adalah dalam hal desain dimana Canva menyediakan beragam tipe desain yang memiliki resolusi tertentu. Tipe desain tersebut dikelompokkan menjadi beberapa kategori yakni dokumen, marketing, ads, event, pendidikan, personal, dan media sosial.

Keunggulan lainnya adalah template desainnya berjumlah ribuan yang bisa digunakan secara gratis untuk beragam kebutuhan. Untuk menggunakan Canva, kamu tidak perlu melakukan instalasi karena aplikasi tersebut berbasis cloud/web dan tersedia di iPhone dan Android.

Lihat juga: Aplikasi Pembuat Logo Terbaik Android

2. Desygner

Tidak kalah bagusnya dengan Canva, aplikasi desain Desygner termasuk aplikasi desain yang berbasis web terbaik di bidang desain grafis. Keunggulannya ada pada beragam pilihan tools yang digunakan sebagai alat perancang atau pembuat gambar untuk segala kebutuhan.

Selain itu, aplikasi ini memudahkan desainer grafis yang masih pemula karena tampilannya begitu sederhana terutama ketika ingin menambahkan teks, lapisan, mengatur ulang beberapa item, hingga menyesuaikan foto. Aplikasi ini cocok untuk pengguna aktif media sosial.

Aplikasi Desygner memiliki beragam fitur yang dapat digunakan untuk mempercantik karya desain kamu seperti images, text, shapes, hingga icons. Aplikasi ini memang bisa digunakan secara gratis, akan tetapi tetap ada elemen, template, hingga stok foto yang berbayar.

3. GoDaddy Studio

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengenal aplikasi desain grafis GoDaddy Studio ini. Meskipun belum populer, kamu bisa mencobanya untuk memudahkan dalam membuat beragam konten visual di smartphone, tablet, maupun komputer tanpa kesulitan membuatnya.

Aplikasi desain ini memiliki keunggulan berupa template berjumlah ribuan yang bisa ditambahkan beberapa elemen seperti font, warna, hingga teks dengan mudah. Keunggulan lainnya yakni aplikasi GoDaddy Studio didesain secara khusus untuk kamu yang pemula.

Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan versi gratis untuk menghasilkan desain yang professional hanya dalam hitungan menit saja. Kamu juga bisa mencoba paket Pemasaran Dasar + Situs Web apabila mencari beberapa template yang premium dan berbayar.

4. Posters

Aplikasi Posters merupakan aplikasi desain yang tersedia di mobile baik Android maupun iPhone. Aplikasi ini didesain khusus untuk kamu pengguna sosial media instagram yang ingin mendapatkan berbagai desain template untuk pembuatan pamflet atau banner di instagram.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis online dan menginginkan hasil desain terlihat menarik ketika dilihat oleh calon konsumen. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menciptakan hasil desain yang merupakan kreatifitas sendiri secara gratis.

Aplikasi Posters menyediakan banyak font keren, ratusan stiker, hingga memberikan keleluasaan untuk membuat animasi pada story atau postingan akun bisnis. Bahkan, aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk membuat feed puzzle, edit font, dan desain posting korsel.

5. Infinite Design

Aplikasi Infinite Design merupakan aplikasi desain diperuntukkan untuk para desainer grafis yang menggunakan smartphone Android. Kegunaannya adalah untuk pengolahan gambar vektor. Aplikasi ini unggul di bidang tampilan UI-nya yang elegan dan mudah digunakan.

Aplikasi desain grafis ini mempunyai beragam tools yang memang khusus dispesialisasikan untuk pembuatan garis dan bentuk. Beragam tools yang tersedia di aplikasi Infinite Design antara lain Circle, Lazy, Arc, Pen, Rectangle, hingga Line dengan fungsinya masing-masing.

6. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw
Kamu yang seorang desainer grafis tentu sudah familiar dengan software Adobe Illustrator di PC. Ya, software grafis 2D ini memang mempunyai fitur lengkap untuk membuat desain atau gambar vektor.

Selain menyediakan software tersebut di PC, kabar baiknya, Adobe selaku pengembang juga telah menghadirkan versi aplikasinya di smartphone (Android & iOS) dengan nama Adobe Illustrator Draw.

Aplikasi ini didesain dengan tampilan sederhana namun dengan fitur yang bisa mendukung kamu untuk bisa menggambar atau membuat desain berbasis vektor, seperti kartun, komik, dan lain sebagainya.

Selain dilengkapi beragam fitur menggambar, ada juga fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirim desain kamu ke software Illustrator dan Photoshop di PC guna menambahkan desain atau hal tertentu yang belum bisa dilakukan di smartphone.

7. Logo Generator & Logo Maker

Logo Generator & Logo Maker
Ini adalah aplikasi pembuat logo yang diperuntukkan bagi kamu desainer grafis pemula yang ingin membuat desain logo dalam waktu singkat.

Tunggu dulu. Meski begitu, kamu yang profesional pun bisa juga menggunakan aplikasi ini untuk menemukan ide atau inspirasi karena aplikasi ini menyediakan ribuan template logo yang bisa diedit sedemikian rupa sehingga unik dan berbeda dengan aslinya.

Kamu bisa memulainya dengan memilih template logo lalu mengeditnya dengan mengubah background, warna, menambahkan ornamen, dan sebagainya.

8. How to Draw – Easy Lessons

How to Draw - Easy Lessons
Kalau kamu adalah mahasiswa jurusan DKV yang sering dihadapkan dengan aktivitas menggambar, aplikasi How to Draw yang dipersembahkan oleh Artfonic ini bisa kamu gunakan untuk membantu kamu.

Aplikasi ini akan memberikan tutorial atau langkah-langkah bagaimana cara menggambar dengan mudah. Saat ini, aplikasi How to Draw menyediakan puluhan tutorial menggambar objek yang berbeda, seperti karakter kartun, hewan, mobil, pesawat, dan lain sebagainya.

Tidak hanya ditujukan untuk para desainer grafis, aplikasi ini juga cocok digunakan untuk orang tua yang ingin mengajari anaknya menggambar.

9. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom
Desainer grafis biasanya sangat suka dengan aktivitas mengolah foto menjadi lebih menarik. Kalau software di PC yang biasa kamu gunakan untuk editing foto adalah Photoshop Lightroom, kabar baiknya sang developer Adobe telah secara resmi merilisnya untuk pengguna smartphone Android & iOS.

Begitu membuka aplikasi desain grafis ini, kamu akan melihat tampilan yang didominasi warna hitam yang terlihat simple namun profesional. Fitur-fitur yang dihadirkan mirip dengan versi desktop, jadi bagi kamu yang sering mengandalkan software Photoshop Lightroom, maka kamu akan sangat mudah beradaptasi dengan aplikasi ini.

10. Adobe Photoshop Fix

Adobe Photoshop Fix
Satu lagi aplikasi edit foto profesional yang layak kamu andalkan adalah Adobe Photoshop Fix. Setelah sebelumnya aplikasi ini hanya hadir diperangkat iOS, akhirnya sang developer juga meluncurkannya di Android.

Dikembangkan oleh Adobe yang namanya sudah sangat kuat dikalangan awam hingga profesional, membuat Adobe Photoshop Fix hadir dengan menyuguhkan beragam fitur yang bisa diandalkan untuk retouching foto.

Kamu yang suka berselfie, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi kekurang puasan terhadap hasil fotomu. Dengan beragam tools-nya, kamu bahkan bisa merubah warna rambut, memutihkan wajah, memperhalus kerutan, dan masih banyak lagi. Keren, kan? 🙂

Bonus 2 Aplikasi Tambahan!

Dongkrak Produktivitas dengan Timesheet – Time Tracker

Timesheet - Time Tracker
Aplikasi ini memang bukan aplikasi desain grafis seperti kelima aplikasi di atas. Namun aplikasi Timesheet bisa kamu gunakan untuk membantu pekerjaanmu sebagai desainer dalam mengerjakan project yang diberikan oleh client.

Aplikasi ini memiliki fitur timetracking yang bisa merekam waktu pekerjaanmu. Ada juga beberapa fitur lain seperti pengelola project kamu, menambahkan catatan, statistics yang berisikan informasi kinerja pekerjaanmu, dan lain sebagainya.

Behance, Media yang Tepat untuk Memamerkan Portfolio-mu

Behance
Seorang desainer grafis tentunya wajib mempunyai portfolio desain. Dengan adanya portfolio desain, client bisa melihat apa saja karya atau project desain yang pernah kamu kerjakan sehingga client bisa dengan mudah memutuskan untuk bekerja sama dengan desainer.

Nah, aplikasi Behance diperuntukkan untuk hal tersebut. Behance merupakan tempat yang tepat untuk kamu memamerkan portfolio desain kamu karena karya kamu bisa dilihat oleh semua orang.

Aplikasi Behance ini merupakan bagian dari “keluarga” Adobe, jadi sebagai desainer yang sering menggunakan software buatan Adobe, sudah seharusnya kamu menggunakan aplikasi ini juga.

Lihat juga:

Penutup

Ya… itulah dia 10 aplikasi android desain grafis terbaik serta 2 aplikasi tambahan yang bisa membantu mendongkrak produktivitas kerja dan menyimpan portfolio desainmu. Oh ya, kalau kamu punya aplikasi andalan lainnya yang sering kamu gunakan, berikan rekomendasinya via kolom komentar, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Nur Wahid

Fokus pada Strategi Digital untuk mengembangkan YaTekno. Kamu bisa Follow saya di Instagram