Cara Download Layanan Google Play Services Terbaru

Google Play Services merupakan sebuah aplikasi sistem dari Android yang dibuat oleh Google untuk membantu agar aplikasi yang ada di smartphone android tetap termutakhir atau up-to-date. Maksudnya, Google Play Services akan bekerja dengan memastikan seluruh aplikasi yang terpasang tetap dalam versi terbaru.

Beberapa fungsi penting layanan Google Play Service pada smartphone android misalnya seperti mengotentikasi Google Service, sinkronisasi kontak, adanya akses ke semua pengaturan pribadi pengguna, dan juga layanan berbasis lokasi dengan menggunakan sumber daya yang minim.

Umumnya aplikasi ini akan terinstall secara default (bawaan) disemua perangkat berbasis Android System. Jadi, aplikasi ini merupakan aplikasi wajib yang tidak boleh hilang atau terhapus.

Google Play Services
Layanan Google Play Services sendiri mencakup banyak aplikasi penting yang dibuat oleh Google, misalnya seperti Gmail, Google Play Store, Google+, dan masih banyak lagi. Untuk itu aplikasi layanan Google Play Services tidak boleh hilang atau terhapus agar kamu bisa mengakses aplikasi tertentu.

Lalu bagaimana jika Google Play Services hilang atau terhapus? Sejauh ini, aplikasi layanan Google Play Services tidak bisa kehapus secara default service. Tak terkecuali bagi mereka yang mengotak-atik permission ponselnya, seperti melakukan akses root misalnya.

Nah, untuk membantumu dalam mendapatkan kembali layanan Google Play Services yang terhapus di HP android, berikut telah YaTekno berikan cara download layanan Google Play Services terbaru.
  1. Pertama, buka Google Play Store kemudian ketikkan “Play Services Info” pada kolom pencarian, kemudian download aplikasi tersebut.
  2. Bagi kamu yang tidak bisa mengakses Google Play Store karena masalah layanan Google Play Servies, kamu bisa mendownload Play Services Info.apk melalui web penyedia aplikasi, misalnya di APKMirror.com, APK-DL.com, dan lain-lain.
  3. Terkhusus yang mendownload melalui website (tidak dari Google Play Store), kamu harus terlebih dulu menonaktifkan aplikasi dari sumber tidak diketahui untuk mencegah pemasangan dicekal. Untuk lebih jelasnya lihat melalui artikel berikut ini. Cara Mengatasi “Pemasangan Aplikasi Dicekal” di Android
  4. Selamat, kamu telah berhasil menginstall aplikasi Play Services Info untuk dapat mendownload layanan Google Play Services versi terbaru.
Baca juga:
Dengan adanya layanan Google Play Servies versi terbaru di HP android kamu, kini kamu tidak perlu lagi khawatir akan masalah seperti layanan Google Play Servies terhenti dan berbagai masalah lainnya.
  • jika google play service di nonaktifkan apa yang akan terjadi?

    • Jika Google Play Service di nonaktifkan, tidak terinstall, atau terhapus dan sebagainya, maka dampaknya akan sangat berarti.

      Semisal ketika kamu buka Google Play Store, Gmail, Google Maps, dan aplikasi Google lainnya, maka tidak akan berjalan jika tidak ada Google Play Service.