Inilah 10 Penyebab HP Xiaomi Redmi Cepat Panas

Xiaomi milikmu cepat panas? Nggak usah khawatir, hal ini biasa kok dialami sebagian besar pengguna smartphone android. Kesel memang jika gadget kesayangan yang kita miliki tidak menyugukan performa terbaiknya, mulai dari lemot, baterai boros, hingga cepat panas.

Banyak hal yang menyebabkan perangkat Xiaomi cepat panas. Beberapa hal diantaranya yaitu karena prosesor bekerja keras karena ada sebagian aplikasi yang berjalan (background), kondisi sinyal yang lemah, dan masih banyak lainnya.

Jika kamu mengalami kejadian diatas, kamu bisa mengatasinya melalui artikel yang YaTekno bagikan kali ini. Nah, 10 penyebab suhu ponsel Xiaomi cepat panas bisa kamu lihat melalui ulasan berikut ini.

1). Kondisi Sinyal yang Lemah

Sinyal ponsel yang lemah dan tidak stabil ternyata juga menyebabkan suhu ponsel Xiaomi cepat panas lho. Bagaimana bisa? Begini, dimanapun kamu berada komponen ponsel akan bekerja lebih keras dalam memperoleh jangkauan sinyal yang bagus.

Jika kamu mengalami masalah pada sinyal yang terus melemah setiap saatnya, sebaiknya segera mengganti provider yang lebih baik.

Lihat juga: 

2). Penggunaan Ponsel yang Tidak Wajar

Penggunaan Ponsel yang Tidak Wajar
Pengguna smartphone Xiaomi umumnya memanfaatkan spek gaharnya itu dengan memainkan game HD berjam-jam. Meskipun tidak lag, nyatanya banyak pengguna yang mengeluhkan suhu yang cepat panas pada beberapa tipe ponsel Xiaomi Redmi, seperti Redmi 3, Redmi Note 3, Redmi 4, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari agar suhu ponsel tidak cepat panas, kamu seharusnya melakukan penggunaan yang wajar, baik itu dalam bermain game ataupun aktifitas lainnya. Jika manusia istirahat dengan cara tidur, maka ponsel juga sesekali harus diistirahatkan dengan cara mematikan total atau turn off.
 

3). Penggunaan Widget pada Home Screen yang Berlebihan

Banyaknya penggunaan widget pada tampilan home screen membuat kinerja RAM semakin terbebani. Dampaknya, baterai jadi cepat boros dan suhu yang dihasilkan pun akan akan meningkat dari keadaan normal karena banyaknya program yang berjalan.

Gunakan widget yang sekiranya memang penting saja, contohnya seperti google search, clock, dan lain sebagainya. Meskipun ponsel Xiaomi memiliki kapasitas RAM yang memang rata-rata terbilang besar, bukan berarti kamu mengabaikan hal kecil ini lho.

4). Banyak Aplikasi yang Berjalan pada Background

Sama halnya dengan komputer, dimana ada program-program tertentu yang memang sudah terinstall dari bawaan dan tidak bisa dimatikan. Dimana program ini berfungsi untuk mengelola sistem pada smartphone dengan berbagai fungsi.

Nah, program yang berjalan dilatar belakang atau background ini setidaknya memakan penggunaan RAM yang tidak sedikit. Tanpa disadari, pengguna juga menginstall beberapa aplikasi yang banyak mengkonsumsi penggunaan latar belakang (background).

Hal inilah yang menyebabkan kinerja smartphone terbebani setiap saatnya sehingga membuat suhu tidak normal.

Maka dari itu, tindakan yang paling tepat untuk kamu lakukan ialah melakukan pengecekan pada aplikasi background yang memakan penggunaan RAM cukup besar. Jika tidak terlalu penting, lebih baik di uninstall saja. Kamu bisa melihatnya secara langsung melalui Settings > Installed Apps > Running.
Jika ingin lebih instan dalam melihat dan menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan, kamu bisa menggunakan aplikasi Cleaner.

5). Menggunakan Ponsel Saat Sedang di Charger

Menggunakan Ponsel Saat Sedang di Charger
Bolehkah memainkan smartphone saat sedang di charger atau diisi baterainya?  Sebagian besar pengguna mungkin belum mengetahui betul dampak dan akibatnya jika melakukan hal diatas.
Perlu kamu ketahui, jenis baterai yang umumnya digunakan oleh smartphone yakni Lithium-ion dan Lithium Polymer. Yang mana kedua jenis baterai ini tidak tahan dengan kondisi panas. Selain itu, kedua jenis baterai tersebut hanya memiliki suhu cadang optimal antara 0° C sampai 60° C. Sedangkan untuk suhu simpannya berkisar antara -20° C sampai 60° C.
Saat proses charging dilakukan, otomatis suhu akan meningkat. Apalagi jika kamu bebani dengan bermain game? Tentu saja kinerja CPU dan GPU akan terbebani sehingga berakibat pada suhu yang akan bertambah panas.
Maka dari itu, ada baiknya lakukan proses charging pada saat smartphone dalam keadaan off agar gadget kesayanganmu lebih awet.

6). Mode Power Saving yang Belum Menyala

Sebagian besar smartphone android saat ini memiliki fitur penghemat daya atau power saving. Jika power saving mode aktif, sistem pada ponsel akan melakukan beberapa langkah untuk menghemat baterai, seperti mematikan koneksi Wi-Fi, Bluetooth, GPS, menurunkan kecerahan layar, hingga mematikan aplikasi background.
 
Selain menghemat baterai, mode canggih ini juga membuat suhu ponsel Xiaomi milikmu tetap stabil. Suhu normal smartphone yakni 40° C jika tidak dicas. Jika sedang di charger, otomatis suhu akan meningkat.
Untuk melihat suhu pada ponsel Xiaomi sekaligus mengaktifkan mode power saving, kamu bisa langsung menuju Settings > Battery & performance > Power. Tap dan aktifkan Battery saver.

7). Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Selain menyebabkan baterai cepat boros, ternyata kecerahan layar yang terlalu kontras juga membuat ponsel terbebani. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin banyak pula daya yang dibutuhkan sehingga kinerja ponsel sedikit terbebani.
Untuk pengguna Xiaomi sendiri, sebenarnya bisa mengatur tingkat kecerahan layar pada status bar dibagian atas layar bersamaan dengan fitur lainnya. Namun untuk mengaktifkan kecerahan layar automatis, harus mengaktifkannya melalui pengaturan.
Caranya cukup mudah, buka Settings > Display > Brightness level > aktifkan tombol Automatic brightness.
Jika kamu telah mengaktifkannya, otomatis ponsel akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar pada saat kamu berada di siang dan malam hari.

8). Melakukan Overlock pada Ponsel

Buat pengguna Xiaomi awam, mungkin belum begitu paham tentang cara mengatur overlock pada perangkat smartphone. Beberapa dampak positif yang didapat jika melakukan hal ini yaitu kinerja ponsel akan terasa lebih cepat, tidak lag saat bermain game HD, dan lainnya.
Kinerja ponsel yang lebih cepat memang diinginkan oleh siapapun. Tunggu dulu, ternyata melakukan overlock juga memiliki dampak negatif yang cukup banyak lho. Beberapa hal negatif yang akan terjadi jika kamu melakukan overlock diantaranya yaitu:
  • Ponsel akan terasa lebih panas meskipun kinerja lebih cepat.
  • Jika terjadi overheating maka ponsel akan hang bahkan restart dengan sendirinya.
  • Umur processor tentu akan makin sedikit.
  • Dan masih banyak dampak negatif lainnya.
Masih mau coba-coba menerapkan overlock pada perangkat Xiaomi milikmu?

9). Beberapa Fitur Penting yang Mungkin Belum di Nonaktifkan

Status Bar Xiaomi Redmi
Tanpa disadari, ternyata beberapa fitur penting pada ponsel Xiaomi milikmu menyalah begitu saja. Beberapa fitur yang harus segera dinonaktifkan jika sudah tidak digunakan lagi diantaranya adalah Wi-Fi, GPS, Hotspot, dan Bluetooth.
Meskipun tidak digunakan, sistem yang ada pada smartphone akan terus mendeteksi perintah untuk mencari jaringan disekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan baterai cepat boros sekaligus suhu ponsel akan meningkat. Maka dari itu, pastikan kalau keempat fitur yang disebutkan tadi telah nonaktif jika tidak diperlukan lagi.

10). MIUI Version Belum di Perbarui

Sama halnya dengan merek android lainnya, dimana ponsel Xiaomi juga membutuhkan perbaharuan versi MIUI yang diberikan oleh developer. Dengan maksud dan tujuan agar kamu bisa mendapatkan fitur terbaru dan juga performa yang lebih optimal.
Jika kamu belum meng-update versi MIUI saat ini, bisa jadi penyebab suhu ponsel cepat panas karena adanya bugs pada sistem sehingga kinerja terus terbebani. Maka dari itu, ada baiknya kamu secara rutin mengecek versi MIUI ROM untuk tetap update setiap saatnya.
Well, setelah melihat deretan penyebab yang membuat HP Xiaomi cepat panas, sekarang kamu tahu kan harus melakukan apa? Tips diatas terbukti ampuh untuk perangkat Xiaomi Redmi 3, Redmi 3 Pro, Redmi Note 2, Redmi 4, dan tipe Xiaomi lainnya.
  • Gan, Cara mengupdate MIUI Version Xiaomi gimana caranya gan???

    butuh penjelasan

    • 1). Kunjungi http://en.miui.com/download.html , kemudian pilih tipe Xiaomi yang agan gunakan.

      2). Jika sudah, pilih Developer ROM, kemudian klik "Download Full ROM".

      3). Setelah file selesai terunduh, pindahkan ke memori internal. Buat folder bernama "downloaded_rom" (tanpa tanda petik), kemudian masukkan file yang tadi agan download ke folder tersebut.

      4). Selanjutnya masuk ke menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > Tap Tombol Titik Tiga > Pilih Choose update package.

      5). Cari folder bernama downloaded_rom, tap file yang ada di dalamnya kemudian tekan OK.

      Tunggu hingga proses update berjalan hingga selesai.

    • Udah nyampai akhir kok gk kebaca file downloaded romnya ya? Filenya kosong, padahal kalo masuk lewat berkas ada filenya

    • File downloaded_rom nya diletakkan di luar folder. Lokasi penyimpanannya di memori internal, bukan eksternal.

  • Mas, jadi kalau hp xiaomi di mainkan game sekalian di charge, gk bagus ya ?

    • Yap bener sekali. Karena daya yang masuk saat mengecas tidak sebanding dengan daya yang dikeluarkan baterai saat bermain game.

  • Min kalo xiaomi d upgrade takut ilang 4g nya. Gmn dong.tp hp aku ini jd sering panas semenjak ada notif harus pembaruan

    • Berarti pembaruannya di nonaktifkan saja. Berikut caranya..

      Masuk ke Settings > About Phone > pilih menu System Updates.

      Pada halaman System Upates, tap tombol titik tiga sejajar yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.

      Kemudian nonaktifkan tombol Update automatically.

  • Gan,hp saya kok kadang-kadang mati sendiri… Itu karna apa yah ? Mohon penjelasannya
    #Redmi 4 Prime

    • Ponsel android yang sering mati sendiri biasanya disebabkan karena beberapa faktor, seperti:

      – Terjadinya kerusakan pada perangkat lunak atau OS Android itu sendiri.
      – Kondisi baterai yang sudah tidak baik.
      – Kinerja android yang terbebani karena banyaknya penggunaan aplikasi (overload).

      Solusinya:

      – Lakukan pembersihan Cache atau sampah agar perangkat android tidak terbebani. Gunakan aplikasi Clean Master agar lebih efektif.
      – Uninstall aplikasi yang dirasa tidak begitu diperlukan.
      – Pantau penggunaan RAM, minimal RAM tersisa sebaiknya harus di atas 100 MB.

      Jika cara di atas telah dilakukan namun masih sering restart sendiri, lakukan Factory Reset atau mereset ke pengaturan pabrik agar ponsel seperti baru lagi. Caranya:

      1). Masuk ke Pengaturan > Pilih Additional Settings.
      2). Pilih Backup & Reset > Lalu pilih Factory Data Reset.

  • Rom gua 8010 gan… Tpi masih anget" kukuh….
    Saran yg bagus rom yg biar gk panas rom versi brpa gan

    • MIUI 8.2 juga udah lumayan bagus fitur dan interfacenya.

  • gang kalo hp xiaomi not 2 prime kalo sementara di pake kok kaya kepencet sendiri toch skrimnya (beroperasi sendiri tanpa di tekan), kira2 apa penyebabnya gang mohn petunjuknya terima kasih

    • Beberapa penyebab terjadinya touchscreen bergerak sendiri diantaranya yaitu:

      – Kondisi layar toucscreen yang seringkali mengalami panas berlebih.
      – Kerusakan pada layar atau LCD HP Xiaomi agan. Seperti terkena air, benturan, dan sebagainya.
      – Adanya bugs pada ROM pada HP Xiaomi agan.

      Sebelum mengambil keputusan untuk mengganti layar LCD HP agan, coba cek kondisi Charger, baterai, pelindung layar, maupun ROM atau Software.

    • Gan hp gue kan udh gue matiin sblm di cas. Tpi knpa klau udh penuh malah idup sndri. Mhn saran nya. Mi 4x

    • Perhatikan kondisi baterai, apakah masih layak atau tidak. Kamu bisa melihatnya dengan cara mengetikkan *#*#4636#*#* pada menu Dialler Apps.

      Pastikan juga kalau kamu menggunakan charger "ORIGINAL", bukan yang semi Ori apalagi KW.

  • Gan hp saya redmi 4a trus hp ga di pegang sama sekali trus batre asalnya 90 persenan jadi 60an trus suhu hp panas trus solusi??

    • Pastikan jaringan WiFi, GPS, ataupun Bluetooth dalam keadaan OFF. Selalu gunakan charger original (tidak direkomendasikan menggunakan PowerBank).

      Kalau perlu, lakukan factory reset atau mereset ponsel agar dalam keadaan seperti baru lagi. Untuk datanya, bisa kamu back-up dahulu.

  • Mas,xiomi redmi 4A saya chargeprannya cepat panas ya? Padahal itu chargeran ori dan juga hp nya saya nonaktifkan,soalnya kepala chargerab saya panas hp saya jg ikut panas

    • Coba tes di stop kontak lain, bisa aja karena stop kontaknya yang bermasalah. Kalo bisa sih gunain charger untuk 1 HP aja, jangan 1 charger untuk 2 atau 3 HP.

      Cek juga keadaan lobang kecil pada colokan chargernya gan.

  • Gan, HP ku Redmi 2s, HP sering panas dan boros baterai semenjak muncul keterangan "cari perangkat tertutu tiba-tiba" dilayar berulang-ulang. mohon infonya

    • Gampang kok gan, nih caranya..

      – Buka Pengaturan/Settings > Aplikasi > kemudian pilih Aplikasi Terinstall (Semua).
      – Cari dan pilih aplikasi "Cari Perangkat atau Find Device".
      – Setelah itu klik Notifikasi lalu nonaktifkan Tampil Notifikasi.

  • Mas hp sy resmi note 3 pro, dlm keadaan mati (blm on krn hbis di cas 100%) tp koq hp sy terasa panas pdhl blm on nti pas di nyalain bateraix jd tersisa 70% aja

    • Coba cek suhu HPnya sewaktu ngecas, normalnya sih 45 derajat ke bawah. Mas bisa melihat berapa derajat suhunya menggunakan aplikasi CPU-Z (Download di Playstore).

      Untuk masalah baterai tidak full padahal sudah di cas 100%, pastikan kalau mas menggunakan charger original dengan tipe yang sesuai dengan HP mas Marie.

  • Mi4w klo buat game cepet panas solusi gmna mastah?

    • Jangan melakukan charge sewaktu bermain game serta matikan dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan dengan melakukan Force Stop.

  • Mas hp saya Xiaomi rn 4 x20 kok suhunya selalu kisaran 35 – 42 ya kali gunain buat game baru dia 40 keatas seperti game mobil legend

    • Hal itu sebenarnya masih tergolong wajar, kamu boleh khawatir jika suhunya mencapai 60 derajat celcius ke atas.

  • Kak Mau nanya HP Ku xiomi redmi note 3.HP Saya di CAS seharian Tp gak full jg gak smpai 100%pdhl udah.hbs it cpat skli panas knpa kyak gt ya kak.ad solusinya nga?

    • Perhatikan hal-hal berikut ini.

      – Gunakan charger ORIGINAL serta hanya menggunakan charger untuk satu HP saja.
      – Charging dari sumber yang benar (Stop Kontak), hindari pengecasan dari Power Bank maupun sumber lainnya.
      – Kondisi kabel USB yang mungkin sudah tidak layak pakai yang mungkin terjadi kebocoran.

      Download aplikasi Ampere di Google Play untuk melihat kualitas dari charger yang kamu punya.

  • Gan HP ane mi4a..ane mau nanya,pas ane mainin game yang 1,8gb gapapa,tapi pas ane mainin GTA yang ukurannya 1gb ko malah lag ya..terus ane liat ram ko malah kemakan banyak ya..tips buat mengatasi ram boros gimana ya gan

    • Ukuran GTA bukan 1GB gan, lebih tepatnya 1,78 GB setelah saya cek di Play Store barusan. Bukan tergantung dari seberapa besar ukuran gamenya, tapi tergantung dari grafis serta gameplay yang ada di game itu sendiri.

      Untuk bermain game GTA di Android sebenarnya pake HP Xiaomi Mi4a milik agan udah lebih dari cukup kok. Mungkin karena kebanyakan aplikasi background, jadi RAM-nya over.

      Cara mengatasi Ram yang boros pake aplikasi Greenify aja gan. Download aja di Play Store, gratis kok.

  • gan mau nanya hp sya redmi 4a baru beli kemarin, tapi ko batrenya cepet banget abis, dalam posisi hp dimatiin aja batrenya suka berkurang sendiri, padahal sudah diriset ulang juga wifi, blutoth sama gps udah dimatiin, kira2 apanya ya gan?

    • Baterai Xiaomi Redmi 4A berukuran 3120 mAh, secara logis bisa bertahan seharian. Coba lakuin langkah" berikut ini gan..

      – Aktifin mode Ekstrim Power Saving, caranya masuk ke Setting > Baterai & Performa > Kelola penggunaan baterai Apl > tap beberapa kali tulisan "Mode hemat daya" (Hidup), nanti akan muncul mode Ekstrim.

      – Terapkan kalibrasi baterai, dengan cara mengisi baterai HP Xiaomi agan sampe penuh dan biarkan layar menyala hingga mati (sampai 0%). Kalau sudah mati, charger hingga 100% (dalam keadaan mati).

      – Gunakan aplikasi Greenify untuk menghemat konsumsi baterai dengan fungsi hibernate aplikasi.

  • Jdi klo bli xioami… Bguss nya xioami apa min vrsi yg trbru skrng ni

    • Tergantung budget, kalo mau yang performa dan kameranya bagus, bisa pilih Xiaomi Mi5, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi Note 3 Pro, dll.

  • Mas xiaomi redmi 3s saya kok kadang kadang suka berhenti gak bisa dipencet sama sekali ya, berhentinya tu sekitar 5 detikan, stelah itu bisa lagi, cara mengatasinya gimana ya?

    • Sudah coba melakukan pembersihan Cache atau mengecek seberapa banyak aplikasi (background) yang memakan RAM?

      Pastikan smartphone yang kamu memiliki ketersediaan RAM (bebas) lebih dari 100 MB untuk kinerja yang lebih optimal.

  • Gan kok aku kalau download di UC browser sering berhenti sendiri download-an nya kalau kembali ke home,,,itu masalah hp nya ato apa ya???

    • Kalo bisa sih pake aplikasi Download Manager aja gan. Lebih mudah dan cepat untuk membantu proses download.

  • gan hp ane Xiami 4X baru beli kok tiba2 suka gk bisa buka aplikasi dan restart sendiri, trus pas nyala bacaan sistem android tidak berjalan…. udah 2x kek gini, ap harus saya update miui y?

    • Iya coba di update dulu aja gan versi Miui nya, siapa tau lebih bagus dan mempengaruhi kinerjanya.

      Alternatif lainnya mungkin agan bisa lakuin Factory Reset agar HP seperti kondisi baru lagi (Note: Backup dulu datanya).

  • gan saya pakai xiaomi note3 miui global stabil 8530 jaringan saya 3G bagaimana iya cara nya upgred jaringan ke 4G.saya udah coba ubah lokasi terus udah pernah juga yang pakai kode dari panggilan tapi tetap tidak bisa.mohon solusinya,

  • Gan mau nanya, hp saya redmi 4, ketika hp diam dan tidak dimainkan kok bisa restart sendiri, terus setiap main game mobile legend kondisi hp panas sampai 45°C jadi main game nya bisa ngadat sendiri kayak koneksi lagi lag, mohon solusinya gan.

    • 1). Mungkin saja disebabkan karena banyaknya aplikasi background (aplikasi yang berjalan namun tidak terlihat) sehingga menyebabkan HP Xiaomi agan restart sendiri.

      2). Nah, kalau untuk permasalahan HP panas saat bermain game, agan bisa lihat melalui link ini:
      http://www.yatekno.com/2017/01/tips-agar-android-tidak-panas.html

      Oh ya, jangan lupa untuk menginstall aplikasi Greenify gan kalau mau kinerja smartphone-nya lebih optimal.

  • Gan mau tanya hp panas terus dan baterai nya cepat habis… Padahal ga dimainkan dan sudah di mode pesawat juga.. kenapa ya..

    • Mode pesawat itu berpengaruh pada jaringan saja, tidak dengan fitur ataupun aplikasi background yang masih aktif namun tidak disadari.

      Coba gunakan aplikasi Greenify untuk mengidentifikasi penyebabnya.

  • Bang,cara root HP reno 4x Tampa pc gimana ya?.please jawab

    • Bisa pakai aplikasi KingRoot atau FramaRoot.

      Catatan: Baterai setidaknya harus 50% keatas serta terhubung dengan koneksi internet.

  • Kak. Xiaomi redmi 3pro ku kok cepat habis baterai ya? Padahal paket data mati, blutut wifi dll udh non aktif. Apalagi kalo mereka on kak. Terus kalo misal aku mau ganti baterai saja bisa tidak?

    • Mungkin karena aplikasi-aplikasi background kak. Maksudnya aplikasi background itu aplikasi yang berjalan dan memakan RAM namun tidak terlihat atau disadari. Coba atasi dengan aplikasi Greenify.

      Xiaomi Redmi 3 Pro kan baterainya Non-removable (tidak bisa dilepas). Mungkin hanya konter HP tertentu saja yang bisa.

  • Bagaimana cara menggunakan aplikasi greenify?
    Agar suhu hp tidak cepat panas dan room mendapatkan banyak ruang?

    • Cara menggunakan aplikasi Greenify:

      1). Download aplikasinya terlebih dahulu, jika sudah pilih "My device is NOT rooted" jika android kamu tidak dalam keadaan root. Begitupun sebaliknya.

      2). Tap tombol berikutnya > Aktifkan Accessibility service dan Device-admin permission (sentuh tombol SETTING di sampingnya).

      3). Jika keduanya sudah kamu aktifkan, tap tombol Berikutnya > Berikutnya lagi > Skip > OK > Finish.

      4). Kemudian pilih aplikasi yang mau kamu hibernasikan.

      Sedangkan untuk melegakan ROM, kamu bisa mengatasinya dengan menghapus Cache (file sampah) menggunakan aplikasi Clean Master.

  • Setelah upgrade ke miui 8.5 global, kenapa redmi 2 tiba2 ada pemberitahuan your battery drained 30%, lalu tiba2 hp mati dan begitu di charge battery masih 40%

    • Di Downgrade aja versi Miuinya. Mungkin versi 8.5 Global tidak cocok dengan tipe HP Xiaomi yang kamu gunakan.

  • Pak saya juga baru update miui untuk redmi 4A,tapi gak suka, mau saya downgrade bagaimana caranya? Sekarang versi miui 8.5.1.0. Bawaan redmi4A apa ya?

  • Gan, xiaomi redmi sy kenapa yaa gak bisa jalanin aplikasi sampe mau buka pengaturan juga cuman muncul terus hilang.

    • Maksudnya Force Close?
      Kalo Force Close sih biasanya karena penggunaan RAM terlalu over.

    • Bg, hp saya xiaomi redmi 4x, gimana cara melihat foto yang sudah di hapus

    • Gunakan aplikasi Restore Image.

  • kak mau nanya, hp saya xiomi redmi 3 itu kalau di charger suhunya terus meningkat.masalahnya itu apa kak,apa mungkin baterainya????

    • 1). Gunakan charger original Xiaomi
      2). Charger dari sumber yang benar (bukan dari PowerBank).
      3). Gunakan 1 charger untuk 1 HP saja.
      4). Kalau sedang di charger usahakan HP dalam keadaan mati (Turn Off). Tidak direkomendasikan untuk memainkan HP ketika di cas.

  • Gan hp sy xiaomi note 4 mslhnya knp stlh sy up miui 8.2 hp mlh cpt panas dan gmpng lag saat main game,pdhl sblm sy up semua lancar..
    Wktu main game sy jg sdh brhnti pksa aplikasi lain dan sy jg sdh pakai apk greenity tp ttp aja..
    Tolong gan solusinya trims..

  • Gan kenapa ya xiaomi saya sinyanya tidak stabil?minimal sinyal h+ baru bisa dipake,kalo 3g kaya udah gak conect internet gitu gak bisa buat browsing/chating,mohon pencerahanya

  • Gan ini ane pake hp xiaomi redmi note 4X ram 4gb rom 64 setiap buat main game online/hidup datanya buat akses apl cepet banget panas dan pas buat main sering lag hpnya,mohon pencerahannya 🙂

    • Pastikan fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, ataupun WiFi telah nonaktif.
      Jika perlu, upgrade MIUI ke versi terbaru agar kinerja HP Xiaomi kamu lebih baik.

  • gan mau nanya hp redmi 4A ane kok cpt bgt panas… pas lagi video call an… kira" knpa ya…

    • Ketika melakukan video call, usahakan aplikasi lain yang sedang berjalan di berhentikan dulu.
      Karena aktifitas video call cukup mengurang memori RAM sehingga membebani kinerja smartphone-mu.

    • ok gan mkasi saran. a yea

  • Gan mohon izin mau nanya hp mi max saya ko baru beberapa hari ini selalu panas kenapa yah, padahal tidak digunakan sama sekali, aplikasi pun tidak ada yang berjalan dan menyebabkan batreinya cepat habis itu kenapa yah, apa faktor hp batrenya sudah bocor atau ramnya yang bermasalah yah ..
    Cara mengatasinya bagaimana yah gan ?

    • Coba cek GPS, Bluetooth, atau WiFi nya. Semuanya harus dalam keadaan nonaktif.
      Untuk melihat kondisi baterai coba gunain aplikasi Accu​Battery.

      Jika perlu, upgrade atau downgrade versi MIUI yang agan pake, lebih jelasnya bisa lihat di forum Mi Max Kaskus gan https://goo.gl/78Vnyj

  • Gan bagaimana cara mengatasi Panas atau overheat dan Lag di hp xiaomi redmi 3x

    • Silahkan dipahami dan diterapkan tips dari artikel maupun komentar di atas.

  • Makasih infonya

  • kak mau nanya,,hp sy xiaomi 4x knp jd panas ya pdhl cm buat buka IG ,,dr kmren hpnya gampang panas,,charger ori,,sinyal jg full, baru buat buka wa jg jd anget,,udah coba clear chache sm di scan terus,,

    • Coba di cek apakah jaringan WiFi, Bluetooth, dan GPS nya aktif atau tidak. Jika iya, matikan saat sedang tidak diperlukan.

      Satu lagi, gunakan aplikasi Greenify untuk menghibernasikan aplikasi-aplikasi background yang menyebabkan ponsel cepat panas.

    • kak ku udah pasang greenify tp tetep cepet panas hpnya,,batere jg cepet berkurang,,tp yg panas cm bagian kanan atas hpnya aja,,apa pengaruh dr kamera atau sinyal kak,,atau gmn kak,,

    • Mungkin ada salah satu bagian hardwarenya yang bermasalah, entah dari baterai atau apapun.

      Dibawa ke serivce center Xiaominya aja langsung kak. Nanti tinggal dikonsultasikan saja apa keluhannya. Mungkin bisa diatasi oleh mereka. Nih linknya: Service
      Center Xiaomi

    • makasih ya kak

  • misi kakak

    hp saya redmi 4 prime

    kenapa hp saya skrg menjadi lama ketika di cas,
    butuh waktu lebih dari 5 jam untuk full carger.
    padahal di awal hanya butuh waktu 2 jam lebih dikit.

    mohon bantuannya kakak

    • 2 jam charging itu pas posisi baterai sampai berapa dulu kak.

      Waktu proses charging sangat mempengaruhi ketika posisi HP dalam keadaan mati atau nyala, WiFi/Data seluler mati atau nyala.

      Karena ketika HP sedang dalam charging sembari dimainkan tentu akan lebih lama ketimbang proses charging sedang dalam keadaan standby atau mati.

      Satu lagi kak, pastikan untuk menggunakan charger original dari Xiaomi serta tidak digunakan ke lebih dari satu HP untuk mengecas.

  • Permisi mas, saya charger hp dimatiin. Tapi kenapa masih panas ya? Terus juga saya mau pembaruan ke miui 8.5.4.0 Apa worth? Posisi saya di 8.5.2.0 Takut malah lebih banyak kekurangan

    • Mungkin chargernya bermasalah.
      Tipe HP Xiaominya apa kalau boleh tahu?

  • Maad gan, mau tanya, hp saya Xiaomi note 4x ( mediatek ) kenapa suka Lag di bagian Grafik jiga bermain game Moba,padahal sinyal hanya 50-80ms an. Thx gan. Mohon pencerahan

    • Faktor lag bisa karena 2 hal, yaitu sinyal dan kinerja HP itu sendiri.

      1). Sinyal: Saat bermain game online, pastikan kamu berada di outdoor (luar ruangan) untuk menangkap sinyal yang lebih baik.

      2). Kinerja HP: Agar performa gaming lebih optimal, pastikan kalau aplikasi" yang sedang tidak digunakan dinonaktifkan terlebih dahulu dengan teknik Force Close/memaksa berhentikan aplikasi untuk melegakan konsumsi RAM.

  • Gan mautanya hp saya xiaomi redmi 4x (snapdragon) RAM 3GB tapi baru main MOBA udah panas berlebih

    • Silahkan dipahami dan diterapkan tips dari artikel maupun komentar di atas.

  • min kok hp saya batrenya cepet habis dan panas ya? padahal paket data mati. padahal dulu ga pernah begini.
    dicharge pun lama penuhnya tapi selalu dimatiin kalau ngecharge, itu penyebabnya apa ta kira2?

    Xiaomi Redmi 3S Pro

    • Aktifin mode Ekstrim Power Saving, caranya masuk ke Setting > Baterai & Performa > Kelola penggunaan baterai Apl > tap beberapa kali tulisan "Mode hemat daya" (Hidup), nanti akan muncul mode Ekstrim.

      – Terapkan kalibrasi baterai, dengan cara mengisi baterai HP Xiaomi kamu sampai penuh dan biarkan layar menyala hingga mati (sampai 0%). Kalau sudah mati, charger hingga 100% (dalam keadaan mati).

      – Gunakan aplikasi Greenify untuk menghemat konsumsi baterai dengan fungsi hibernate aplikasi sehingga HP menjadi tidak cepat panas.

      Satu lagi, gunakan Charger Original serta tidak menggunakan charger tersebut ke lebih dari 1 HP untuk mengecas.

      Jika masalah masih terjadi, kamu bisa mengkonsultasikannya ke Service Center Xiaomi.

  • Bang HP saya redmi 4x kalo baterainya sering panas waktu digunakan untuk bermain game + waktu tidak digunakan ( turn off ) ttp panas.. dan waktu saya hidupkan baterai yg semula 60% jadi tinggal 30% padahal tidak saya pake.. apa saya ganti baterai aja ya bang? mohon infonya

    • Coba dicek apakah jaringan seperti WiFi, Bluetooth, atau GPS nya menyalah atau tidak.

      Iya coba aja ganti baterainya, tapi yang original.

  • Hp saya r4x kalo dicharge suhu panas rata2 40, itu wajar tidak bro?
    Kondisi rom miui 8540.

  • Gan, hp saya xiaomi note 3,kok kalo main mobile legends suka lag sama hp nya cepet panas ya gan, solusi nya dong gan makasih.

  • kak mau tanya hp saya redmi 4x dari kemaren IG sering terhenti sendiri,,td udah pembaharuan tp masih sama aja,,gimana ya kak biar IG g berhenti terus,, makasih

    • Coba ikuti solusi berikut ini kak.

      Bersihkan Riwat Instagram kemudian hapuslah Cache Instagram dengan menuju menu Settings > Application Manager > Pilih aplikasi Instagram > kemudian sentuh tombol Clear Cache.

      Kalau masih tidak bisa juga, uninstall aplikasi Instagram kemudian pasang ulang dari Google Play Store.

  • Gan,hp sy xiaomi redmi 3 pro.
    Bbrp kali sempat jatuh. Dlu setlh setting 4G tetap 4G tp stlh jatuh yg terakhir,sinyal berubah-ubah.Misl, udh seting 4G eh tiba2 brubah jd 3G at H+. Ap ad kerusakan y??

  • Gan mau tanya rom yang irit versi berapa ya kalo rom versi 8.5 sama 8.2 irit mana?

    • Irit atau tidaknya tergantung dari pemakaian sih gan hehee

  • Mas hp saya xiaomi note 4 baru beli kok cepat panas ya? Itu hal biasa?

    • Mungkin dari sisi software HP Xiaomi kakak menggunakan ROM Distributor atau abal-abal yang memiliki cukup banyak Bug.

  • bang, mau nanya ni. hp saya xiaomi redmi 2 prime. dulu beli ternyata rom distributor (gk ada playstore, ada app weibo dll bawaan cina) nah skrng udh di flash ke rom global stabil (7.1.3.0 (KHJMICK)) yg ingin saya tanyakan, apakah klo saya updata miui via OTA ntar balik ke rom distributor/ ada eror gitu nggk?

    • Sepertinya tidak, masih tetep Rom Global Stabil cuma versinya lebih up to date.

  • salam mas..saya dari malaysia mahu nanya..hp saya REDMI 3S sudah digunakan selama hampir 11 bulan..sebelum ini tiada masalah..cuma baru2 ini saja baterinya cepat habis..tak sampai 2 jam sudah mati terus..terus hp nya jg cepat panas ya amat..apakah puncanya?bagaimana harus saya atasinya?harap mas dapat membantu..terima kasih ya..

    • – Aktifin mode Ekstrim Power Saving, caranya masuk ke Setting > Baterai & Performa > Kelola penggunaan baterai Apl > tap beberapa kali tulisan "Mode hemat daya" (Hidup), nanti akan muncul mode Ekstrim.

      Terapkan kalibrasi baterai, dengan cara mengisi baterai HP Xiaomi kamu sampai penuh dan biarkan layar menyala hingga mati (sampai 0%). Kalau sudah mati, charger hingga 100% (dalam keadaan mati).

      Gunakan aplikasi Greenify untuk menghemat konsumsi baterai dengan fungsi hibernate aplikasi sehingga HP menjadi tidak cepat panas.

      Satu lagi, gunakan Charger Original serta tidak menggunakan charger tersebut ke lebih dari 1 HP untuk mengecas.

      Ada kemungkinan juga kalau baterai yang digunakan sudah tidak layak untuk digunakan karena beberapa faktor, salah satunya terlalu sering mengecas ponsel dalam keadaan menyala.

  • Kak hp saya xiaomi redmi 3s pro jdi panas trs ya? Kadang di atas 30° meskipun itu hpnya ga d mainin, jdi baterainya ska berkurang sndiri. Itu apa ya kak penyebabnya? Dan minta solusinya ya kak spya hp saya bsa normal lgi kaya dulu. Makasih kak😊

    • Penyebabnya karena ada beberapa atau banyak aplikasi background yang menguras konsumsi RAM sehingga membuat baterai menyusut secara perlahan. Misalnya seperti aplikasi Facebook, Instagram, BBM, dll.

      Solusinya: Masuk ke pengaturan > Application Manager > tap Running > Pilih dan berhentikan aplikasi yang banyak mengkonsumsi RAM.

      Dengan memberhentikan aplikasi yang terpilih, aplikasi tersebut tidak akan aktif sebelum kamu membukanya kembali.

      Kalau mau lebih praktis, gunakan aplikasi Greenify.

  • gan apa ada cara menghapus file2 yg gx brguna di xiaomi, soalnya memori internal saya hampir pnuh, tinggal 1,5 gb lagi?…. lagian aplikasipun gx berat2 cuman Mobile lagend aja apalksi gamenya, slain itu gx ada lagi aplkasinya kcuali fb, WA slainnya

  • Gan saya mau tanaya mia1 saya klo sudah dicas penuh 100% lalu dimatiin 4jam kmudian berkurang sendiri. Mhon bantuannya

    • Coba di cek jaringan WiFi, Bluetooth, atau GPS nya. Kalau aktif, matikan kesemuanya itu jika sedang tidak diperlukan.

      Gunakan juga aplikasi Greenify atau Clean Master untuk menghentikan aplikasi background yang makan RAM yang membuat baterai cepat menyusut.

  • ririe lukman

    gan, kalau batrai bawaan hp sudah mlembung.
    apakah harus ganti dengan yg merk xiomi juga atau bisa pakai dari merk lain ex. dari merk panda?
    trimakasih

    • Amar Mushanif

      Lebih baik pakai yang merk Xiaomi juga dan pastikan baterai yang dibeli Original.

      • ririe lukman

        cara bedain yg original dan kw gimana gan?
        trimakasih

        • Kalau yang original biasanya lebih berat bobotnya. Untuk harga yang original tentu relatif lebih mahal.

          • ririe lukman

            oke trimakasih gan