Top 11 Aplikasi Pengunci Aplikasi Android Terbaik & Ringan

Smartphone dengan fitur fingerprint atau sensor sidik jari memang dirasa cukup handal dalam memberikan rasa aman terhadap ponsel sebagai bentuk proteksi yang kuat. Namun hal tersebut hanya berlaku pada lock-screen atau kunci layar pada saat kita menghidupkan layar ponsel.

Bagaimana dengan data-data penting yang ada pada ponsel kita seperti foto, video, atau aplikasi? Nah, tentunya kita tidak ingin seseorang mengetahui hal-hal yang sensitif menyangkut privasi kita pada saat meminjamkan ponsel ke mereka.

Untuk itu, disini YaTekno telah menyiapkan 11 aplikasi pengunci aplikasi terbaik di HP android yang terbaik yang paling ringan. Check it out!

1). AppLock

AppLock
Telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna android, AppLock menjadi salah satu aplikasi pengunci aplikasi terbaik untuk perangkat android. Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan DoMobile Lab ini memungkinkanmu untuk mengunci beragam aplikasi di smartphone-mu.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kita dalam mengamankan setelan untuk mencegah penghapusan aplikasi atau mengubah pengaturan, hingga mencegah seseorang menjawab panggilan masuk.

Selain menyediakan pengaman dalam bentuk PIN, aplikasi ini juga menyediakan proteksi sidik jari yang tentunya bisa diandalkan untuk menjadi security. Menariknya lagi, AppLock menyediakan banyak tema keren dan menarik sehingga membuatmu tidak bosan menggunakannya.

2). CM Locker

CM Locker
Tak kalah populernya dengan aplikasi sebelumnya, CM Locker juga memiliki sangat banyak pengguna berdasarkan data Google Play, yakni hingga lebih dari 500 juta unduhan. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengunci aplikasi, foto, video, serta layar ponsel untuk memberikan privasi yang lebih aman.

Di sisi lain, CM Locker juga menyediakan 2 fitur yang cukup handal, diantaranya yaitu fitur Anti-Maling dan juga fungsi Selfie Penyusup. 

Selain berfungsi sebagai pengaman, aplikasi terbaik untuk mengunci aplikasi di HP android yang satu ini juga menyediakan fitur Ramalan Cuaca yang membantumu dalam mengetahui prakiraan cuaca hingga 7 hari kedepan. Keren kan?

3). LOCKit

LOCKit
Dengan bantuan aplikasi LOCK it, kamu tidak perlu lagi khawatir saat teman atau kekasih meminjam ponselmu. Uniknya dari aplikasi ini, kamu bisa menyamarkan layar kunci yang telah dibuat sehingga membingungkan penyusup yang ingin mengakses aplikasi ataupun membuka galeri ponselmu.

Tersedia beberapa pilihan proteksi keamanan, mulai dari membuka kunci dengan pola, PIN, atau sidik jari. Namun yang terpenting, aplikasi ini dapat memotret selfie penyusup yang mencoba mengakses ponselmu secara diam-diam sehingga kamu bisa mengetahui siapa pelakunya.

4). Smart AppLock

Smart AppLock
Smart AppLock merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkanmu untuk dapat mengamankan aplikasi dengan menggunakan sebuah password atau pattern. Selain itu, aplikasi besutan SpSoft ini juga dapat mengunci panggilan masuk dan juga panggilan keluar.

Smart AppLock juga menyediakan fitur Fake Lock yang dapat diterapkan untuk membuat sang penyusup kebingungan. Dengan kata lain, fitur tersebut akan menyamarkan layar kunci yang telah dibuat sehingga membuat si penyusup merasa kebingungan.

5). Vault

Vault
Selain memiliki kegunaan dalam mengunci foto pribadi, SMS, aplikasi, video, log panggilan dan kotak telepon, aplikasi garapan NQ Mobile Secuirty ini juga menyediakan fitur Back Up yang memungkinkanmu untuk mem-backup SMS, foto, video, dan lain sebagainya ke Cloud.

Disamping kamu bisa menyembunyikan icon aplikasi Vault, kamu pun bisa mengaktifkan fitur Break-in Alarm yang dapat membuat penyusup jera dengan nada alarm yang berdering ketika mencoba mengakses ponselmu.

6). Perfect App Lock

Perfect App Lock
Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelum-sebelumnya, dimana Perfect App Lock juga bisa diandalkan dalam melindungi aplikasi yang diinginkan dengan menggunakan kata sandi atau pola.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengunci Whatsapp, Facebook, SMS, dan aplikasi lainnya yang kamu pilih. Menariknya, aplikasi ini menyediakan fitur pemindai sidik jari palsu sebagai pengaman tambahan yang seakan-akan penyusup diperbolehkan untuk mengaksesnya, padahal itu hanya sebuah trap. 

7). Norton App Lock

Norton App Lock
Siapa yang tak kenal Norton? Sang pengembang antivirus terbaik di dunia itu kini menciptakan sebuah aplikasi untuk mengunci aplikasi di HP android, yaitu Norton App Lock. Selain dapat melindungi data pribadi seperti foto dan video, aplikasi ini juga mampu mengunci semua aplikasi yang kamu inginkan.

Sama seperti aplikasi pengunci aplikasi terbaik lainnya, aplikasi garapan NortonMobile ini juga mempunyai fitur Sneak Peek Anti-Theft yang dapat mengambil foto selfie sang penyusup yang gagal untuk membukan proteksi yang kamu buat selama 3 kali.

Foto sang penyusup tersebut nantinya secara otomatis akan masuk ke galeri ponselmu. Nah, kamu pun bisa tahu siapa saja yang suka mengakses ponselmu secara diam-diam.

8). App Lock: Fingerprint Password

App Lock: Fingerprint Password
Telah digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna android diberbagai penjuru dunia, aplikasi besutan Keepsafe ini tentu memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini adalah sisi interface-nya yang simpel serta ukurannya yang ringan sehingga tidak menguras konsumsi RAM berlebih. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penggunaan fingerprint (sidik jari) untuk perangkat tertentu.

9). IObit Applock

IObit Applock
Setelah secara resmi merilis IObit Applock versi 2.0, sang pengembang menambahkan fitur Face Lock yang mampu memverifikasi wajah kamu guna mengakses setiap aplikasi dengan aman, mudah, dan cepat.

Dengan adanya fitur keamanan seperti itu, kamu tentu akan terhindar dari kelupaan kata kunci, baik itu berbentuk pola ataupun kata sandi. Penasaran ingin mencoba canggihnya fitur keamanan Face Lock yang ditawarkan oleh IObit Applock?

10). Easy App Lock & Hide Foto

Easy App Lock & Hide Foto
Sesuai dengan namanya, aplikasi buatan MobileIdea Studio ini memungkinkanmu untuk dapat mengunci aplikasi dan juga menyembunyikan foto atau video dengan mudah dan cepat. 

Selain menyediakan fitur keamanan menggunakan pola dan password, aplikasi ini juga memiliki dukungan sidik jari untuk perangkat android dengan sistem operasi 6.0 (Marshmallow) ke atas.

11). Secret Folder App Lock

Secret Folder App Lock
Jika aplikasi sebelum-sebelumnya hanya diperuntukkan bagi perangkat android saja, maka berbeda dengan Secret Folder App Lock yang dikhususkan untuk perangkat iPhone. Yap, aplikasi yang dipersembahkan oleh Homemade Pizza ini sendiri merupakan aplikasi untuk mengunci aplikasi terbaik di iPhone.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat melindungi data-data penting seperti foto, video, hingga mengamankan aplikasi dengan password atau proteksi sidik jari sehingga mencegah seseorang untuk mengaksesnya.

Disamping itu, aplikasi pengaman untuk iPhone ini juga menyediakan fitur Cloud Back-up yang memungkinkanmu untuk membuat cadangan dari data-data penting yang kamu inginkan ke iCloud.

Lihat juga:
Nah, itulah deretan aplikasi pengunci aplikasi terbaik di HP android yang bagus dan ringan. Dengan adanya aplikasi seperti itu, kini kamu tidak perlu khawatir lagi saat meminjamkan ponsel ke teman hingga melindungi ponsel dari para penyusup.