Top 20+ Game Android Ringan Berukuran Kecil yang Paling Seru

advertisement
advertisement
Kebanyakan game android dengan kualitas grafis 3D yang bagus biasanya ukurannya bengkak alias sangat besar. Hal ini pasti menjadi masalah bagi sebagian orang yang memiliki smartphone dengan kapasitas memory yang tidak besar namun juga ingin menikmati serunya bermain game android seperti orang-orang di luaran sana.

Namun tentu tidak semua game android berkualitas bagus ukurannya besar, karena ada beberapa developer yang paling mengerti mobile gamer yang mempunyai smartphone android dengan spesifikasi standar.

Untuk membatu permasalahan tersebut, YaTekno telah berhasil mengumpulkan 21 game android ringan terbaik yang berukuran kecil, yakni mulai dari 8.1 MB hingga 43.1 MB dengan gameplay seru dan tidak membosankan. Apa saja daftarnya? Mari simak ulasan berikut ini.

Note: Ukuran file pada daftar game di bawah ini bisa bertambah jika ada pembaruan untuk meningkatkan performa yang dilakukan pihak developer.

1). Asphalt Nitro

Asphalt Nitro
Game android ringan berkualitas bagus yang berada di urutan pertama versi YaTekno adalah game balapan mobil berjudul Asphalt Nitro yang digarap oleh developer populer bernama Gameloft.

Dalam deskripsi permainan yang ditulis pihak pengembang di Google Play, nampak jelas ukuran game android ini hanya 25 MB, lebih tepatnya 25.4 MB. Ukuran yang bisa dibilang sangat kecil untuk sebuah genre racing dengan kualitas grafis dan gameplay yang memukau.

2). Zombie Frontier

Zombie Frontier
Game zombie yang dipersembahkan oleh FT Games ini sudah di installs 50 juta kali oleh gamers di berbagai negara.

Gameplay yang ditawarkan oleh developer cukup unik, di mana kamu menjadi salah satu orang yang beruntung karena berhasil terhindar dari virus yang jika terinfeksi maka akan menjadi zombie. Nah, tugasmu sekarang adalah perang untuk memberantas para zombie yang menyeramkan itu.

Meskipun game android ini ukurannya kecil hanya 14.8 MB, tapi jangan salah, karena kualitas grafis dan juga efek suaranya sangat baik. Berbagai senjata juga bisa dipilih sesuka hati untuk menyerang segerombolan zombie yang ada dihadapanmu.

3). Pool Break 3D Billiard Snooker

Pool Break 3D Billiard Snooker
Kalau kamu penyuka olahraga biliar, mungkin kamu akan suka juga dengan game billiard garapan Kinetic Bytes. Dengan ukurannya yang ringan hanya sekitar 11.3 MB saja, kamu sudah bisa menikmati permainan biliar ini di mana pun dan kapan pun.

Ukurannya yang kecil dan tidak membebankan memory android, tidak akan membuat kamu kecewa mengenai kualitasnya, karena grafis yang dibuat berbentuk 3D sehingga terlihat lebih nyata dan seru tentunya.

Menariknya, selain dapat dimainkan melawan komputer, kamu juga bisa bermain secara online multiplayer sehingga tidak akan membuat bosan.

4). Galactic Rush

Galactic Rush
Galactic Rush adalah sebuah game berjenis casual buatan developer asal Malang Indonesia yang karyanya ini sudah populer karena gamers dari berbagai negara di dunia memainkan permainan besutan Simpleton ini.

Permainan berukuran 26.6 MB ini mengusung konsep endless run / jump yang didukung dengan tampilannya yang unik.

Selaku developer, Simpleton memberikan kita keleluasan untuk memilih karakter alien dan manusia yang tentunya pilihan karakter yang diberikan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri ketika nantinya melakukan aksi di luar angkasa.

5). Vector

Vector
Vector adalah salah satu game android yang populer dengan total jumlah installs 100 juta kali via Google Play. Di dalam game berukuran 43.1 MB ini kita akan menjadi seseorang yang kabur dari kejaran petugas keamanan dengan cara melewati atap gedung pencakar langit.

Meskipun kita hanya memainkan sebuah karakter orang berwarna hitam atau silhouette namun tetap menyenangkan untuk dimainkan karena animasi yang digarap oleh Nekki selaku developer, cukup bagus. Tugasmu hanya terus berlari sampai akhirnya lolos dari orang yang mengejarmu sehingga bisa melanjutkan ke level selanjutnya yang lebih sulit.

6). NinJump

NinJump
Game berukuran kecil selanjutnya yang menarik untuk dimainkan adalah NinJump. Game Ninja garapan Backflip ini hadir dengan membawa konsep endless runner yang tidak biasa.

Di sini kamu akan berperan sebagai Ninja yang harus terus berlari secara horizontal pada dinding sambil melawan musuh dan menghindari berbagai rintangan. Seiring kamu terus bermain, permainan akan terasa menantang dan tinggat kesulitan terus bertambah. Jika sudah mulai kewalahan, kamu bisa menggunakan perisai untuk melindungi dirimu.

Overall, dengan kualitas grafis yang apik serta sound effect yang enak didengar, game android berukuran 17.9 MB ini layak kamu mainkan.

7). Duel Otak

Duel Otak
FEO Media AB, sang pengembang yang bermarkas di Swedia ini sepertinya cukup pandai dalam memanfaatkan peluang karena tahu banyaknya jumlah penduduk di Indonesia sehingga sengaja membuat game android versi bahasa Indonesia dengan nama Duel Otak.

Game ringan berukuran 30.2 MB ini sangat populer di Indonesia karena menyajikan konsep adu pintar dengan menjawab berbagai soal-soal yang dibuat developer.

Tapi meski begitu, menariknya kita juga bisa membuat soal dan kalau diterima maka soal yang kita buat akan muncul menjadi bahan duel otak antar dua orang. Fasilitas chat juga turut menambah asyiknya permainan ini karena bisa berkomunikasi membicarakan apapun.

8). Icon Pop Quiz

Icon Pop Quiz
Icon Pop Quiz adalah sebuah permainan yang bisa menguji pengetahuan kita dalam mengenal nama orang terkenal, film populer, karakter, dan sebagainya. Nantinya game android buatan Indonesia ini akan menyajikan gambar atau icon yang menampilkan ciri khas dari karakter terkenal dan kita akan menebak dengan mengetikkan namanya.

Fitur bantuan bisa kita manfaatkan ketika benar-benar buntu dan tidak tahu mengenai gambar atau icon yang tampil.

Game ringan berukuran 16.7 MB yang berdiri di bawah naungan Alegrium ini sangat populer karena sempat muncul di acara talkshow Hitam Putih dan tidak lupa juga sang host Deddy Corbuzier, karakter iconnya juga ada dalam permainan ini.

9). Tebak Gambar

Tebak Gambar
Game puzzle berukuran 14.6 MB yang satu ini juga buatan Indonesia yang sangat populer di telinga mobile gamer, termasuk kamu.

Tidak bisa dipungkiri, meskipun desain visual yang ditawarkan sangat sederhana tetapi hal lain yang membuat permainan ini populer adalah kosep permainan tebak gambar yaitu dengan menampilkan beberapa gambar dan kita harus merangkainya ke dalam sebuah kata.

10). BMX Boy

BMX Boy
BMX Boy adalah sebuah game android yang menyuguhkan atraksi bersepeda melewati lintasan yang tidak biasa sehingga mengharuskan karakter yang ada di dalam permainan ini melompat untuk menghindari rintangan agar tidak menabrak dan jatuh.

Karena konsep permainannya yang seru dan ditambah dengan animasi karakter dan berbagai ornamen di dalam permainan ini yang lucu maka tidak heran mengapa permainan ini bersifat adiktif bagi para pemainnya.

By the way, game racing garapan developer asal Hong kong yang satu ini menjadi game android teringan dalam daftar ini karena ukurannya yang super kecil yaitu 8.1 MB!

11). 2048

2048
Game puzzle berukuran 8.8 MB yang awalnya dibuat oleh pengembang web berkebangsaan Italia ini sempat booming di Indonesia beberapa tahun yang lalu karena alur permainannya yang seru sehingga bersifat adiktif.

Gameplay yang disajikan oleh developer cukup sederhana, di mana kamu awalnya akan disodorkan sebuah kotak besar yang di dalamnya terdapat lagi beberapa kotak-kotak kecil yang berisi angka. Untuk bisa memenangkan permainan kamu hanya perlu menggabungkan kotak-kotak kecil sampai terbentuk angka 2048.

12). Dr. Driving

Dr. Driving
Berbeda dengan Asphalt Nitro yang merupakan game balapan mobil, Dr. Driving sendiri merupakan game simulasi mengendarai mobil. Game ini menyajikan berbagai misi mengendarai mobil, seperti berkendara dengan cepat, berkendara dengan baik untuk menghemat besin, berkendara dan memarkirkan mobil, dan lain sebagainya.

Urusan kontrol, terdapat setir, gas, dan rem yang mudah untuk dikendalikan. Kualitas grafisnya pun juga tergolong bagus untuk seukuran game ringan berukuran 9.9 MB.

13). Don't Tap The White Tile

Don't Tap The White Tile
Don't Tap The White Tile adalah game musik piano garapan Cheetah. Bukan seperti aplikasi piano yang mengharuskan pemain mengetahui not dan chord dari lagu yang ingin dimainkan. Dalam game ini kamu hanya harus melakukan tap pada setiap kotak hitam yang ada sehingga bisa menghasilkan suara musik.

Menariknya, game ini tak hanya dapat dimainkan sendirian karena ada mode pertarungan 1 vs 1 melawan pemain lain secara real-time. Dengan ukuran gamenya yang hanya 11.9 MB saja, game ringan ini sangat baik untuk menemanimu di waktu luang.

14). Jewels Star

Jewels Star
Memiliki gameplay bertajuk "Match of 3", dimana dalam game ini kamu harus mencocokkan 3 atau lebih permata yang identuk atau memiliki kesamaan warna. Di setiap levelnya, kamu harus menuntaskan setiap permainan dengan cepat.

Jika kamu berhasil menyelesaikan tantangan tersebut sebelum waktu habis, maka kamu berhak untuk lanjut ke level berikutnya. Game android ringan berukuran 8.8 MB ini sendiri menyediakan lebih dari 350 level yang seru dan menantang. Penasaran ingin mencobanya?

15). Mouse

Mouse
Game android ringan berikutnya menyajikan konsep permainan berjenis puzzle. Tugasmu dalam game ini pun tidak begitu sulit. Dimana kamu hanya perlu menggeser balok-balok yang ada untuk membantu si tikus keluar dari jalanan yang rumit itu.

Tantangannya ialah kamu harus secepat mungkin dalam menggeser balok dan memberikan jalan si tikus sebelum waktu yang ditentukan berakhir. Tidak hanya itu, game berukuran 4.4 MB ini juga memberikan batasan untuk melakukan pergeseran balok sesuai yang ditetapkan pada setiap level-nya.

16). Fast Racing 3D

 Fast Racing 3D
Kalau kamu sedang mencari game balap mobil yang grafisnya bagus namun ringan, maka game berjudul Fast Racing 3D ini adalah pilihan yang tepat. Game balapan besutan Doodle Mobile ini grafis 3D serta sajian efek yang terlihat begitu real, salah satunya saat terjadi kecelakaan.

Tersedia 48 level yang harus kamu selesaikan nantinya. Nah, setiap pertandingan yang berhasil kamu menangkan tentu menghasilkan imbalan berupa hadiah uang tunai yang dapat kamu pergunakan untuk membeli mobil hingga meng-upgrade kecepatan mobil favoritmu.

Meski memiliki grafis yang bagus beserta fitur yang lengkap, game ini sendiri memiliki ukuran yang tergolong kecil, yakni hanya 16.9 MB saja. Dengan kata lain, pengguna android low-end yang masih mengusung OS Android v2.3 (Gingerbread) pun dapat menikmati game ini.

17). Mekorama

Mekorama
Lahir dengan ukuran game tak kurang dari 5 MB, Mekorama membawa konsep permainan bertajuk puzzle dengan nuansa yang unik. Bagaimana dengan misi atau level-nya? Yap, disini kamu diberikan kebebasan untuk bermain tanpa batasan level. 

Tugas yang akan kamu lakukan nanti adalah menuntun sebuah robot B dari satu tempat ke tempat yang dituju. Lantas apa tantangannya? Nah, disini pemain harus jeli dalam menemukan jalan keluar, alat bantu, dan berbagai tantangan lainnya yang ada dalam dunia Mekorama berbentuk diorama atau model 3D yang bisa diputar.

18). Tiny Miner

Tiny Miner
Memiliki gameplay yang sederhana, siapa sangka jika game berukuran 21 MB ini mampu membuat banyak orang terpikat. Yap, game yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta orang ini membawa alur permainan dalam dunia pertambangan yang menakjubkan.

Sesuai dengan judul gamenya, Tiny Miner mengharuskanmu untuk menjelajahi dunia pertambangan dengan menggalih pertambangan untuk mencari harta karun maupun peralatan unik. Meski terdengar mudah, game ini sendiri memiliki trap atau jebakan yang dapat membuat sang karakter mati tertimbun tanah.

19). N.O.V.A Legacy

N.O.V.A Legacy
Dari sekian banyaknya game yang pernah dibuat oleh Gameloft, mungkin game FPS berjudul N.O.V.A Legacy inilah yang memiliki ukuran teringan. Hadir dengan ukuran sebesar 27 MB saja, siapa sangka jika game ini memiliki grafis 3D dan efek visual layaknya game consol.

Karakter yang akan kamu mainkan disini merupakan seorang pensiunan N.O.V.A bernama Kal Wardin yang dituntut untuk menjelajahi medan perang melawan alien. Karena musuh yang akan kamu hadapi merupakan sosok alien, tentu senjata yang kamu gunakan nanti merupakan senjata canggih yang memiliki kemampuan mematikan.

20). Anger of Stick 5

Anger of Stick 5
Dalam game berjudul Anger of Stick 5 ini, tugas kamu yaitu menyelamatkan para sandera yang dimana akan ada segerombolan musuh yang menyekap mereka. Mau tidak mau, kamu harus mengalahkan mereka dengan perbekalan senjata khusus, seperti senjata api sampai senjata jarak dekat seperti pisau, katana, pedang, dan lain sebagainya.

Meski memiliki grafis yang sederhana, keseruan dalam game berukuran 15 MB ini tentu akan membuatmu betah untuk memainkannya berlama-lama.

21). Zombie Smasher

Zombie Smasher
Di posisi terakhir, YaTekno memilih Zombie Smasher sebagai salah satu game ringan berukuran kecil dengan gameplay yang seru. Mengangkat tema permainan bertajuk zombie, game dengan jumlah pemain hingga 100 juta orang ini menugaskanmu untuk menghadang laju segerombolan zombie yang menyerang desa.

Tidak seperti game zombie kebanyakan yang biasanya harus menggunakan senjata untuk membasminya. Game arkade berukuran 4.5 MB ini menugaskanmu untuk membunuh para zombie dengan cara menyentuh atau melakukan tap. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan jebakan khusus, seperti listrik, bom, dan lain sebagainya untuk menghadang mereka.

Lihat juga: 10 Game Android Ringan Terbaik untuk RAM Berukuran 512 MB

Itu dia daftar game android ringan berukuran kecil yang tidak memberatkan memori smartphone alias tidak lag. Oh ya, kalau game android ringan yang sudah kamu mainkan tidak masuk dalam daftar di atas, jangan ragu untuk memberikan rekomendasinya melalui komentar, ya. Happy gaming!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment