Cara Mengatasi Penggunaan RAM Android yang Penuh (Over)

Perangkat yang paling banyak digunakan belakangan ini adalah ponsel pintar android. Smartphone memang seakan membius setiap orang agar memilikinya. Tidak jarang kita menemui seseorang baik teman atau orang yang baru kita kenal, kebnyakan menggunakan ponsel pintar ini.

Memang sudah seharusnya android di sebut sebagai smartphone atau ponsel pintar, karena kegunaannya yang canggih dapat mempermudah setiap orang yang menggunakannya dalam kebutuhan aktifitas sehari-hari.

Beragam ponsel android diluncurkan oleh berbagai produk smartphone ternama, kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan beragam harga, dari yang murah hingga yang paling mahal. Intinya tergantung kebutuhan kita, jika ingin menggunakannya untuk hanya menjalankan social media dan aplikasi-aplikasi ringan, bisa memilih spesifikasi android yang agak ringan.

Dan jika ingin memiliki android untuk kebutuhan gaming, maka pilihlah spesifikasi android yang memiliki processor Quad-Core atau lebih tinggi. Makin tinggi spesifikasi android yang kamu punya, maka semakin baik kinerja yang akan dijalankan pada android tersebut.

Seperti halnya computer, android juga memiliki yang namanya RAM. Sering kita mendengar istilah RAM dalam spesifikasi android. RAM atau kepanjangan dari Random Acces Memory ini tentu juga sangat berperan penting dalam mengoprasikan aplikasi-aplikasi pada android.

Disamping kita harus memperhatikan spesifikasi Processor android, kita juga harus memperhatikan Jumlah RAM pada android. Jika kita tidak bisa mengelola aplikasi dengan baik, tentu akan berpengaruh pada kinerja RAM yang akan bekerja lebih keras.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips agar mengatasi RAM pada android yang selalu over. Yang dimaksud Over disini adalah penggunaan RAM pada android memakan jumlah yang banyak.

Android

Mengatasi RAM Android yang Selalu Over

  1. Perhatikan mana saja aplikasi yang memakan RAM banyak, biasanya aplikasi tersebut adalah aplikasi yang login atau sedang berjalan, seperti BBM, Instagram, Facebook, dll.
  2. Gunakanlah aplikasi secukupnya, apabila dirasa aplikasi yang kamu instal tidak
    penting lebih baik di hapus agar memberikan ruang kinerja RAM pada
    android.
  3. Jika kinerja RAM pada Android benar-benar Over dan
    tidak harus menghapus aplikasi tersebut, maka ada baiknya kamu melakukan
    pemberhentian paksa atauForce Stop pada aplikasi yang memakan RAM banyak.
  4. Cara melakukan “Force Stop” dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > “Force Stop” atau Paksa Berhenti.
  5. Kamu juga bisa melakukan Stop pada Running Service yang berjalan di menu “Running”  atau yang sedang berjalan di androidmu.
  6. Gunakan Background Data secukupnya. Background Data adalah aplikasi yang sebenarnya berjalan tetapi tidak terlihat prosesnya.
  7. Lebih baik tidak menggunakan Live Wallpaper atau gambar berjalan pada menu Home Screen. Karena akan membuat kinerja android menjadi lebih berat.
  8. Aplikasi penghemat baterai atau sejenisnya justru tidak berguna dan memakan RAM, lebih baik menghapus aplikasi tersebut.
  9. Jika dirasa aplikasi yang berjalan seperti social media tidak terlalu penting, lebih baik melakukan Log Out akun agar tidak membebani RAM.
  10. Pergunakan RAM sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Itulah tips agar kinerja RAM pada android tidak over. Sebenarnya jika kamu tidak perlu repot melakukan tips diatas, bisa membeli ponsel android yang memiki Processor dan RAM yang besar. Selamat mencoba, semoga berhasil!


MAU KUMPUL DENGAN GAMERS DARI SELURUH INDONESIA?

Dapatkan tips bermain Game yang sedang trend saat ini. Yuk, gabung dalam Grup Facebook khusus dari YaTekno.com

Join Di Sini

Artikel Menarik Lainnya:

About the Author: Amar Mushanif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *