Top 10 Aplikasi Stem Gitar untuk Android (Terbaik & Terakurat)

Bagi kamu yang hobi bermain gitar, kini kamu tidak perlu repot dalam melakukan penyeteman gitar. Dimana telah ada aplikasi pengatur stem gitar yang kini membantumu untuk mendapatkan frekuensi atau instrumen suara gitar sesuai dengan keinginan.

Jadi kalian tidak perlu lagi repot untuk menyetem gitar secara manual. Nantinya kamu hanya tinggal mengikuti perintah dari aplikasi tersebut untuk melakukan penyeteman gitar.

Aplikasi tersebut membantu menyesuaikan ke arah mana setelan gitar untuk dapat digunakan dengan baik. Tentu akan menjadi suatu kemudahan bagi penggunanya.

Aplikasi sejenis ini juga telah banyak di unduh bagi pengguna android dalam kebutuhan mereka untuk melakukan penyeteman gitar. Jadi kamu tidak perlu lagi meragukan keakuratan dari aplikasi tersebut.

Penasaran apa saja aplikasinya? Ini dia deretan aplikasi stem gitar terbaik untuk android yang bisa kamu unduh secara gratis.

1. Stem Gitar

Stem Gitar Android

Aplikasi yang pertama yaitu aplikasi penyeteman gitar yang cukup banyak digunakan oleh pengguna android. Aplikasi ini mampu memberikan penyeteman gitar dengan pengaturan terbaik. Aplikasi besutan Gismart ini nantinya akan mengarahkan kamu untuk mengatur pengaturan sesuai yang ditetapkan oleh aplikasi ini. Kamu hanya perlu melihat pengaturan steman gitar di aplikasi ini.

Aplikasi penyetem gitar terbaik ini tentu tidak diragukan lagi dari sisi kualitasnya. Karena aplikasi ini mampu menciptakan penyetelan yang ada, dengan nada dari 1 hertz hingga 22050 hz.
Hal yang harus kamu perhatikan yaitu disaat melakukan penyeteman gitar yaitu jangan terlalu dipaksakan apabila senar tali gitar kamu sudah kencang. Karena banyak review yang telah menggunakan aplikasi ini mengatakan bahwa tali senar gitar mereka sampai putus.
Kelebihan dari aplikasi ini yaitu bisa kamu gunakan secara gratis dan bebas iklan. Telah di unduh oleh lebih dari 10 Juta pengguna android diseluruh dunia. Dan menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi penyetem gitar terbaik nomor satu. Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini di android versi 2.3 atau lebih tinggi. 

2. Free Guitar Tuner

Free Guitar Tuner Android & iOS

Free Guitar Tuner juga tidak kalah baiknya dengan aplikasi stem gitar yang petama. Pasalnya aplikasi ini dapat mengatur penyeteman gitar dengan baik dan akurat. Kamu dapat langsung melakukan penyeteman gitar hanya dengan menekan tune yang ada. Aplikasi ini secara otomatis akan menyetel senar secara langsung. 

Kamu juga dapat mengatur berbagai tune yang ada dalam aplikasi ini. Di antaranya yaitu Standart Guitar (6 atau 7 string) Drop D, Drop C gitar, senar gitar bass, atau bahkan ukulele sekalipun. Kamu hanya perlu menekan string yang ada, dan aplikasi ini secara cepat akan menyesuaikan, mendeteksi, sekaligus menampilkan pengaturan gitar sesuai yang kamu inginkan.
Ukuran dari aplikasi ini terbilang sangat ringan, tidak lebih dari 1 MB. Selain kelebihannya yang ringan, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Untuk dapat menggunakannya kamu perlu menggunakan android dengan versi 2.1 atau lebih tinggi.

3. Tuner – DaTuner

Tuner - DaTuner
DaTuner menjadi salah satu aplikasi tuner chromatic di android yang menyajikan antarmuka sederhana namun memiliki fungsi yang sangat baik. Dimana pengguna bisa melakukan pengaturan atau stem gitar secara akurat sesuai dengan keinginan.
Aplikasi ini nantinya akan membantu dalam mengatur frekuensi dasar serta menganalisis kesalahan sekecil mungkin. Sehingga pengguna mendapatkan tune sesuai yang di harapkan. Untuk frekuensinya sendiri bisa di atur mulai dari kisaran 8kHz – 48kHz.

4. PitchLab Guitar Tuner (PRO)

PitchLab Guitar Tuner (PRO)
PitchLab Guitar Tuner (Pro) memiliki fungsional yang canggih, serta di rancang untuk pemain gitar pemula maupun profesional. Dengan kata lain, aplikasi ini memiliki segudang fitur canggih yang bisa di andalkan untuk mengatur frekuensi atau nada pada gitar secara optimal.
Selain itu, ia juga memiliki tampilan visualisasi yang mudah di akses. Yap, pengguna bisa mengatur orientasi layar dengan mudah dalam beberapa kali sentuhan saja. 
Menariknya, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur canggih yang dapat di beli dalam aplikasi (IAP). Di antara fitur-fitur tersebut seperti Pitch Spectrogram, Tone Generator, Strobe Tuner, Split Screen, dan Chord Matrix.
Deretan fitur-fitur yang di sebutkan tadi memiliki fungsi-fungsi yang canggih dan tidak tersedia dalam versi demo.

5. Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner
Untuk memaksimalkan instrument sting pada gitar milikmu, Cifra Club Tuner menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Yap, pasalnya disini kamu bisa mendapatkan fitur-fitur canggih dan eksklusi terkait dengan instrumen suara, seperti gitar akustik, gitar, bass dan ukulele.
Dengan hanya mengikuti pointer pada layar, kamu bisa mendapatkan frekuensi suara yang sangat baik saat senar di mainkan. 50 juta pengguna android telah menggunakan aplikasi buatan Studio Sol ini, kamu tertarik juga untuk mencobanya?

6. Chromatic Tuner

Chromatic Tuner
Chromatic Tuner merupakan sebuah alat tune yang berfungsi untuk menyempurnakan instrumen pada senar gitar. Aplikasi ini mampu membuat instrumen mid range-high mulai dari 70 Hz – 500 Hz yang bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan.
Untuk tampilannya sendiri, ia akan memperlihatkan analog seperti jarum jam. Simpel namun berarti, itulah yang tersaji dalam aplikasi buatan developar Jerman ini.

7. Pro Guitar Tuner

Pro Guitar Tuner
Di kembangkan oleh developer penyedia situs stem gitar online terpopuler, bisa di katakan kalau keakuratan dari Pro Guitar Tuner ini tidak perlu di ragukan lagi. 
Aplikasi ini akan menganalisis frekuensi secara real-time dari mikrofon, headset, klip gitar, atau alat eksternal lainnya. Karena aplikasi ini merupakan chromatic, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk menyetem berbagai alat musik bersenar.

8. n-Track Guitar Tuner

n-Track Guitar Tuner
Melalui aplikasi n-Track Guitar Tuner, kamu dapat membuat instrumen sebaik mungkin dengan memainkan setiap string-nya. Tuner akan secara otomatis mengenali frekuensi ataupun suara ketika kamu memainkan gitar. 
Untuk menurunkan frekuensi kamu bisa menggeser bar hijau, sedangkan untuk meningkatkannya kamu tinggal menurunkan bar merah sesuai dengan frekuensi yang diinginkan.
Fitur canggih lainnya yang tersedia disini di antaranya seperti penyesuaian spektrum visualisasi, yang mana nantinya kamu bisa mengurangi sensitivitas tuning hingga 0,1 cents. 

9. Pano Tuner

Pano Tuner
Aplikasi chromatic tuner yang satu ini tidak hanya bisa kamu andalkan untuk penyeteman gitar saja, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengatur instrumen biola, ukulele, dan alat musik yang bersenar lainnya.
Melalui Pano Tuner, kamu dapat menyesuaikan sensivitas frekuensi yang selaras sesuai dengan tipikal musik keinginanmu. Sayangnya, versi gratisannya ini tidak selengkap jika kamu meng-upgrade aplikasi ini. Dimana kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur canggih, seperti pengaturan chords yang lebih dalam.

10. Tuner & Metronome

Tuner & Metronome
Hanya dengan beberapa kali sentuhan, kamu bisa mendapatkan stem gitar yang baik dan benar. Tuner & Metronome sejatinya memang di rancang untuk para pegitar pemula maupun profesional. Dengan kata lain, fitur yang tersedia disini juga telah banyak di andalkan oleh para musisi.
Aplikasi buatan Soundcorset ini sendiri menyediakan 2 metode penyeteman, di antaranya yakni chromatic tuner dan pitch fork. Untuk frekuensi default-nya yaitu 440Hz dan dapat di sesuaikan sesuai dengan keinginan.
Tidak hanya bisa di andalkan untuk keperluan penyeteman gitar saja, pengguna pun dapat memanfaatkannya untuk berbagai jenis alat musik seperti biola, bass, ukulele, cello, dan masih banyak lagi.

Itu dia daftar aplikasi stem gitar terbaik untuk android. Nah, sekarang kamu sekarang dapat melakukan penyeteman gitar terbaik tanpa perlu repot. Atur seteman gitar sesukamu, mainkan gitar kapanpun dan dimanapun!