Top 20 Game Android Terlaris di 2018, Kamu Sudah Coba?

Kita akui memang, mencari game untuk sebuah smartphone android merupakan hal yang sangat mudah, melalui Google play store kita bisa menemukan berbagai jenis permainan yang tidak terhitung jumlahnya.

Namun masalahnya adalah tidak semua game memiliki kualitas yang bagus, karena kita kadang dikecewakan dengan tampilan desain, performa, dan fitur yang tersedia di dalam permainan tersebut.

Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, YaTekno kali ini menyajikan games android terbaik dan terlaris yang terdiri dari 4 jenis genre yaitu strategy, casual, role-playing game, dan action.

Untuk lebih jelasnya mengenai daftar game tersebut, berikut deretan game android terlaris di tahun 2018 dengan gameplay permainan yang seru abis.

1). Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang
Mobile Legends: Bang Bang atau yang sering disebut sebagai ML ini merupakan sebuah game bergenre MOBA (Massive Online Battle Arena) yang dimainkan secara tim dengan gameplay 5 vs 5.

Tersedia berbagai macam jenis karakter yang memiliki kekuatan berbeda-beda sehingga membuat kita tidak mudah bosan atau terpaku pada beberapa karakter saja. Serunya, kita bisa membuat squad bersama teman untuk melawan player lain atau bahkan temanmu sendiri.

Buat kamu yang sebelumnya sudah pernah bermain game Dota 2, mungkin gameplay maupun tata cara memainkan game ini tidak akan asing lagi bagimu. Hingga saat ini, Mobile Legends telah berhasil diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna android.

2). Clash of Clans

Clash of Clans
Selanjutnya ada Clash of Clans atau biasa disebut COC. Game strategi buatan Supercell ini sukses menarik perhatian gamers dari berbagai negara sehingga sampai saat ini permainan ini telah di unduh sebanyak 500 juta kali melalui Google play.

COC mempunyai grafis 3D yang sangat baik ditambah lagi dengan berbagai fitur serta alur permainan yang menarik sehingga menjadikan game ini bersifat adiktif bagi gamers pecinta genre strategi.

3). Lords Mobile

Lords Mobile
Lords Mobile adalah game bergenre strategi yang juga menggabungkan elemen RPG di dalamnya. Game besutan IGG (I Got Games) ini menarik perhatian gamers lokal sekaligus internasional karena menduduki peringkat ke-3 setelah Clash of Clans sebagai game android terlaku di 2017.

Apa yang membuat game yang satu ini begitu menarik di mata gamers? Ya, selain dari nama sang developer yang sudah sangat terkenal, keistimewaan lainnya terletak pada pertempuran hero-nya yang menarik.

Di sini kamu tidak hanya bertugas mengumpulkan hero, namun lebih jauh dari itu kamu bahkan dapat membuat kelompok hero di sisi quests dan memanfaatkan skill yang dimiliki masing-masing hero selama pertempuran berlangsung.

4). Clash of Kings

Clash of Kings
Elex Wireless adalah salah satu top developer yang menciptkan game bergenre strategy ini. Bagi kamu penyuka PVP atau multiplayer games, mungkin kamu akan tertarik dan senang ketika ikut menjalankan misi permainan ini yaitu dengan memenangkan pertempuran yang terjadi antar tentara.

5). Clash Royale

Clash Royale
Game yang berada diperingkat ke-5 ini juga dibuat oleh Supercell yang merupakan salah satu top developer di Google play. Clash Royale merupakan game strategi yang bisa dimainkan secara real-time multiplayer.

Game yang bisa dimainkan oleh orang berumur 13 tahun ke atas ini memberikanmu misi untuk menghancurkan menara lawan, membangun dan meningkatkan koleksi kartu serta membentuk Clan agar bisa berbagi kartu dengan tim kamu sendiri.

6). Crisis Action

Crisis Action-eSports FPS
Crisis Action adalah game FPS yang akan memberikanmu pelatihan yang menantang yaitu mengasah keterampilan menembak dengan tepat. Menariknya, sang developer permainan ini menyediakan lebih dari 40 senjata yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk menyerang musuh.

Kabar baiknya, selain dapat dimainkan secara online, ternyata kita juga bisa memainkannya secara offline meskipun hanya sebatas menguji kemampuan menembak menggunakan mode single-player melawan bots.

7). FINAL FANTASY AWAKENING

FINAL FANTASY AWAKENING
Final Fantasy Awakening menjadi salah satu game yang wajib dimainkan bagi para gamer yang menyukai genre game MMORPG. Bisa dibilang kalau game ini akan membuatmu berekspetasi memainkan Final Fantasy Agito, yang beberapa tahun lalu dirilis untuk Playstation 4.

Di awal permainan, kamu diminta untuk membuat sebuah karakter sesuai dengan keinginanmu lengkap dengan namanya. Selanjutnya kamu akan langsung mengikuti story game ini serta diberitahu tata cara bermainnya.

Sama seperti genre game sejenisnya, disini kamu juga mempunyai skill atau kemampuan bertarung yang berbeda-beda. Pada awal permainan kamu hanya dibekali 3 skill saja. Mungkin nantinya kamu akan mendapatkan lebih banyak kemampuan bertarung pada setiap level-nya. 

8). 8 Ball Pool

8 Ball Pool
Jangan kaget kalau game billiard masuk ke dalam game terlaris di tahun 2018 ini. 8 Ball Pool adalah game olahraga biliar untuk android yang terbaik hingga saat ini.
Miniclip.com selaku pengembang membuat game ini begitu menyenangkan karena fitur multiplayer yang menjadi unggulannya memungkinkan pemain bisa bermain bersama teman secara online.

Game ini menyajikan banyak fitur, salah satunya yang menarik adalah fitur tournaments yang bisa menghadirkan 8 orang untuk bertanding biliar demi memperebutkan hadiah yang cukup besar.

Tak hanya itu, dari segi performa pun, game ini mempunyai kontrol yang baik hingga terasa halus ketika pemain meyodokkan bola biliar.

9). Zynga Poker – Texas Holdem

Zynga Poker – Texas Holdem
Setelah 8 Ball Pool, berikutnya ada Zynga Poker yang juga sangat mengejutkan karena masuk ke dalam 10 besar game terlaku. Siapa sangka, game kartu yang kita tahu merupakan jenis game yang sudah sangat lama ini ternyata masih begitu digemari di antara keberadaan game dengan genre yang sangat fenomenal, seperti misalnya strategi.

Di sini kamu nantinya akan bermain secara online bersama temanmu, ataupun bersama players dari berbagai negara. Fitur chat bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan pemain lain.

10). Last Empire-War Z

Game strategi yang sampai saat ini sudah diunduh 50 juta kali di google play store ini merupakan permainan pertempuran melawan zombie yang sangat banyak sehingga tak terhitung lagi jumlahnya. Salah satu tugas penting kamu dalam permainan ini adalah melatih prajuritmu agar menjadi kuat sehingga tidak akan kalah ketika melawan segerombolan zombie.

Permainan yang berdiri di bawah naungan im30.net ini memiliki tampilan desain yang memukau sehingga menambah keseruan ketika kita memainkannya.

11). Game of War – Fire Age

Game of War - Fire Age
Di dalam game besutan Machine Zone, Inc. ini kamu akan berperan sebagai kaisar romawi yang memiliki tugas dalam mengatur prajurit dan menambah sumber daya alam, salah satu caranya adalah dengan membangun berbagai pabrik di kerajaanmu sendiri.

Menariknya adalah di dalam permainan ini tersedia fitur chatting translation yang akan sangat membantu kamu untuk bisa berkomunikasi dengan teman atau tim dari berbagai negara. Mungkin bagi kamu penggemar game simulasi perang akan suka juga dengan Game of War ini.

12). LINE Let’s Get Rich

LINE Let's Get Rich
Dari nama permainan ini, siapa yang tidak tahu developer dibalik populernya game ini. Ya, dia adalah LINE Corporation yang juga pembuat aplikasi panggilan & pesan gratis yang mungkin saat ini ada di smartphone andalanmu.

Game yang bisa dimainkan oleh segala usia ini mungkin sangat cocok untuk kamu penyuka permainan bergenre casual. Game ini memiliki tampilan dengan desain 3D yang menarik dipadu dengan alur permainan yang tidak membosankan.

13). Hay Day

Hay Day
Lagi-lagi Supercell adalah sang developer dibalik suksesnya permainan ini setelah sebelumnya di atas kita bahas Clash of Clans dan Clash Royale. Permainan ini mungkin layak dijuluki sebagai game pertanian terbaik yang pernah ada.

Pasalnya game yang pertama dirilis untuk iOS pada 2012 dan android pada 2013 yang lalu ini masih eksis hingga sekarang menduduki salah satu game android yang paling banyak di download menurut data yang ada di Google play.

14). Seven Knights

Clash Royale
Salah satu game android terbaik bergenre Role Playing adalah Seven Knights yang juga masuk dalam jajaran game android terlaris karena banyak sekali gamers yang tertarik mengunduh dan memainkannya. Netmarble adalah sang developer dibalik suksesnya permainan ini.

Di dalam game RPG ini kamu akan diajak berpetualang sekaligus berperang mengalahkan lawan, dalam melancarkan aksimu, tentu kamu akan dibantu dengan tim yang baik dan kuat.

15). Magic Rush: Heroes

Magic Rush: Heroes
Magic Rush: Heroes adalah salah satu permainan bergenre Role-playing game ciptaan salah satu developer terbaik bernama Elex yang karyanya ini masuk ke dalam daftar game android terlaris di Google play.

Tidak heran memang, mengapa menjadi populer dan laris dimainkan, karena jika kita lihat permainan ini telah di desain sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menarik dan didukung juga dengan alur permainan yang bersifat RPG yang mengajak kita melakukan simulasi peperangan.

16). Garena AOV

Garena AOV
Selang beberapa bulan perilisannya, Garena AOV mampu memikat jutaan gamers. Hingga saat ini, game yang digadang-gadang menjadi pesaing Mobile Legend ini telah dimainkan oleh lebih dari 5 juta pengguna android.

Selain ringan untuk dimainkan, Arena of Valor atau yang akrab disebut AOV ini juga memiliki grafik yang lumayan bagus dibanding pesaingnya. Terlebih, game yang satu ini juga sering mengadakan turnamen-turnamen yang memberi kesempatan kepada para pemain untuk bisa unjuk gigi bersama squad-nya.

17). Vainglory

Vainglory
Selain didukung dengan grafis yang menawan, Vainglory juga memiliki gameplay yang sangat seru. Mungkin bisa dibilang game ini sangat mirip dengan Dota 2 atau League of Legends yang ada di PC.

Dalam game ini, pemain dituntut untuk mengontrol karakter tunggal dalam salah satu dari dua tim. Tujuannya yaitu untuk menghancurkan bangunan utama tim lawan dengan bantuan dari unit yang dikendalikan komputer yang terus spawned secara pada jalur battle arena.

Sama seperti game serupa, karakter pemain dalam game ini juga memiliki berbagai kemampuan dan keahlian khusus yang dapat meningkat selama permainan dan memiliki kontribusi terhadap keseluruhan strategi tim, baik itu bertahan ataupun menyerang.

18). PES 2018 PRO EVOLUTION SOCCER

PES 2018 PRO EVOLUTION SOCCER
Tidak seperti seri pendahulunya, PES 2018 ini tentu jauh lebih baik dalam hal suguhan grafis maupun gameplay. Yap, disini kamu akan merasakan kontrol yang begitu real sehingga cukup sulit jika melawan level teratas.

Selain kontrol, akurasi passing serta shooting yang akan kamu terapkan nanti juga harus dilakukan dengan tepat dan benar. Mungkin awalnya akan terasa sulit bagimu. Tapi lama-kelamaan pasti akan memahami cara-cara bermain PES 2018 yang mempunyai aspek baru secara keseluruhan.

19). Ludo King

Ludo King
Ludo King merupakan papan tradisional India yang umum dimainkan bersama teman, keluarga, dan anak-anak. Meski memiliki gameplay yang sangat sederhana, game ini tentu sangat mengasyikkan dan mungkin menjadi salah satu game yang tidak membosankan saat ini.

Permainan nantinya dapat dilakukan antara 2 hingga 4 orang. Tujuan dari permainan ini sendiri yaitu setiap pemain mendapatkan 4 token dan harus memutari papan sepenuhnya lalu tiba di garis akhir.

Siapapun yang mendapatkan keempat token hingga garis akhir terlebih dahulu, maka dialah pemenangnya. Jika bosan melawan komputer, kamu tentu bisa mengajak teman-temanmu untuk bermain bersamamu. Dijamin asyik dan seru!

20). Free Fire – Battlegrounds

Free Fire - Battlegrounds
Pernah bermain PUBG sebelumnya? Mungkin kamu tidak akan asing lagi dengan gameplay yang disajikan oleh game bernama Free Fire – Battlegrounds ini. Di awal permainan, pemain nantinya akan memakai pesawat terbang dan akan melakukan pendaratan dengan menggunakan perasut.

Tunggu dulu, kamu harus pandai dalam menentukan posisi jatuh diawal permainan dan harus melawan 30 orang yang berbeda di dalam permainan ini. Sesampainya di pulau yang kamu hinggapi, kamu harus beranjak dari bangunan satu ke bangunan lainnya yang didalamnya terdapat perlengkapan bertempur.

Perlengkapan bertempur tersebutlah yang nantinya harus kamu ambil untuk menghadapi musuh dalam game ini. Tips bermain game ini cukup sederhana, diantaranya kamu harus memilih tempat lompat yang tepat, bersembunyi, selalu sigap, serta kerja sama tim yang solid.

Lihat juga: 

Nah, itu dia deretan 20 game android terlaris di tahun 2018 yang mungkin beberapa di antaranya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Peringkat permainan di atas sudah di urut berdasarkan kualitas, alur permainan, rating, dan hasil review pengguna di Google play. Happy gaming!