Nih, 4 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Mudah!

Apakah kamu pengguna Smartfren? Jika iya, maka berikut ini akan dijelaskan cara cek nomor Smartfren yang bisa membantumu mengetahui nomormu sendiri. Karena kadang, kamu bisa lupa untuk mencatat nomor tersebut setelah membeli kartunya.

Setelah tempat kartunya kamu buang, kamu baru ingat jika nomornya belum kamu catat. Jika sewaktu-waktu kamu perlu memberikan nomor tersebut kepada teman atau ingin mengisi pulsa, kamu tak perlu khawatir, kamu bisa mengeceknya dengan cara-cara berikut.

Beberapa Cara Cek Nomor Smartfren dengan Mudah

Kamu bisa menggunakan beberapa layanan dari Smartfren untuk mengecek nomormu sendiri. Karena setiap operator kartu pasti akan menyediakan layanan untuk membantu setiap penggunanya mengatasi permasalahannya dengan kartu tersebut.

1. Cara Cek Nomor Melalui SMS

Langkah pertama ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS kepada operator dengan format tertentu. Layanan SMS ini gratis, sehingga ketika pulsamu sudah habis dan kamu lupa nomornya, kamu masih bisa menggunakan layanan ini. Begini caranya:

  • Bukalah menu pesan yang ada di smartphone kamu
  • Buatlah pesan baru yang ditujukan ke nomor 995 dengan mengetikkan “Info” pada isi pesan.

  • Jika sudah, kirim pesan tersebut
  • Tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan balasan yang isinya adalah informasi nomor dari kartu Smartfren yang kamu gunakan

2. Cara Cek Nomor Melalui Kode *995#

Cara cek nomor Smartfren juga bisa dilakukan dengan menggunakan layanan kode USSD yang disediakan oleh Smartfren. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan kode tersebut untuk mengakses melalui panggilan dan mendapatkan infonya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu panggilan melalui android atau HP kamu
  • Ketikkan kode USSD *995#

  • Tekan panggil/YES/OK
  • Jika sudah muncul jendela dan bebepara pilihan, pilihlah INFO
  • Lalu tekan OK/YES dan tunggulah beberapa saat
  • Jika sudah, nomor kamu nantinya akan tertera di sana

3. Cara Cek Nomor Melalui Aplikasi MySmartfren

Cara cek nomor Smartfren yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh Smartfren untuk mempermudah penggunanya. Beberapa layanan digital kini memang sudah banyak digunakan untuk memudahkan pengguna, seperti aplikasi MySmartfren.

Aplikasi dari Smartfren ini bisa diunduh dan diinstall menggunakan hp tipe smartphone baik yang Android atau iOS. Dan melalui aplikasi ini, kamu tak hanya bisa mengecek nomor saja, tapi juga mengakses informasi lainnya, seperti sisa pulsa, kuota internet, bahkan untuk membeli kuota.

Melalui aplikasi ini pula, kamu bisa mengetahui berbagai jenis program  yang dibuat oleh Smartfren. Atau jika sedang beruntung, kamu akan mendapati berbagai promo yang ada. Ada banyak kemudahan yang akan didapatkan jika kamu menggunakan aplikasi digital ini.

Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendaftarkan diri dulu ke akun yang ada di aplikasi. Jadi pertama-tama, kamu harus mendownload dan mengisntall terlebih dahulu aplikasinya melalui Play Store.

Jika sudah diinstal dan terpasang, daftarkan akunnya dengan menggunakan alamat email yang kamu pakai, nomor Smartfren dan dan juga PIN. Jika sudah, lakukan aktivasi menggunakan kemail. Jika sudah, kamu bisa log ini dan mengakses aplikasi untuk mendapatkan kemudahan.

4. Cara Cek Nomor Melalui Call Center

Cara terakhir untuk mengecek nomor Smartfren kamu adalah dengan melakukan panggilan ke call center. Smartfren, seperti operator lainnya, juga menyediakan call center untuk membantu penggunanya ketika mengalami sesuatu dan membutuhkan bantuan.

Kamu bisa melakukan panggilan ke nomor 995. Jika sudah melakukan panggilan, kamu bisa menunggu beberapa saat sampai nomormu terhubung. Tanyakan langsung saja apa yang ingin kamu ketahui, jika sudah, kamu bisa mencatat nomormu menggunakan kertas atau HPmu sendiri.

Selain melalui 995, kamu juga bisa melakukan panggilan ke nomor 500. Karena kamu akan berbicara langsung dengan operator di sana, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp 300-Rp 500. Maka pastikan dulu bahwa pulsamu masih ada dan mencukupi untuk melakukan panggilan.

Lihat juga: Deretan Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis di Android

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa cara cek nomor Smartfren yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan beberapa layanan tersebut dan memilih menggunakan layanan yang mana. Dengan cara-cara tersebut, kamu tak perlu khawatir saat lupa dengan nomor Smartfrenmu sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi, saat ini menjadi Co-founder di YaTekno. Follow me on Instagram